12 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral bagi Tubuh

8220

Salah satu elemen terpenting yang diperlukan tubuh manusia untuk mendukung kinerja sel-sel di dalam tubuh adalah mineral. Mineral inilah yang senantiasa menjaga fungsi saraf, mendukung pembentukan tulang serta sel-sel darah, dan menjaga sistem endokrin. Namun, ada sejumlah akibat kelebihan dan kekurangan mineral yang perlu diwaspadai oleh manusia.

Akibat Kelebihan Mineral

Pemenuhan nutrisi di dalam tubuh itu sangat penting dan sudah ada dosis per harinya yang direkomendasikan. Hanya saja, beberapa orang masih belum tahu bagaimana mengonsumsi mineral secara benar sehingga terkadang dapat menjadi overdosis. Berikut ini adalah akibat yang dapat dialami oleh Anda bila kandungan mineral di dalam tubuh berlebihan.

  1. Yodium

Mengonsumsi yodium dalam kadar yang tinggi atau overdosis akan membuat Anda mengalami tanda atau gejala sebagai berikut:

  • Bau nafas dan mulut tidak sedap.
  • Perut terasa mual.
  • Berat tubuh mudah naik.
  • Datang bulan berlebih.
  • Kulit dan rambut kering.

Baca juga : Akibat kekurangan dan kelebihan yodium pada tubuh – Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY)

  1. Sodium

Asupan sodium yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh mengalami osteoporosis serta tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca juga:

  1. Zinc

Segala yang berlebihan akan berpengaruh buruk terhadap tubuh, termasuk asupan zinc yang terlalu tinggi justru akan membuat kekebalan tubuh melemah. Kadar kolesterol di dalam tubuh pun menjadi tidak stabil karena dosis tinggi mineral satu ini. Kondisi yang lebih serius akan mengakibatkan kelahiran prematur bayi, atau bahkan bisa juga meninggalnya bayi ketika dilahirkan.

Baca juga : fungsi zinc bagi tubuh – akibat kekurangan kolesterol dalam tubuh

  1. Fosfor

Mengonsumsi fosfor secara lebih banyak dari dosis yang telah ditentukan akan dapat berpengaruh dalam kinerja penyerapan kalsium. Penyerapannya tidak akan menjadi optimal di dalam tubuh sehingga aktivitas kita sehari-hari dapat terganggu. Dengan mengonsumsi fosfor berdasarkan komposisi yang benar, maka hal ini tidak akan dialami. Baca juga akibat kelebihan dan kekurangan fosfor bagi tubuh.

  1. Kalsium

Mengonsumsi kalsium dengan kadar terlalu tinggi akan mengakibatkan munculnya sejumlah kondisi gangguan kesehatan, seperti misalnya masalah yang terjadi pada saluran kemih. Asupan kalsium lebih dari komposisi yang disarankan juga akan menimbulkan kondisi penumpukan kalsium di jaringan tubuh, sembelit serta mual-mual.

  1. Zat Besi

Jenis mineral satu ini sudah pasti penting, namun jika dikonsumsi secara berlebih maka akan ada beberapa tanda yang patut diwaspadai, yaitu:

  • Keracunan fatal yang terjadi terhadap anak-anak.
  • Berat tubuh menurun.
  • Peningkatan risiko infeksi.
  • Terasa mual-mual.
  • Mudah letih.
  • Mudah pusing.
  • Sembelit atau konstipasi.

Baca juga : akibat kelebihan dan kekurangan zat besi bagi tubuh – Makanan yang mengandung zat besi super tinggi

Akibat Kekurangan Mineral

Asupan mineral tertentu yang kurang dapat menimbulkan sejumlah akibat yang bisa memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Berdasarkan jenis mineral, berikut adalah sejumlah keterangan kondisi yang dapat dialami seseorang.

  1. Yodium

Walau yodium memang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tidak begitu besar, hormon tiroksin di dalam tubuh membutuhkan yodium. Kekurangan yodium bagi para ibu hamil bisa memicu bayi yang tidak dapat tumbuh dengan baik. Bahkan asupan yodium yang kurang akan membuat sang anak tumbuh dengan mental yang terbelakang. Sementara para orang dewasa yang kekurangan mineral ini akan mengalami penyakit gondok atau tiroid.

Artikel terkait mengenai gondok : Penyebab gondok tiroidcara mencegah penyakit gondok secara alami.

  1. Selenium

Jenis mineral ini memiliki sifat antioksidan yang jelas baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Dengan kurangnya asupan jenis mineral ini maka akan meningkatkan risiko kanker prostat.

  1. Tembaga

Mineral tembaga adalah zat penting yang juga diperlukan tubuh dan meski pada kenyataannya kekurangan jenis mineral ini sangat jarang terjadi, tetap saja ada akibat serius yang akan dipicu oleh kurangnya asupan mineral tembaga. Gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada tubuh antara lain adalah sakit paru-paru, kelainan tulang dan kurang darah atau anemia, serta gangguan pada jaringan tubuh lainnya.

  1. Zinc

Dalam tubuh manusia, jenis mineral paling tinggi adalah zinc, jadi apabila tubuh kekurangan zat ini, ada lebih banyak gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada seseorang. Kurangnya mineral dapat menimbulkan tanda-tanda berikut ini.

