5 Cara Memperkuat Otot Pinggang, Lakukan dengan Rutin

Anda pasti sering mengalami sakit pinggang mulai dari yang ringan sampai pada yang membuat anda tidak dapat melakukan rutinitas setiap hari. Memang benar, hasil penelitian menunjukkan bahwa 80 persen orang dewasa mengalami nyeri pinggang.

Karenanya tidak heran jika saat ini dipasaran beredar obat encok dan nyeri. Bahkan anda dapat membelinya di kios-kios pinggir jalan. Lantas, apakah anda tidak memikirkan efek samping meminum obat tersebut? Obat yang tidak memiliki ijin apalagi dapat anda dapatkan bukan di apotek, kami sarankan untuk menghindarinya.

Perlu anda ketahui bahwa penyebab utama nyeri pinggang adalah kurang olahraga. Mungkin dengan meminum obat ataupun pijat, nyeri yang anda alami dapat hilang. Namun dalam kurun waktu yang tidak lama, nyeri pinggang akan menyerang anda kembali. Itu lantaran otot-otot pinggang anda sudah mulai melemah.

Nah! Artikel berikut akan membahas 5 cara memperkuat otot pinggang, lakukan dengan rutin maka anda akan merasakan hasil yang efektif. dengan memperkuat otot pinggang, dijamin nyeri yang biasanya menghantui anda tidak akan pernah anda rasakan. Selain itu, dengan memperkuat otot pinggang juga akan mengurangi resiko penyebab otot bergerak sendiri yang juga dapat mengganggu aktivitas anda.

Berikut 5 cara memperkuat otot pinggang, lakukan dengan rutin:

  1. Ubahlah Cara Anda Melatih Otot Perut

Biasanya orang melatih otot perut dengan sit up. Atau juga sit up dilakukan sebagai cara membakar lemak. Namun faktanya justru sit up adalah salah satu sumber nyeri pinggang anda. Apalagi terutama jika anda melakukan aktivitas dengan sering duduk. Berdasarkan hasil penelitian ternyata orang yang sering melakukan aktivitas dengan banyak duduk akan menyebabkan tulang belakang melengkung. Hal ini juga berlaku saat anda melakukan sit up. Sehingga gabungan keduanya merupakan sumber nyeri pinggang yang paling utama.

Kami sarankan untuk mengganti sit up dengan plank dan stir the post. Plank adalah gerakan dalam posisi push up, namun anda tidak menurunkan tubuh, melainkan menahan posisi tersebut untuk mengencangkan perut. Sementara gerakan stir the posts dilakukan dalam posisi seperti push up, namun tangan berada di atas bola Swiss. Kemudian lukislah bentuk lingkaran di lantai dengan bola itu searah dan arah baliknya.

  1. Bangkit dari Kursi

Cara memperkuat otot pinggang selanjutnya adalah dengan bangkit dari kursi. Anda yang sering berkutat dengan aktivitas duduk disarankan untuk berdiri setiap 20 atau 30 menit setiap kali anda duduk. Entah itu saat anda sedang nonton TV ataupun sedang berada di kantor.

Setelah itu lakukan gerakan berdiri, angkat tangan ke atas seolah hendak menyentuh langit-langit ruangan lalu bernafaslah dalam-dalam secara teratur selama 30 detik. Gerakan ini mampu mengembalikan otot pinggang yang kaku.

  1. Angkat dengan Otot Pinggang, Bukan Lutut

Anda sering mendapat informasi bahwa untuk melatih otot pinggang adalah dengan cara mengangkat barang dan bukan membungkung. Namun, kebanyakan orang memakai otot lutut untuk mengangkat beban barang tersebut. Padahal hal itu akan lebih aman jika mengangkat beban barang dengan otot pinggang dan bokong, sama halnya ketika anda melakukan squat.

  1. Berjalanlah

berjalan merupakan cara memperkuat otot pinggang yang sangat mudah dilakukan. Namun, sayangnya aktivitas ini malas dilakukan oleh kebanyakan orang. Berjalan ternyata merupakan cara terbaik untuk meredekan nyeri pinggang. Penelitian menunjukkan bahwa orang berjalan hanya dua kali seminggu selama 20 menit mengalami gejala sakit pinggang yang lebih sering dibandingkan orang yang sering bangkit dari kursinya. Selain untuk memperkuat otot pinggang, berjalan juga merupakan cara menurunkan berat badan yang efektif.

  1. Gunakan Penyangga

jika anda sering duduk dan anda tidak bisa menghindar dari aktivitas duduk, disarankan untuk anda agar memperbaiki posisi duduk anda menjadi tegak. Nah, agar anda bertahan dalam kondisi tegak yang cukup lama, gunakan penyangga tulang belakang yang berbentuk seperti bantalan punggung atau menegakkan kursi.

Demikian pembahasan 5 cara memperkuat otot pinggang, lakukan dengan rutin anda akan mendapatkan beribu manfaat untuk otot pinggang anda. Selain itu, tidak ada salahnya jika anda sedang mengalami nyeri pinggang serta kelebihan berat badan, maka simaklah juga tips diet sehat untuk membantu memperkuat otot pinggang anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Olahraga