26 Cara agar Cepat Tidur di Malam Hari

1851

Tidur cukup di malam hari bukan hanya sebagai cara supaya keesokannya kita tidak mudah mengantuk atau membuat tubuh menjadi kelihatan segar. Kualitas tidur yang cukup selama di malam hari adalah hal yang penting karena pada saat tidur malamlah tubuh kita mengalami perbaikan pada sistem jaringan yang rusak.

Orang yang jam tidurnya kurang akan membuat daya tahan tubuh otomatis menjadi turun, ini akan terbukti ketika Anda sering begadang. Orang yang sulit tidur atau mengalami insomnia biasanya akan mengalami sejumlah efek buruk, seperti kemurungan jiwa, kelihatan lesu tak bersemangat dalam melakukan rutinitas harian, dan penurunan/kenaikan berat badan drastis. Maka dari itu, di bawah ini merupakan berbagai cara agar cepat tidur kalau Anda susah tidur.

(Baca juga: obat tidur alami)

1. Menonaktifkan Gadget Setengah Jam sebelum Tidur

Ada pengaruh-pengaruh yang cukup positif maupun juga negatif bagi pengguna gadget setiap hari. Gadget memang adalah sarana bagi kita untuk menambah pengetahuan dan mendapatkan hiburan di kala stres. Hanya saja, perhatikan pula bahwa ada efek samping yang bisa terjadi ketika menggunakan gadget setiap saat.

Pengaruh gadget bisa cukup buruk terhadap kualitas tidur seseorang dan ini justru bisa menurunkan kualitas tidur tersebut. Rutinitas tidur di malam hari yang sebetulnya sebelumnya sudah termasuk baik dan teratur bisa menjadi terganggu karena ada rasa ingin memainkan gadget secara terus-menerus.

Supaya tidur Anda tidur lebih cepat, lepaskan diri dari gadget 30 menit sebelum beranjak tidur. Ketika jauh dari gadget, pikiran otomatis menjadi lebih tenang dan Anda bisa coba untuk memejamkan mata dan tanpa waktu lama pun akan tertidur pulas. Saat dipaksakan untuk bermain gadget, otomatis mata akan menjadi semakin melek.

2. Mematikan Lampu

Supaya lebih cepat tidur, Anda bisa coba mematikan lampu sebelum tidur karena pencayaan kamar tidur yang terlalu terang bisa saja menjadi pengganggu untuk bisa tidur. Suasana kamar akan menjadi lebih nyaman, rileks dan tenang ketika lampu dimatikan dan memang lebih dianjurkan untuk tidur di ruangan yang gelap gulita.

Kualitas tidur pun dijamin menjadi jauh lebih baik karena pada dasarnya tidur di malam hari dengan lampu menyala terang mampu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Lampu yang dibiarkan terang benderang saat tidur justru mampu menaikkan risiko kardiovaskular, penyakit kanker, diabetes, hingga gangguan metabolisme tubuh.

(Baca juga: dampak insomnia bagi kesehatan)

3. Mengenakan Penutup Mata

Sulit tidur jangan diabaikan dan malah memanjakannya dengan sengaja menonton TV, bermain games atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gadget. Ketika sulit untuk memejamkan mata, Anda perlu juga mencoba menggunakan penutup mata di mana tujuan dari hal ini adalah sebagai pencegah terkenanya cahaya 100 persen.

Sama seperti ketika mematikan lampu, tujuan pemakaian penutup mata adalah sama karena memang cara ini mampu mengirimkan rangsangan ke otak supaya proses istirahat tubuh serta pikiran dapat lebih maksimal. Kalaupun lampu sudah dimatikan semua tapi masih tetap ada cahaya yang asalnya dari luar, pakai saja penutup mata sebagai solusi dan Anda akan cepat tertidur pulas.

4. Olahraga di Siang Hari

Tak ada salahnya untuk melakukan olahraga di siang hari karena kita semua tahu bahwa kurang olahraga pun bisa menjadi berbahaya bagi tubuh. Selain bisa menjadi cara menghindari stres, olahraga adalah cara untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan tubuh kita. Berolahragalah sekitar 15 menit di siang hari.

