28 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi sesak nafas secara alami sangat ampuh ternyata sangat mudah dilakukan, anda dapat melakukannya dengan cepat saat terkena serangan sesak nafas. Bernafas memang menjadi salah satu hal yang bisa membuat tubuh kita mendapatkan oksigen. Bernafas dimulai dengan menghirup udara melalui hidung kemudian mengeluarkan nafas dari mulut atau hidung. Ketika Anda tidak bisa bernafas dengan baik maka tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Bahkan kondisinya bisa menjadi lebih buruk jika jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Awal dari kondisi ini lebih sering diawali dengan sesak nafas. Sesak nafas bisa terjadi karena beberapa hal seperti penyakit asma, alergi, keracunan, stroke, serangan jantung, kecemasan dan kepanikan.

Sesak nafas sangat mengganggu karena membuat tubuh Anda merasa sangat lelah. Dalam beberapa kondisi sesak nafas bisa diatasi sendiri, meskipun jika sudah buruk tetap membutuhkan bantuan dokter. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sesak nafas.

  1. Mengatur Posisi Agar Duduk

Ketika serangan sesak nafas mungkin bisa terjadi dalam berbagai posisi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur posisi agar bisa duduk seperti biasa. Ketika tubuh dalam posisi duduk maka tubuh Anda bisa menjadi lebih santai. Anda bisa menghidup udara dengan lebih leluasa dibandingkan dengan posisi tidur telentang. Posisi duduk juga membantu kapasitas diagfragma menjadi lebih santai dan tidak terlalu tegang. Setelah itu cobalah untuk menarik nafas pelan dan panjang dari hidung kemudian keluarkan pelan-pelan dari mulut. Posisi duduk bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

  • Lakukan posisi duduk dengan bagian kaki yang merata di bagian lantai.
  • Lakukan posisi duduk dengan bagian dada yang membusung ke depan atau agak ke depan sedikit.
  • Duduk dengan bagian siku diletakkan pada bagian lutut dan dagu ada dibagian tangan.
  • Duduk sambil bersandar pada leher dan bahu sehingga otot tangan menjadi tumpuan.
  1. Lakukan Posisi Duduk Bersandar

Anda juga bisa mencoba untuk mengatasi sesak nafas dengan mencoba bersandar di dinding atau tempat tidur. Cara ini bisa dilakukan dengan posisi kaki yang rata ke bagian tanah atau tempat tidur. Kemudian busungkan bagian dada ke depan sedikit. Setelah itu letakkan tangan di kedua sisi tubuh dan letakkan bagian kepala pada bantal. Posisi ini akan membantu Anda bisa menghirup nafas dengan lebih baik.

  1. Lakukan Posisi Berdiri Santai

Cara mengatasi sesak nafas secara cepat adalah dengan berdiri santai. Serangan sesak nafas memang bisa terjadi kapan saja. Bahkan ketika Anda sedang berdiri dan melakukan berbagai aktivitas. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba melakukan posisi berdiri sambil bersantai. Anda bisa mencoba untuk berdiri dengan bagian kaki yang lebarnya sama dengan posisi bahu. Kemudian sandarkan bagian pinggul ke dinding atau benda apa saja yang bisa menjadi tumpuan badan. Kemudian buat bagian paha menjadi sangat santai. Setelah itu atur agar bahu menjadi lebih santai, dada membusung sedikit dan posisikan bagian lengan menggantung ke arah tanah.

  1. Lakukan Posisi Santai Saat Tidur

Jika Anda mengalami sesak nafas saat dalam posisi tertidur maka akan menjadi tidak menyenangkan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba beberapa cara. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan berbaring santai dan mengusahakan agar semua otot tubuh menjadi sangat rileks. Kemudian ambil bantal dan buat posisi kepala menjadi lebih tinggi dibandingkan dada. Setelah itu tekuk lutut Anda dan berikan bantal dibawah lutut. Posisi ini akan membantu mengurangi sesak nafas saat tertidur.

