Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh Begini 16 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa Tanpa Minum Kopi

Begini 16 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa Tanpa Minum Kopi

by Henny Anugerah

Ketika sedang berpuasa didalam tubuh banyak nutrisi yang tidak terpenuhi secara maksimal, sehingga stamina dan  energi tubuh akan terasa terbatas pada siang hari. Tak terkecuai saat sedang beraktivitas yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan terserang rasa kantuk.

Solusi

1.Membaca Alquran

Sebagai umat islam yang bertaqwa dan ikhlas menjalankan ibadah puasa dapat memilih cara menghilangkan ngantuk saat puasa dengan jalan membaca alquran. Membaca alquran dapat menenangkan hati, Meningkatkan rasa nyaman, Mengurangi  rasa gelisah dan melenyapkan rasa haus,  lapar bahkan rasa kantuk yang luar biasa. Tetapi membaca alquran sebaiknya sebelumnya dilakukan dengan cara berwudlu lalu duduk senyaman mungkin dan bukan dengan cara tiduran. Karena masih banyak orang yang tidak memahami tentang apa dan bagaimana bahaya membaca sambil tiduran , hindarilah. Salah satunya adalah dapat menurunkan kualitas ketajaman penglihatan  mata.

2.Organisasi

Berkumpul dengan teman teman atau organisasi yang bermanfaat misalnya karang taruna, Pengajian , Perkumpulan PKK, Organisasi Senam, Yoga atau meditasi bersama. Selain meningkatkan rasa empati dan aura kebersamaan , berkumpul dalam acara acara positif mampu meningkatkan kewaspadaan, kemandirian dalam berfikir dan bertindak sehingga dapat dijadikan sebagai  salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa.

3.Cuci muka

Mencuci muka pada siang hari dengan air dingin/sejuk dapat menstimulasi aliran darah di wajah menjadi lebih lancar, Menyegarkan kulit dan menjaga mata tetap terjaga sehingga cuci muka adalah cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang terbilang paling sederhana tetapi efektif meleyapkan rasa kantuk yang mengganggu, Terutama ketika sedang beraktivitas.

4. Berenang sebentar

Saat sedang berpuasa berenang tidak diharamkan asalkan air tidak masuk ke dalam mulut dan tertelan dengan sengaja. Berenang selama 20 hingga 30 menit sudah cukup memberikan semangat pada tubuh untuk tetap segar dan berenergi sehingga berenang adalah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa .

Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari kaku otot saat berenang sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan. Bahaya berenang tanpa pemanasan bagi tubuh hanya akan menimbulkan keluhan baru yang berkaitan dengan terkilirnya otot  yang justru merupakan masalah yang lebih berat daripada harus mencari solusi untuk terhindar dari rasa kantuk saat sedang berpuasa.

5.Mediatasi

Meditasi yang teratur merupakan teknik atau cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang paling cepat menstimulasi ketegangan aliran darah diseluruh tubuh menjadi kembali berenergi, Menghilangkan kelelahan tubuh dan meningkatkan rasa nyaman pada kepala sehingga rasa kantuk tidak perlu muncul. Cara melakukan meditasi untuk kesehatan tubuh bisa di jumpai dan dilakukan dengan benar di berbagai organisasi kesehatan yang didukung dengan para instruktur atau guru mediatasi yang berpengalaman atau anda bisa melakukan sendiri dirumah dengan prosedur yang berlaku  dan pendampingan seorang yang berpengalaman.

6. Pijat refleksi

Pijat refleksi tidak hanya diterapkan pada titik titik saraf dan aliran darah di area kaki saja tetapi bisa di lakukan pada bagian tubuh lain yang berhubungan dengan rasa kantuk. Pemijatan bisa dilakukan dibagian bahu, Leher belakang dan kepala untuk melancarkan pembuluh darah agar terhindar dari rasa kantuk saat berpuasa.

7. Sesuai bakat & minat

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang dapat meningkatkan rasa bangga dan percaya diri adalah melakukan kegiatan yang susuai dengan bakat dan minat. Misalnya melukis, Menulis artikel, Membangun cerita unik melalui cerita pendek, Mengerjakan gambar dengan pola pola desain grafik, Berkebun, Berburu dan lain lain.

