2 Jenis Jenis Probiotik – Spesiesnya

Jenis jenis probiotik merupakan golongan makanan yang didalamnya mengandung bakteri baik hasil fermentasi yang panjang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Probiotik mampu meningkatkan kesehatan jaringan perut yang berkaitan dengan sistem pencernaan sehingga sistem imunitas tubuh dapat tetap dalam kondisi terbaiknya.

Jenis jenis probiotik

Probiotik memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh terutama pada jaringan pencernaan, Namun probiotik dapat digolongkan menjadi dua jenis yang berbeda, Diantaranya:

1.Probiotik Lactobacillus

Probiotik lactobacillus dapat diperoleh pada jenis yogurt yang kaya manfaat bagi kesehatan , Misalnya dapat mengatasi tubuh yang sedang mengalami intoleransi laktosa, Melindungi organ usus halus dan menyembuhkan diare lebih cepat.

2.Probiotik Bifidobacterium

Probiotik Bifidobacterium dapat diperoleh pada jenis susu yang kaya manfaat bagi kesehatan, Misalnya untuk mengobati gangguan pencernaan, Melindungi organ usus besar dan gangguan jaringan perut lainnya.

Spesies bakteri probiotik

Probiotik dihasilkan dari beberapa nama bakteri yang berbeda beda tetapi pada tiap tiap bakteri mempunyai tujuan yang asama dalam hal menjaga kesehatan tubuh.

  1. Probiotik lactobacillus

Probiotik lactobacillus memiliki beberapa bakteri yang khusus mampu menangani berbagai keluhan disistem pencernaan dan bagian usus halus. Beberapa nama bakteri tersebut adalah:

  • Lactobacillus plantarium
  • Lactobacillus salivarius
  • Lactobacillus renteri
  • Lactobacillus paracasei
  • Lactobacillus fermentum
  • Lactobacillus bulgaricum

2. Probiotik bifidobacterium

Probiotik bifidobacterium memiliki beberapa bakteri yang dapat mengatasi berbagai masalah seputar pencernaan dan bagian usus besar. Beberapa nama bakteri tersebut adalah:

  • Bifidobacterium bifidum
  • Bifidobacterium longum
  • Bifidobacterium breve
  • Bifidobacterium infantis

Jenis makanan yang menghasilkan asam laktat

Untuk dapat mengolah makanan menjadi probiotik terbaik, Maka akan dipilih makanan tertentu yang sebelumnya memang telah memiliki probiotik alami. Untuk menggandakan manfaatnya maka difermentasikan agar menghasilkan asam laktat lebih banyak yang nantinya bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri jahat secara menyeluruh.


Beberapa bahan dasar makanan terbaik yang dapat menghasilkan asam laktat yaitu zat yang menjadi bagian dari probiotik adalah:

  • Kedelai – kedelai merupakan bahan makanan yang paling banyak digunakan untuk dijadikan probiotik, Kedelai atau yang telah diolah menjadi tempe dapat difermentasikan dan menghasilkan enzim fitase yang mampu memecah asam fitase dengan baik sehingga mampu meningkatkan penyerapan sekaligus penyebaran mineral penting keseluruh tubuh secara merata misalnya kalsium, Kalium, Zat besi, Mangan, Fosfor .
  • Susu – susu yang dapat difermentasikan menjadi probiotik adalah susu kambing, Sapi  atau domba. susu memgandung protein dan kalsium yang ketika difermentasi dapat cepat menghasilkan asam laktat yang baik bagi pencernaan. Susu adalah bahan utama pembuatan yogurt yang sangat terkenal sebagai probiotik yang dapat dikonsumsi segala usia.
  • Kelapa – Daging kelapa beserta airnya memiliki kandungan zat anti racun, Anti oksidan dan mampu menjadi detox alami pada saat tubuh sedang mengalami keracunan makanan atau obat obatan. Kelapa dapat diolah menjadi probiotik yang mampu melindungi sistem imunitas tubuh menjadi lebih bak dari hari kehari ketika probiotik kelapa dikonsumsi secara teratur dan konsisten.
  • Beras merah – Beras merah dapat dijadikan probiotik karena mengandung serat yang tinggi. Setelah mengalami fermentasi dalam kurun waktu setahun atau lebih , Maka akan muncullah miso. Miso adalah hasil fermentasi murni yang diolah dari beras merah. Miso mengandung berbagai macam mineral lengkap dan vitamin B komplek selain terkandung banyak mikroorganisme baik yang nantinya dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  • Cokelat hitam – Cokelat merupakabn makanan yang memiliki probiotik alami yang mampu memperbaiki sel sel tubuh dari kerusakan. Cokelat juga mengandung zat anti oksidan berupa flavanoid yang mampu menjaga usus besar tetap pada kondisi yang stabil dan terhindar dari serangan bakteri jahat yang berasal dari limbah makanan ataupun dari dalam tubuh sendiri.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis probiotik. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Panduan Gizi