  1. Cobalah Mengendalikan Tingkat Stres

Penyebab sesak nafas bukan hanya karena penyakit atau gejala penyakit tertentu. Salah satunya adalah karena tekanan pikiran yang menyebabkan stres. Stres akan menekan pikiran menjadi sangat berat kemudian membuat kapasitas paru-paru tidak seperti semula atau biasanya. Hal ini menyebabkan sesak nafas dan oksigen tidak bisa masuk ke tubuh dengan baik. Untuk mengatasi hal ini maka jalan satu-satunya adalah dengan menurunkan tingkat stres. Anda bisa melakukan beberapa usaha untuk mengendalikan stres seperti:

  • Membuat pikiran menjadi santai.
  • Melakukan olahraga santai dan latihan ringan.
  • Menghindari panik dan membuat pikiran menjadi tidak terlalu tertekan.
  • Melakukan yoga dan rekreasi bersama keluarga.
  1. Lakukan Latihan Ketika Panik

Orang yang panik juga bisa menyebabkan sesak nafas. Hal ini bisa membuat sesak nafas yang ditandai dengan dada yang menjadi lebih ketat. Kemudian Anda tidak bisa bernafas seperti biasa dan menjadi sesak nafas. Kondisi ini jika dibiarkan maka bisa membuat kekurangan oksigen dan pingsan. Ketika serangan panik terjadi maka Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti  berikut ini:

  • Cobalah untuk duduk dan bersantai.
  • Usahakan untuk posisi bahu dan lengan menjadi sangat santai.
  • Sandarkan bagian tubuh ke depan dan jadikan lengan sebagai tumpuan.
  • Mulai lakukan latihan pernafasan dengan menarik panjang. Anda bisa mencoba untuk menghitung dari angka 1 hingga 5.
  • Kemudian hembuskan nafas secara perlahan-lahan kemudian dan membuat ruang udara dalam paru-paru Anda menjadi lebih santai.
  1. Latihan Pernafasan Perut

Cara lain untuk mengatasi sesak nafas adalah dengan mencoba melakukan pernafasan dari perut. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anak-anak dan orang tua. Cara untuk melakukan pernafasan ini adalah dengan menempatkan jari pada bagian bawah tulang dada dan kemudian hirup udara dengan menggerakkan otot diagfragma. Kemudian mulai lakukan pernafasan dari bagian mulut dan menggerakkan perut secara perlahan. Cara ini juga bisa Anda lakukan ketika sedang tidur dengan posisi telentang.

  1. Latihan Pernafasan Hidung

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pernafasan hidung. Cara ini bisa dilakukan ketika sesak nafas menyerang saat dalam berbagai posisi. Anda bisa mencoba untuk menarik nafas dari hidung dalam beberapa hitungan. Kemudian tahan udara yang sudah masuk secara perlahan. Setelah itu cobalah untuk menghembuskan nafas dari bagian mulut. Umumnya cara ini bisa mengurangi sesak nafas dengan menggunakan dua kali tarikan.

  1. Berjalan Lambat Sambil Bernafas Pelan

Anda juga bisa membantu mengendalikan sesak nafas dengan cara berjalan lambat. Setelah Anda mencoba untuk berjalan lambat maka Anda bisa menarik nafas secara perlahan sambil berjalan-jalan. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan fungsi otot diagfragma dan mengembalikan fungsi paru-paru yang sebenarnya. Dengan sering berjalan lambat dan mengatur pernafasan maka kondisi Anda bisa menjadi lebih baik. Jika cara ini sudah bekerja dengan baik maka Anda bisa mencoba cara lain seperti berlari kecil.

  1. Latihan Yoga

Yoga dipercaya bisa membantu mengatasi sesak nafas. Yoga akan membuat kondisi pernafasan menjadi lebih baik. Umumnya dalam latihan yoga maka biasanya ada beberapa dasar penting untuk melakukan latihan pernafasan. Latihan ini akan membantu Anda mengendalikan fungsi paru-paru dan otot perut. Berbagai gerakan fisik dalam yoga akan membantu mengatasi penurunan fungsi paru-paru.

  1. Olahraga Secara Teratur

Banyak orang yang sering menderita sesak nafas kemudian menghindari olahraga. Mereka menganggap bahwa olahraga akan membuat kondisi kesehatan menjadi lebih buruk. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga atau latihan secara rutin. Latihan akan membantu mengelola fungsi paru-paru dan menjaga agar kondisi fisik menjadi lebih baik. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan latihan seperti bersepeda, berlari kecil atau hanya berjalan-jalan santai. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat yang bisa membuat kondisi fisik menurun.

  1. Makan Sering Porsi Kecil

Cara makan yang buruk juga bisa menyebabkan sesak nafas. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mengendalikan jumlah makanan dan waktu untuk makan. Makan lebih sering dengan jumlah yang lebih kecil akan lebih baik dibandingkan dengan makan banyak sekali waktu. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan ringan dan tidak harus jenis makanan pokok. Cara ini akan membantu menjaga kondisi kesehatan secara umum dan bisa mengendalikan berat badan.

  1. Berhenti Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan sesak nafas. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan penumpukan nikotin dalam paru-paru. Bahkan rokok bisa menyebabkan penyakit yang mengganggu paru-paru seperti kanker paru-paru, asma dan penyakit lain. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk berhenti merokok. Program untuk berhenti merokok tidak bisa dilakukan secara mendadak. Anda harus mencoba untuk pelan-pelan dan menjauhi semua hal yang bisa menyebabkan efek samping dari rokok. (baca : bahaya merokok bagi kesehatan tubuh paling mematikan)

  1. Atur Emosi

Emosi yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan sesak nafas. Emosi akan membuat sesak nafas menjadi lebih buruk. Untuk mengatasi hal ini maka Anda harus bisa mengendalikan tingkat emosi. Emosi bisa menyebabkan rasa sedih, perasaan marah dan kondisi depresi yang berat. Untuk mengatur hal ini maka cobalah mengatur emosi. Anda bisa berdiam diri, mendengarkan musik, pergi ke tempat yang nyaman dan mencoba untuk melupakan hal-hal buruk. Kemudian Anda juga bisa mencoba melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti pergi ke tempat yang menyenangkan.

  1. Berenang

Sesak nafas memang menyerang paru-paru dan organ pernafasan lain. Jika Anda mengalami sesak nafas yang buruk maka Anda bisa mencoba untuk latihan berenang. Berenang akan membantu fungsi paru-paru menjadi lebih baik. Ketika Anda di dalam air maka kondisi paru-paru akan membutuhkan fungsi yang lebih ringan. Ini akan membantu adaptasi ketika Anda bernafas di luar air. Latihan memang tidak bisa dilakukan secara mendadak. Lebih baik untuk berenang dalam waktu singkat kemudian mencoba untuk menambah porsi latihan secara berkala.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi orang  yang memiliki berat badan berlebih, maka bisa menyebabkan sesak nafas. Obesitas akan membuat kondisi pernafasan menjadi lebih buruk. Timbunan lemak akan membuat paru-paru menjadi lebih tertekan. Bahkan kondisinya menjadi lebih parah jika perut dan dada menjadi besar. Karena itu usaha yang bisa dilakukan adalah menurunkan berat badan. Langkah ini dilakukan dengan beberapa cara seperti mengkonsumsi makanan berserat, olahraga, pola hidup yang baik dan menghindari kebiasaan makan berlemak dalam jumlah yang besar.  Berikut ini cara menurunkan berat badan:

  1. Minum Air Jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang sangat penting untuk melegakan pernafasan dan mengatasi sesak nafas. Jahe mengandung beberapa bahan alami seperti antioksidan yang akan mengatasi infeksi pada saluran pernafasan. Untuk mendapatkan manfaat jahe maka Anda bisa mencoba merebus dua gelas air mineral dengan sepotong ruas jahe. Kemudian rebus hingga mendidih dan minum sepanjang hari. Jahe akan membantu mengatasi sesak nafas yang terjadi karena asma atau flu saat hidung tersumbat.

  1. Minum Kopi Hitam

Kopi hitam juga bisa membantu mengatasi sesak nafas. Cara ini bisa dilakukan untuk orang dewasa dan sebaiknya tidak dilakukan untuk komplikasi penyakit tekanan darah tinggi. Kopi mengandung kafein yang bisa membantu mengatasi otot pernafasan yang terlalu lelah. Anda bisa mencoba untuk minum secangkir kopi hitam yang hangat. Namun cara ini bisa menimbulkan efek samping seperti denyut jantung yang lebih cepat dan kenaikan tekanan darah.

