17 Cara Mengobati Penyakit Gondok di Leher Sampai Tuntas

3705

Gondok bisa terjadi karena infeksi virus yang biasanya terjadi pada anak anak antara usia 5 hingga 15 tahun namun juga bisa terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar ludah dan menimbulkan rasa sakit yang parah. Sedangkan beberapa gejala lain yang bisa terjadi karena gondok diantaranya adalah sakit kepala, demam tinggi, sakit tenggorokan, penurunan nafsu makan, sakit di area telinga dan sulit ketika makan, menelan serta bicara.

Virus penyebab gondok ini bisa menyebar dari kuman yang ditularkan orang terinfeksi batuk dan bersin serta beberapa penyebab lainnya. Ada banyak cara mengobati penyakit gondok di leher yang bisa dilakukan dan beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini.

1. Baking Soda

Dalam baking soda memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada gejala gondok. Sedangkan sifat alkalin dalam baking soda bisa menghambat pertumbuhan virus penyebab gondok sekaligus menyembuhkan lebih cepat.

  • Campur baking soda secukupnya dengan air hingga membentuk adonan pasta.
  • Aplikasikan pada leher dan diamkan selama 2 menit lalu bersihkan dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama seminggu.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat baik digunakan untuk menyembuhkan penyebab gondok di leher karena tidak hanya bisa melembabkan namun juga memiliki sifat antibiotik, anti virus dan anti inflamasi yang sekaligus bisa mengatasi rasa sakit dan pembengkakan karena gondok.

  • Kupas dan ambil gel lidah buaya didalamnya lalu campur dengan 1 sendok teh kunyit.
  • Aplikasikan pada gondok di leher dan diamkan selama 25 menit lalu bersihkan. Agar hasilnya bisa cepat, gunakan cara ini sebanyak 3 kali seminggu secara teratur.

3. Jus Wortel dan Jus Nanas

Kombinasi jus ini tidak hanya nikmat namun juga memiliki khasiat cara mencegah gondok sekaligus cara menyembuhkan gondok. Dalam wortel mengandung beta karoten untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan gondok. Sedangkan jus nanas mengandung bromelain dengan sifat anti inflamasi yang sangat penting untuk menyembuhkan gondok.

  • Campur 1 gelas jus wortel dan jus nanas memakai perbandingan sama banyak.
  • Minum jus ini setiap hari untuk hasil maksimal.

4. Kentang dan Lada

Kentang mengandung karbohidrat, antioksidan dan juga sifat analgesik yang sudah dikenal sejak lama dengan efek anti peradangan sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan gondok pada leher.

  • Rebus 2 hingga 3 kentang lalu haluskan.
  • Taburi kentang dengan lada bubuk dan dikonsumsi setiap hari untuk manfaat yang maksimal.

5. Bawang Putih

Seperti jahe, bawang putih juga memiliki sifat anti virus yang sangat baik untuk mengatasi gondok pada leher sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh namun jangan dikonsumsi terlalu berlebihan untuk menghindari efek samping bawang putih.

  • Irisi iris bawang putih secukupnya lalu aplikasikan pada bagian leher yang sakit.
  • Diamkan selama semalam dan bilas bersih esok paginya.
  • Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Minum Banyak Air

Ketika sedang terkena gondok, maka memastikan tubuh terhidrasi sangat penting untuk dilakukan seperti diet air putih. Namun, hindari minum minuman yang terlalu asam karena bisa membuat kelenjar yang sudah bengkak semakin teriritasi. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi makanan asam seperti jetuk karena bisa memperburuk pembengkakan kelenjar di area leher.

7. Obat Penurun Hormon Tiroid

Obat penurun hormon tiroid seperti thionamide yang bisa menghambat produksi hormon tersebut biasa digunakan untuk mengatasi pembengkakan kelenjar tiroid pada leher. Namun seperti jenis obat lainnya, obat ini juga bisa menyebabkan efek samping seperti ruam ringan, nyeri pada persendian, ruam dan menurunnya sel darah putih secara drastis.

8. Akar Dandelion

Dandelion merupakan tanaman liar yang bagian akarnya bisa dimanfatkan untuk mengatasi gondok secara alami. Akar dandelion ini bisa didapatkan secara mudah di toko toko yang menjual segala tanaman herbal untuk penyembuhan.

  • Rebus 500 gram akar dandelion dengan 2 cangkir air hingga tersisa setengah bagian saja.
  • Sesudah hangat, minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.
  • Lakukan secara teratur selama 6 minggu untuk hasil terbaik.

9. Akar Jarong

Akar jarong, nyarang, sangetan atau juga sering disebut dengan jarongan merupakan tanaman yang bisa didapatkan dengan mudah di beberapa wilayah Indonesia yang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gondok pada leher. Dalam akar jarong mengandung triterpenoid, betain, samponin dan juga ecdysterone yang efektif digunakan untuk menyembuhkan gondok.

  • Rebus 30 gram akar jarong dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah bagian saja.
  • Saring dan biarkan hingga hangat lalu minum sampai habis.
  • Sedangkan ampas rebusan bisa digunakan untuk kompres area gondok.

10. Selada Air

Selada air bisa Anda gerus hingga sampai 2 sendok makan, lanjutkan dengan memasukkan ke dalam air putih 1/2 gelas saja. Setelah dicampur rata, Anda perlu minum sehari 3 kali dan biasanya sekitar 6 minggu sudah ada kemajuan di mana gondok bisa sembuh secara alami.

Cara Lainnya Mengobati Gondok di Leher

Selain adanya cara-cara tersebut, masih ada sejumlah langkah ampuh pengobatan gondok yang menyerang leher, yakni sebagai berikut yang bisa Anda praktekkan secara aman.

  • Biji rami, 2 sendok makan biji rami bubuk bisa dicampur dengan sedikit air dan terapkan pada leher selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas air bersih.
  • Hasil tumbukan belimbing wuluh dan bawang merah, ramuan bisa dibalurkan ke leher yang mengalami gondok.
  • Daun sorrel, yang sudah menjadi bubuk bisa Anda kombinasi dengan minyak zaitun untuk menjadi obat oles pada bagian leher bergondok.
  • Minyak kastor, yang dioles ke area gondok.
  • Minyak kelapa, yang dioles ke area gondok.
  • Peregangan leher, namun tanpa dilakukan secara berlebihan.
  • Minum teh hijau.

Beberapa cara mengobati penyakit gondok di leher yang sudah kami berikan sangat efektif untuk digunakan baik yang berupa bahan alami dan juga tindakan medis. Pastikan juga anda beristirahat cukup agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih maksimal.