Cedera Hamstring – Penyebab, Gejala, Tingkatan, Pengobatan, Pencegahan

1491

Cedera hamstring adalah cedera yang terjadi pada otot-otot yang ada di paha bagian belakang. Cedera hamstring juga termasuk cedera yang sering terjadi pada atlet atau olahragawan karena cedera hamstring ini dapat terjadi saat seseorang melakukan aktivitas seperti berlari, melompat, memanjat, dan aktivitas aktivitas lainnya yang menuntut seseorang untuk membengkokan tungkai kaki. Cedera hamstring ini dapat dihindari dengan cara melakukan peregangan otot dan melakukan latihan penguatan otot secara rutin terutama saat ingin melakukan kegiatan atau aktivitas yang berat. Cedera hamstring ini biasanya terjadi atau dialami oleh atlet olahraga sepak bola tenis basket dan olahraga olahraga lainnya yang di mana olahraga tersebut melibatkan lari, berhenti secara tiba-tiba dan melompat.

Meskipun pada dasarnya cedera hamstring tidak menyebabkan kematian namun bagi para atlet atau seseorang yang hobi olahraga hal ini sangatlah mengganggu. Terutama bagi para atlet karena jika seseorang terkena cedera hamstring penyembuhan ya memerlukan waktu yang cukup lama sehingga menyita waktu. Jika seseorang pernah terkena cedera hamstring seseorang tersebut lebih beresiko untuk terkena cedera hamstring lagi ke depannya. Untuk itu perlunya melakukan beberapa pencegahan pencegahan agar tidak terjadi cedera hamstring. Otot hamstring adalah otot yang terdapat pada bagian belakang paha.

3 macam otot yang terdapat pada bagian belakang paha diantaranya otot semimembranosus, otot semitendinosus, dan otot bicep femoris ketiga otot inilah yang biasanya disebut sebagai otot hamstring dan ketiga otot ini juga yang rawan terkena cedera. Untuk menghindari terjadinya cedera pada hamstring maka kami akan membahas beberapa penyebab cedera hamstring, gejala-gejala yang disebabkan karena cedera hamstring, pengobatan yang dapat anda lakukan ketika Anda terkena penyakit cedera hamstring dan juga cara pencegahan agar anda tidak terkena penyakit di daerah hamstring. (Baca juga: dampak negatif tidak pernah berolahraga – olahraga mengecilkan paha dan betis)

Penyebab Cedera Hamstring

Cedera hamstring dapat disebabkan karena berbagai hal diantaranya:

  1. Ketidakseimbangan otot

Otot bagian depan paha dan bagian belakang paha memiliki kinerja yang berlawanan. Ketika kedua otot tersebut tidak memiliki kekuatan yang  sama maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada otot. Pada umumnya otot bagian depan paha memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan faktor-faktor yang terdapat pada bagian belakang paha atau sering disebut otot hamstring. Karena otot bagian depan paha memiliki kekuatan yang lebih kuat maka di saat seseorang berlari dengan kecepatan yang tinggi otot pada bagian belakang paha atau otot hamstring akan merasa kelelahan terlebih dahulu karena otot pada bagian paha atau otot hamstring lebih lemah. Hal ini menyebabkan terjadinya cedera pada bagian hamstring karena keseimbangan otot tidak seimbang.

  1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik seperti berlari atau mengutamakan pergerakan kaki seperti sepakbola bermain basket penari dan juga pelari sprinter lebih rentan terkena cedera hamstring sebab kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang lebih mengutamakan pergerakan pada kaki sehingga adanya pergerakan pada otot otot paha bagian depan dan bagian belakang. Untuk menghindari cedera hamstring karena aktivitas fisik maka kita perlu memgurangi aktivitas fisik dan jika ingin menambah aktivitas fisik yang kita lakukan maka lakukanlah secara bertahap, Hal ini dilakukan agar kita tidak terkena cedera hamstring. Namun meskipun banyak pergerakan kaki seperti bermain basket dan lain sebagainya dapat menyebabkan cedera, tetap saja harus olahraga, tidak boleh sampai kurang olahraga karena dapat menyebabkan tubuh cepat lelah. Untuk itu tetap lakukanlah olahraga untuk cara meningkatkan stamina

  1. pemanasan yang kurang memadai

Ketika seseorang melakukan aktivitas agar terhindar dari cedera maka seseorang harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sehingga otot-otot memiliki kekuatan dan kelenturan yang baik. Pemanasan yang cukup dapat membantu dalam mengurangi terjadinya resiko cedera hamstring sebaliknya pemanasan yang kurang memadai menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya resiko cedera hamstring. Untuk itu bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas aktivitas yang berat maka lakukanlah pemanasan terlebih dahulu agar kita dapat terhindar dari macam-macam cedera. Lakukanlah berbagai macam gaya hidup sehat agar hidup tetap sehat.

