Akibat Kekurangan dan Kelebihan Zat Besi pada Tubuh

7658

Tubuh manusia merupakan satu hal yang rentan terhadap berbagai macam penyakit dan juga rentan terhadap serangan- serangan virus. Tubuh manusia ini memerlukan berbagai macam benteng  yang dapat melindunginya dari berbagai kemungkinan penyakit dan juga virus yang pada akhirnya dapat membahayakan kesehatan manusia. Tubuh manusia untuk tetap sehat dan berjalan sesuai dengan fungsinya, maka harus dipelihara dan dijaga kesehatannya. Tubuh manusia memerlukan banyak vitamin, mineral, protein, serta zat- zat yang lain agar dapat berfungsi seimbang dan juga sesuai dengan fungsi yang semestinya. Vitamin dan zat0 zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh ini jumlahnya sangat banyak dan tidak mungkin dimiliki oleh satu jenis makanan atau minuman saja, sehingga harus didukung dengan pola hidup sehan dan makan- makanan yang sehat dan juga bergizi seimbang. (baca juga: 20 makanan untuk diet menurunkan berat badan)

Tubuh manusia ini memerlukan berbagai zat dan juga vitamin. Zat- zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan biasa terdapat dalam makanan diantaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan juga air. Zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut mempunyai tiga fungsi pokok, yaitu sebagai penghasil energi yang berasal dari karbohidrat, lemak, dan juga protein. Kemudian yang kedua berperan sebagai pembangun dan juga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, yang diperoleh dari protein, vitamin, dan juga mineral. Kemudian fungsi yang ketiga yaitu berperan sebagai pelindung dan juga pengatur kegiatan tubuh, yang diperoleh dari vitamin dan juga mineral. (baca juga: 12 vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya)

Zat- zat yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Masing- masing zat tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia. Karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber panan dan juga energi utama di dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat ini antara lain nasi, jagung, dan juga umbi- umbian. Kemudian lemak, merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh manusia karena mempunyai tida fungsi khusus, yaitu sebagai bantalan tubuh agar terlindung dari benturan fisik, sebagai isolator dari udara yang dingin, dan lemak ini merupakan pelarut dari vitamin A, D, E, dan K. lemak ini banyak terdapat pada susu dan juga danging. Zat selanjutnya adalah protein, yang mempunyai fungsi dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan juga virus. Protein ini banyak terdapat pada tanaman kacang- kacangan.

Kemudian vitamin, vitamin ini jenisnya ada banyak sekali dan setiap jenis vitamin mempunyai fungsi yang berbeda- beda bagi setiap anggota tubuh. Dalam kesehatan tubuh, vitamin ini sangat diperlukan untuk memperlancar proses metabolisme yang ada di dalam tubuh tersebut. Vitamin ini sangat banyak ditemukan pada sayur- sayuran hijau dan juga berbagai buah- buahan. Dan zat selanjutnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah mineral. Mineral ini merupakan senyawa alai yang pembentukannya melalui proses geologis. Lalu mengapa mineral ini dibutuhkan di dalam tubuh? Hal itu karena mineral dapat merawat tubuh dengan baik. Ada banyak sekali jumlah mineral yang ada.

Dan kesemuanya itu merupakan mineral- mineral yang mempunyai manfaat terhadap tubuh. Dan zat terakhir yang sangat dibutuhkan manusia adalah air. Ya, air merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Tanpa adanya air, mustahil makhluk hidup akan menjadi sehat. Molekul yang terdapat pada air dapat diuraikan menjadi unsur- unsur asalnya dengan mengaliri air tersebut dengan listrik. Di dalam air terdapat molekul- molekul serta gas yang dapat dibutuhkan manusia. Itulah sebabnya banyak meminum air putih akan membuat kita sehat.

Zat Besi

Salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah zat besi. Zat besi merupakan suatu zat yang ada di dalam tubuh manusia yang mana hubungannya sangat erat dengan kesediaan jumlah darah yang ada di dalam tubuh. Zat besi ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu mengangkut oksigen dari paru- paru dibawa ke jaringan, dan juga mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi yang ada di dalam sel. Zat besi ini akan dapat menghasilkan hemoglobin di dalam daran dan juha myglobin di dalam serabut otot jika dicampurkan dengan protein. jadi, bisa kita ketahui bersama bahwasannya zat besi mempunyai peranan yang banyak di dalam tubuh manusia.