8. Peregangan otot

Peregangan otot penting untuk menghindari otot tegang yang nantinya bisa menimbulkan masalah pada kepala misalnya pusing pusing atau cedera otot leher yang akhirnya menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman dan mengantuk. Peregangan otot disela sela aktivitas sangat dibutuhkan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa.

9. Memacu adrenalin

Peningkatan hormon adrenalin yang wajar saat berpuasa terkadang dibutuhkan untuk meningkatkan rasa percaya diri, Keberanian dan menghilangkan rasa kantuk. Misalnya melakukan hal hal yang sedikit emosional seperti menonton acara film horor, Bermain game dan lain lain.

10.Tidur 20 menit

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang klasik adalah dengan cara tidur siang dengan durasi 20 menit saja. Tidur yang tidak berlebihan mampu meningkatkan kesegaran tubuh, Pikiran lebih tenag dan rasa kantuk segera hilang dan tidak akan muncul kembali sampai waktu berbuka puasa tiba.

11.Rekreasi

Rekreasi mengunjungi tempat tenpat yang hijau, Tempat bersejarah atau lokasi yang belum pernah dilalui sebelumnya dapat membuka pikiran menjadi lebih bahagia, Lebih tenang dan menghilangkan rasa kantuk dengan segera. Pemandangan yang indah mampu menciptakan rekayasa optik pada mata agar lebih berkonsentrasi ketika melihat sesuatu dan tetap terjaga  sehingga cara ini bisa mengalihkan rasa kantuk menjadi segar kembali

12. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang disukai terutama yang bergenre cepat merupakan cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang paling disukai banyak orang, Karena musik memberikan energi positif untuk pikiran lebih tenang, Konsentrasi lebih tajam dan meningkatkan semanagat untuk selalu bergerak dan menikmati setiap alunan dan lirik lagu yang sedang didengar.

13.Duduk di bawah pohon

Pada siang hari tumbuhan akan mengeluarkan oksigen kebumi dan ini adalah baik bagi kesehatan manusia yang duduk di bawahnya. Oksigen dari pepohonan mampu memberikan semangat pada tubuh, Pikiran dan instuisi lebih tajam. Tak heran jika berlama lama duduk dibawah pohon pada siang hari dapat menghilangkan sakit kepala, Mengurangi stres dan melenyapkan rasa kantuk. 

14.Mandi pagi

Mandi air dingin dipagi hari pada saat berpuasa tidak dilarang selama tidak dilakukan terlalu lama atau ada air yang sengaja tertelan. Mandi air dingin dapat menenangkan aliran darah di seluruh tubuh, Menyegarkan badan dan menyebabkan mata tetap terang terjaga, Sehingga ini adalah salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang patut dicoba. Ternyata masih ada banyak manfaat mandi pagi hari bagi kesehatan yang menakjubkan selain bisa menghalau rasa kantuk.

15.Terapi es batu

Terapi es batu biasa digunakan untuk menghilangkan rasa tegang pada otot leher bagian belakang sehingga terhindar dari ketegangan dan sakit kepala, Tetapi ternyata terapi es batu efektif untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa. Es batu yang dibungkus dengan plastik atau kain lalu diletakkan pada leher bagian belakang selama 10 hingga 15 menit bisa melancarkan pembuluh darah leher ke otak sehingga menimbulkan efek menenangkan.

16.Bercengkerama dengan hewan

Bercengkerama dengan  hewan kesayangan merupakan cara unik dan melibatkan emosional positif anda yang terbukti ampuh menghilangkan rasa jenuh, Mengurangi stres, Menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa kantuk saat sedang berpuasa. Bermain main dengan hewan kesayangan selama 20 hingga  30 menit sudah cukup meningkatkan ikatan batin anda pada hewan sehingga ada akan tetap dalam kondisi bahagia dan terjaga untuk tidak merasa mengantuk.

You may also like