Ngantuk dan Lelah Usai Nikmati Coklat, Kenapa Ya?

Banyak orang menyukai coklat, terutama karena rasa manisnya dan fakta bahwa makanan satu ini bikin suasana hati yang tadinya buruk jadi baik dan senang. Namun, ada beberapa orang yang justru merasakan efek ngantuk serta cepat lelah setelah makan coklat, apakah coklat berbahaya? Kenapa pada beberapa orang tersebut efek coklat bisa demikian?

Normalkah sehabis makan coklat rasa lelah dan ngantuk menyerang?

Terbilang normal dan wajar jika merasakan ngantuk setelah mengonsumsi coklat yang merupakan kudapan bergula tinggi, apalagi kalau konsumsi coklatnya secara berlebihan dan jenis coklatnya adalah milk chocolate. Kenaikan kadar gula darah bisa sangat cepat ketika kita mengonsumsi coklat terlalu banyak lalu menurun hingga kadarnya di bawah normal sehingga hasilnya tubuh bisa alami kelelahan.

Kelihatannya saja tidaklah begitu serius, namun hati-hati karena kenaikan kadar gula darah lalu drop ke angka di bawah normal bisa-bisa merujuk pada kondisi diabetes lho. Alangkah baiknya kalau segera berkonsultasi ke dokter jika kelelahan yang dialami begitu ekstrem, sering haus walaupun minum banyak air putih, ditambah penglihatan mulai kabur.

Bila kebanyakan makan coklat, gula dan karbohidrat tinggi dari coklat membuat pankreas kita merespon dengan menghasilkan insulin serta hormon lainnya secara berlebih agar kadar glukosa dalam darah dapat diatur. Menurut Columbia Health, orang sehat ataupun yang berisiko diabetes bisa saja mengalami kelelahan normal maupun ekstrem karena insulin membuat asam amino dan gula dalam darah berkurang kecuali triptofan.

Karena triptofan tetap ada, otak kemudian menyerap triptofan ini secara lebih banyak yang pada akhirnya terjadilah proses pengubahan menjadi serotonin. Serotonin sendiri merupakan zat kimia otak yang bikin rileks dan memicu rasa kantuk datang sehingga tubuh juga ikut merasa lelah. Serotonin inilah yang juga memudahkan seseorang untuk tidur.

Kalau ingin lebih aman dan khawatir gula darah bakal melonjak, pastikan untuk mengonsumsi coklat hitam (dark chocolate). Berikut daftar manfaat makan coklat hitam yang bisa diperoleh:

  • Menjaga kestabilan kadar gula darah.
  • Menyehatkan dan mempercantik kulit
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Menjaga agar fungsi otak tetap baik dan sehat
  • Meredakan gejala stres dan depresi
  • Memberi perlindungan bagi tubuh dari efek radikal bebas
  • Mencegah insulin berlebih yang menyebabkan kelelahan pada tubuh karena coklat hitam kadar gulanya lebih rendah dari milk chocolate.
  • Membantu mengatasi sindrom kelelahan kronis karena kandungan kafeinnya.

Tak hanya milk chocolate atau coklat kaya gula yang bisa menyebabkan rasa kantuk serta lelah, mengonsumsi makanan manis lainnya apalagi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti pasta, roti dan nasi putih juga berefek sama. Jadi, pilihlah coklat hitam ketimbang coklat susu, namun bila tubuh cukup sensitif terhadap efek kafeinnya jangan konsumsi banyak-banyak.

Bila gejala-gejala seperti kelelahan, haus berlebihan, ngantuk berlebihan, mata buram, sering buang air kecil, serta luka tak kunjung sembuh terjadi, segera ke dokter untuk cek kadar gula darah. Ada kemungkinan ini adalah tanda prediabetes sehingga perlu ditangani sedini mungkin.