Home Penyakit dan KelainanArtritis 12 Cara Mengobati Sakit Lutut Pada Orang Tua Tanpa Obat Kimia Dan Operasi

12 Cara Mengobati Sakit Lutut Pada Orang Tua Tanpa Obat Kimia Dan Operasi

by Erlita

Sakit lutut atau yang kita juga kerap sebut dengan istilah nyeri sendi lutut memang dapat menyerang semua orang tanpa memandang usia. Hanya saja, tetaplah orang tua atau orang-orang yang memasuki masa lansialah yang memiliki risiko lebih tinggi terkena sakit lutut. Oleh karena itu, beberapa cara mengobati sakit lutut pada orang tua tersedia kali ini.

  1. Kompres Dingin

Ketika sakit lutut menyerang pada orang yang sudah tua, langkah pertama yang boleh dan aman dicoba untuk mengobatinya adalah dengan mengompres dingin pada area yang sakit. Cara ini paling sederhana untuk meredakan rasa sakit sekaligus bengkak jika timbul di bagian lutut.

Beberapa kotak es batu bisa dibungkus dengan handuk tipis bersih dan kompreskan ke area lutut yang sakit kurang lebih 10 menit saja. Proses perawatan ini bisa Anda ulangi sehari 2-3 kali setiap hari sampai lutut tak lagi sakit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang mengalami sakit lutut di masa tuanya karena seiring bertambahnya berat badan juga. Jadi ketika berat badan berlebih adalah faktor utama penyebab dari lutut terasa nyeri berulang, maka jalan satu-satunya atau solusi yang paling tepat adalah menurunkan berat badan. Pakailah cara menurunkan berat badan yang aman hingga sampai ke angka ideal.

Obesitas adalah salah satu faktor paling umum yang mampu menyebabkan sakit di bagian lutut. Ini karena berat badan yang berlebih akan meningkatkan tekanan pada lutut di mana lutut seakan terbeban dan akhirnya menimbulkan rasa sakit. Timbulnya rasa sakit biasanya saat digerakkan seperti berjongkok atau berdiri.

  1. Terapi Pijat

Jika rasa sakit di lutut masih tergolong ringan, tak ada salahnya untuk memilih pengobatan berupa terapi pijat. Bagi banyak orang tua, cara tradisional ini diyakini ampuh dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya daripada minum obat. Jadi, gunakan minyak zaitun atau minyak jenis lainnya untuk dioles pada area lutut, lalu beberapa menit pijatlah pelan-pelan bagian tersebut.

  1. Berjalan

Bagaimana mungkin lutut sedang sakit justru diobati dengan cara berjalan? Kurangnya aktivitas fisik seiring bertambah tuanya usia pun mampu menyebabkan lutut bertambah sakit. Supaya mampu meredakan rasa sakit di lutut, pastikan untuk rutin berjalan kaki setiap pagi atau sore supaya kondisi lutut cepat membaik.

  1. Olahraga

Bertambah tuanya usia seringkali menjadi alasan untuk jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga di mana tubuh tak kuat lagi kalau harus lebih aktif. Namun sebenarnya, ada jenis-jenis olahraga untuk lansia yang ringan dan aman untuk dilakukan paling tidak sehari 30 menit. Aerobik atau bersepeda pun tak masalah karena yang penting aktivitas tersebut mampu meningkatkan fleksibilitas sendi lutut.

  1. Akupuntur

Dalam upaya mengobati lutut sakit pada orang tua, akupuntur dapat menjadi langkah pengobatan alternatif yang bisa ditempuh. Bagi Anda yang tak takut dengan jarum-jarum kecil, maka akupuntur sebenarnya adalah metode pengobatan yang mampu meredakan rasa sakit di lutut sekaligus merilekskan kekakuan sendi asalkan Anda datang pada ahlinya.

  1. Menggunakan Kunyit

Berkandungan sifat antioksidan serta anti-inflamasi tinggi, kunyit adalah rempah yang terpercaya dalam menyembuhkan nyeri pada tubuh akibat peradangan, termasuk nyeri lutut. Anda bisa meramunya sebagai obat oles yang dibalurkan pada area lutut langsung, atau bisa juga dicampurkan ke dalam susu atau makanan untuk mengobati sakit lutut dari dalam.

  1. Menambah Asupan Kalsium

Orang tua yang mengalami rasa sakit di lutut kerap kali disebabkan oleh defisiensi kalsium dalam tubuhnya. Bila semasa muda jarang mengasup makanan yang mengandung kalsium tinggi, maka ada kemungkinan kesehatan dan kekuatan tulang makin berkurang saat bertambahnya usia. Jadi sebagai solusinya, mulailah menambah asupan kalsium baik itu dari makanan yang tepat atau suplemen.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih selain dapat memberikan kehangatan, juga dikenal sebagai obat pereda rasa sakit yang ampuh. Bersifat analgesik, minyak ini dapat dioles ke bagian lutut yang sakit untuk meredakan rasa nyeri dan radang sekaligus meningkatkan peredaran darah di lutut.

  1. Menggunakan Jahe

Baik itu meminum teh jahe secara rutin atau menjadikan jahe sebagai obat oles berbentuk pasta, Anda bisa menggunakan rempah ini untuk mengurangi rasa sakit di sendi lutut. Kandungan sifat antiradang dan analgesiknyalah yang bisa Anda andalkan terlepas dari adanya efek samping jahe yang juga turut perlu diwaspadai.

  1. Menggunakan Capsaicin

Tanaman cabai memiliki kandungan bernama capsaicin di mana di dalamnya terdapat kandungan antiradang sehingga bisa digunakan sebagai obat oles bagi lutut yang sakit. Supaya rasa sakit cepat hilang, bisa Anda oles salep atau bahkan gel pijat yang mengandung capsaicin.

  1. Banyak Istirahat

Olahraga dan berjalan kaki memang dianjurkan, namun tetap saja tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Bahaya olahraga yang berlebihan mampu menjadikan kondisi lutut bertambah parah. Jadi, pastikan waktu istirahat yang didapat pun juga cukup agar rasa sakit cepat hilang dan lutut cepat pulih.

Sejumlah cara mengobati sakit lutut pada orang tua tersebut tergolong sederhana bukan untuk Anda praktekkan di rumah? Jika dengan cara-cara alami tersebut belum mempan dan sakit di lutut masih datang berulang, segera konsultasi ke dokter agar Anda memperoleh penanganan yang tepat dan kondisi tak memburuk.

You may also like