Home Penyakit dan KelainanAnemia Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia – Gejala dan Tips Aman

Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia – Gejala dan Tips Aman

by Mei Riska

Anemia merupakan penyakit yang termasuk sering dialami oleh orang dan orang menyebutnya sebagai penyakit kurang darah. Penyakit anemia yaitu penyakit dimana jumlah hemoglobin atau sel darah merah dalam darah kuantitasnya dibawah normal. Hemaglobin merupakan unsur darah yang perannya sangat penting dalam tubuh manusia. Hemoglobin berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika seseorang mengalami anemia maka kekurangan hemoglobin yang akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga hal ini akan menghambat sistem transportasi sel darah merah ke seluruh tubuh dan akan mengakibatkan seseorang kekurangan oksigen. Seseorang untuk menghasilkan energi dalam tubuhnya memerlukan oksigen, jika seseorang kekurangan oksigen maka energi yang dihasilkan sedikit.

Apa itu Anemia?

Penyakit anemia merupakan penyakit yang bisa terjadi karena beberapa hal seperti kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, gangguan pada sumsum tulang, kekurangan asam folat dan bisa terjadi juga karena faktor keturunan atau genetik. Jika seseorang terlahir dari keluarga yang menderita penyakit anemia maka seseorang tersebut kemungkinan terkena penyakit anemia lebih besar. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan anemia :

  • Penyembuhan penyakit anemia termasuk mudah disembuhkan, cara alaminya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah yaitu makanan yang mengandung zat besi, makanan yang mengandung asam folat, vitamin C, serta vitamin B12. ( Baca : Kelebihan dan kekurangan asam folatKelebihan asam folat )
  • Zat besi bisa anda dapatkan dari makanan seperti daging, kacang-kacangan, sayuran yang berdaun warna hijau gelap serta buah yang sudah dikeringkan. Zat folat dapat anda dapatkan dari makanan seperti buah pisang, jeruk, sayuran hijau, sereal, pasta serta kacang-kacangan.
  • Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai buah-buahan seperti buah mangga, melon, jeruk, serta berbagai jenis dari buah berry. Sementara vitamin B12 dapat anda dapatkan dari daging dan susu. ( Baca : Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin CBuah yang mengandung vitamin C)
  • Anemia berbeda dengan darah rendah, tetapi banyak orang yang menganggapnya sama padahal keduanya adalah hal yang berbeda yaitu anemia merupakan kondisi tubuh dengan kekurangan sel darah merah sementara darah rendah merupakan tekanan darah yang ada didalam tubuh yang rendah. Tetapi memang gejala yang terjadi pada tubuh hampir sama.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh National Institutes of kantor kesehatan Dietary Supplements, anemia merupakan penyakit kekurangan zat besi dalam tubuh. Hal ini sering terjadi karena gangguan gizi pada tubuh manusia. Seorang laki-laki membutuhkan makanan yang mengandung zat besi sebesar 7 sampai 11 mg setiap harinya sementara seorang perempuan membutuhkan 18 mg setiap hari, tetapi bagi wanita yang sedang dalam masa subur membutuhkan lebih dari 18 mg setiap hari karena mereka banyak kehilangan darah ketika sedang mengalami menstruasi.Sedangkan untuk orang baik laki-laki atau perempuan yang umurnya sudah lebih dari 51 tahun maka membutuhkan zat besi sebanyak 8 mg setiap hari. ( Baca : Akibat kekurangan dan kelebihan zat besi )

Bahaya Kopi untuk Penderita Anemia

Makanan yang harus dihindari pada penderita anemia dan tekanan darah rendahpun berbeda karena kedua penyakit ini memang berbeda. Pada penderita tekanan darah rendah boleh bahkan dianjurkan untuk minum kopi setiap hari sekali. Manfaat kopi bagi penderita darah rendah dapat meningkatkan kerja jantung dalam memompa darah sehingga tekanan darah dapat menjadi naik, sementara pada penderita anemia kopi tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk mengkonsumsinya karena hal ini dapat menjadikan anemia semakin parah. Berikut ini bahaya kopi bagi penderita anemia yang harus diketahui :

  1. Menghambat Penyerapan Zat Besi

Kopi merupakan termasuk dari daftar pantangan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain zat kafein, kopi mengandung zat-zat lain yang dapat memberikan efek kepada tubuh kita ketika kita mengonsumsinya. Kopi mengandung zat poliphenol. Zat poliphenol merupakan zat yang dapat mengganggu penyerapan zat besi pada makanan atau minuman yang kita makan sehingga zat besi yang masuk kedalam tubuh kita tidak bisa terserap karena terserap terlebih dahulu oleh zat poliphenol tersebut.

Baca : Kopi bagi penderita liverKopi bagi penderita ginjalKopi bagi penderita asam lambung

  1. Menghambat Produksi Sel Darah Merah

Zat besi merupakan zat yang terkandung dalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh manusia bekerja membantu menyediakan sel darah merah dalam tubuh. Zat besi ini berhubungan sangat erat dengan ketersediaan sel darah merah dalam tubuh manusia. Zat besi akan membantu mengangkut oksigen dari paru-paru menuju otak serta ke seluruh jaringan yang ada didalam tubuh manusia saat proses pembentukan energi terjadi didalam sel.

Dalam proses pengangkutan oksigen tersebut zat besi bekerja sama dengan protein dan akan terbentuk menjadi hemoglobin di dalam sel darah merah serta membentuk myoglobin di dalam serabut otot. Saat zat besi bergabung dengan protein di dalam sel zat besi akan membentuk enzim juga yang akan membantu proses pembentukan energi di dalam sel. Kandungan kafein pada kopi bisa membuat produksi sel darah merah semakin sedikit sehingga hal itu semakin memperparah kondisi anemia seseorang.

Baca : Makanan dan minuman yang mengandung kafeinBahaya kafeinCara mencegah anemia

Itulah yang menjadi alasan mengapa kopi merupakan minuman pantangan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Zat besi merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Jika sel darah merah dalam tubuh susah terbentuk maka tubuh akan kekurangan sel darah merah dan hal itu bisa menyebabkan anemia semakin parah.

Gejala Anemia

Seseorang yang menderita penyakit anemia akan mengalami beberapa gejala akibat adanya penyakit tersebut. Beberapa gejala yang dirasakan seperti berikut ini:

Tips Aman Konsumsi Kopi bagi Penderita Anemia

Jika anda termasuk penderita anemia tetapi anda merupakan orang yang suka dengan minuman kopi, maka anda tidak usah terlalu sedih karena tidak diperbolehkan untuk minum kopi. Berikut ini tips aman mengkonsumsi kopi bagi penderita anema:

  • Hindari mengkonsumi minum kopi murni dengan kadar zat poliphenol yang tinggi serta dengan cara yang berlebihan. Mengkonsumsi kopi dengan cara yang berlebihan yang dimaksud yaitu minum kopi lebih dari satu kali dalam sehari.
  • Jika anda termasuk orang yang menderita penyakit anemia maka jika sangat menginginkan minum kopi minum kopi seminggu sekali saja.
  • Bagi penderita anemia hindari minum kopi murni atau kopi hitam, tetapi minum kopi yang telah dibuat berbagai varian rasa saja seperti kopi caramel, kopi susu, kopi jahe atau jenis kopi varian lainnya karena kandungan zat poliphenol yang terdapat dalam kopi varian tidak terlalu tinggi sehingga masih dalam titik aman, asal saja tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Itukah beberapa informasi mengenai kopi untuk penderita anemia yng harus anda ketahui. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi anda.

You may also like