Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit 77 Penyebab Kaki Pegal di Malam Hari Yang Menakutkan

77 Penyebab Kaki Pegal di Malam Hari Yang Menakutkan

by Fenny Cresi Damayanti

Penyebab kaki pegal di malam hari seringkali mengindikasikan adanya gangguan kesehatan serius yang berdampak buruk bagi keseluruhan kondisi badan kita. Secara waktu tidur malam hari merupakan saat istirahat yang paling dipentingkan tubuh demi menjaga kinerjanya tetap optimal sebagaimana mestinya. Dengan gangguan apapun yang mengurangi kualitas istirahat kita maka bisa jadi aktifitas hari esok yang semestinya dipenuhi semangat positif menjadi berpotensi justru berakhir tidak maksimal.

Untuk itu maka artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa penyebab kaki pegal di malam hari yang semoga dapat menambah wawasan kita semua. Sehingga dengan begitu akan memunculkan opsi terapi tepat sehingga keluhannya dapat semakin diminimalisir dan kualitas tidur serta aktifitas hidup pun akan semakin berangsur lebih maksimal layaknya semestinya. Mari langsung saja simak daftar beberapa penyebab kaki pegal di malam hari berikut ini ya:

1. Restless Leg Syndrome (Ekbom)

  • Merupakan suatu gejala gangguan persyarafan yang identik menyerang kaki khususnya bagian tumit. Dan biasanya muncul terparah pada malam hari menjelang tidur atau beristirahat.
  • Keluhan yang dirasakan mulai dari sensasi kaki tidak nyaman, kebas, pegal dan kram. Hal ini pastinya sangat mengganggu waktu istirahat para penderita.
  • Penyebabnya bisa dikarenakan oleh faktor genetik. Gaya hidup kurang sehat semisal terlalu banyak konsumsi kandungan kafein, berlebihan minum alkohol, mengkonsumsi obat yang tidak semestinya juga berpengaruh. Serta manifestasi beberapa penyakit semisal diabetes, gagal ginjal dan anemia. Pada beberapa kasus bahkan bisa disebabkan oleh defisiensi zat besi.
  • Belum ditemukan secara spesifik jenis pemeriksaan untuk menegakkan diagnosanya. Namun jenis terapi disesuaikan dengan sebab mendasar dari gejala yang ada. Sangat dianjurkan untuk menjaga asupan terlebih mengurangi jumlah konsumsi kafein dan lebih ketat memilih obat-obatan. Mencoba memenuhi asupan zat besi dengan konsumsi makanan alami sangat dianjurkan. Dan cobalah untuk senantiasa menjaga kadar gula darah dalam batas aman.
  • Penerapan gaya hidup sehat sangat membantu kesembuhan dari keluhan yang satu ini. Biasakan untuk menjadwal bangun tidur di pagi hari, berolahraga, jalankan aktifitas anda secara seimbang dan terakhir biasakan untuk beranjak beristirahat tepat saat petang setelah usai beraktifitas. Rasa lelah seringkali dapat menekan timbulnya keluhan kaki tidak nyaman pada malam hari uatamnya jenis yang satu ini.

Topik lanjutan terkait keluhan pada kaki: Penyebab Kaki KesemutanKaki Mati RasaTelapak Kaki Panas

2. Varises

  • Merupakan suatu kelainan yang terpusat pada area vena balik. Pada dasarnya darah tubuh senantiasa mengelilingi seluruh pembuluh dalam tubuh. Dipompa dari jantung menuju seluruh tubuh dan jika katub vena balik dari arah tubuh bawah alias kaki menuju pusat pada jantung tidak berfungsi bagus maka keluhan gejala varises lambat laun akan mulai muncul.
  • Keluhan utamanya sering terjadi pada malam hari menjadi lebih parah. Keluhan kaki nyeri, pegal, kebas, disertai pula bentukan pembuluh darah menonjol dan berkelok pada daerah kaki saat stadium lanjutan.
  • Penyebabnya bisa juga dikarenakan oleh faktor genetik. Namun juga berfokus pada berlebihannya beban yang diberikan pada bagian tubuh bawah tanpa diimbangi dengan kekuatan kaki untuk menopang beban secara memadai. Dan hal ini berimbas pada aliran pembuluh darah.
  • Beberapa kebiasaan buruk layak untuk diminimalisir. Seperti penggunaan sepatu hak tinggi yang tidak begitu dibutuhkan. Selaraskan pula aktifitas gerak keseharian seperti menghindari terlalu lama berdiri secara pasif karena akan sangat membebani kaki. Dan juga sebisa mungkin hindari pemakaian busana terlampau ketat yang mengganggu kelancaran edaran darah.
  • Lakukan gaya hidup sehat layaknya olahraga ringan secara rutin. Demi mengurangi pembengkakan yang terjadi kurangi pula konsumsi makanan yang terlalu bercitarasa asin. Mandi dengan air hangat juga bagus untuk mengurai ketegangan tubuh seusai aktifitas. Dan yang terpenting adalah komitmen anda untuk menghindari makanan tidak sehat dan beralih pada makanan alami yang aman.

Topik lanjutan terkait penyakit varises: Penyebab VarisesCara Menghilangkan VarisesGejala VarisesCara Mengobati VarisesVarises pada Wanita dan Pria

3. Efek Gangguan Ginjal

  • Beberapa tanda adanya gangguan ginjal muncul pada daerah kaki. Dan hal ini utamanya bisa dirasa lebih parah oleh penderita menjelang waktu malam hari.
  • Diantara yang kentara yakni mulai munculnya pembengkakan. Dan jika disertai dengan kadar asam urat serta gula darah tinggi maka sensasi keluhan kebas akibat tersendatnya aliran darah juga akan jamak dirasakan penderita. Keluhan sendi kaki teramat nyeri utamanya juga sangat berpotensi dirasakan penderita dengan kadar asam urat meningkat.
  • Sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah mencukupi. Serta melakukan diet serius mengenai pembatasan asupan gula serta makanan berkandungan purin tinggi.
  • Pada dasarnya ginjal merupakan organ penyaringan darah maka sangat dianjurkan untuk betul-betul menjaga asupan yang kita konsumsi. Hindari segala macam kudapan berbahaya yang sarat kandungan tambahan zat kimia. Karena hal ini akan semakin memperburuk kinerja ginjal pada umumnya.

Topik lanjutan terkait gangguan ginjal: Tanda-tanda Penyakit GinjalGejala Ginjal BermasalahPengaruh Asam Urat terhadap GinjalCiri-ciri Sakit Pinggang Karena GinjalTanda-tanda Gagal Ginjal

Tips Mengatasi Penyebab Kaki Pegal di Malam Hari:

  • Jika keluhan kaki pegal anda rasakan pada malam hari maka tak ada salahnya anda mulai mencoba untuk merendamnya dengan air hangat sambil sesekali berikan pijatan lembut. Hal ini berguna untuk merilekskan persyarafan tubuh yang tegan selepas seharian beraktifitas. Anda juga bisa tambahkan aromaterapi demi menenangkan pikiran anda menjelang beristirahat sehingga tidur anda dapat lebih berkualitas.
  • Pada dasarnya hati sapi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi terlebih jika keluhan kaki pegal di malam hari anda ada hubungannya terkait dengan gangguan anemia dan tidak lancarnya aliran darah. Hati sapi memiliki kandungan zat besi tinggi dan juga vitamin B12 yang sangat baik bagi produksi sel darah merah secara maksimal. Manfaat lain yang juga dapat anda raih sekaligus yakni semakin lancarnya pasokan oksigen dalam tubuh anda. Sehingga keluhan pusing juga bisa diminimalisir dan pastinya rasa kebas utamanya pada kaki dapat dihindari karena kinerja tubuh anda terlebih pada sirkulasi darah telah berjalan secara lebih optimal. Sebagai opsi lain anda bisa mencoba tiram, kepiting, daging bebek, sarden telur dan seterusnya. Pastinya dengan catatan tanpa ada keluhan kadar asam urat berlebih yang menyertai riwayat keluhan pada kaki anda.
  • Jika saat melakukan pemeriksaan dan kadar asam urat anda positif melebihi batas maka usahakan untuk menghindari makanan berkadar purin tinggi. Yakni semisal terlalu banyak daging dan ikan serta dari golongan sayuran coba hindari sementara beberapa jenis semacam kembang kol, kacang panjang, buncis, bayam dan sejenisnya.
  • Demi menjaga kadar gula tetap aman dan menghindari keluhan gangguan edaran darah dan nyeri utamanya pada kaki maka anda wajib meminimalisir jenis makanan seperti makanan pabrikan dengan kadar zat tambahan yang tinggi. Semisal dalam bentuk makanan manis sejenis permen, minuman manis instan, ragam eskrim, maupun minuman bersoda. Kurangi asupan makanan dengan kandungan gula pasir yang manis serta perbanyak konsumsi sayuran alami dengan mengurangi asupan karbohidrat sebagai sumber energi sarat akan kandungan glukosa.

Topik lanjutan terkait makanan sehat: Makanan yang Rendah Purin29 Makanan yang Mengandung Zat Besi Super Tinggi

Demikianlah beberapa daftar penyebab kaki pegal di malam hari beserta beberapa tips untuk meminimalisir keluhan yang mendera. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai hal yang seharusnya kita lakukan demi menjaga kesehatan anggota tubuh agar senantiasa berkinerja secara optimal utamanya dalam meminimalisir ragam penyebab kaki pegal di malam hari. Dan mari senantiasa menerapkan gaya hidup sehat demi investasi masa depan kita ya.

You may also like