17 Obat Sesak Nafas Karena Maag dan GERD

12520

Penyakit maag juga bisa menyebabkan seseorang terkena sesak nafas, hal itu disebabkan oleh masalah yang ada di lambungnya. Tidak hanya itu saja, refluks asam atau naiknya asam lambung ke tenggorokan menjadikan seseorang menjadi sesak nafas. Asam lambung seharusnya berada di lambung, saat asam lambung naik di tempat yang tidak semestinya maka asam lambung itu membuat gangguan kesehatan tubuh salah satunya adalah sesak nafas. Penyakit sesak nafas yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju ke lambung disebut dengan GERD atau gastroesofagal refluks.

Jika tidak segera diatasi penyakit itu akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Agar tidak mengganggu kualitas hidup penderita GERD, penderita sebaiknya mencari tahu obat sesak nafas atau obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit GERD yang muncul. Jika GERD bisa diatasi maka sesak nafas akibat GERD pun bisa juga diatasi, berikut ini adalah obat GERD yang bisa dikonsumsi oleh penderita GERD saat GERD nya kambuh dan sesak nafas muncul :

  1. Teh Celup Hangat

Obat sesak nafas karena maag kronis dan GERD yang pertama dan bisa anda coba adalah menggunakan teh celup hangat. Penderita harus membuatnya dalam bentuk yang encer jangan yang kental. Alasannya adalah teh yang kental justru menjadi pantangan bagi penderita asam lambung dikarenakan teh yang kental justru bisa melukai lambung sama halnya dengan kopi. Oleh sebab itu cara membuatnya sangat encer. Berikut ini adalah cara membuat teh yang encer untuk mengatasi sesak nafas karena maag :

  • Celupkan satu kantong teh celup di segelas air yang mendidih.
  • Setelah dibiarkan selama dua menit, celupkan kembali ke gelas yang berisi air yang mendidih sehingga warnanya sudah memudar.
  • Setelah itu berikan satu sendok kecil gula agar rasa semakin sedap. Yang harus diingat disini adalah gula yang bisa dicampurka adalah gula yang aman untuk lambung. Jangan pernah mengkonsumsi gula pasir yang tidak aman untuk lambung. ( Baca : Bahaya teh daun jatiBahaya minum teh setelah makanBahaya minum teh campur susu )
  1. Melonggarkan Semua Pakaian

Saat sesak nafas muncul, akibat asam lambung maupun asma penderitanya akan disuruh untuk melonggarkan semua pakaian yang mengkat kencang di dalam tubuhnya. Semua hal yang mengikat itu akan menjadikan sesak nafas semakin berat. Perasaan tertekan akan membuat saluran nafas semakin sempit dan kembang kempis, oleh sebab itu ada baiknya semua yang ketat dan mengikat dilonggarkan. Yang bisa dilonggarkan untuk laki laki adalah celana panjang dan juga ikat pinggang, sedangkan untuk perempuan yang bisa dilonggarkan adalah pakaian dalam, rok, celana panjang dan lain sebagainya.

Baca : Pertolongan pertama pada asma kambuhPenanganan asma pada anak

  1. Pemijatan

Pemijatan juga dipercaya bisa digunakan untuk merilekskan tubuh, saat tubuh rileks maka syaraf otot yang ada di tubuh menjadi mengendur. Saat kendur maka saluran pernafasan juga akan ikut lega. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana caranya memijat saat sesak nafas ini muncul. Berikut ini adalah cara memijat yang benar saat sesak nafas muncul :

  • Yang pertama adalah dengan melakukan pemijatan di bagian leukakn di ketiak kiri dan juga kanan. Lakukanlah pemijatan ini secara bergantian.
  • Yang harus diperhatikan disini adalah anda perlu memijat bagian yang saat dipijat terasa sakit sampai rasa sakit itu menjadi mereda.
  • Jika rasa sakit mereda itu tandanya adalah syaraf pernafasan menjadi kendor. Saat syaraf melonggar maka sesak nafas pun bisa mereda. Syaraf yang ada di saluran pernafasan dengan ketiak berhubungan sehingga saat saluran pernafasan menyempit dan terganggu bisa diredakan dengan pemijatan di bagian ketiak. ( Baca : Pemijatan dan akupuntur )
  1. Hangatkan Badan

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk bisa digunakan sebagai obat sesak nafas karena maag adaah dengan menghangatkan tubuh. Tubuh yang penting dan harus dihangatkan saat sesak nafas datang adalah bagian dada dan juga punggung. Bagian dada dan punggung memiliki syaraf yang berhubungan dengan saluran pernafasan sehingga jika dihangatkan, saluran pernafasan pun akan menjadi hangat pula. Anda bisa menghangatkan dada menggunakan balsam atau minyak kayu putih agar badan terasa hangat.

  1. Kompresan

Jika menghangatkan dada dan punggung menggunakan minyak kayu putih dan juga balsam saja tidak cukup ampuh untuk meredakan sesak nafas yang anda alami, cobalah untuk menggunakan kompresan botol yang berisi air panas. Anda juga bisa menggunakan karet yang berfungsi sebagai alat pengompres dan berisi dengan air panas. Jika menggunakan botol berisi air panas anda bisa mengguling gulingkan botol itu di bagian dada dan juga di bagian punggung, namun jika menggunakan karet pemanas anda bisa menaruhnya di bagian punggung anda kemudian diganti ke bagian dada anda.

Baca : Cara kompres yang benar untuk demam tinggi

  1. Kacang Almond

Obat alami sesak nafas karena maag yang bisa anda coba di rumah adalah dengan mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan dan untuk kecantikan. Di dalam kacang almond banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineralnya sehingga dengan mengkonsumsinya saat mentah bisa digunakan untuk mengatasi sesak nafas saat GERD dan maag kronis kambuh. Cara kerja almond ini untuk menghilangkan sesak nafas pada maag kronis dan GERD adalah dengan menyeimbangkan ph di dalam tubuh sehingga sesak nafas bisa segera hilang.

  1. Soda Kue

Pernahkah anda melihat soda kue? Jika iya maka anda menemukan obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sesak nafas ketika maag kronis kambuh. Selama ini soda kue atau baking soda banyak digunakan untuk memutihkan gigi dan juga untuk kecantikan lainnya. Agar bisa menghilangkan sesak nafas akibat maag kronis yang anda alami, anda bisa meminum satu sendok makan soda kue atau baking soda yang telah dicmpurkan dengan setengah gelas air. Minum cukup satu kali dalam sehari saja. Penggunaan baking soda ini tidak boleh berlebihan sebab ada beberapa bahaya baking soda untuk kesehatan jika digunakan secara berlebihan.

Baca : Obat infeksi lambung

  1. Cuka Sari Apel

Untuk pengolahan makanan seringkali cuka digunakan untuk membuat asinan dan juga acar. Selain untuk pengolahan makanan, cuka bisa digunakan untuk meredakan sesak nafas akibat maag kronis yang dialami. Yang bisa digunakan untuk mengobati sesak nafas saat maag kronis kambuh atau GERD adalah cuka sari apel bukan cuka putih yang biasa digunakan untuk campuran makanan. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan meminum dua sendok makan cuka sari apel setiap harinya. Cuka sari apel ini bisa membantu lambung dan organ pencernaan lebih baik sehingga maag kronis dan juga GERD bisa segera diredakan.

Baca : Bahaya cuka makan

  1. Jus Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Untuk kecantikan lidah buaya bisa digunakan untuk melebatkan rambut dan juga untuk menghitamkan rambut. Namun untuk kesehatan, jus daging lidah buaya yang telah dibersihkan bisa digunakan untuk meredakan sesak nafas akibat maag kronis. Jus lidah buaya bisa dikonsumsi dua kali dalam sehari aagar maag kronis dan GERD bisa segera mereda.

Baca  : Khasiat lidah buaya untuk kulit

  1. Alka Seltzer

Obat satu ini bisa digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan sehingga refluks asam bisa diatasi. Saat refluks asam bisa diatasi maka gejalanya pun bisa diatasi.

  1. H2 Blocker

Obat yang bisa digunakan kimia lainnya adalah raniditin, simeditin dan famoditin. Fungsinya adalah sebagai penghalang reseptor histamin agar tidak memproduksi asalm yang berlebihan. Obat ini ditemukan di apotek.

Tips Mengobati Sesak Nafas Karena Maag

Mengobati sesak nafas menggunakan obat herbal dan kimia saja tidak cukup jika tidak ditunjang dengan aktivitas yang bisa digunakan untuk mengobati sesak nafas akibat maag kronis dan juga GERD. Berikut ini adalah aktivitas yang bisa anda lakukan untuk meredakan asma ketika maag kronis dan GERD kambuh :

  1. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sesak nafas akibat maag kronis adalah dengan menghindari berbagai macam makanan yang bisa menyebabkan maag kronis dan GERD tersebut muncul. Makanan yang paling dipantang adalah makanan yang mengandung lemak jenuh dan juga makanan pedas. Makanan ini bisa semakin memperparah kondisi lambung dan juga asam lambung sehingga gejala penyakitnya semakin bertambah berat salah satunya adalah sesak nafas.

Baca : Akibat kekurangan lemk jenuhBahaya lemak jenuh

  1. Hindari Kopi

Penyakit GERD dan juga maag kronis bisa menyebabkan sesak nafas dikarenakan refluk asam yang sudah mencapai ke teggorokan. Untuk mencegah refluks asam semakin bertambah parah ada baiknya penderitanya menghindari minuman yang berkafein tinggi seperti kopi. Selain bisa menyebabkan sesak nafas semakin parah, kopi akan menyebabkan rasa perih dan mual yang luar biasa. Kopi hanya bisa mempeburuk kondisi pasien dengan maag kronis dan juga GERD.

Baca : Kopi bagi penderita penyakit liverKopi untuk penderita anemiaBahaya ampas kopi untuk kesehatan

  1. Hindari Makanan Berminyak

Aktivitas lainnya yang bisa digunakan untuk meredakn sesak nafas karena maag kronis dan juga GERD adalah menghindari makanan berminyak. Minyak pada makanan bisa menyebabkan obesitas dan juga kolesterol tinggi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan berminyak saat maag kambuh akan menyebabkan sesak nafas semakin menjadi jadi.

Baca :  Obat tradisional kolesterolGejala kolesterol

  1. Habis Makan Jangan Tidur

Kebiasaan buruk jangan selalu dipelihara. Selama ini kita sering mendengar larangan untuk tidak langsung berbaring sehabis makan. Sayangnya hal itu sering diindahkan oleh bayak orang, penyebabnya adalah sehabis makan seseorang menjadi malas untuk melakukan berbagai macam kegiatan karena kondisi perut yang penuh. Berbaring sehabis makan tidak diperkenankan sebab posisi berbaring bisa menyebabkana makananyang baru saja dimakan kembal lagi ke kerongkongan kemudian menimbulkan sesak nafas. Waktu ideal sehabis makan berbaring adalah tiga jam lamanya.

  1. Hindari Obesitas

Aktivitas yang bisa anda gunakan untuk mengurangi sesak nafas yang sering dialami ketika maag kronis adalah dengan menjaga berat badan ideal dan menghindari obesitas. Obesitas akan membuat sesak nafas semakin parah dikarenakan jantung akan terlilit lemak dan membuatnya susah mengembang dengan bebas.

Baca : ­Gejala obesitasPenyebab obesitas

  1. Hindari Alkohol

Aktvitas lainnya yang harus dihindari agar sesak nafas segera mereda adalah dengan meghindari alkohol. Alkohol merupakan musuh bagi kesehatan sehingga jika anda mengkonsumsinya maka kesehatan anda menjadi taruhannya. Alasan alkohol bisa menyebabkan sesak nafas sebab alkohol akan membuat asam lambung semakin naik ke tenggorokan sehingga nafas semakin sesak.

Baca : Bahaya pengaruh alkohol bagi penderita diabetes –  Bahaya minum alkohol 70 persen

Itulah berbagai macam obat sesak nafas karena maag kronis dan GERD yang bisa anda coba di rumah. Selain mengkonsumsi obat obatan yang disebutkan jangan lupa mengimbanginya dengan aktivitas pengurang sesak nafas.