  1. Uap dengan Inhalasi

Orang yang menderita sesak nafas yang berat bisa menjalani terapi uap inhalasi. Cara ini biasanya dilakukan oleh dokter atau tenaga terapi. Uap mengandung obat dekongestan yang akan membantu mengatasi sesak nafas. Ketika uap masuk ke saluran pernafasan maka bisa menyebabkan saluran pernafasan menjadi lebih longgar. Cara ini juga sering diterapkan untuk anak-anak yang mengalami sesak nafas saat terkena flu.

  1. Uap Alami dengan Minyak Esensial

Cara mengatasi sesak nafas secara alami adalah dengan uap minyak esensial. , Cara lain yang bisa dilakukan secara alami adalah dengan menggunakan uap dengan tambahan minyak esensial. Uap ini bisa dilakukan sendiri dan sangat berkhasiat untuk mengatasi sesak nafas ketika sedang flu, sinusitis maupun kelelahan. Caranya dilakukan dengan mengisi satu mangkuk kecil dengan air hangat. Kemudian teteskan beberapa minyak esensial seperti minyak daun mint atau minyak kayu putih. Saat mengeluarkan uap kemudian uap tersebut dihirup secara perlahan. Cara ini akan membantu melonggarkan saluran pernafasan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

  1. Minum Jus Buah Bit

Buah bit yang mengandung antioksidan sangat tinggi juga penting untuk mengatasi sesak nafas. Buah bit merah mengandung bahan seperti zat besi, kalsium, dan kalium. Beberapa bahan ini akan membantu melonggarkan saluran pernafasan secara alami. Kandungan bahan alami ini juga penting untuk mendukung produksi sel darah merah. Sel darah merah sangat penting karena bisa membantu tubuh mendapatkan oksigen yang lebih baik. Anda bisa membuat jus buah bit yang dicampur dengan wortel dan jambu merah.

  1. Jaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal

Kebersihan tempat tinggal juga sangat penting untuk mengatasi sesak nafas secara alami. Kondisi ini harus diperhatikan terutama jika Anda mengalami alergi terhadap debu, bulu binatang, serbuk sari dan beberapa pemicu alergi lain. Anda bisa menjaga kebersihkan dengan membersihkan berbagai perabot secara rutin seperti sofa, tempat tidur, dan semua perabot yang mudah terkena debu. Anda bisa membersihkan dengan menggunakan penyedot debu. Cara ini akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi sangat nyaman dan paru-paru Anda juga menjadi lebih sehat.

  1. Menggunakan Humidifier

Menggunakan alat bantu seperti humidifier juga sangat penting untuk kesehatan Anda. Anda bisa mengatasi udara yang terlalu kering atau terlalu lembab dengan peralatan ini. Bahkan alat ini membuat udara di tempat tinggal atau kantor Anda menjadi lebih bersih. Efeknya adalah mengurangi sesak nafas secara alami dan membuat tubuh Anda menjadi tidak terlalu lelah.

  1. Hindari Paparan Bahan Kimia

Jika Anda sering terkena paparan beberapa bahan kimia maka juga bisa menyebabkan sesak nafas. Untuk membantu mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk menghindari semua jenis paparan kimia yang bisa menyebar lewat udara. Beberapa pemicu yang harus dihindari adalah seperti parfum, minyak wangi yang menyengat, makanan yang mengeluarkan aroma kuat, minuman yang mengandung bahan perasa tambahan, sabun, obat nyamuk semprot dan pengharum ruangan. Anda bisa menghindari bahan-bahan ini dan atau menggunakan masker untuk menutupi hidung.

  1. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur atau terlalu lelah juga bisa menyebabkan sesak nafas. Untuk membantu mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk mengatur jadwal istirahat agar menjadi lebih baik. Anda bisa mencoba untuk tidur malam dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan tidur untuk orang dewasa paling tidak selama delapan jam. Bahkan jika Anda merasa sangat lelah pada siang hari maka bisa mencoba untuk tidur siang meskipun hanya sebentar.

  1. Gunakan Masker

Masker untuk melindungi saluran pernafasan seperti mulut dan hidung sangat penting bagi orang yang sudah terkena sesak nafas. Orang yang menderita sesak nafas harus menggunakan masker untuk melindungi udara kotor masuk ke saluran pernafasan. Karena orang yang sudah menderita sesak nafas juga sangat rentan dengan partikel udara yang kotor dan debu dari udara. Masker paling tidak akan meringankan saluran pernafasan dan mencegah serangan sesak nafas.

  1. Pemeriksaan Medis

Orang yang menderita sesak nafas atau sering mendapatkan gejala sesak nafas bisa bisa mencari bantuan medis. Pemeriksaan akan membantu dokter menemukan penyebab sesak nafas dan memberikan resep atau perawatan yang tepat. Jika dokter memberikan obat yang harus diminum secara teratur, maka penderita sesak nafas harus mengikuti anjuran dokter. Selain itu perawatan untuk mencegah sesak nafas juga sangat penting.

  1. Makan Perlahan

Orang yang sudah menderita beberapa gangguan kesehatan dan sering menyebabkan sesak nafas, maka harus makan secara perlahan. Makan yang perlahan-lahan akan membantu gerakan organ pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu ketika Anda mengunyah makanan maka bagian otot perut dan saluran pencernaan akan bekerjasama dengan baik. Karena itu penting untuk menghindari makan terlalu cepat yang membuat perut menjadi tidak nyaman.

Daftar Penyakit yang Disertai dengan Sesak Nafas

Umumnya sesak nafas bisa menjadi salah satu kondisi yang menggambarkan kesehatan tubuh. Sesak nafas bisa menjadi ringan atau pertanda ada penyakit yang cukup serius. Berikut ini adalah jenis penyakit yang sering ditandai atau sering menyebabkan sesak nafas.

  1. Asma
  2. Penyakit jantung
  3. Hipertensi (Tekanan darah tinggi)
  4. Infeksi paru-paru
  5. Pneumonia (Radang paru-paru)
  6. Gejala gagal jantung
  7. Keracunan karbon monoksida
  8. Anemia
  9. Cedera yang menyebabkan tulang rusuk patah.
  10. Tersedak
  11. Gangguan kecemasan atau panik berlebihan.
  12. Obesitas
  13. Radang selaput paru-paru
  14. TBC
  15. Penyakit fibrosis paru-paru
  16. Keracunan karena makanan atau minuman yang menyebabkan alergi.

Kondisi Darurat Sesak Nafas

Ketika sesak nafas mungkin Anda masih bisa melakukan perawatan alami dan tidak membutuhkan bantuan dokter. Namun ketika kondisi sudah darurat maka pertolongan dokter sebaiknya tidak ditunda karena bisa menyebabkan hal yang fatal. Berikut ini adalah beberapa kondisi darurat yang harus segera mendapatkan perawatan.

  1. Nafas menjadi sangat pendek sehingga penderita terlihat terengah-engah.
  2. Nafas menjadi sangat pendek dan penderita mengeluarkan bunyi saat bernafas.
  3. Penderita mengalami demam, meriang dan batuk yang parah.
  4. Terjadi pembengkakan pada bagian tangan dan kaki.
  5. Wajah berubah menjadi biru terutama pada bagian sekitar mata dan bibir.
  6. Penderita sesak nafas mulai kehilangan konsentrasi, tidak bisa diajak berkomunikasi dan kehilangan kesadaran.

Sesak nafas memang menjadi cara tubuh Anda untuk menunjukkan ada hal yang tidak sesuai dengan kerja organ tubuh. Karena itu penting untuk segera mencari tahu penyebab sesak nafas. Perawatan alami hanya bisa dilakukan jika sesak nafas bukan karena penyakit yang kritis. Bantuan dokter tetap dibutuhkan untuk mencari dan menyembuhkan sesak nafas.

Baca juga : Penyebab dada sesak nafaspenyebab dada sakit dan sesakcara mengobati asma kambuhbahaya kipas angin saat tidur malam.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 13th, January 2016 / 02:03 Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru Paru