Olahraga Mulai Membosankan? 8 Tips Ini Bikin Latihan Makin Menyenangkan

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga menjadi kuncinya. Namun untuk membuat diri sendiri nyaman dan senantiasa senang melakukan olahraga sebenarnya bukan hal yang mudah bukan? Melelahkan, membuat menderita, dan tak menyenangkan serta kadang cenderung membosankan bila menjadikannya rutinitas. Bila mulai bosan, intip beberapa tips ini agar latihan makin menyenangkan.

1. Berolahraga Bersama Orang Lain

Kalau olahraga sendirian secara rutin membuat tak lagi bersemangat, tak ada salahnya bukan mencoba untuk berpartisipasi dalam sebuah kelas/tim/grup olahraga yang disukai? Apalagi jika diri sendiri merupakan tipe orang yang ekstrovert, boleh dicoba sekalian menambah teman. Atau, bisa juga ajak teman maupun anggota keluarga agar lebih seru.

2. Memilih Olahraga yang Bisa Dinikmati

Memilih olahraga secara asal tanpa mempertimbangkan apakah diri kita nyaman dan menikmatinya kemungkinan besar menjadi pemicu diri sendiri merasa tak nyaman dan menderita. Pilih aktivitas yang benar-benar disukai, apakah itu jalan kaki biasa, lari, bersepeda, berenang, atau justru menari/dancing? Bahkan mencoba beberapa aktivitas yang berbeda tapi kita suka justru dianjurkan supaya hati ikut senang.

3. Membeli Perlengkapan Olahraga Baru

Entah itu membeli pakaian olahraga baru atau bahkan peralatannya, sah-sah saja kok. Sebetulnya tidak harus membeli barang baru untuk benar-benar bisa membuat olahraga menyenangkan, tapi tak salah kok jika ini justru menjadikan motivasi kita kembali berapi-api.

4. Bermain

Kini ada beberapa olahraga yang dikombinasi dengan permainan asyik seperti misalnya Wii fitness games yang sangat cocok dicoba oleh orang-orang yang baru tertarik dengan olahraga dan masih pemula. Dengan menjajalnya, tak hanya kita bisa belajar olahraga baru, tapi juga memperoleh kesenangan tersendiri.

5. Memakai Musik atau Video

Untuk olahraga yang membutuhkan beat yang semangat atau enerjik, tak ada salahnya mempersiapkan musik atau video yang bisa menjadi motivator kita. Jika olahraga terasa monoton, ambil waktu memilih-milih video olahraga yang mengasyikkan, atau lagu/musik yang membuat semangat naik lagi.

6. Memikirkan Manfaatnya

Banyak orang seketika mendengar kata olahraga sendiri kemudian menjadi ciut karena sudah membayangkan betapa menderitanya berolahraga itu. Namun ketika rasa bosan dan malas melanda, kenapa tak mencoba mempertimbangkan manfaatnya saja? Kesehatan yang meningkat, kualitas hidup yang lebih baik, kebugaran, penurunan berat badan, hingga membangun relasi baru dengan orang yang baru.

7. Mencari Lokasi Baru yang Berbeda-beda

Jika olahraga lari, bersepeda atau berjalan kaki adalah yang terfavorit namun cepat bikin bosan, segera cari lokasi atau jalur baru. Ubahlah lokasi atau jalur olahraga setiap beberapa minggu agar rasa bosan bisa teratasi. Rute yang baru dan berbeda-beda akan membuat kita jauh lebih menikmati perjalanan. Bahkan jika biasanya berolahraga indoor, sesekali cobalah outdoor, begitu sebaliknya.

8. Mengubah Intensitas

Intensitas olahraga yang terlalu tinggi kemungkinan menjadi faktor utama rasa malas atau bosan terjadi. Bila demikian, akan lebih baik kalau intensitasnya dikurangi sampai diri kita menjadi lebih nyaman dan segar kembali. Sebaliknya, jika olahraga rutin yang dilakukan intensitasnya kurang, maka tingkatkanlah agar keluar dari zona nyaman.

Olahraga adalah aktivitas fisik yang pada dasarnya bertujuan agar membuat kualitas hidup jauh lebih baik. Beri kesempatan pada diri sendiri untuk memulai lagi olahraga yang sudah mulai ingin ditinggalkan atau bahkan telah ditinggalkan dengan cara-cara yang baru supaya lebih menyenangkan hati.