Baca Juga:

  1. Pendinginan yang kurang memadai

Selain melakukan pemanasan seseorang yang telah melakukan aktivitas yang berat dalam jangka waktu yang lama maka harus adanya pendinginan pada bagian tubuh terutama pada bagian paha agar terhindar dari cedera hamstring. Pendinginan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan waktu istirahat pada otot sehingga otot dapat memperbaiki kondisi. Sebab kondisi otot yang lelah akan mudah mengalami cedera.

  1. Kelelahan otot

Kelahan yang terjadi pada otot dapat mengurangi kemampuan otot dalam penyerapan energi. Untuk itu kita perlu menjaga agar otot tidak terlalu lelah kelelahan otot juga dapat mengganggu suplai nutrisi yang dapat di jadikan sebagai kekuatan otot. Ketika otot tidak dapat mensuplai nutrisi maka hal tersebut menjadikan struktur pada otot menjadi rentang terhadap cedera.

Baca Juga:

  1. Riwayat cedera hamstring

Seseorang yang pernah terkena cedera hamstring sangatlah beresiko tinggi untuk terkena cedera hamstring lagi. Hal ini disebabkan karena fungsi otot sudah tidak stabil jadi seseorang tersebut akan mudah terkena cedera hamstring seperti sebelumnya atau bahkan malah menjadi cedera hamstring yang lebih parah.

  1. Perkembangan otot yang tidak seimbang

Dari berbagai penelitian telah nyatakan bahwa ketika otot-otot bagian depan paha menjadi lebih kuat maka otot-otot yang ada pada bagian belakang paha akan menjadi lebih lemah sehingga otot-otot pada bagian belakang paha atau otot hamstring rentan mengalami cedera.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadikan otot hamstring cedera Untuk itu maka perlunya memperhatikan setiap aktivitas yang akan kita lakukan. Lakukanlah pemanasan sebelum melakukan kegiatan-kegiatan yang berat.  selain penyebab cedera ham string ada beberapa gejala gejala yang ditimbulkan karena cedera hamstring.

Baca Juga:

Gejala Cedera Hamstring

Secara umum gejala yang ditimbulkan karena cedera hamstring ini adalah rasa sakit dan nyeri yang menusuk pada bagian belakang paha,  selain rasa sakit dan rasa nyeri yang timbul di bagian belakang paha biasanya gejala-gejala cedera hamstring pada umumnya juga akan tampak pembengkakan,  pembengkakan ini tidak muncul saat cedera hamstring baru terjadi namun pembengkakan ini muncul saat cedera hamstring sudah terjadi beberapa jam. Selain itu secara umum gejala cedera hamstring juga ditandai dengan melemahnya otot bagian belakang paha dan ketidakmampuan untuk berjalan,  Adapun gejala-gejala lain yang ditimbulkan karena cedera hamstring adalah:

  1. Kaki tidak sanggup menahan beban apapun

Seseorang yang terkena cedera hamstring biasanya tidak dapat menahan beban apapun, bahkan jika cedera sudah parah maka biasanya seseorang yang terkena cedera hamstring ini tidak dapat menahan beban kaki itu sendiri.

Baca Juga:

  1. Tidak dapat berjalan jauh

Karena rasa sakit dan rasa nyeri yang ditimbulkan cedera hamstring maka seseorang yang terkena cedera hamstring tidak dapat berjalan jauh. Hal ini disebabkan karena rasa nyeri dan rasa sakit serta pembengkakan yang terjadi pada bagian belakang paha.

  1. Perubahan warna dari bagian belakang paha

Perubahan warna dari bagian belakang paha biasanya terjadi setelah cedera hamstring terjadi selama beberapa hari, biasanya perubahan warna ini juga diikuti dengan kelemahan otot hamstring yang lama.

Baca Juga:

  1. kelemahan pada otot

Kelemahan pada otot bagian belakang paha atau otot hamstring merupakan salah satu gejala seseorang terkena cedera hamstring.  kelemahan otot pada bagian belakang paha akan menyebabkan cedera pada bagian paha. Untuk menjaga agar otot tidak lemah maka perlunya melakukan penguluran dan penguatan otot otot terutama otot pada bagian belakang paha atau otot hamstring.

Tingkatan Cedera Hamstring

  1. Cedera hamstring tingkat 1

Citra hamstring tingkat 1 adalah citra hamstring yang disebabkan karena otot otot pada bagian belakang paha hanya tertarik ringan atau hanya menegang saja.  pada Tingkatan pertama ini seseorang yang terkena cedera hamstring masih dapat menanggung beban.  untuk masa penyembuhan cedera hamstring tingkat pertama ini hanya memerlukan beberapa hari saja.

Baca Juga:

  1. Cedera hamstring tingkat 2

Citra hamstring tingkat 2 ini adalah cedera pada bagian otot-otot hamstring sebagian robek. Biasanya seseorang yang terkena penyakit cedera hamstring pada tingkat kedua ini akan merasakan nyeri dan pada bagian paha menjadi bengkak. Cedera hamstring pada tingkat 2 ini biasanya kaki akan menjadi lebih lemah saat menahan beban. Untuk masa penyembuhan cedera hamstring pada tingkat dua ini biasanya sampai beberapa minggu atau bahkan sampai beberapa bulan.

  1. cedera hamstring tingkat 3

cedera hamstring pada tingkat 3 ini adalah Cedera yang di mana otot otot hamstring robek. Biasanya seseorang yang terkena cedera hamstring tingkat 3 ini akan merasakan nyeri yang sangat. Selain merasakan nyeri yang sangat cerah hamstring pada tingkatan 3 ini juga menyebabkan bengkak dan memar Selain itu cedera hamstring pada tingkat 3 ini tidak dapat kaki tidak dapat digunakan untuk menahan beban bahkan beban kaki tersebut. Cedera hamstring pada tingkat 3 ini adalah cedera hamstring yang sudah parah sehingga biasanya seseorang yang terkena cedera hamstring pada tingkat 3 ini akan kesulitan untuk berjalan. Untuk masa penyembuhan cedera hamstring pada tingkat 3 ini dalam beberapa Minggu ataupun beberapa bulan.

Baca juga :

Bagi Anda yang menderita cedera hamstring dapat melakukan berbagai pengobatan. Seseorang yang mengalami cedera hamstring dianjurkan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas yang berat agar kondisi otot dapat pulih secara cepat. Untuk membantu proses pemulihan dalam cedera hamstring dapat dilakukan melalui berbagai pengobatan atau cara cara tertentu. Berikut ini adalah berbagai cara pengobatan untuk mengobati seseorang yang menderita cedera hamstring.

Pengobatan Cedera Hamstring

1 konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan seperti Ibuprofen atau acetaminophen dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dan juga pembengkakan pada seseorang yang terkena cedera hamstring. Ibuprofen juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan obat sakit tulang.

  1. Menggunakan tongkat penyangga

Menggunakan tongkat penyangga dapat digunakan untuk mengurangi kaki menumpang berat badan seluruhnya, sehingga dengan menggunakan tongkat penyangga dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan pada seseorang yang terkena cedera hamstring.

Baca Juga:

  1. Membalut kaki yang terkena cedera

Melakukan pembalutan kaki yang terkena cedera dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada kaki yang terkena cedera hamstring. Caranya adalah dengan membalut kaki menggunakan perban kompres elastis, lakukanlah pembalutan kaki tersebut hingga dirasa lengkap telah berkurang. Dalam membantu pagi ini anda tidak boleh membalut kaki yang terkena cedera hamstring terlalu ketat ataupun terlalu longgar namun yang sedang-sedang saja. Melakukan pembalutan pada kaki yang terkena cedera hamstring terlalu ketat dapat mengganggu aliran darah sehingga aliran darah menjadi terhambat.

