Home Gizi & NutrisiPanduan Gizi 9 Akibat Kekurangan dan Kelebihan Yodium pada Tubuh

9 Akibat Kekurangan dan Kelebihan Yodium pada Tubuh

by Roro Dyiah

Tubuh kita mempunyai kebutuhan yang bermacam-macam . Berbagai zat harus diserap oleh tubuh kita demi terciptanya fungsi tubuh yang normal dan juga lancar. Zat- zat yang dibutuhkan oleh tubuh jumlahnya banyak sekali. Hal itu karena fungsi tubuh juga sangat banyak. Di dalam tubuh manusia terdapat organ- organ yang sangat kompleks. Tubuh manusia bersirkulasi dan bekerja sedemikian rupa dengan keteraturan yang berirama dan berharmoni. Banyaknya organ-organ yang dimiliki manusia ini masing- masing mempunyai fungsi yang berbeda- beda, sehingga terbentuklah tubuh yang sehat dan sempurna yang dapat memenuhi semua kebutuhan manusia dan juga mengatasi permasalahan kebutuhan manusia. Tubuh dan oragannya yang kompleks ini merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita rawat dan kita pelihara kesehatannya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh beserta organ- organnya, maka tubuh harus diimbangi dengan gizi yang cukup dan seimbang. Tubuh ini juga memerlukan berbagai zat yang dapat menunjang kesehatan organ- organ tubuh dan kelancaran- kelancaran fungsinya. Berbagai macam zat yang diperlukan oleh tubuh ini hingga akan banyak sekali jika kita menyebutkannya satu per- satu. Semua zat- zat yang dibutuhkan oleh tubuh ini dapat kita peroleh dari berbagai makanan, minuman, atau suplemen dan juga obat yang kemudian dapat kita konsumsi sehari- hari demi mencukupi kebutuhan hidup kita. Secara tidak langsung, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang kita dapat memenuhi sebagian besar dari kebutuhan tubuh kita akan berbagai macam zat- zat sehat.

Yodium

Salah satu zat yang diperlukan dalam tubuh manusia adalah Yodium. Yodium atau Iodine merupakan zat mineral non- logam yang sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk keperluan metabolisme sel- sel tubuh.Fungsi utama yodium yang sangat diperlukan yaitu untuk pembentukan hormon teroid. Kelenjar teroid atau sering disebut kelenjar penyebab gondok sendiri merupakan salah satu kelenjar endoskrin yang terbesar dan terletak di leher tepat dibawah laring atau rongga pernafasan. Kelenjar teroid ini mempunyai fungsi mengatur kecepatan pembakaran energi di dalam tubuh, memproduksi protein, mengatur dan juga menghasilkan hormon. Bisa dibayangkan, jika tubuh kita kekurangan yodium maka tubuh secara otomatis akan merangsang kelenjar teroid untuk dapat bekerja lebih keras yang akibatnya akan menjadikan pembengkakan kelenjar teroid tersebut, atau orang- orang lebih mengenalnya sebagai penyakit gondok yang biasanya ditandai dengan adanya tonjolan besar di sekitar leher.

Sumber-sumber Kandungan Yodium

Tahukan Anda, bahwa tubuh manusia bukanlah penghasil yodium. Artinya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi yodium dengan sendirinya, sehingga yodium ini hanya dapat diperoleh dari luar, yakni dari asupan- asupan makanan atau apamun yang mengandung yodium. Maka dari itu, kita sebagai manusia harus peduki dengan tubuh kita, dan perlu sekali untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung unsur yodium di dalamnya. Yodium ini banyak sekali dimiliki oleh air laut atau biota- biota laut. Maka dari itu kita seringkali mendengar bahwasannya ada garam beryodium. Hal tersebut karena garam dibuat dengan bahan baku air laut, sehingga kandungan yodiumnya banyak atau tinggi.

Sumber yodium lainnya juga terdapat dalam rumput laut, dan juga biota- biota laut lainnya yang berupa hewan, seperti kerang, udang, kepiting, berbagai jenis ikan seperti ikan cod, tuna, salmon, dan sarden. Selain biota laut, makanan atau minuman yang mengandung yodium diantaranya adalah susu sapi beserta apapun jenis olahannya, telur, kentang, bawang, bayam, kacang tanah, dan buah- buahan seperti pisang dan strawberry. Makanan- makanan dan minuman yang mengandung yodium bukanlah jenis makanan atau minuman yang sulit kita dapatkan, sehingga seperti tidak ada alasan bagi kita untuk kekurangan yodium. Meskipun demikian, tetap masih ada orang yang kekurangan yodium.

Jumlah yodium yang tidak seimbang dalam tubuh kita (bisa kurang atau bahkan berlebih) akan membawa dampak yang kurang baik. Apaun jenis zatnya, meskipun itu sangat baik, namun jika jumlahnya tidak sesuai aturan, hal itu akan memberikan dampak yang tidak baik pula. Kekurangan maupun kelebihan jumlah yodium di dalam tubuh akan memberikan efek negatif bagi tubuh kita.

Dampak Kekurangan Yodium

Meskipun sumber- sumber yodium dapat dengan mudah kita dapatkan, tidak menutup kemungkinan manusia kekurangan yodium. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan menjadi salah satu yang paling rentan terkena kekurangan yodium ini.  Beberapa dampak kekurangan yodium dapat dilihat secara fisik.

  1. Timbulnya penyakit gondok

Dampak yang paling kelihatanketika tubuh kita kekurangan yodium adalah timbulnya penyakit gondok. Penyakit gondok ini adalah ketika terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid dalam tubuh kita akibat tubuh kita kekurangan yodium. Penyekit gondok ini ditandai dengan adanya benjolan atau tonjolan besar yang berasa di leher manusia. Benjolan inilah yang merupakan pembengkakan dari kelenjar tiroid.  Meskipun pembengkakan kelenjar tiroid ini tidak selalu disebabkan kerana kekurangan yodium, namun kekurangan yodium akan memperbesar terjadinya pembengkakan ini. (baca juga: bahaya akibat kekurangan yodium)

  1. Terlambatnya perkembangan kecerdasan pada otak dan mental bayi

Bgai ibu yang sedang hamil, diperlukan asupan yodium yang lebih besar daripada saat kondisi normalnya. Hal ini karena yodium berpengaruh pada perkembangan otak dan juga mental bayi yang dikandungnya. Apabila kekurangan yodium, maka dikhawatirkan bayi yang ada di kandungan ibu mengalami keterlambatan perkembangan otak dan juga mentalnya. Dan resiko yang paing parah adalah bayi akan lahir dengan keterbelakangan mental. (baca juga: faktor penyebab lemah mental)

  1. Menurunnya tingkai IQ seseorang

Kekuranga asupan yodium di dalam tubuh juga akan membuat IQ penderita semakin menurun. Dan memperlambat perkembangan otak dan juga kecerdasannya. (baca juga: cara meningkatkan kecerdasan otak)

  1. Mengungari tingkat kesuburan tubuh

Selain mempengaruhi otak, kurangnya yodium juga akan menyebabkan kesuburan tubuh berkurang. (baca juga: makanan untuk kesuburan)

  1. Terjadinya hipoteroidisme

Orang dewasa yang terserang kurangnya yodium ini akan mengalami hipoteroidisme yang menyebabkan kulit menjadi membengkak, suara menjadi serak, gangguan mental, kulit kering dan mengelupas, rambut menjadi kasar dan terlihat jarang, tidak tahan dengan udara yang dingin, dan juga meningkatkan berat badan. (baca juga: gangguan akibat kekurangan yodium)

  1. Terjadinya resiko keguguran pada kandungan

Bagi ibu hamil, kekurangan yodium ini juga menyebabkan terjadinya resiko keguguran pada kandungan ibu. (baca juga: bahaya high heels)

Itulah beberapa resiko atau dampak yang dapat kita alami ketika tubuh kita kurang asupan yodium. Lalu bagaimana jika tubuh kita terlalu banyak mengonsumsi yodium? Apakh akan lebih baik?

Dampak Kelebihan Yodium

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa sepenting apapun suatu zat, namun jika kadarnya berlebihan, hal ini tetap saja akan menimbulkan suatu dampak tertentu. Dampak yang ditimbulkan dari kelebihan yodium yang ada di tubuh kita adalah dampak yang bersifat negatif. Meskipun hal ini jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahuinya.

  1. Terbentuknya goiter

Goiter merupakan pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid. Goiter ini terjadi karena kelenjar tiroid terlelu aktif ataupun bahkan kurang aktif. Kelenjar tiroid yang sangat aktif atau kurang aktif ini diakibatkan karena kelebihan asupan yodium di dalam tubuh kita.

  1. Terjadinya produksi air liur yang berlebih

Kelebihan yodium di dalam tubuh akan mengakibatkan rasa tidak enak di dalam mulut dan akan menyebabkan produksi air liur yang berlebih.

  1. Iritasi pada saluran pencernaan

Kelebihan yodium juga akan menimbulkan iritasi di bagian pencernaan dan akan menimbulkan ruam.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari kekurangan maupun kelebihan yodium di dalam tubuh. Kerena itulah lebih baik kita mengonsumsi yodium dalam jumlah yang seimbang. Semoga artikel ini bermanfaat.

artikel lainnya yang bermanfaat bagi anda:

You may also like