Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit 14 Ciri-ciri Sakit Pinggang Karena Ginjal (No. 4 Paling Berbahaya)

14 Ciri-ciri Sakit Pinggang Karena Ginjal (No. 4 Paling Berbahaya)

by Aulia Lia

Rasa sakit pada pinggang sangatlah menyiksa, mengapa demikian? Bagaimana tidak, sakit yang dirasakan di pinggang membuat seluruh tubuh merasakan sakitnya. Namun perlu kita ketahui apa yang menjadi penyebab sakit pinggang, apakah karena sakit ginjal atau maag atau yang lainya. Berikit ada beberapa ciri yang akan dirasakan pada orang yang menderita sakit pinggang karena ginjal.

Sakit pinggang karena ginjal memiliki ciri-ciri tersendiri, meskipun pada dasarnya hampir ciri-ciri yang diberikan tubuh atau gejala yang dirasakan tubuh akibat sakit ginjal ini sama dengan sakit pada saat maag atau sakit karena terlau lelah, adapaun ciri-ciri yang dirasakan oleh penderita ginjal pada pingganngya adalah sebagai berikut :

1. Rasa Nyeri Bersifak Tolik

Nyeri tolik adalah nyeri yang dirasakan di bagian dalam, artinya nyeri ini dirasakan pada bagian pinggang sebelah dalam, dengan individu yang merasakan nyeri ini dia akan merasakan sakit yang menjadi-jadi, bahkan ketika merasakan sakit nyeri yang bersifat tolik ini individu bisa saja tidak mampu untuk menahannya, sehingga individu itu akan merasa kesakitan bahkan sampai dapat menggulung-gulung.

2. Nyeri pada Bagian Belakang Sebelah Samping

Ini juga merupakan salah satu dari pertanda menderita sakit ginjal, nyeri pinggang yang terletak di bagian belakang sebelah samping ini menandakan bahwa Anda sedang terkena penyakit ginjal, tetapi ini juga bukan hal yang pasti, atau hal yang konkret untuk menyatakan bahwasannya individu terkena penyakit ginjal, sedangkan ketika menderita penyakit maag Anda juga akan merasakan seperti ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal di bagian belakang.

Artikel terkait : Jenis Jenis Penyakit Ginjal

3. Nyeri Pinggang saat Buang Air Besar

Selain dari rasa sakit pinggang yang dirasakan secara tiba-tiba, sakit saat buang air besar juga merupakan pertanda menderita penyakit ginjal, untuk itu Anda harus peka dan respek dengan apa yang dirasakan, jangan menganggapnya hanya hal yang sepele, karena bisa saja hal itu akan membawa masalah yang lebih bahaya ketika Anda tidak merawatnya dengan baik, ketika tidak segera mengobatinya.

Baca juga : Cara Melancarkan Buang Air Besar Secara Alami

4. Nanah dan Darah saat Buang Air Kecil

Selain itu ketika merasa sakit pinggang dan ketika sedang buang air kecil, Anda mengeluarkan sedikit darah atau nanah, itu bisa dikatakan bahwa itulah salah satu tanda bahwa sakit pinggang yang dirasakan itu adalah sakit karena ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal tidak mampu mengelola zat-zat yang harus dikeluarkan dengan baik sehingga pada saat kencing akan keluar nanah.

Baca juga :

5. Aroma Tidak Sedap pada Urine

Hal ini juga disebabkan karena urine tidak dapat diolah dengan baik oleh ginjal, sehingga urine akan mengeluarkan bau tak sedap, selain itu hal ini juga akan disusul dengan rasa sakit ketika sedang buang air kecil yaitu rasa sakit pada pinggang. Untuk itu Anda sangat perlu menjaga kesehatan ginjal, untuk menjaga kesehatan ginjal dapat melakukan konsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya, dan tentu harus rajin berolahraga agar tubuh tetap menjadi sehat.

6. Rasa Mual Karena Nyeri

Ketika merasakan nyeri pada pinggang, kemudian disusul dengan rasa mual pada perut, atau rasa pahit di mulut, ini juga salah satu ciri bahwa Anda tidak hanya sakit pinggang karena kecapekan atau hal-hal yang lainnya, tetapi hal ini adalah salah satu tanda bahwa sedang terserang atau sedang memiliki gejala penyakit ginjal. Meskipun saat itu merasakan mual saat merasakan nyeri pada pinggang Anda ini juga salah satu tanda bahwa sedang terkena maag, jadi Anda harus mampu untuk membedakan apakah ini sakit karena ginjal atau sakit karena maag.

7. Selalu Merasa Ingin Muntah

Selain rasa mual yang dirasakan ketika pinggang sakit dan juga merasakan selalu ingin muntah meskipun pada dasarnya masih sulit ketika ingin muntah, hal ini biasanya hanya sebagai efek dari perut yang tidak bisa menahan dari pengelolaan yang tidak baik akibat ginjal tidak berfungsi dengan baik, dengan begitu ketika Anda selalu ingin merasa muntah, usahakan untuk menyediakan air minum hangat agar rasa ingin muntah pada perut akan berkurang.

Baca juga : Kebiasaan Memuntahkan Makanan Setelah Makan

8. Lebih Sering Buang Air Kecil

Memang ketika ginjal sakit atau sakit pinggang karena ginjal ini akan membuat si penderita lebih sering buang air kecil atau yang biasa disebut dengan beseran, ketika Anda merasakan beseran atau bolak-balik ke kamar mandi karena ingin buang air kecil ini terus menerus bisa jadi itu adalah salah satu pertanda bahwa Anda menderita penyakit ginjal, bersegeralah untuk mengobati diri agar tidak fatal akhirnya. Sehingga ginjal Anda akan mampu tertolong.

9. Keluar Urine Hanya Sedikit

Tanda-tanda lain yang juga berkaitan dengan point ke 8 di atas adalah merasakan sering ingin buang air kecil namun ketika sudah sampai ke kamar mandi dan siap untuk mengeluarkan urine, urine yang dikeluarkan ini hanya sedikit-sedikit dan tidak bisa banyak keluar, padahal Anda selalu merasa ingin buang air kecil. Ini juga merupakan salah satu pertanda Anda sedang terkena penyakit ginjal. Untuk itu harus berhati-hati, paling tidak harus berusaha mengembalikan agar ginjal mampu berfungsi dengan normal.

10. Menggigil

Selain dari ciri di atas, salah satu ciri yang juga menyiksa ketika sakit pinggang adalah sakit pinggang yang disertai dengan gigilan, jika sakit pinggang yang dirasakan adalah sakit pinggang dengan menggigil maka bisa jadi itu juga merupakan salah satu pertanda bahwa ginjal sedang dalam keadaan buruk. Rasa menggigil ini disebabkan karena ginjal tidak dapat mengolah zat-zat berbahaya untuk dikeluarkan sehingga zat-zat itu akan membuat metabolisme pada tubuh untuk menyerang zat berbahaya itu sehingga tubuh bisa merespon dengan menggigil.

Artikel terkait : Penyebab Penyakit Ginjal Kronis

11. Sakit Pinggang Disertai Tegang pada Perut

Jenis sakit pinggang lain yang menandakan bahwa terkena penyakit ginjal adalah ketika merasakan sakit pada pinggang yang disertai dengan rasa tegang pada perut, atau ketika perut selalu merasa kencang seperti ketika sedang haid. Sebenarnya rasa sakit ini dapat dikurangi dengan memperbanyak konsumsi air mineral sehingga kondisi ginjal sedikit demi sedikit akan pulih.

Artikel terkait :

12. Rasa Nyeri Bagian Punggung Bawah

Nyeri pada punggung bagian bawah ini juga tanda bahwa Anda sedang terkena gejala sakit ginjal, untuk itu harus benar-benar mengenali gejala apa yang sedang dialami ini agar mampu menangani sakit ginjal yang terjadi pada diri Anda.

Baca juga : Pundak Kaku dan Pegal

13. Nyeri pada Bagian Saraf Menuju Bokong

Hal ini hampir sama rasanya ketika sedang haid, saat haid syaraf pada perut akan merangsang saraf-saraf yang lain sehingga ada beberapa bagian saraf merasa sakit, terutama pada syaraf bokong. Hal ini disebabkan karena rangsangan saraf-saraf pada perut yang tidak mampu bekerja dengan baik sehingga membuat nyeri pada bagian saraf menuju bokong.

Baca juga : Jenis Kelainan Saraf

14. Bagian Pinggang yang Nyeri Berwarna Merah Muda

Tanda yang agak tampak adalah ketika merasakan sakit ginjal di beberapa bagian pinggang akan merasa nyeri dan pada bagian pinggang yang merasa nyeri itu akan berwarna merah muda.

Itu beberapa ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal, yang juga perlu Anda ketahui adalah apa penyebab dari sakit pinggang karena ginjal ini, karena hampir sedikit banyak individu menyepelekan kesehatannya sehingga ia terserang penyakit ginjal yang membuat pinggang menjadi sakit. Untuk itu perlu diperhatikan ciri-ciri di atas agar dapat mengobati sakit ginjal itu sebelum menjadi sakit yang lebih parah dan akhirnya akan gagal ginjal. Maka jangan pernah sekali sekali menyepelekan sakit yang Anda rasakan, bisa jadi hal itu adalah tanda sakit yang parah.

You may also like