53 Makanan yang Mengandung Asam Oksalat dan Efek nya Bagi Tubuh

Asam oksalat merupakan suatu zat yang dikenal sebagai asam organik yang terdapat pada manusia, hewan, dan tanaman. Asam oksalat meruapakan senyawa dengan rumus kimia H2C2O4. Asam oksalat merupakan asam organik yang sangat kuat. Di dalam tubuh sendiri efek dari asam oksalat ini tidak begitu baik. Menumpuknya kalsium oksalat di dalam tubuh bisa memicu munculnya batu ginjal dan rasa nyeri. Oleh sebab itu salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mengetahui jenis makanan yang mengandung asam oksalat agar kita bisa menghindari ataupun membatasi jumlahnya.

Makanan yang mengandung asam oksalat sendiri ada banyak jumlahnya. Kadar asam oksalat di tiap makanan tersebut pun berbeda – beda. Berdasarkan kadar yang terkandung di dalamnya makanan yang mengandung asam oksalat ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu adalah makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar rendah, makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar sedang, dan makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar tinggi. Berikut adalah makanan – makanan yang termasuk ke dalam jenis – jenis tersebut

Makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar rendah

Makanan yang termasuk kedalam jenis makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar rendah adalah makanan yang kandungan asam oksalat nya di bawah 2mg. Beberapa jenis makanan itu antara lain :

  1. Nasi putih
  2. Daging sapi
  3. Daging unggas
  4. Pepaya
  5. Mangga
  6. Anggur
  7. Alpukat
  8. Lobak
  9. Apel
  10. Teh hijau
  11. Susu
  12. Keju

Makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar sedang

Makanan yang ada pada jenis makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar sedang adalah makanan yang di dalam nya mengandung 2 – 10 mg asam oksalat. Makanan – makanan yang termasuk ke dalam jenis ini anatara lain :

  1. Yoghurt
  2. Biji bunga matahari atau kwaci
  3. Hati
  4. flaxseed atau dikenal juga dengan biji rami
  5. ikan sarden
  6. Tomat
  7. Asparagus
  8. Kubis
  9. brokoli
  10. Gandum
  11. Roti
  12. Jagung
  13. Anggur
  14. Strawberry
  15. Nanas
  16. Pir
  17. Apel
  18. Jeruk
  19. Kelapa

Makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar tinggi

Makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar tinggi adalah suatu jenis makanan yang harus kita perhatikan jumlah asupannya. Makanan yang masuk ke dalam jenis ini adalah makanan yang di dalamnya mengandung asam oksalat lebih dari 10 mg. Beberapa jenis makanan yang masuk ke dalam jenis makanan yang mengandung asam oksalat dengan kadar tinggi antara lain adalah : 


  1. Buncis
  2. Okra
  3. Labu
  4. Paprika
  5. Kentang
  6. Bayam
  7. Kangkung
  8. Terong
  9. Wortel
  10. Ubi
  11. Blueberry
  12. Raspberry
  13. Kiwi
  14. Produk minuman kedelai seperti susu dan yoghurt
  15. Minuman yang bersoda
  16. Susu coklat
  17. teh hitam
  18. Minuman instan terutama yang mengandung caffeine.
  19. Biji mete
  20. Beberapa kacang seperti kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah
  21. Gandum
  22. Sereal

Efek Asam Oksalat dalam Tubuh

Mengetahui berbagai jenis makanan yang mengandung oksalat berfungsi untuk mengantisipasi hal – hal berbahaya yang mungkin terjadi jka di dalam tubuh kita terdapat banyak zat ini. Di dalam tubuh, asam oksalat ini akan bercampur dengan kalsium yang akan membentuk sebuah senyawa yang tidak larut dan tidak dapat diserap dalam tubuh. Hal ini akan menjadi sala satu penyebab batu ginjal pada pria dan wanita. Batu ginjal ini disebabkan oleh kalsium oksalat yang terbentuk di dalam tubuh. Biasanya pada urin dari penderita batu ginjal ini akan ditemukan 10 15 persen batu kalsium oksalat. Selain bahaya batu ginjal, efek lain yang mungkin terjadi bila kebanyakan asam oksalat di dalam tubuh adalah munculnya rasa nyeri. Rasa nyeri ini terutama akan muncul pada bagian pinggul, nyeri vulva, dan nyeri pada beberapa bagian lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya