26 Penyebab Susah Tidur Malam Hari

5297

Tidur merupakan kegiatan yang penting bagi manusia, tanpa tidur manusia tidak memiliki cukup tenaga. Selain itu tidur yang berkualitas pun sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Jika kurang tidur akan banyak masalah yang mengganggu kesehatan misalnya saja adalah penyakit jantung, penyakit diabetes bahkan penyakit stroke. Sayangnya ada banyak masyarakat yang merasakan susah tidur, sehingga ketika susah tidur itu datang jam tidur pun menjadi tidak tercukupi dan berbagai macam masalah muncul. Oleh sebab itu agar hidup dan kesehatan menjadi lebih berkualitas, alangkah lebih baik kita semua tahu apa saja yan menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Dengan mengetahui penyebabnya, kita diharapkan untuk menghindari semua penyebab tersebut. Berikut ini adaah penyebab susah tidur yang harus diwaspadai :

  1. Stres

Hal pertama yang menyebabkan seseorang menjadi susah tidur adalah stres. Stres ini tidak boleh disepelekan sebab jika tidak segera diatasi stres ini bisa berubah menjadi depresi. Jika sudah menjadi depresi, seseorang berpotensi untuk mengalami gangguan jiwa. Gejala stres ditandai dengan berlarut larut merenung memikirkan suatu hal yang belum tentu terjadi ke depannya. Orang yang stres dipenuhi dengan kekhawatiran dan ketidaktenangan, sehingga dia menjadi pesimis untuk menjalani kehidupan yang ada dihadapannya. Untuk mencegah terjadinya stres, masyarakat harus memandang kehidupan ini secara optimis. Belum tentu apa yang ada di dalam pikirannya itu menjadi kenyataan, oleh sebab itu jalani saja kehidupan ini dengan sebaik mungkin karena hidup hanya sekali.

Baca : Cara mengatasi stres super ampuhPenyebab stres berkepanjangan

  1. Sakit Kepala

Penyebab susah tidur lainnya adalah sakit kepala. Tidak memungkiri kondisi kesehatan seseorang berpengaruh terhadap pola tidur orang tersebut. Orang yang mengalami sakit kepala atau migrain akan susah tidur sebab rasanya berdenyut denyut di kepalanya menjadikan dia susah memejamkan mata. Banyak sekali penyebab sakit kepala, mulai dari penyebab sakit kepala ringan sampai dengan penyebab sakt kepala yang berat. Jika anda sering mengalami sakit kepala dan menjadi susah tidur sebaiknya anda mengecek kondisi kesehatan otak anda apakah ada masalah dengan kepala anda.

Baca : Perbedaan sakit kepala dan pusingPenyebab sering sakit kepala berkepanjangan

  1. Penyakit Flu

Penyebab susah tidur dari segi medis adalah penyakit flu. Tidak dipungkiri banyak orang yang mengalami flu mengeluhkan tentang kesulitan tidur. Kesulitan tidur yang dialami oleh orang yang menderita flu tidak terlepas dari susahnya bernafas. Padahal saat tidur kita membutuhkan pengaturan nafas yang baik. Jika nafas tidak diatur dengan baik akibatnya tidur menjadi tidak nyenyak. Agar penyakit flu tidak menghalangi jam tidur anda sebaiknya anda segera mencari berbagai cara untuk menhilangkan flu yang sedang anda alami.

Baca : Cara mengobati flu secara alamiPenyebab pilek tidak kunjung sembuh

  1. Depresi

Penyebab susah tidur lainnya adalah depresi, depresi ini satu tingkat lebih parah dari stres. Saat sudah depresi berat orang menjadi susah tidur. Orang yang terkena depresi harus segera memeriksakan dirinya sesegera mungkin dan meminta bantuan orang yang lebih ahli seperti pskiater. Namun sebenarnya psikiater hanyalah sebagai perantara kesembuhan saja, orang tersebutlah yang berperan penting dalam menentukan kesembuhan untuk dirinya sendiri. Sebagus apapun pengobatan yang dilakukan jika tidak dilandasi keinginan yang kuat untuk sembuh orang tersebut tidak bisa sembuh seperti sedia kala. Orang yang depresi pun dari luar sudah kelihatan dari fisiknya.

Penderita depresi tersebut terlihat kacau dilihat dari tatapan matanya yang kosong, kantung matanya yang kelihatan besar, lingkaran mata yang hitam dan juga rambut yang tida terurus. Jika anda menemukan orang yang ada di sekitar anda dengan ciri ciri seperti itu, segera dekati dia dan ajakah dia bicara dari hati ke hati. Mengetahui apa yang mereka pendam dan apa yang mereka rasakan bisa membuat depresi orang tersebut sedikit terobati.

Baca :  Gejala depresiPenyebab depresi

  1. Vertigo

Tidak selamanya penyebab susah tidur itu berasa dari psikis saja, namun ada juga penyebab susah tidur yang disebabkan oleh penyakit. Memang ketika sakit seseorang akan menjadi sulit tidur dibandingkan saat sehat. Namun ada beberapa penyakit yang memang menyebabkan penderitanya menjadi benar benar kesulitan untuk tidur. Salah satu penyakit yang akan membuat penderitanya menjadi benar benar sulit tidur adalah vertigo. Vertigo sendiri sebenarnya bukanlah penyakit namun gejala dari suatu penyakit. Ketika bagian otak dan telinga mengalami ketidak seimbangan vertigo akan muncul. Saat seseorang terkena vertigo hal itu menjadi tanda bahwa ada penyakit yang ada di dalam dirinya. Misalnya saja adalah ada orang mengalami vertigo, tiga tahun kemudian orang tersebut terkena stroke. Sehingga ketika terkena vertigo segera dilakukan pengecekan khususnya terhadap otak dan telinga apakah ada gangguan disana.

Orang yang mengalami vertigo akan mengalami berbagai macam kesusahan terutama ketika berjalan dan ketika tidur. Saat vertigo kambuh orang tersebut tidak akan bisa berjalan dengan seimbang, sebab rasa pusing yang diialaminya akan membuat sekelilingnya menjadi berputar. Ketika tidur, orang vertigo akan merasakan pusing yang teramat sangat. Untuk berbaring pun dia akan mengalami mual dan muntah yang hebat. Sehingga tidak mengherankan jika orang dengan vertigo sulit memenuhi jam tidurnya secara cukup.

Baca : Penyebab vertigo kambuh  – Gejala vertigo

  1. Diabetes

Penyakit kronis lainnya yang menjadi penyebab sulit tidur adalah diabetes. Diabetes ini akan menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur sebab orang yang mengalami diabetes akan sering buang air kecil di malam hari. Saat sudah parah, orang yang terkena diabetes itu tidak akan terasa ketika buang air kecil, sehingga dirinya menjadi tidak sadar ketika dirinya telah buang air kecil. Jika anda juga mengalami sering buang air kecil saat malam hari, mungkin anda juga sedang mengalami diabetes. Segera lakukan pengecekan berapa jumlah kadar gula di dalam darah agar mengetahui apakah kadar gula darahnya tinggi apa normal.

Baca : Perbedaan penyakit diabetes basah dan keringGejala awal diabetes

  1. Penyakit Ginjal

Orang yang mengalami sakit ginjal juga sering mengalami kesulitan tidur. Penderita batu ginjal dan gagal ginjal akan sulit tidur dan sering mengalami insomnia. Hal itu dikarenakan massa batu yang ada di ginjal membuat penderitanya merasakan nyeri yang teramat sangat. Orang yang gagal ginjal pun akan merasakan nyeri yang teramat sangat, hal tersebut juga diperparah jika penderita sakit ginjal mengalami pembengkakan di bagian kaki dan bagian tubuh lainnya. Itulah alasan mengapa penderita sakit ginjal merasakan kesulitan untuk tidur.

Baca : Tanda tanda batu ginjalGejala sakit ginjal pada wanita

  1. Arthritis

Penyebab susah tidur lainnya adalah penyakit arthirtis. Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa menyerang pria maupun wanita dengan umur di atas 50 tahun. Sifat dari penyakit ini adalah kronis dan seumur hidup. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan sehingga obat obatan yang diberikan hanyalah berfungsi untuk meringankan gejala dari penyakit ini. Orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami pembengkakan dan nyeri pada sendinya. Pembengkakan itu disebabka oleh peradangan yang ada di bagian sendi. Akibat dari pembengkakan dan peradangan itu, penderita penyakit ini akan kesulitan untuk bergerak. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab mengapa penderita Arthritis menjadi sulit untuk tidur.

Baca : Cara mencegah osteoarthritisObat sakit tulang ngilu

  1. Sleep Apnea

Pernahkah anda mendengar penyakit satu ini?, tahukah anda apa saja gejalanya?. Sleep apnea merupakan penyakit yang belum diketahui oleh masyarakat luas, meski begitu penyakit ini berdekatan dengan masyarakat. Siapa saja bisa berpotensi untuk mengalami penyakit ini. Sleep apnea merupakan kelainan tidur yang disebabkan leh terganggunya saluran pernapasan sebab dinding tenggoorkanna menjadi menyempit ketika sedang tdiur.

Memang saat orang tidur, otot yang ada di tenggorokan menjadi rileks dan juga lemas, namun pelemasan dan kerileksan pada tenggorokan itu tidak membawa pengaruh yang berarti pada banyak orang, namun orang yang mengalami sleep apnea ini otot yang lemas justru menyempit dan menutup di saluran udara. Orang yang mengalami penyakit ini memang awalnya akan mudah dengan tidur, namun saat sudah tidur dia kemungkinan besar bisa terbangun dan menjadi sulit tidur. Hal itu dikarenakan saluran udara yang menutup itu akan membuatnya mudah terengah engah bahkan mengalami henti napas. Berikut ini adalah gejala sleep apnea yang harus diwaspadai :

  1. Efek Pengobatan

Pengobatan menggunakan obat obatan kimia biasanya akan memberikan efek samping berupa sulit tidur. Beberapa pengobatan menggunakan obat keras aka membuat syaraf otak menjadi lebih terjaga. Contoh pengobatan yang memiliki efek samping berupa insomnia adaah kemoterapi dan radiasi. Kita semua tahu bahwa semua jenis kemoterapi dan radiasi menggunakan obat keras. Sangat kerasnya obat tersebut membuat efek sampingnya tidak hanya susah tidur saja, namun pederita yang mengalami pengobatan kemoterapi bisa mengalami rambut rontok, mual dan juga muntah selain itu orang yang mengalami kemoterapi akan memiliki kulit kering.

Baca : Bahaya kebiasaan memuntahkan makananPenyebab muntah darah

  1. Kelelahan

Penyebab susah tidur lainnya adalah kelelahan. Saat seseorang mengalami kelelahan dia akan merasakan seluruh badannya menjadi pegal dan linu. Oleh sebab itu sebaiknya anda jangan sampai merasakan kelelahan sebab rasa lelah yang anda alami justru akan membuat tubuh anda menjadi pegal pegal dan sulit untuk tidur. Bagi anda yang merasakan sulit tidur, sebaiknya anda merendam kaki anda menggnakan air hangat. Jika masih belum bisa tidur juga anda bisa mandi menggunakan air hangat. Air hangat dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi pegal pegal dan juga meredaan rasa letih.

Baca : Penyebab kaki pegal di malam hariPundak kaku dan pegal

  1. Kekenyangan

Penyebab susah tidur lain yang perlu diwaspadai adalah kekenyangan. Orang yang mengkonsumsi makana berat sebeum tidur justru akan membuat dirinya kekenyangan. Jika dia kekenyangan, ruang didalam tubuh yang seharusnya berisi dengan udara justru terisi dengan makanan. Akibatnya adalah dia akan mengalami susah nafas. Jika sudah susah nafas begitu dia akan kesulitan untuk tidur, seperti yang kita ketahui bahwa saat tidur harus ada pengaturan nafas yang baik dan benar agar paru paru terisi dengan cukup oksigen.

  1. Kelaparan

Kekenyangan akan membuat seseorang mengalami susah tidur, begitupula dengan kelaparan. Orang yang kelaparan itu akan susah tidur karena dirinya tidak cukup energi. Ditambah lagi dirinya akan merasakan perut yang melilit. Perut yang melilit itulah yang membuat seseorang akan sulit untuk tidur. Jika anda mengalami kelaparan saat malam hari sebaiknya anda jangan mengkonsumsi makanan berat. Anda bisa membuat salad buah untuk mengisi perut anda yang lapar. Jika anda sampai kekenyangan, nantinya anda pun akan kesulitan untuk tidur.

  1. Kopi

Mengkonsumsi kopi saat malam hari akan membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur. Hal itu dikarenakan kandungan kafein pada kopi sangat tinggi dan membuat syaraf otak selalu terjaga saat malam hari. Hal itulah yang menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Meski ada beberapa manfaat kopi untuk kesehatan sebaiknya anda membatasi asupan kopi yang masuk ke dalam tubuh. Kopi yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh ebih dari satu cangkir sehari. Jika berlebihan, kafein yang ada pada kopi itu akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Baca : Kopi untuk penderita anemiaKopi bagi penderita asam lambung

  1. Nikotin

Penyebab susah tidur lainnya adalah nikotin. Nikotin merupakan zat yang ada pada rokok. Jika terlalu banyak mengkonsumsi nikotin akan menyebabkan seseorang suah tidur, zat pada nikotin itu akan mengirimkan sinyal ke otak untuk selalu terjaga di malam hari. Efek samping nikotin lainnya adalah membuat gigi kuning, gigi hitam dan juga bibir hitam. Dampak buruk pengkonsumsian nikotin jangka panjang adalah bisa menyebabkan gangguan pernafasan bahkan bisa menyebabkan kanker paru paru.

Baca : Cara membersihkan paru paru dari nikotinBahaya nikotin

  1. Kurang Olahraga

Penyebab susah tidur yang lainnya adalah kurang olahraga. Kurang olahraga merupakan penyebab aliran darah di tubuh menjadi tidak lancar. Tidak hanya itu saja, orang yang kurang olahraga pun sering merasakan tubuhnya tidak fit. Saat sedang fit orang yang kurang olahraga akan merasakan badan pegal, mudah kesemutan serta bukan tidak mungkin orang tersebut akan mudah terkena penyakit. Kurang olahraga orang tersebut mudah sakit kepala, sakit kepala akan membuat orang yang kurang olahraga menjadi susah tidur. Ditambah lagi jika orang tersebut merasakan pegal pegal di seluruh badannya, sulit tidur pun akan sering dia alami.

Baca : Akibat kurang olahragaDampa negatif tidak pernah berolahraga

  1. Kehamilan

Penyebab susah tidur lainnya adalah faktor kehamilan. Orang yang sedang hamil terutama hamil tua akan merasakan sulit tidur, hal itu dikarenakan kondisi perutnya yang semakin membesar dan berbagai macam pikiran yang ada. Saat posisi perut semakin membesar orang yang sedang hamil tua akan merasakan kesulitan bernafas, begitupula saat untuk bergerak. Orang yang mengalami hamil tua memang tidak sebebas saat hamil muda sebab ukuran perut yang semakin besar membuat ruang gerak menjadi terbatas.

  1. Lingkungan

Penyebab susah tidur lainnya adalah lingkungan. Lingkungan nyaman, aman dan tenang merupakan salah satu lingkungan impian semua orang. Tapi tidak semua orang bisa tinggal di lingkungan yang seperti itu. Ketika lingkungan menjadi bising dan tidak aman orang pun menjadi susah tidur. Misalnya saja jika di lingkungannya tersebut sedang marak dengan maling atau pencurian, tentunya si empu rumah menjadi susah tidur. Oleh sebab itu bagi anda yang merencanakan untuk membeli rumah dan pindah rumah sebaiknya pilihlah kondisi lingkungan rumah yang aman, tenang dan juga nyaman untuk ditinggali. Kondisi lingkungan yang seperti itu juga bagus digunakan untuk tumbuh kembang anak anak anda kelak.

Baca : Bahaya kantong plastik bagi kesehatan dan lingkunganEfek penggunaan AC bagi kesehatan dan lingkungan

  1. Ruang Tidur Kurang Nyaman

Jika disuruh memilih, pasti banyak orang yang menginginkan untuk tidur di kamar yang nyaman, aman dan juga tenang. Namun tidak semua orang bisa memiliki kondisi ruang tidur seperti yang diharapkan. Orang yang kurang beruntung terpaksa harus tidur berdesak desakan dengan anggota keluarga lain di dalam kamar yaang sempit. Hal itu bisa terjadi karena rumah yang kecil namun anggota keluarganya banyak. Tidak hanya itu saja, kondisi tempat tidur yang keras pun akan membuat seseorang menjadi sakit punggung. Ruang tidur yang kurang nyaman menjadi penyebab seseorang menjasi sulit untuk tidur. Kurang nyaman itu bisa dilihat dari kondisi tempat tidurnya dan kondisi di dalam ruangan tersebut.

Baca : Penyebab mulut terbuka saat tidurBahaya tidur tengkurap

  1. Hormon

Penyebab susah tidur lainnya yang kurang diwaspadai oleh sebagian orang adalah ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh wanita. Wanita merupakan orang yang sering mengalami ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada wanita ini bisa diketahui dari datangnya menstruasi. Jika wanita sering tidak tetap dalam mendapatkan waktu menstruasi, hal itu menandakan jika di dalam dirinya sedang terjadi ketidakseimbangan hormon. Efek dari hormon yang tidak seimbang ini salah satunya adalah membuat wanita menjadi sulit untuk memejamkan mata.

  1. Mabuk

Orang yang mengalami mabuk kendaraan akan kesulitan untuk memejamkan mata saat berada di dalam kendaraan tersebut maupun beberapa jam setelah keluar dari kendaraan itu. Agar bisa tidur dengan tenang dan nyaman, orang yang mengalami mabuk kendaraan itu harus memulihkan tenaganya dan juga kondisinya setelah dirinya mengalami mabuk kendaraan. Berjalan santai dan meminum minuman yang segar serta mengandung vitamin C bisa digunakan untuk meringankan kondisi seteah mabuk kendaraan.

Baca : Cara mencegah mabuk perjalanan

  1. Kerusakan Otak

Otak merupakan pusat dari sistem syaraf. Saat sistem syaraf pusat terganggu akan banyak gangguan yang muncul dengan sistem syaraf yang dibawahi oleh otak tersebut. Tidak hanya itu, kerusakan otak akan membuat sistem syaraf yang ada di dalam otak menjadi selalu terjaga. Saat selalu terjaga, sistem syaraf otak itu akan membuat penderita kerusakan otak menjadi sulit tidur. Penyakit dengan kerusakan otak adalah penyakit stroke dan juga alzheimer. Orang yang mengalami salah satu dari penyakit tersebut akan kesulitan untuk tidur.

Baca : Bahaya alzheimer bagi otak dan kesehatanPenyebab alzheimer

  1. Narkoba

Penyebab susah tidur lainnya adalah penggunaan obat terlarang seperti narkoba. Efek samping narkoba ini adalah menyebabkan orang yang mengkonsumsiya menjadi ngefly atau berhalusinasi. Saat berhalusinasi orang tersebut menjadi paranoid, saat menjadi paranoid orang tersebut akan merasakan ketakutan yang berlebihan. Ketakutan yang berlebihan itulah yang menjadikan penderita narkoba menjadi sulit untuk tidur.

Baca  : Cara mengatasi kecanduan narkobaCara menghindari narkoba

  1. Bipolar

Orang yang mengalami bipolar juga akan mengalami sulit untuk tidur. Hal itu dikarenakan pendeirta bipolar memiliki emosi yang naik turun. Emosi yang sedang naik turun itu menjadikan penderita bipolar menjadi susah tidur. Tidak hanya itu saja, orang yang menderita bipolar memiliki kecemasan yang berlebihan dimana kecemasan itu menjadikan dirinya menjadi sulit untuk tidur.

Baca : Ciri ciri bipolarGejala bipolar

  1. Gangguan Psikis

Ada beberapa gangguan mental dan juga gangguan kecemasan yang bisa menyebabkan dirinya menjadi susah tidur. Gangguan mental yang sering menyebabkan susah tidur adalah orang yang menderita skizofrenia dan juga anxiety disorder. Orang dengan gangguan jiwa skizofrenia ini harus diwaspadai sebab dia bisa menyakiti dirinya sendiri dan juga orang lain.

  1. Gangguan Fase Tidur

Gangguan saat fase tidur tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Ada beberapa orang meskipun tidak banyak yang mengalami gangguan fase tidur ini. Gangguan fase tidur yang bisa dialami oleh beberapa orang adalah Rapid Eyes Movement atau REM, Tindihan dan juga berjalan saat tidur. Gangguan fase tidur itu akan membuat orang yang mengalaminya jadi takut untuk memejamkan matanya. Sebab saat dirinya memejamkan mata, dia takut semua kejadian buruk itu akan terjadi pada dirinya.

Baca : Posisi tidur yang baik untuk kesehatan

Jenis Insomnia

Susah tidur disebut juga dengan insomnia, insomnia merupakan penyakit susah tdiur. Secara umum, insomnia dibagi menjadi tiga bagian. Berikut ini adalah jenis jenis insomnia yang perlu diketahui oleh masyarakat luas :

  • Temporer. Insomnia jenis ini biasanya hanya bersifat sementara saja. Sehingga orang yang mengalami penyakit insomnia ini hanya akan mengalami susah tidur kruang dari seminggu. Kebanyakan orang yang mengalami insomnia temporer ini disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga stres maupun depresi yang dialaminya.
  • Akut. Orang yang mengalami insomnia akut akan mengalami susah tidur kurang lebih selama satu bulan lamanya. Ciri orang yang mengalami insomnia akut ini adalah orng sulit untuk memulai tidur dn sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sehingga orang yangmengalami insomnia ini dia akan sulit untuk tidur embali ketika dia terbangun di tengah tengah tidurnya.
  • Kronis. Insomnia yang perlu diwaspadai adalah insomnia dengan jenis kronis. Hal itu dikarenakan insomnia dengan jenis ini bisa berlangsung lebih dari satu bulan. Ketika insomnia berubah menjadi kronis, penderitanya akan mudah sekali mengalami halusinasi dan penglihatannya menjadi bermasalah. Orang dengan insomnia ini akan meihat benda seolah olah bergerak secara pelan.

Itulah penyebab susah tidur dan jenis insomnia yang perlu kita ketahui. Tidur merupakan bagian penting dalam hidup manusia, oleh sebab itu berbagai macam ganguan tidur dan penyakit tidur perlu diwaspadai dan diatasi dengan sesegera mungkin.