  • Kulit mengering.
  • Daya tahan tubuh menurun.
  • Diare parah.
  • Luka mengalami proses penyembuhan sangat lama.
  • Anorexia
  • Kerontokan pada rambut.
  • Pertumbuhan buruk pada anak-anak.
  • Timbulnya jerawat.
  • Timbulnya stretch mark.
  • Bintik-bintik putih yang muncul di kuku.
  1. Fosfor

Kurangnya mengonsumsi fosfor dapat mengakibatkan beberapa masalah yang biasanya terjadi pada otot dan tulang. Hal ini dapat terjadi jika seseorang jarang mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, daging dan ikan. Berikut adalah tanda-tanda Anda kekurangan fosfor:

  • Anorexia
  • Tulang terasa nyeri.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Perut terasa mual.

Baca juga : akibat kelebihan dan kekurangan fosfor bagi tubuh.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang tidak hanya dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhannya, tapi kalsium juga adalah zat yang diperlukan oleh para orang dewasa. Orang dewasa yang tidak mencukupi asupan kalsium, dapat mengalami osteoporosis, kejang, dan oesteomalasia. Wanita hamil dan menyusui pun juga memerlukan kalsium, apalagi orang-orang yang sudah tua agar tulang tidak mudah rapuh. Sedangkan untuk anak-anak yang kurang mendapat asupan kalsium akan mengalami rakhitis.

Sumber Makanan yang Mengandung Mineral

Setelah mengetahui apa saja akibat dari kelebihan dan kekurangan mineral, tentu Anda pun semakin mengerti mengapa tidak boleh mengabaikan kebutuhan mineral untuk tubuh. Dalam menjaga kesehatan tubuh, mineral bisa didapatkan dari sejumlah suplemen, namun akan lebih baik jika Anda memperolehnya langsung dari beberapa sumber makanan di bawah ini.

  • Yogurt

Kandungan kalsium di dalam yogurt sangat tinggi selain dari protein. Mengonsumsinya setiap hari akan mengatasi masalah kekurangan mineral dalam tubuh. Anda pun bisa memilih, ingin mengonsumsinya dengan membuat smoothies, mencampurkannya dengan buah, mengonsumsi secara langsung, atau menjadi tambahan untuk kari dan sup.

  • Jamur

Konsumsilah jamur karena asupan beragam jenis mineral ada di dalamnya, yaitu zinc, selenium, tembaga dan kalsium sebagai mineral utama. Baca juga fungsi zinc bagi tubuh manusia.

  • Biji-bijian

Jenis mineral yang dapat ditemukan di dalam makanan ini adalah selenium dan magnesium sehingga akan sangat bermanfaat bagi yang sedang diet. Fungsi dari selenium di sini adalah untuk memberikan perlindungan terhadap sel-sel dari oksidasi. Bahkan sistem daya tahan tubuh juga akan senantiasa terjaga stabil oleh kandungan mineral dari biji-bijian.

  • Kedelai

Selain kaya akan protein dan rendah lemak, terdapat kandungan phytochemical di dalam jenis kacang ini, seperti saponin, asam phytc, dan isoflavon. Segala risiko penyakit serius, termasuk kanker, osteoporosis, dan jantung akan dapat dikurangi ketika mengonsumsi kedelai. Baca juga makanan yang mengandung protein super tinggiakibat kekurangan dan kelebihan protein.

  • Oatmeal

Dikenal sebagai menu sarapan yang baik untuk kesehatan jantung, oatmeal memiliki kandungan tinggi akan zat besi, kalium, dan fosfor. Bahkan makanan ini pun menjadi salah satu sumber serat yang baik untuk tubuh.

  • Ubi Jalar

Kandungan mineral paling tinggi di ubi jalar adalah kalium yang akan mencegah kerusakan oksidatif yang biasanya terjadi pada pembuluh darah. Pencegahan penebalan yang terjadi pada pembuluh darah juga merupakan fungsi dari ubi jalar ini. Selain itu, kadar fosfor serta mangan juga cukup tinggi di dalam sumber makanan ini.

  • Pisang

Tak perlu bingung untuk dapat mengonsumsi pisang karena buah ini selalu dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang tahun. Buah ini merupakan sumber tembaga, kalium, dan mangan sehingga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Daging dan Seafood

Selain kaya akan protein, daging mengandung banyak mineral dan vitamin. Jenis mineral yang bisa Anda dapatkan dari sumber makanan ini adalah kobalt, fosfor, zat besi dan zinc. Makanan laut pun juga sangat kaya akan zat besi serta zinc yang mampu membuat tubuh Anda terhindar dari penyakit.

  • Telur

Untuk mendapatkan diet yang seimbang, asupan gizi juga perlu diperhatikan dan telur adalah salah satu sumber makanan yang sangat bagus untuk menjadi bahan makan malam, makan siang, atau sarapan, asalkan dalam jumlah atau porsi yang normal atau tidak berlebihan. Nutrisi dan mineral di dalam telur cukup lengkap dan dengan mengonsumsinya, artinya Anda telah mampu memenuhi kandungan fosfor, selenium dan kalsium secara bersamaan.

  • Nanas

Kandungan mineral di dalam buah ini cukup banyak, dan dengan mengonsumsinya, Anda mampu memberikan tubuh Anda nutrisi kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Tidak hanya lezat dinikmati, produksi enzim serta kekebalan tubuh juga akan ditingkatkan oleh kandungan mineral di dalam nanas.

  • Seledri

Jenis sayuran ini biasanya ditemukan pada sup untuk penyedap, namun manfaatnya lebih dari itu. Hal ini dikarenakan di dalam seledri terdapat klorida yang juga merupakan mineral penting untuk membuat cairan tubuh selalu dalam keadaan seimbang. Seledri dengan kandungan mineralnya juga mampu membuat saluran pencernaan bekerja dengan baik.

Baca juga: