Home Diet & FitnessTips Fitness 8 Cara Push Up yang Benar untuk Perempuan dan Manfaatnya

8 Cara Push Up yang Benar untuk Perempuan dan Manfaatnya

by Roro Dyiah

Olah raga bisa jadi adalah kebiasaan yang sangat sulit dilakukan oleh kaum hawa. Bahkan sebagian besar perempuan akan olah raga ketika mereka ingin menurunkan berat badan. Padahal tujuan utama dari olah raga bukanlah menurunkan berat badan, tetapi untuk memperoleh tubuh yang sehat. Jadi, kalau Anda mengalami penurunan berat badan setelah berolah raga maka itu adalah bonus yang Anda peroleh setelah olah raga. (baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)

Salah satu jenis olah raga yang sangat mudah namun jarang dilakukan oleh perempuan adalah push up. Push up adalah salah satu jenis olah raga yang sangat sering dilakukan oleh laki-laki karena ingin memperoleh bentuk otot yang proporsional. Namun apakah push up hanya bisa dilakukan oleh laki-laki? Tentu saja tidak. Perempuan juga bisa melakukan jenis olah raga yang satu ini. Selain menyehatkan, push up juga memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Manfaat Push Up Bagi Tubuh

Untuk anda para perempuan yang malas dan juga jarang melakukan push up ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk melakukan olah raga ini setiap hari. Ternyata push up tidak hanya baik bagi laki-laki. Anda para perempuan juga bisa memperoleh segudang manfaat dari push up. Apa saja manfaat push up tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya. (baca juga: olahraga yang membakar kalori super banyak)

1. Memberikan Bentuk Tubuh yang Lebih Baik

Perempuan biasanya jarang melakukan push up karena takut akan memiliki bentuk lengan yang besar. Padahal anggapan tersebut sangat salah. Tahukah Anda bahwa push up akan membantu pembentukan dada, bisep, trisep, bahu, serta punggung bagian atas dan bawah. Lakukanlah push up sebanyak 12 kali dengan 3 kali repetisi setiap harinya. Selama beberapa minggu Anda akan memperoleh manfaatnya dan juga Anda bisa memakai gaun halter neck dengan lebih percaya diri. (baca juga: diet yang benar dan yang salah)

2. Kaki dan Lengan Lebih Kuat

Push up efektif untuk meningkatkan kekuatan lengan dan juga kaki. Alhasil, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih energik dan juga lemak-lemak di bagian tersebut akan tersalur secara lebih merata. (baca juga: diet yang benar dan yang salah)

3. Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang

Menjaga kesehatan otot dan juga tulang dapat dilakukan dengan melakukan olah raga yang sifatnya melatih kekuatan tubuh. Push up merupakan olah raga yang efektif melatih kekuatan tubuh sekaligus dapat menjaga kesehatan otot dan tulang. (baca juga: pertolongan pertama pada patah tulang)

4. Mencegah dan Juga Mengatasi Sarcopenia

Sarcopenia merupakan suatu kondisi ketika massa otot mengalami penurunan karena otot mengalami penuaan. Kondisi tersebut biasanya dipicu dengan kurangnya aktivitas yang  menyebabkan massa otot mengalami penurunan. Olah raga yang melatih kekuatan seperti push up sangat efektif untuk meningkatkan massa otot sekaligus mencegah sarcopenia.

5. Memperkuat Tulang Misa

Tulang misa merupakan tulang yang berada di sekitar bahu, lengan, siku, dan pergelangan tangan. Dengan rutin melakukan push up maka kekuatan tulang misa akan meningkat seiring dengan peningkatan kesehatan tubuh. (baca juga: makanan pengganti nasi untuk diet sehat)

Itulah beberapa manfaat push up yang bisa Anda peroleh. Meskipun anda adalah seorang perempuan namun tidak ada salahnya melakukan olah raga tersebut. Push up merupakan olah raga yang murah, tidak memakan banyak tempat, dan tentu saja dapat meningkatkan proses metabolisme sehingga Anda bisa memperoleh bentuk tubuh yang lebih ideal.

Step by Step Push Up

Dari berbagai penjelasan di atas, Anda para perempuan jadi tahu tentang manfaat push up bukan? Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk melakukan push up setiap hari. Namun, sebelum melakukan push up ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara push up yang benar bagi perempuan.

