13 Tips Gak Haus Saat Puasa yang Mudah Diterapkan

285

Cepat atau tidak munculnya rasa haus saat puasa ditentukan oleh banyak faktor yang memungkinkan rongga mulut dan tenggorokan menjadi lebih kering.

Solusi

Tips cara mudah agar tidak cepat haus saat berpuasa

1.Minum air putih

Memperbanyak minum air putih saat sedang sahur dapat melindungi tubuh dari dehidrasi beberapa jam setelah imsak. Tubuh yang cukup dengan asupan air putih saat sahur dapat membantu stamina tetap terjaga relatif lebih lama sehingga tubuh tidak mudah kekelahan saat beraktivitas.

Tips gak haus saat puasa yang paling sederhana tetapi efektif adalah mengkonsumsi air putih secara  berkala saat sahur. Salah satu bahaya akibat kurang minum air putih adalah tubuh dehidrasi, Dehidrasi adalah pintu awal munculnya keluhan kesehatan lain misalnya munculnya keluhan sakit kepala, Tenggorokan kering, Kejang kejang dan lain lain.

2. Menyibukkan diri

Menyibukkan diri pada aktivitas positif dan membanggakan adalah tips gak haus saat puasa yang dapat diterapkan segala usia. Kesibukan yang dilakukan sesuai dengan bakay, Hobi dan minat dapat  merangsang rasa bahagia  dan dampak positifnya adalah mampu menekan rasa lapar bertahan lebih lama sehingga rasa haus tidak terasa. Aktivitas yang dimaksud misalnya melukis, Memasak, Menjahit, Bermain musik, Menulis cerita dan lain lain.

3, Tidur siang

Membiasakan diri tidur siang 20 menit ternyata mampu meningkatkan kesehatan tubuh saat berpuasa. Bagi yang kesulitan istirahat siang maka harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu  apa dan bagaimana tips agar bisa tidur siang dengan nyenyak paling jitu . Istirahat siang walaupun hanya 20 menit saja ternyata dapat menstimulasi peradaran darah menjadi lebih lancar dan mencegah rasa haus datang lebih cepat sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Tidur siang selama 20 menit secara teratur sudah mampu mengistirahatkan seluruh jaringan agar tetap prima dan bisa digunakan se efesien mungkin pada beberapa jam ke depan menjelang berbuka puasa tanpa harus khawatir akan terserang haus.

4. Cuci muka

Tips gak haus saat puasa bisa diawali dengan kedisiplinan diri dalam mencuci muka saat sahur dan siang hari dengan air dingin, Rasa sejuk mampu memperlancar aliran darah, Menyegarkan wajah dan memberi rasa nyaman pada wajah yang dampaknya membuat rasa haus menjadi tidak terasa.

5. Mandi pagi dan sore

Mandi  2 kali sehari secara teratur apalagi saat bulan ramadhan adalah keharusan. Selain untuk menjaga kebersihan luar tubuh  Mandi teratur dapat menyegarkan tubuh dari dalam.  Salah satu akibat jarang mandi pagi dan sore yang paling mudah menyerang pria dan wabnita adalah munculnya penyakit kulit.

Tahukah anda bahwa mandi air dingin sangat menyegarkan tubuh dan dapat melancarkan aliran darah yang tidak lancar karena kelelhan akibat aktivitas sehari hari. Mandi air dingin cocok dijadikan sebagai tips gak haus saat puasa dan bisa terus dipertahankan kendati bukan sedang  bulan ramadhan. Air yang dingin atau sejuk selalu mampu menyegarkan tubuh dimana tububh kan tetap bugar sepanjang hari.

6. Berenang

Berenang selama 20 hingga 30 menit dapat di jadikan sebagai salah satu tips gak haus saat puasa yang dapat diterapkan pria wanita segala usia. Tubub akan selalu dalam kondisi yang segar dan semabgat setelah berenag, Kondisi ini dapat menekan rasa haus menjadi lebih lama sehingga seseorang tidak akan merasakan rasa haus yang luar biasa saat siang dhari.

7. Kompres es

Mengompres tubuh dengan batu es bisa juga sebagai tips gak haus saat puasa yang efektif dapat menekan rasa haus jauh lebih lama. Kompres;ah bagian tubuh yang menyebabkan efek rileks menjadi lebih cepat misalnya kompres dahi. Leher bagian belakang, Bahu kiri dan kanan, Lengan dan bagian kaki.  Agar lebih maksimal maka batu es harus dibungkus dengan kain atau plastik sebelum di letakkan pada tubuh, Halmini untuk mencegah terjadinya kulit yang kebas, Kesemutan atau efek panas akibat tersentuh batu es secara langsung.

8. Perbanyak sayuran

Memperbanyak makan sayuran saat sahur adalah tips gak haus saat puasa, Karena sayuran memiliki kandungan serta dan mineral yang mampu membantu tubuh terhindra dari dehidrasi,  Saat tubuh tidak mengaami kekurangan cairan maka pada saat itu rasa haus tidak akan muncul.

9. Perbanyak buah

Mengkonsumsi buah buahan dengan berbagai ragam saat sahur dapat dijadikan tips gak haus saat puasa yang lezat karena buah dapat dimakan langsung atau dibuat jus. Pilihlah buah yang baik di makan pagi hari khususnya memiliki cita rasa manis dan asam agar dapat memberikan efek menyegarkan lebih lama terhadap tubuh untuk beberapa jam ke depan setelah waktu imsak tiba.

10.Yogurt

Salah satu jenis probiotik yang terkenal adalah yogurt. Yaitu minuman sehat hasil fermentasi yang mengandung asam laktat yang di dalamnya  terdapat jutaan bakteri baik yang bertugas menyehatkan pencernaan. Jenis jenis probiotik memiliki keistimewaan yang berbeda tetapi sama sama mampu menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih baik. Mengkonsumsi yogurt saat sahur ternyata baik bagi kesehatan pencernaan saat berpuasa. Bakteri baik yang ada di dalamnya siap melindungi 24 jam organ pencernaan dari serangan bakteri dan kuman yang menyebabkan asam lambung meningkat atau mual mual, dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan munculnya rasa haus. 

11.Kondisi ruangan

Salah satu tips gak haus saat puasa hang paling disukai banyak orang adalah berada di dalam ruangan yang memilki temperatur yang sejuk atau dingin, Misalnya ruangan ber AC. Ruangan yang dingin dapat menstimulasi pikiran menjadi lebih tenang dan mampu menjaga tubuh tetap kering dan terhindar dari keluarnya keringat serta dehidrasi. Keringat yang berlebih dapat memicu rasa haus datang lebih cepat dan badan merasa lelah.

12.Pijat seluruh tubuh

Melakukan pijatan pada seluruh tubuh pada galeri pengobatan tradisional dapat menjadi rekomendasi atau tips gak haus saat puasa yang terbukti dapat menjadikan kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan ringan.

13.Kurangi asupan garam

Menyantap makanan yang mengandung banyak garam saat sahur tidak disarankan karena salah satu bahaya konsumsi garam berlebihan bagi kesehatan adalah dapat menyebabkan dehidrasi tubuh di siang hari. Garam bersifat menyerap cairan tubuh sehingga tubuh akan mudah merasa capek, Lesu dan haus. Tips gak haus saat puasa yang paling direkomendasikan agar tubuh tetap dalam kondisi fit adalah hindariu penggunaan gartam yang berlebihan saat sahur.