Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? 8 Camilan Ini Bisa Dinikmati

182

Kondisi tidur di malam hari rupanya cukup dipengaruhi sedikit banyak oleh apa camilan yang kita nikmati sebelum tidur. Jika sebelumnya kita menyantap makanan atau minuman berkandungan kafein, tak heran kalau susah tidur nyenyak jadi efeknya. Namun bagi yang suka ngemil malam hari sebelum tidur dan yang ingin tidur lebih gampang serta lelap, beberapa rekomendasi camilan ini bisa dicoba.

  1. Sereal

Meski sereal adalah menu sarapan, tak ada salahnya menikmati makanan ini di malam hari sebagai cemilan sebelum tidur, asal tak terlalu banyak ya. Tambahkan susu rendah lemak supaya bisa tubuh memperoleh triptofan dan karbohidrat. Pastikan sereal yang dikonsumsi bukan yang berkandungan gula tinggi ya.

  1. Buah Ceri

Mengonsumsi buah ceri secukupnya diyakini mampu secara efektif menambah kadar melatonin dalam tubuh. Hal inilah yang bermanfaat besar dalam membantu kita tidur lebih cepat dan jauh lebih nyenyak. Telah dibuktikan oleh para peneliti dari Universitas Pennsylvania dan Rochester bahwa memang buah ini menjadikan kita tidur dengan cepat kok.

  1. Almond

Jika suka kacang-kacangan, tak ada salahnya coba mengonsumsi almond ketika ingin ngemil di malam hari. Supaya tidur lebih berkualitas dan lelap dengan cepat, segenggam kacang almond sangat bisa dinikmati. Apalagi menurut hasil studi pada Journal of Orthomolecular Medicine, tubuh sulit tidur ketika kekurangan asupan magnesium; jika ini masalahnya, tambahkan asupan magnesium melalui almond.

  1. Kenari

Satu lagi jenis kacang yang akan menyelamatkan kita dari bangun kesiangan keesokan harinya gara-gara malamnya insomnia. Sumber triptofan ada di dalam kenari sehingga kualitas tidur bisa menjadi lebih baik dengan mengonsumsi kenari sebagai cemilan. Produksi melatonin sekaligus serotonin juga meningkat karenanya.

  1. Popcorn

Tidak salah kok kalau sebelum tidur ingin makan popcorn, tapi tidak usah banyak-banyak. Secangkir popcorn yang sudah ditaburi keju parmesan adalah yang terbaik untuk mendukung tidur jauh lebih cepat dan nyenyak. Ini karena keduanya siap membantu produksi triptofan yang menjadikan tidur lebih lelap.

  1. Pisang

Magnesium dan kalium adalah sumber nutrisi paling tinggi di dalam buah pisang. Gizi itulah yang dibutuhkan tubuh agar jauh lebih rileks, jauh dari stres dan bisa tidur lebih nyenyak setiap malam. Jika ingin lebih bernutrisi khususnya tambahan asupan protein, kombinasikan saja pisang dengan mentega almond.

  1. Oatmeal

Selain sereal, oatmeal pun tak hanya bisa dijadikan menu sarapan, sebab dijadikan camilan malam hari sebelum tidur juga bermanfaat tinggi. Oatmeal yang dipadukan dengan buah pisang dan selai kacang akan membantu otot lebih rileks dan tidur jadi lebih nyaman dan cepat karena hormon serotonin dan melatonin yang meningkat produksinya.

  1. Telur

Makanan yang mengandung protein tinggi ini membantu agar serotonin terlepas secara maksimal di dalam tubuh. Memakannya bersama roti gandum juga jauh lebih baik karena karbohidrat kompleksnya siap mendukung otak dalam menyerap triptofan yang menjadikan tidur jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Tentu saja jam ngemil pun tidak sembarangan ya. Alangkah baiknya kalau terakhir makan itu satu sampai dua jam sebelum tidur dan pastikan camilan yang diasup juga tidak kebanyakan. Karena kalau mengonsumsi camilan berlebihan di malam hari, siap-siap saja berat badan naik.