6 Makanan dan Minuman yang Dapat Membahayakan Paru-paru

116

Seperti halnya jantung, hati dan ginjal, paru-paru pun juga termasuk organ tubuh yang sangat penting keberadaannya dalam tubuh. Jika salah satu saja bermasalah maka proses pernapasan dan penyediaan oksigen ke seluruh tubuh dapat terhambat. Selain itu, rasa sakit muncul juga cukup menyiksa.

Karena itu penting sekali untuk menjauhi segala sesuatu yang dapat membahayakan fungsi paru-paru, termasuk salah satunya beberapa jenis makanan dan minuman. Jika Anda ingin memiliki paru-paru yang sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya sebaiknya kenali makanan dan minuman yang dilarang dikonsumsi seperti berikut ini.

1. Gorengan

Seperti yang kita tahu, gorengan termasuk makanan yang tidak sehat. Hampir seluruh tubuh akan terkena dampaknya saat kita mengkonsumsi gorengan, termasuk paru-paru. Meski tidak berhubungan langsung dengan organ pencernaan, paru-paru tetap dapat mengalami masalah saat gorengan disantap. Hal ini dikarenakan aliran darah ke paru-paru menjadi tidak lancar sehingga fungsi paru menjadi terganggu.

2. Daging Kambing

Sebenarnya tidak ada masalah untuk mengkonsumsi daging kambing asalkan masih dalam batas wajar. Namun apabila paru-paru sedang bermasalah, sebaiknya hindari mengkonsumsi daging kambing untuk sementara waktu. Mengkonsumsi daging kambing dapat meningkatkan terbentuknya zat nitrosamin dalam tubuh, sehingga memperbesar resiko terjadinya radang paru.

3. Durian

Buah durian kerap diburu saat musim panennya tiba, karena rasanya sangat nikmat dan aromanya begitu memikat. Tetapi, hindari mengkonsumsi durian berlebihan apalagi jika sedang terjadi gangguan kesehatan pada paru-paru. Durian dapat memberikan sensasi panas dan dapat menyebabkan inflamasi pada paru semakin memburuk.

4. Minuman Soda

Kandungan karbonat dan gas pada soda cukup tajam hingga dapat melukai permukaan berbagai organ tubuh yang penting, termasuk paru-paru. Selain itu, berbagai zat lainnya yang juga berbahaya dapat menyebabkan paru-paru mudah terinfeksi virus maupun bakteri karena daya tahan tubuh yang melemah.

5. Alkohol

Minuman beralkohol dapat memberikan rasa tenang namun hanya bersifat sesaat, karena itu lebih baik untuk menghindarinya agar kesehatan paru-paru dapat terjaga. Alkohol memang sangat berbahaya bagi kesehatan, dan membuat orang yang meminumnya menjadi ketagihan sehingga kesehatan paru-paru menjadi terancam. Bahkan dalam kasus yang parah, alkohol dapat menyebabkan terjadinya kebocoran dinding paru.

6. Minuman Dingin

Minuman dingin memang tidak memberikan dampak buruk secara langsung. Namun sifat dinginnya dapat memperparah kondisi jantung yang memang sedang mengalami gangguan kesehatan. Sebaiknya, gantilah minum Anda dengan air putih hangat untuk melindungi kesehatan paru-paru Anda.

Makanan dan minuman di atas seringkali kita konsumsi hingga melebihi batas wajar dikarenakan rasanya yang sangat enak. Apalagi semuanya sangat mudah didapat dan harga lumayan terjangkau. Namun alangkah lebih baiknya jika kita menghindarinya atau mengurangi porsinya setiap kali akan makan dan minum untuk lebih menjaga paru-paru tetap sehat.