7 Bahaya Daun Singkong Yang Mematikan

Daun singkong adalah salah satu jenis sayuran hijau yang mudah sekali dijumpai disekitar kita yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, daun singkong dapat dijadikan salah satu sayuran alternatif pengganti sayuran lain yang memiliki gizi yang sama seperti bayam, kangkung atau katuk, namun jika berlebihan mengkonsumsi daun singkong maka akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan yang dapat mengganggu aktifitas  sehari hari.

Kandungan gizi pada daun singkong

  • Mengandung serat tinggi,yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit
  • protein yang tinggi,yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak anak
  • zat besi dan kalori dapat mencegah serangan anemia dan sebagai penghasil tenaga untuk kita beraktifitas
  • vitamin A dan B17 berguna untuk menjaga kesehatan jaringan mata dan kulit
  • zat fosfor dan kalsium  dapat berguna untuk pembentukan massa tulang dan memperkuat tulang dari dalam.

Bahaya daun singkong yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu munculnya beberapa keluhan penyakit seperti :

1. Mengakibatkan keracunan

Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang berpotensi menjadi racun sianinda yang jika mengendap dan mengiritasi dijaringan tubuh dapat mengakibatkna keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah muntah.

Baca juga : pertolongan pertama keracunan makanan

2. sakit perut

Mengkonsumsi terlalu banyak daun singkong dapat membuat asam lambung , dinding lambung mendapat tekanan dan luka karena senyawa yang ada pada daun singkong bersifat sianida yang mampu mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual mual dan disertai muntah.

Baca juga :obat sakit perut paling aman

3. sakit kepala

Senyawa linamarin dan lotaustralin yang ada pada daun singkong  dapat bertindak sebagai racun yang menghambat kelancaran perdaran darah disekitar kepala dan memicu ketegangan otot saraf kepala sehingga menimbulkan  sakit kepala yang terkadang datang secara berkesinambungan.

Baca juga :  Cara mengatasi sakit kepala

4. gangguan sesak nafas

senyawa sianida yang ada pada daun singkong berpotensi menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yaang dapat menyebabkan sesak nafas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

Baca juga : cara mengatasi sesak nafas

5. Meningkatkan kadar kolesterol


Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi didalam darahnya sebaiknya menghindari mengkonsumsi daun singkong karena dapat meningkatkan kadar kolesterol yang nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

Baca juga : makanan yang berbahaya bagi penderita kolesterol

6. Meningkatkan asam urat

Daun singkong tidak cocok bagi penderita asam urat apalagi dikonsumsi secara berlebihan, karena didalamnya mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat dipersendian yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan.

Baca juga : cara menurunkan kadar asam urat

7. Meningkatkan tekanan darah

Seseorang yang menderita darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengkonsumsi daun singkong tetapi dalam takaran yang moderat (wajar) dan disarankan tidak ditambahkan santan dalam pengolahannya. lemak pada santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.

Baca juga : bahaya daun singkong bagi penderita hipertensi

Kombinasi Berbahaya dengan Daun Singkong

Daun singkong berpotensi lebih berbahaya mengganggu kesehatan jika digabungkan dengan jenis makanan  lain, terutama pada penderita darah tinggi, asam urat dan penderita vertigo.

1 .Sayur Daun singkong digabungkan dengan daging

Untuk penderita asam urat dan darah tinggi sebaiknya hindari mengkonsumsi sayur daun singkong yang ditanbahkan santan dan dicampurkan dengan daging. daging apapun lebih baik hindari agar tekanan darah dan jumlah purin dalam persendian tidak mengalami peningkatan.

2. Daun singkong yang diolah dengan minyak kelapa

Daun singkong yang diolah menjadi oseng oseng dengan menggunakan minyak kelapa berpotensi meningkatkan kadar senyawa linamarin dan lotaustralin yang mengandung sianida menjadi lebih aktif dan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita darah tinggi, asam urat dan penderita vertigo. karena akan mempercepat peningkatan tekanan darah. meningkatkan asam urat dengan cepat dan memicu munculnya sakit kepala terutama pada penderita vertigo.


3. lalapan daun singkong digabungkan bayam dan kangkung

Makanan lalapan daun singkong yang digabungkan dengan bayam dan kangkung sangat nikmat jika diolah menjadi URAP  (jenis menu makanan khas daerah Jawa).  Daun singkong mempunyai senyawa sianida, daun bayam mempunyai zat besi sangat tinggi dan kangkung memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga tetapi bagi penderita darah tinggi, asam urat dan vertigo sebaiknya jauhi ketiga sayuran yang digabungkan ini karena dapat membuat penyakit penyakit tersebut kambuh dan akan sulit disembuhkan dengan cepat.

Sayuran alternatif pengganti daun singkong yang terbukti aman bagi penderita tekanan darah tinggi, asaam urat dan vertigo.

Pada dasarnya mengkonsumsi daun singkong sangat dianjurkan bagi orang orang yang tidak memiliki penyakit darah tinggi, asam urat dan vertigo. Jika daun singkong dikonsumsi dalam jumlah yang wajar pada orang orang yang sehat maka nutrisi yang ada didalamnya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat mencegah anemia, dapat memperbaiki kualitas ASI pada ibu menyusui atau mampu mencegah serangan sembelit bahkan masih ada banyak khasiat daun singkong bagi kesehatan

Bagi penderita darah tinggi , asam urat dan vertigo lebih bijak jika daun singkong digantikan dengan daun selada, labu siam, wortel atau buncis karena terbukti aman tidak mengandung zat purin atau sianida dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan serat seperti yang ada pada daun singkong.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 05th, May 2016 / 06:10 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya