Ikuti 13 Cara Tidur Nyenyak Dalam Waktu Singkat Paling Efektif Ini !

419

Sebagian orang mengalami yang namanya susah tidur di malam hari walaupun rasanya mata sudah terlalu berat dan tubuh sudah terlalu lelah. Inilah yang kita juga biasa sebut dengan istilah insomnia. Orang-orang tersebut cukup sulit untuk langsung terlelap dan oleh karena itu kerap mencari cara tidur nyenyak dalam waktu singkat di mana berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

  1. Menghindari Gadget Apapun

Beberapa orang dapat dengan mudah tertidur dengan bermain ponsel, namun sebagian lagi tak semudah itu. Jadi bagi Anda yang justru makin tak bisa tidur karena main ponsel atau gadget apapun, silakan untuk menjauhinya. Ketika bermain gadget, ini justru bisa menjadi penghambat hormon melatonin yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari sehingga Anda pun jadi mengalami sulit tidur.

  1. Menggunakan Bantal Berkualitas

Menggunakan bantal yang nyaman dan berkualitas adalah penting bagi tidur yang juga berkualitas. Ini karena bantal merupakan pendukung vital yang bisa berpengaruh pada peredaran darah, punggung, dan juga leher Anda. Berbagai masalah kesehatan dan gangguan otot pada ketiganya bisa terjadi hanya karena bantal yang digunakan kurang berkualitas.

  1. Mematikan atau Meredupkan Cahaya

Sebelum Anda beranjak tidur, pastikan bahwa pencahayaan di ruang tidur Anda sudah Anda matikan atau redupkan. Ini adalah cara yang tepat dan efektif sebagai pemberitahuan pada otak bahwa sudah waktunya untuk tenang dan sinyal dari otak pun dapat mulai terkirim pada seluruh tubuh supaya dapat menyiapkan diri untuk segera tidur.

  1. Membaca Buku

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan sebagai cara supaya Anda bisa tidur nyenyak hanya dalam waktu singkat adalah membaca buku. Meski tidak sedang berada di atas tempat tidur Anda, membaca buku adalah cara yang mampu membuat mata Anda semakin lelah dan berat sehingga saat dipejamkan setelahnya akan membawa Anda langsung terlelap.

  1. Menulis Buku Harian atau Agenda

Bagi Anda yang ingin mencoba cara lain, cobalah untuk menulis buku harian atau buku agenda. Kebiasaan ini bisa juga membawa Anda jauh lebih tenang setelah mengeluarkan uneg-uneg dan segala perencanaan Anda pada buku tersebut sehingga tidur pun jauh lebih mudah dalam waktu singkat dan otomatis juga lebih nyenyak nantinya.

  1. Menghitung Mundur

Cara supaya Anda terlelap hanya dalam waktu yang singkat wajib dicoba adalah menghitung mundur. Trik ini memang sudah ada dari jaman dulu, tapi termasuk efektif sebab mampu memberikan efek rileks dan tenang bagi pikiran dan hati Anda. Sambil memandangi langit-langit ruang tidur Anda, hitunglah mundur.

Sambil menghitung mundur dari angka 60, mengatur pernapasan, sambil memandangi langit-langit kamar bisa membantu supaya sistem saraf parasimpatetik untuk terstimulasi. Hal ini juga turut menjadi cara ampuh dalam membawa tekanan darah tinggi turun menjadi normal kembali. Bahkan cara menghitung ini pun bisa menjadi pengalih pikiran yang sedang kacau.

  1. Fokus Pada Pernapasan

Cobalah Anda berbaring di ranjang Anda atau tempat manapun yang Anda anggap paling enak dengan posisi yang nyaman, pejamkan mata, lalu bernapaslah secara teratur. Fokuskan diri pada pernapasan Anda sehingga Anda akan menjadi lebih tenang dan tanpa disadari pun akan lebih mudah dan cepat terlelap. Cara ini juga sekaligus mampu menjadi cara menghilangkan stres pikiran yang membuat Anda di malam-malam sebelumnya tak dapat tidur karena banyak pikiran.

  1. Minum Susu atau Teh Hangat

Sebelum tidur, Anda juga wajib mencoba mengonsumsi teh ataupun susu hangat yang akan menenangkan diri Anda secara alami. Jadikan hal ini sebagai rutinitas sebelum tidur malam hari supaya Anda bisa menotifikasi otak agar bisa lebih rileks dan agar otak bisa langsung membawa sinyal pada tubuh untuk bisa tidur segera.

  1. Mengatur Suhu Ruang Tidur

Untuk bisa tidur nyenyak hanya dalam waktu yang sebentar, Anda bisa mengatur suhu ruang tidur Anda menjadi antara 20-23 derajat Celsius. Suhu ini adalah suhu tepat dan ideal supaya Anda tak hanya cepat tidur tapi juga memperoleh tidur yang berkualitas tanpa gangguan.

  1. Memastikan Tempat Tidur Rapi

Tempat tidur berantakan dan Anda langsung asal berbaring tidur di sana mampu menjadikan diri sendiri tidak nyaman dan pada akhirnya malah membuat gangguan tidur. Oleh karena itu, rapikan dulu tempat tidur Anda agar menjadi tempat nyaman mengistirahatkan diri. Tidur juga biasanya jauh lebih berkualitas dengan beristirahat di tempat tidur yang rapi dan bersih.

  1. Mendengarkan Musik

Dengarkan musik yang memberikan efek tenang dan rileks supaya Anda bisa tertidur lelap hanya dalam waktu yang singkat. Apapun jenis musik yang Anda suka, pastikan bahwa musik atau lagu tersebut bukan menambah semangat tapi justru bisa merilekskan otak Anda.

  1. Menggunakan Aromaterapi

Aromaterapi diketahui sangat efektif dalam memberikan efek tenang bagi pikiran dan tubuh kita saat menghirupnya. Aromaterapi dengan aroma lavender adalah yang paling dianjurkan bagi Anda bisa hirup beberapa saat sebelum tidur, entah itu dengan meneteskannya di sebuah handuk atau kain yang kemudian Anda letakkan di dekat Anda atau menyalakan lilin aromaterapi tapi pastikan waspadai bahaya lilin aromaterapi.

  1. Mengambil Posisi Tidur yang Nyaman

Bukan hanya masalah bantal, posisi tidur kita pun mampu menentukan apakah kita bisa tidur nyenyak dalam waktu cepat dan singkat atau tidak. Cobalah untuk miring ke arah kanan apabila ingin tidur secara lelap dan berkualitas hanya dalam waktu singkat sebab kinerja jantung akan terbeban ketika Anda memilih tidur dengan posisi miring ke kiri di mana hal ini dikarenakan jantung letaknya ada di rusuk kiri.

Itulah beberapa cara tidur nyenyak dalam waktu singkat yang bisa Anda praktekkan. Hindarilah penggunaan obat tidur karena efek sampingnya yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan Anda apabila digunakan dalam jangka panjang. Jika Anda mengalami susah tidur berkelanjutan, jangan ragu untuk datang pada dokter dan mengonsultasikannya.