Hanya saja, yang tidak disarankan di sini adalah untuk berolahraga 3 jam sebelum tidur. Ketika melakukan olahraga 3 jam sebelumnya malah hanya akan meningkatkan hormon adrenalin. Saat hormon ini naik, otomatis malah Anda hanya akan semakin melek saja dan susah tertidur. Untuk cepat tidur, siang atau sore hari bisa Anda gunakan untuk berolahraga sebentar.

(Baca juga: penyebab insomnia)

5. Menghindari Kafein

Kita semua tahu bahwa kafein adalah kandungan yang mampu meningkatkan energi dan membuat mata melek. Banyak orang yang suka meminum minuman berkafein supaya di siang hari atau malam hari saat bekerja bisa terus segar. Ingat bahwa kafein justru mempersulit Anda untuk cepat tertidur.

6. Menghindari Alkohol

Sama halnya dengan kafein, minuman beralkohol adalah musuh bagi Anda yang ingin tidur dengan nyenyak dan cepat. Banyak orang tak menyadari bahwa alkohol bisa menjadikan seseorang sulit untuk tidur. Ada baiknya untuk tidak minum kafein maupun alkohol ketika sudah malam; dianjurkan untuk tak minum keduanya di atas jam 1 siang.

7. Menghindari Tidur Siang

Agar di malam hari bisa cepat tidur, jangan biasakan untuk tidur siang, apalagi terlalu lama karena ini hanya akan menjadi faktor penghambat tidur cepat di malam hari. Saat melakukan tidur siang, pada banyak kasus justru di malam harinya sama sekali tidak bisa tidur dan malah justru betah melek.

Ketika memang di siang hari Anda sangat membutuhkan tidur siang, maka batasi agar tidak lebih dari 30 menit. Tidur paling tidak 20-30 menit saja sudah cukup untuk membuat Anda segar kembali. Tidur siang lebih dari 30 menit seperti 1-2 jam justru malah hanya akan membuat malamnya sulit tidur.

(Baca juga: penyebab susah tidur)

8. Menggunakan Aromaterapi

Untuk mempercepat tidur, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aromaterapi karena banyak orang yang sudah membuktikan bahwa aromaterapi adalah cara mengatasi stres sehingga tubuh juga menjadi lebih rileks. Ada efek menenangkan yang ditawarkan oleh aromaterapi sehingga pikiran dan tubuh menjadi lebih nyaman.

Aroma beragam ditawarkan dalam aromaterapi, seperti cendana, lavender dan vanila yang paling banyak digunakan. Anda bisa juga mencari aroma lainnya yang sesuai dengan selera, dan kemudian menggunakannya di atas bantal atau di udara maupun ketika Anda sedang ingin rileks di kamar mandi. Aromanya ini akan membuat Anda tidur cepat dan langsung terlelap.

9. Minum Teh Herbal

Sebagai ganti dari alkohol dan kafein, tak ada salahnya untuk mengonsumsi teh herbal sebelum tidur. Apabila ingin tidur cepat, maka pikiran dan tubuh harus rileks dan kondisi hormon adrenalin pun juga tidak tinggi. Untuk menenangkan diri, tentunya teh herbal bisa menjadi pilihan sebagai perileks alami tubuh.

10. Minum Susu Hangat

Banyak orang percaya bahwa susu hangat dapat menjadi penenang juga bagi tubuh dan pikiran sama seperti halnya teh herbal. Maka tak salah kalau Anda minum segelas susu hangat setiap malam 1 atau ½ jam sebelum beranjak tidur. Susu hangat ini mampu memberikan rasa nyaman yang begitu besar bagi tubuh sehingga Anda pasti cepat tidur.

(Baca juga: penyebab tidak bisa tidur)

11. Berendam di dalam Air Hangat

Setelah aktivitas padat seharian, tubuh memang lelah, tapi bukan berarti kemudian Anda bisa cepat tidur. Untuk membuat tidur lebih mudah, Anda perlu menjadi rileks dan caranya adalah dengan berendam di air hangat. Lakukan sekitar 20 menit di mana juga bisa ditambahkan dengan aromaterapi yang sebelumnya disarankan.

12. Terapi Pernapasan

Susah tidur di malam hari bisa jadi disebabkan oleh rasa stres dan kondisi mental yang sedang tak baik ini perlu diatasi. Ketika pikiran dan otot tubuh menegang, otomatis memang menjadi tidak nyaman sehingga akan sulit tidur. Jadi, hendaknya Anda coba dulu melakukan terapi pernapasan.

Seorang dokter yang merupakan lulusan Harvard University menyatakan bahwa bernapas merupakan aktivitas yang berpengaruh terhadap fisiologi seseorang dan juga proses berpikirnya. Bahkan suasana hati juga mampu terpengaruh, maka berelaksasi dengan memfokuskan perhatian ke proses pernapasan akan sangat baik. Melakukannya setiap malam akan mempercepat proses tidur Anda.

13. Menghindari Makanan Berat sebelum Tidur

Mungkin Anda kerap menganggap bahwa makan berat sebelum tidur adalah solusi supaya cepat mengantuk dan bisa tidur. Untuk makan berat, Anda perlu melakukannya 2 jam sebelum tidur, jadi saat ingin tidur jam 10 malam, usahakan makan berat terakhir jam 8 malam. Kalaupun merasa lapar Anda bisa coba minum susu hangat atau teh herbal tadi.

(Baca juga: bahaya makan malam sebelum tidur)

14. Penggunaan Kasur yang Nyaman

Cara supaya bisa cepat tidur adalah dengan menggunakan kasur yang nyaman. Saat sebuah kasur telah terlalu tua, maka Anda pasti merasakan bahwa bagian tengahnya mengempis apabila dibandingkan dengan sisi-sisinya. Ketika Anda merasakan hal ini, maka kasur seperti ini sebaiknya tak digunakan lagi.

Gantilah kasur lama dan tua dengan yang baru dan nyaman supaya Anda bisa lebih nyaman dan juga tidur dengan cepat. Ketika kasur sudah diganti dengan yang baru, maka otomatis Anda akan merasa lebih rileks dan hal ini meningkatkan kenyamanan serta mengurangi stres pada tubuh juga.

15. Memijat

Untuk membuat Anda lebih cepat tidur, memijat telapak kaki adalah cara yang tergolong ampuh. Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga Anda untuk melakukan hal ini bila tak mampu melakukannya sendiri. Karena sebetulnya, jari dan telapak kaki kita ada hubungan langsung dengan organ otak, maka sangat dianjurkan untuk melakukan pemijatan supaya pikiran rileks dan tenang.

16. Memfokuskan Diri untuk Tidur

Supaya berhasil tidur dengan cepat, maka Anda perlu melakukan yang namanya fokus pikiran. Pikiran perlu difokuskan untuk tidur. Seringkali sewaktu kita sudah berbaring dan memejamkan mata, pikiran kita dipenuhi dengan hal-hal tentang dunia yang sudah kita lalui seharian.

Lupakan segala macam hal kesibukan rutinitas yang sudah terjadi maupun pikiran dan kekhawatiran akan esok hari. Berfokuslah untuk istirahat karena tak ada gunanya juga untuk mengingat yang sudah lewat atau mengkhawatirkan esok hari yang belum tentu terjadi. Tenangkan pikiran dan fokus untuk tidur saja supaya lebih cepat terlelap.

(Baca juga: bahaya tidak tidur di malam hari)

17. Membayangkan Hal yang Indah

Percaya atau tidak, memikirkan atau membayangkan hal-hal yang baik dan indah sesuai dengan apa yang kita harapkan akan membuat kita cepat tidur di malam hari. Bayangkanlah hal-hal yang menyenangkan dan Anda pasti akan lebih mudah terlelap ketimbang stres memikirkan pekerjaan atau masalah-masalah yang sedang dihadapi.

18. Merapikan dan Membersihkan Tempat Tidur

Untuk merasa nyaman di kamar tidur sendiri, Anda bisa membuat tempat tidur bersih serta rapi. Merapikan tempat tidur adalah sebuah kewajiban karena selain menjadikan tampilannya lebih enak dipandang, tempat tidur yang rapi serta bersih juga pastinya membuat penggunanya merasa nyaman.

Untuk perawatan yang ideal, 3 minggu sekali sudah sangat baik supaya bebas debu dan tentunya membuat Anda lebih cepat tidur karena saking rileksnya. Bagian-bagian tempat tidur seperti sprei, selimut, bantal, guling, dan kasurnya sendiri sebaiknya memperoleh perawatan yang sempurna agar pemiliknya juga merasakan dampak baiknya setiap tidur.

19. Mematikan Televisi

Mungkin kebiasaan Anda bukanlah main gadget, melainkan menonton TV yang membuat betah melek padahal sudah jamnya tidur. Terkadang sekalipun sudah mengantuk tapi karena masih ingin menonton akhirnya tak jadi tidur. Matikanlah TV ketika memang sudah jamnya tidur karena cahaya dan suara dari TV kemungkinan bagi beberapa orang bisa sangat mengganggu, bahkan menghambat produksi hormon melatonin yang menyebabkan tidur nyenyak.

(Baca juga: cara mengobati insomnia)

20. Peregangan

Meregangkan tubuh adalah cara yang paling baik juga dalam mendukung Anda agar cepat tidur. Peregangan tak perlu yang berat, cukup berbaring saja di tempat tidur secara telentang, kemudian kaki digerakkan secara bergantian dengan lutut yang sampai ke dagu. Tahan posisi tersebut beberapa detik dan lakukan beberapa kali sampai akhirnya Anda merasa rileks dan dijamin bisa tidur cepat.

21. Mendengarkan Musik

Banyak orang memilih untuk mendengarkan musik untuk bisa cepat tidur dan hal ini bisa dibuktikan juga oleh diri Anda. Efektivitas dari cara ini cukup besar, maka tak salah bila Anda hendak mencobanya di rumah. Ini karena bagi sebagian orang, mendengarkan musik bisa membuatnya rileks dan jauh dari stres.

22. Melancarkan Pergantian Udara di Kamar

Kamar yang nyaman jelas akan menjadikan Anda lebih cepat tidur dan kenyamanan tersebut dapat terdukung dengan udara yang baik di dalam ruangan tersebut. Untuk itulah, penting untuk selalu membuka jendela kamar secara berkala di siang hari untuk pergantian udara. Bila ada, Anda juga bisa menggunakan alat khusus pembersih udara supaya udara kotor bisa hilang digantikan dengan udara yang segar. Dengan demikian, Anda akan bisa lebih mudah dan nyaman untuk tidur.

(Baca juga: ciri-ciri insomnia)

23. Memakai Pakaian yang Nyaman

Sulit tidur bisa disebabkan berbagai faktor di mana salah satunya adalah penggunaan pakaian yang kurang nyaman. Itulah mengapa banyak orang membiasakan diri memakai piyama ketika tidur, ini karena bahan dari piyama rata-rata sangat nyaman, adem dan membuat rileks pemakainya. Namun, tentu setiap orang punya selera dan rasa kenyamanan terhadap pakaian, asalkan Anda merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakan, maka tak ada masalah untuk tidur.

24. Memilih Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi tidur yang kurang nyaman bisa jadi alasan mengapa Anda sulit tidur. Temukan posisi yang paling nyaman di mana setiap bagian tubuh Anda merasa lebih enak. Ketika posisi sudah diatur dan Anda merasa nyaman, tak perlu khawatir lagi karena pasti akan bisa cepat tidur dengan nyenyak.

25. Membaca Buku

Bukan dari gadget, tapi Anda membaca buku sungguhan. Baik itu buku yang menghibur atau yang membosankan, ini justru akan membantu Anda untuk merilekskan pikiran sekaligus menghilangkan rasa khawatir yang memenuhi benak Anda. Hanya saja, jauhi buku-buku yang berisikan tentang motivasi dan pengembangan kepribadian karena hanya akan membuat otak bekerja secara aktif kembali.

26. Tidur di Jam yang Sama Setiap Hari

Putuskan jam berapa Anda tidur setiap harinya dan pastikan Anda juga melakukannya secara rutin. Misalnya bila Anda hari ini dan kemarin tidur jam 10 malam, maka usahakan Anda tidur di jam yang sama untuk esok harinya dan hari-hari berikutnya. Menjaga waktu tidur secara teratur setiap hari akan membantu Anda cepat tidur karena sudah merupakan kebiasaan yang dibangun secara sengaja.

(Baca juga: cara mengatasi susah tidur)

Itulah serangkaian rekomendasi cara agar cepat tidur di malam hari ketika Anda merasa sulit tidur. Ketika segala cara sederhana ini sudah dicoba tapi masih sulit untuk tidur juga, maka Anda kiranya perlu ke dokter dan memperoleh saran untuk bisa mengatasi gangguan tidur Anda.