  1. Mengangkat kaki yang terkena cedera

Mengangkat kaki yang terkena cedera atau sering disebut dengan elevasi dapat dilakukan dengan cara duduk atau berbaring selanjutnya usahakan posisi kaki terangkat. Namun Jangan biarkan posisi kaki sengaja diangkat agar posisi kaki terangkat maka gunakanlah ganjalan seperti bantal atau dengan cara menggantung kaki. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar posisi kaki menjadi lebih tinggi daripada posisi jantung. Dengan begitu maka gaya gravitasi akan membantu dalam mengalirkan cairan berlebih di kaki sehingga cara ini ampuh untuk mengurangi pembengkakan di kaki yang terkena cedera hamstring. (Baca Juga: Daftar Jus untuk Asam Urat , Efek Samping Sering Minum Obat)

  1. Mengompres dengan es batu

Cara mengobati cedera hamstring dapat dilakukan dengan cara mengompres kaki yang terkena cedera hamstring dengan es batu. Dengan melakukan pengobatan ini secara rutin dapat mengurangi rasa nyeri dan juga dapat mengurangi pembengkakan yang ada di kaki yang terkena cedera hamstring. Agar lebih maksimal dan mempercepat dalam penyembuhan maka lakukanlah pengompresan dengan es batu ini beberapa kali dalam sehari. (Artikel terkait : bahaya makan es batubahaya makan bunga es kulkas)

  1. Melakukan terapi fisik

Melakukan terapi fisik juga dapat digunakan untuk mengobati cedera hamstring, caranya adalah dengan melakukan berbagai terapi fisik atau latihan latihan yang telah didesain untuk meningkatkan kekuatan otot otot hamstring dan juga meningkatkan fleksibilitas otot otot hamstring. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat dalam pemulihan atau penyembuhan cedera hamstring.

  1. Istirahat

Kebutuhan istirahat pada tubuh memang sangat penting untuk dijaga,  tubuh tidak dapat dipaksa untuk bekerja terlalu keras karena hal itu menimbulkan tubuh Terlalu Lelah dalam bekerja. Terlebih bagi seseorang yang terkena cedera hamstring, untuk mempercepat pengobatan maka seseorang yang terkena cedera hamstring dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini dilakukan agar otot otot hamstring dapat beristirahat secara maksimal dan segera kembali seperti semula atau kembali normal. Untuk itu maka hindarilah berbagai aktivitas yang akan menimbulkan rasa nyeri pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada tubuh kita terlebih pada kaki yang terkena hamstring.

artikel terkait : ciri-ciri kurang tidur cukupakibat kurang tidur malam

  1. Mengkonsumsi triflex capsul

Mengkonsumsi triplek kapsul dapat digunakan untuk mengurangi cedera hamstring, sebab dalam triflex capsul memiliki kandungan bahan herbal yang alami sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki cedera pada otot otot sendi atau tulang. Obat ini aman digunakan atau dikonsumsi tubuh karena obat ini 100% berbahan herbal alami sehingga tidak perlu khawatir akan efek samping yang akan dialami. (Baca juga: penyebab kepala terasa berat –  penyakit akibat kurang tidur)

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengobati cedera hamstring, selain cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengobati cedera hamstring ada beberapa cara pencegahan agar citra hamstring tidak terjadi lagi atau bahkan tidak terjadi pada seseorang yang belum pernah menderita cedera hamstring. Akan kami paparkan beberapa cara untuk mencegah cedera hamstring terjadi.

Cara Pencegahan Cedera Hamstring

  1. Melakukan pemanasan sebelum berolahraga

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa faktor-faktor yang mengakibatkan cedera hamstring salah satunya adalah tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga,  untuk itu cara pencegahan agar kita tidak menderita cedera hamstring adalah dengan melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga.  melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga memang sangat efektif untuk menghindari terjadinya cedera hamstring ataupun cedera cedera otot lainnya sebab dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu maka otot-otot akan lebih lentur sehingga resiko terkena cedera hamstring akan berkurang. Untuk itu bagi Anda yang bergelut dalam dunia olahraga ataupun atlet maka anda perlu memperhatikan hal tersebut sebab hal ini yang biasanya lebih sering menjadikan seseorang terkena cedera hamstring. (Baca juga: makanan yang mengandung kalori tinggi)

  1. Melakukan pendinginan yang cukup setelah berolahraga

Selain melakukan pemanasan tidak melakukan pendinginan setelah melakukan kegiatan berat atau setelah berolahraga juga dapat menyebabkan terjadinya resiko cedera hamstring. Untuk itu bagi anda seorang atlet maupun seseorang yang bergelut dalam dunia olahraga dan menyukai olahraga maka hal ini juga perlu dilakukan atau diperhatikan, melakukan pendinginan juga bisa dilakukan dengan cara dan istirahat yang cukup Sebab otot otot yang telah digunakan untuk beraktivitas atau berolahraga seperti sepak bola bermain bola basket, lari dan olahraga olahraga lainnya maka otot-otot perlu melakukan pendinginan dengan cara beristirahat.  agar otot-otot pada kaki atau pada bagian lainnya tidak tegang. (Baca juga: bahaya sayur bayam yang dihangatkan)

  1. Melakukan perenggangan dan penguatan otot otot

Melakukan peregangan dan penguatan otot juga sangat diperlukan agar otot-otot tetap kuat sehingga saat otot-otot terutama otot hamstring bekerja keras maka otot tersebut tidak mudah lelah atau tidak mudah terkena cedera. Untuk itu untuk itu bagi anda yang sering melakukan aktivitas berapa atau melakukan olahraga dapat meluangkan waktu untuk perenggangan dan penguatan otot otot agar kita tidak mudah terkena cedera hamstring atau cedera otot lainnya. (Baca juga: kandungan vitamin B6 pada makanan)

  1. Membatasi aktivitas berat

Membatasi aktivitas berat juga perlu dilakukan karena jika tubuh atau otot-otot tubuh dipaksa untuk terus beraktivitas berat maka akan menyebabkan berbagai penyakit terutama berbagai cedera pada otot otot.  melakukan aktivitas berat secara terus-menerus juga merupakan salah satu penyebab terjadinya cedera hamstring untuk itu agar terhindar dari cedera hamstring maka anda perlu membatasi berbagai aktivitas berat yang Anda lakukan sehari-hari. (Baca uga: Akibat Kelebihan Serat  ,  Makanan Penurun Androgen)

  1. Menjaga keseimbangan otot

Menjaga keseimbangan otot dapat mencegah terjadinya cedera hamstring, dengan melakukan kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan otot maka kita dapat terhindar dari cedera hamstring. (baca juga : kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan akg resmi , Penyebab Malnutrisi)

Ada beberapa latihan yang dapat digunakan untuk mencegah cedera hamstring, berikut adalah cara mencegah agar tidak cedera hamstring

Latihan Pencegahan Cedera Hamstring

  1. Jump Box

latihan Ini Membutuhkan benda yang tinggi dan juga kuat yang digunakan untuk berpijak. latihan ini adalah dengan cara lompat dan berdiri sejenak. anda harus melompat pada benda yabg tinggi dan kuatt tersebut misal step box. Setelah melompat Berhentilah selama dua detik saat posisi anda jongkok diatas benda tersebut.  lakukanlah gerakan seperti ini sebanyak 4 sampai 8 kali.

Baca Juga:

  1. Nordic Hamstring

Latihan ini memerlukan 2 orang 1 orang untuk memegang kaki yang akan melakukan latihan tersebut. Latihan ini dilakukan dengan cara tengkurap dan partner Anda memegang kaki bagian bawah rilekskan badan anda untuk jatuh ke bawah secara perlahan. Lakukanlah gerakan seperti itu berulang-ulang sebanyak 4 sampai 6 kali. Latihan ini dapat digunakan untuk memperkuat otot hamstring sehingga kita dapat terhindar dari cedera hamstring.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara pencegahan penyebab gejala gejala dan juga beberapa informasi tentang hamstring, untuk menghindari terjadinya cedera hamstring maka kita perlu memperhatikan setiap aktivitas yang akan kita lakukan. Tetap menjaga konsumsi nutrisi dan berbagai vitamin untuk membantu otot-otot dalam meningkatkan kinerja nya. Dari berbagai informasi ini semoga kita dapat terhindar dari berbagai cedera otot terutama cedera hamstring.  cedera hamstring memang banyak diderita oleh atlet atau seseorang yang suka berolahraga namun jika kita melakukan pemanasan dan pendinginan setelah melakukan aktivitas berat dapat mengurangi resiko terjadinya cedera hamstring.