  1. Cara push up perempuan sebenarnya hampir sama dengan push up yang dilakukan oleh laki-laki. Hanya saja, porsinya memang lebih sedikit dibandingkan laki-laki.
  2. Untuk melakukan push up, posisi awal yang perlu Anda atur adalah dengan tubuh telungkup dan bertumpu pada kedua telapak tangan. Posisi badan lurus dan tidak membengkok di bagian pantat. Perut dan juga pinggul dikunci, tidak bergerak ke kanan atau ke kiri dan juga tidak menekuk selama melakukan push up. Posisi kedua tangan sejajar dengan bahu.
  3. Perbedaan push up antara perempuan dengan laki-laki adalah letak tumpuan di bagian kaki. Pada laki-laki, tumpuan kaki diletakkan pada bagian ujung jari kaki, sedangkan pada perempuan, letak tumpuan di bagian kaki berada di lutut. (baca juga: cara menangani orang pingsan)
  4. Setelah posisi tubuh Anda atur dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah melakukan push up. Lakukan gerakan menurun hingga tubuh hampir menyentuh lantai (siku membentuk sudut 90 derajat). Setelah itu, bawa kembali tubuh ke bagian atas.

Itulah beberapa tahapan dan juga cara tepat untuk push up bagi perempuan. Lakukanlah berulang-ulang selama beberapa minggu. Maka Anda akan memperoleh hasil yang optimal dan juga bentuk tubuh yang lebih baik.

Variasi Push Up

Cara push up seperti yang telah dijelaskan di atas merupakan cara push up standar dan sempurna yang bisa Anda lakukan setiap hari. Namun, jika Anda bosan melakukan push up dengan cara yang itu-itu saja, maka untuk Anda para perempuan bisa mencoba beberapa jenis push up berikut ini. Beberapa jenis push up berikut memberikan hasil yang relatif sama bagi tubuh.

1. Push Up Segitiga

Jenis push up yang cocok untuk perempuan yang pertama adalah jenis push up segitiga. Push up ini memiliki manfaat untuk mengencangkan otot-otot di sekitar payudara. Cara melakukan push up segitiga adalah dengan meletakkan tangan dengan posisi segitiga di bawah dada. Kedua lengan berdempetan di bagian tengah, yakni di bawah dada. Pada posisi ini, siku akan berada pada posisi lebih rendah sehingga hampir menyentuh lantai ketika melakukan gerakan tubuh ke bawah. Cara melakukan push up sama dengan push up standar biasanya. (baca juga: olahraga lompat tali bagi wanita)

2. Push Up Pilates

Push up jenis ini bisa dibilang sangat menguras tenaga. Bagi yang jarang melakukan mungkin akan merasa bahwa push up ini terlalu sulit untuk dilakukan. Untuk melakukan push up pilates, gerakan tubuh dimulai dari posisi tubuh tegak, kemudian secara perlahan melakukan push up sampai kepala hampir menyentuh lantai. Langkah selanjutnya adalah posisi kembali dengan menarik lengan secara pelan-pelan lalu berdiri seperti posisi semula. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga)

3. Push Up Sphinx

Push up sphinx memiliki manfaat untuk mengencangkan otot lengan, otot punggung, dan juga otot pinggang. Push up sphinx diawali dengan memposisikan tumpuan tubuh pada bagian tangan dan siku. Kemudian angkat tubuh ke atas secara maksimal. Jadi, cara melakukannya hampir sama dengan push up standar, hanya saja tumpuan berada di bagian tangan dan siku. (baca juga: madu untuk penderita PCOS)

4. Push Up Dinding

Seperti namanya, push up dinding dilakukan dengan bantuan dinding dan dilakukan dengan posisi tubuh berdiri. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan berdiri di depan dinding dan meletakkan kedua telapak tangan di dinding. Langkah selanjutnya adalah dengan membengkokkan lengan hingga tubuh condong ke depan mendekati bagian dinding. Push up dinding ini adalah jenis push up yang relatif ringan untuk dilakukan. Karena itu ada baiknya Anda melakukan push up dinding ini sebanyak mungkin jika menginginkan hasil yang optimal.

Demikian beberapa manfaat dan juga cara push up yang tepat untuk perempuan. Meskipun push up merupakan salah satu jenis olah raga yang relatif sulit dilakukan, namun jangan pernah ragu untuk selalu mencoba. Jangan pernah takut khawatir jika push up akan menyebabkan lengan menjadi kekar dan perkasa. Push up yang dilakukan dengan porsi yang wajar justru akan memberikan bentuk tubuh yang bagus dan tentu akan semakin menunjang kepercayaan diri Anda.

You may also like