Punya Arthritis? Lidah Buaya Bisa Jadi Solusi dengan 7 Cara Ini

247

Punya Arthritis? Lidah Buaya Bisa Jadi Solusi dengan 7 Cara IniArthritis merupakan sebuah kondisi sendi yang mengalami peradangan bersifat kronis di mana hal ini jauh lebih berisiko terjadi pada wanita dan pria yang usianya 55 tahun ke atas. Karena arthritis, badan penderitanya menjadi sakit dan kaku, dan bila dibiarkan saja maka jaringan tubuh bisa lama-kelamaan rusak. Jadi bila Anda salah satu penderita arthritis, lidah buaya bisa jadi obat radang sendi terampuh lho.

  1. Minyak Lidah Buaya

Lidah buaya dalam bentuk minyak dapat Anda andalkan untuk mengobati arthritis dengan mengoleskan langsung minyak ini ke area sendi yang bengkak, sakit dan kaku. Berikan pijatan lembut saat mengoleskan dan tinggalkan beberapa waktu. Gunakan minyak ini secara rutin bila ingin gejala arthritis berangsur mereda.

  1. Gel Lidah Buaya

Selain dalam bentuk minyak, jika tak ingin ribet, langsung saja ambil gel lidah buaya secukupnya untuk kemudian dioles ke bagian tubuh yang sendinya nyeri, bengkak dan kaku. Beri pijatan lembut di waktu mengoleskan selama beberapa menit, biarkan kemudian. Untuk meredakan rasa sakitnya, Anda bisa mencoba menggunakan cara ini sehari 3 kali secara rutin.

Selain dijadikan obat luar, Anda bisa coba konsumsi gel lidah buaya sehari 3 kali juga setiap 30 menit sebelum makan, baik itu sarapan, makan siang dan juga sebelum tidur. Anda bisa coba konsumsi sedikit lebih dulu dan tingkatkan hingga 2 sendok makan seiring lamanya penggunaan.

  1. Jus atau Smoothie Lidah Buaya

Anda bisa mengolah lidah buaya menjadi minuman jus atau smoothie dengan mengombinasikan bahan ini dengan yang lainnya. Kemudian sesudah itu, Anda bisa meminumnya untuk mengobati arthritis dari dalam.

  • Blenderlah ½ sendok teh gel lidah buaya bersama dengan potongan sebuah pir dan 2 buah apel, boleh juga ditambah segenggam ceri; minumlah rutin larutan ini.
  • Sebagai alternatif, blenderlah 2 sendok makan gel lidah buaya bersama dengan segenggam buah ceri, 2 genggam buah raspberry, dan juga segenggam stroberi.
  • Boleh juga memblender gel lidah buaya secukupnya dnegan 2 buah jeruk dan segenggam buah ceri, minumlah rutin agar gejala arthritis bisa reda.
  1. Lidah Buaya dan Kunyit

Kunyit merupakan rempah bersifat antiradang yang bisa diandalkan dalam menyembuhkan berbagai macam peradangan, termasuk arthritis. Kurkumin di dalamnya juga siap untuk memberikan kelegaan atau penenang bagi kondisi arthritis Anda. Dan salah satu cara mengolah kunyit untuk nyeri sendi, adalah dengan mencampurkannya dengan lidah buaya.

Ekstrak gel lidah buaya yang masih segar bisa Anda blender lebih dulu, hangatkan, lalu beri tambahan bubuk kunyit 1 sendok teh. Setelah tercampur, Anda bisa balurkan ke area sendi yang sakit, balut dengan kain perban setelahnya. Lakukan perawatan ini sehari 3 kali setiap hari, namun ramuan hanya sebagai obat luar.

  1. Jus Lidah Buaya Campur Jahe dan Cuka Apel

Sediakan jus lidah buaya sebanyak 2-3 ons banyaknya, lalu campurkanlah dengan bubuk jahe serta cuka apel masing-masing 1 sendok teh. Campurkan rata dan konsumsilah secara teratur sebagai ramuan tradisional nyeri sendi lutut sampai tanda-tanda dan keluhan arthritis mereda.

  1. Lidah Buaya Kombinasi Minyak Kayu Putih

Jika ingin ciri-ciri arthritis mereda secara alami, cobalah untuk mengombinasikan beberapa tetes minyak kayu putih dengan gel lidah buaya sesendok makan. Terapkan dengan membalurkan langsung ke area tubuh yang mengalami arthritis. Setelah beberapa menit, gunakan air biasa untuk membasuhnya; namun untuk hasil paling maksimal, lakukan cara ini serutin mungkin.

  1. Lidah Buaya dan Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu pilihan campuran terbaik untuk menyembuhkan arthritis dengan lidah buaya karena sifat antiradang dan penenangnya yang cukup tinggi. Jadi, Anda bisa coba campurkan minyak peppermint beberapa tetes dengan gel lidah buaya 2 sendok makan, aplikasikan langsung ke bagian sendi yang sakit, beri pijatan dan biarkan.

Walau terbukti ampuh, Anda tetap perlu menguji dulu apakah kulit sensitif terhadap gel lidah buaya serta beberapa bahan campurannya. Penggunaan lidah buaya dengan cara mengonsumsinya pun tidak dianjurkan bagi para wanita yang menyusui, hamil dan juga bagi anak-anak. Bila Anda punya riwayat penggunaan obat pengencer darah serta memiliki diabetes, konsultasilah lebih dulu dengan dokter apakah boleh mengonsumsi lidah buaya.