10 Jenis Makanan Sahur Bagi Penderita Maag Paling Aman

1073

Makanan sahur bagi penderita maag adalah makanan yang boleh dikonsumsi saat sahur  karena tidak menyebabkan masalah pada  pencernaan saat berpuasa.

Penyakit maag adalah kondisi yang muncul akibat seseorang memiliki gangguan pencernaan berupa penyakit asam lambung, Tukak lambung atau penyakit irritable bowel syndrome, Dimabna kondisi tersebut sangat berhubungan dengan pencernaan.

Jenis makanan sehat

Makanan sahur bagi penderita maag adalah makanan sehat dan  aman yang tidak menyebabkan iritasi, Peradangan atau penekanan terhadap sistem pencernaan , Diantaranya:

1.Tidak  berbumbu menyengat

Salah satu makanan sahur bagi penderita maag yang aman adalah jenis makanan yang tidak  mengandung bumbu yang merangsang dinding lambung menderita iritasi misalnya makanan yang tidak mengandung cuka, Mengandung banyak merica, Terlalu pedas  dan lain lain.

2. Makanan mudah dicerna

Mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh pencernaan merupakan langkah yang baik untuk mempercepat pengosongan lambung sehingga tidak memicu peningkatan asam lambung dan mempercepat proses pengolahan lemak menjadi energi saat sedang berpuasa, Misalnya bukan produk coklat, Kue tara atau jenis keju. Makn;lah makan yang dari jenis oatmeal atayu sereal.

3. Tidak mengandung karbohidrat berat

Hindari makanan yang mengandung karbohidrat berat seporti beras ketan, Bihun, Jagung, Ketela atau talas. Maknan  sahur bagi penderita maag yang baik adalah beras merah atau gandum.

4. Buah mengandung gula komplek

Buah yang mengandung gula komplek merupkana salah satu makanan sahur bagi penderita maag yang juga aman untuk berbuka puasa misalnya buah kurma matang. Didalam kurma terkandiumg banyak nutrisi penting yang dapat melancarkan kinerja lambung misalnya kaya akan serat, Kalium, Magnesium dan protein.

5. Mengandung protein tinggi

 Makanan  sahur bagi penderita maag yang banyak direkomendasikan para ahli gizi adalah yang mengandung protein tinggi  dan serta yang memadai sehingga saat berpuasa tubuh tetap dalam kondisi terbaiknya. Misalnya kacang almond.

6. Bubur kaya nutrisi

Mengkonsumsi bubur kacang ijo, Bubur kacang kedelai atau bubur nasi merah yang dilengkapi dengan sayuran dan buah misalnya bayam, Wortel, Tomat, Seledri, Ikan , Telur atau taburan daging tanpa kulit mampu menjadi makanansahur bagi penderita maag karena dapat mempertahankan stamina dan energi tubuh di siang hari dan menjelang berbuka puasa sehingga tubuh tidak cepat merasa lelah dan lemas.

7. Makanan direbus

Makanan yang direbus merupakan makanan yang paling direkomendasikan ahli gizi untuk segala umur. Karena makanan yang direbus terbebas dari lemak dan Kolesterol yang ada pada minyak. Makanan yang direbus seperti kentang, Tahu putih atau labu merupakan makanan yang masuk kategori sebagai makanan sahur bagi penderita maag.

8. Jus kombinasi

Untuk membuat jus kombinasi antara sayur dan buah , Pilihklah yang tidak mengandung gas dan alkohol agar pencernaan tetap dalam kondisi stabil dan asam lambung tidak naik saat sedang berpuasa. Makanan sahur bagi penderita maag dari jenis jus kombinasi adalah Wortel, Bayam dan tomat atau jus lidah buaya yang digabungkan dengan buah apel.

9. Susu sapi murni

Susu sapi murni rendah kalori tetapi kaya protein dan kalsium dimana nutrisi tersebut cukup melindungi tubuh agar tetap kuat dan segar selama berpuasa. Susu sapi murni dapat direbus terlebih dahulu untuk kemudian dikonsumsi saat sahur tapi tanpa penambahan gula. Susu sapi murni dapat ditambahkan dengan irisan buah apel, pisang,  Mentimun atau blewah guna menggandakan nilainutisinya.

10.Tidak mengandung gas

Makanan sahur bagi penderita maag yang dapat mencegah naiknya asam lambung penyebab tukak lambung dan penyakit maag adalah jenis makanan  yang tidak mengandung gas misalnya sawi, Kol, Nangka, Kedondong, Durian dan lain lain. Makanan yang disarankan misalnya asparagus, daging tanpa lemak,  Mentimun dan lain lain.

Untuk penderita maag disarankan untuk tidak langsung tidur setelah sahur . Tunggulah sampai 1 hingga 2 jam  setelahnya untuk menghindari terjadinya sekresi asam lambung berupa naiknya asam lambung yang muncul secara mendadak . Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut termasuk munculnya rasa nyeri , Tegangnya otot perut atau kram dimana keluhan tersebut  justru memicu maag kambuh.