Lalu bagaimana jika tubuh kita mempunyai jumlah zat besi yang tidak normal? Misalnya kekurangan atau bahkan berlebihan. Apa dampak yang akan kita rasakan apabila kita kekurangan dan kelebihan zat besi?

Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi ini umumnya bisa dilihat dari tanda- tanda secara fisik manusia. Efek yang nyata dan mudah ditebak dari penderita zat besi ini adalah anemia. Anemia ini mewakili kondisi tubuh lainnya, karena tanda- tandanya yang lain mungkin saja bisa sulit terlihat. Kekurangan zat besi ini mempunyai dampak yang negatif.

  1. Menghambat fungsi motorik normal pada bayi. Kekurangan zat besi akan menghambat fungsi motorik normal pada bayi yang meliputi aktifitas dan juga gerak tubuh, serta kecerdasan bayi.
  2. Meningkatkan resiko bayi lahir prematur dengan berat badan yang lebih rendah. Anemia karena kurangnya zat besi atau disebut dengan Iron deficiency anemia bagi ibu yang hamil akan meningkatkan resiko bayinya lahir dengan prematur dan juga berat badan yang dimiliki bayi rendah.
  3. Menurunkan tenaga dan produktifitas kerja. Kekurangan zat besi yang menjangkit orang dewasa ini akan membuat cepat lelah, sehingga tenaga dan produktifitasnya akan menurun.
  4. Menurunkan daya ingat, fungsi mental, dan kecerdasan. Kekurangan zat besi ini juga mempengaruhi kondisi otak, yakni menurunkan daya ingatnya, fungsi mental, dan juga mengurangi tingkat kecerdasan otak.

Itulah beberapa dampak negatif dari kekurangan zat besi yang dapat menjangkit tubuh kita. Lalu bagaimana dengan kelebihan zat besi? Apakah itu baik atau buruk?

Kelebihan Zat Besi

Kekurangan zat besi mempunyai dampak negatif. Lalu bagaimanakah dengan kelebihan zat besi? Dimanapun, yang namanya suatu barang atau apapun jika jumlahnya melebihi batas normal akan bisa menimbulkan efek yang negatif. Begitu pula dengan zat besi. Meskipun bermanfaat bagi tubuh, namun jika jumlahnya terlalu banyak, hal itu akan menyebabkan penyakit. Kelebihan zat besi ini mempunyai dampak yang negatif.

  1. Terjadinya kerusakan saraf dan menyebabkan penyakit jangtung. Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman atau bahkan supemen/ obat yang mana akan menambah zat besi kita hingga melebihi batas normal, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut dengan hemochromatosis. Jumlah zat besi yang berlebihan ini akan disimpan dalam pankreas maupun hati akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan gangguan kesehatan sistem saraf otak, seperti penyebab alzheimer dan juga Parkinson.
  2. Gangguan sumbu hepsidin- ferroportin. Gangguan yang seperti ini merupakan bentuk untama atau pokok dari kelebihan zat besi.
  3. Gangguan menstruasi atau pematangan eritoid

Gangguan seperti ini disebabkan karena kelebihan zat besi sekunder atau biasa disebut dengan anemia kelebihan zat besi.

  1. Hemokromatosis Neonatus. Merupakan gejala yang disebabkan karena kelebihan zat besi sistemik yang parah, dan berhubungan dengan bayi yang baru saja lahir dan mengalami kegagalan hati.
  2. Gangguan Transportasi Besi.
  3. Cereda seluler yang dimediasi oleh besi.

Itulah beberapa dampak dari kelebihan zat besi. Apapun dampak yang bisa ditimbulkan, alangkah lebih baik jika kita mengonsumsi sesuatu dalam jumlah yang wajar saja, tidak perlu berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

artikel lainnya yang bermanfaat bagi anda: