21 Penyebab Mulut Terasa Pahit

3495

Mulut adalah bagian tubuh yang berhubungan dengan proses  pengunyahan makanan, penghancuran makanan dan pengecapaan beberapa rasa yang ada pada makanan dan minuman yang kemudian dilanjutkan organ tubuh lain agar dapat menyebarkan sari nutriusi makanan keseluruh jaringan tubuh.

Tentang rongga mulut anda

  1. Didalam rongga mulut terdapat kelenjar ludah yang mengendalikan rasa dan proses pengunyahan serta penghancuran makanan agar senantiasa berjalan  lancar.
  2. Kelenjar ludah menghasilkan ludah yang didalamnya terkandung banyak enzim Ptialin, yang berperan besar dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa sederhana seperti maltosa.
  3. Jika kelenjar ludah mengalami gangguan atau kerusakan maka akan mempengaruhi stabilitas enzim lain yang ada didaalam rongga mulut dan dapat juga menyebabkan  air liur menjadi terasa lebih pahit dari sebelumnya.

Baca juga: Kesehatan mulut

Kelenjar ludah terbagi atas tiga letak, diantaranya:

  1. Kelenjar Parotis, dimana letaknya berada tepat dibawah telinga atau sekitar leher samping yang jika disentuh terdapat sedikit cekungan
  2. Kelenjar Sublngualis, dimana letaknya berada dibawah lidah yang mampu menditeksilebih darai dua rasa secara bersamaaan dengan spontan. hal ini adalah kecepaatan otak mengirimkan sinyal pada saat mulut yang tanpa disadari sedang beraktifitas mengunyah.
  3. Kelenjar Submandibularis, dimana letaknya berada dibawaah rahang bagian bawah, hampir mendekati denyut nadi yang ada disekitar leher bawah dekat dagu terapi sedikit menyamping.

Inilah penyebab mengapa mulut terasa pahit ketika bangun tidur

1. Meningkatnya asam lambung

Jika anda 1 sampai 2 jam sebelum berangkat tidur malam mengkonsumsi makanaan yang bersifat panas seperti bercita rasa pedas, terlalu asam atau bersantan kental dan dikonsumsi secara berlebihan (misalnya ketika sedang ada pertemuan bersama teman atau menghadiri  perkumpulan bersama rekan kerja) maka jangan heran jika ketika anda bangun tidur mulut akan terasa pahit. kondisi itru dikarenakan zat padaa makanan yang telah anda konsumsi semalam bereaksi disistem pencernaan dengan lambat dan meningkatkan asam lambung.

2. Lupa gosok gigi

Kebiasaan lupa membersihkan rongga mulut termasuk gigi dapat menyebabkanb bakteri hasil sisa limbah makanan mengurai dan memproduksi senyawa yang menyebar pada kelenjar ludah dan liur yang akibatnya menjadikan mulut teras getir dan pahit manakala anda terbangun dari tidur.

Baca juga :

3. Karena seseorang menderita penyakit tertentu

seseorang yang menderita penyakit tertentu dan belum disembuhkan secara total misalnya penyakit kanker, diabeteshepatitis, dan adanya penyakit ginjal lebih mudah menderita gangguan pada rongga mulut yang mengakibatkan  kelenjar ludah terkontiminasi keasaman tubuh yang sedang tidak stabil , akibatnya rasa pahit akan muncul ketika bangun tidur.

4. Karena hormon sedang tidak stabil

Naik turunnya hormon wanita yaitu Esterogen terjadi pada masa siklus menstruasi atau pada saat wanita menjalani masa kehamilan , kondisi ini mamapu memicu munculnya rasa pahit pada sekitar rongga mulut saat bangun tidur.

5. Efek merokok yang berlebihan

Banyak orang yang merokok lebih dari dua bungkus dan tidaak peduli dengan akibat negatif yang akan mempengaruhi kesehatan dimasa depan. Zat nikkotin dan tar yang ada padaa rokok bersifat asam dan pahit yang mampu mempengaruhi enzim mulut. Ludah akan memiliki perubahan rasa dan perkembangan kondisi enzim mulut yang telah terkontiminasi dengan zat yang ada pada rokok yang memicu rongga mulut akan terasa lebih getir dan pahit sesaat setelah bangun tidur.

Baca juga

Artikel terkait rokok lainnya :” ]

6. Tubuh kekurangan asupan vitamin dan Zinc

Seseorang yang kekurangan vitamin B12 dan zinc selkama berminggu minggu dapat mengacaukan kinerja kelenjar ludah dan meningkatkan produksi senyawa dari bakteri anerob yang kemudian mengendalikan air ludah menjadi terasa sangat pahit ketika bangun tidur.

Baca juga :

7. Rongga mulut yang tidak sehat

Rongga mulut adalah tempat yang paling rentan menjadi tujuan utama pertumbuhan bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri dapat menyebabkan gusi bengkak karena infeksi, peradangan gusi, abrasi gigi,  plak, hingga peradangan langit langit mulut dan serangan sariawan. Kondisi ini akan menyebabkan produksi air liur akan terkontiminasi dengan bakteri anerob yang meningkatkan produksi ai liur yang berasa pahit dan getir.

8. Karena Adanya Gangguan pencernaan

Seseorang yang menyukai daan gemar mengkonsumsi makanan  yang digoreng dan dipanggang dan dilakukan selama berbulan bulan maka didalam tubuhnya akan mengalami gangguan, termasuk sistem percernaan yang tidak normal. pencernaan akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit karena serangan penyakit GERD (Gastritis)  atau Gas Troesofageal Reflux. Kondisi ini cenderung membuat enzim pada riongga mulut lebih pahit dari biasanya setelah bangun tidur.

9. Kebersihan rongga mulut yang kurang maksimal

Seseorang yang telah menggosok gigi dan setelah itu tidak makan makanan apapun namun masih mengkonsumsi segelas susu atau teh tanpa gula pada malan hari , kebersihan rongga mulutnya tetap tercemar oleh zat kafein atau protein serta zat kalsium yang ada pada susu, yang kemudian akan melekat pada dinding langit mulut, ujung lidah, bawah lidah, mengendap pada air liur dan menghalangi kelenjar ludah untuk menjaga kestabilan keasaman yang ada pada rongga mulut ketika anda tertidur pulas. akibatnya mulut akan sangat pahit saat terbangun dari tidur.

Baca juga : Cara menjaga kesehatan gusi dan mulut

10. Mengkonsumsi Obat tertentu

Mengkonsumsi obat jenis apapun sebelum tidur seprti obat sakit kepala, obat tidur, obat pereda rasa nyeri pada jantung, obat khusus pengobatan ginjal atau diabetes. Maka ketika anda sedang tertidur, zat kimia yang ada pada obat obatan tersebut terurai bersama enzim pencernaan dan menjadi racun . Sisa limbah racun tersebut menguap dan menyebar menuju saluran rongga mulut dan mencemari kelenjar ludah, akibatnya mulut akan terasa pahit sesaat anda terbangun dari tidur.

Baca juga : Bahaya penggunaan obatEfek samping obat jangka panjang

11. Memperbanyak air putih

Biasakan sebelum tidur atau sesudah bangun tidur untuk minum segelas ukuran sedang air putih. Air putih dapat melancarkan peredaran darah, membersihkan lambung, menghindari tubuh terserang dehidrasi saat tidur dan mampu menstabilkan kelenjar ludah agar mulut tidak terasa getir dan pahit saat bangun tidur.

Baca juga : Diet air putihBahaya kurang minum air putih

12. Tubuh dalam keadaan tidak fit

Saat tubuh dalam keadaan tidak sehat maka tubuh akan sedikit kehilangan keseimbangan hormon. Terganggunya kadar asam pada lambung dan  metabolisme agak terhambat serta anda kehilangan nafsu makan. Kondisi ini dapat memicu kelenjar ludah bereaksi dengan keasaman tubuh yang sedang tidak stabil dan menghasilkan rasa liur yang sangat pahit ketika anda terbangun dari tidur.

13. Karena sedang menderita sakit gigi

Seseorang yang sedang sakit gigi kelenjar ludahnya akn bekerja keras untuk menstabilkan keasaman dirongga mulut yang sebenarnya telah dikuasai oleh bakteri penyebab plak dan gigi berlubang. Bakteri anerob pada rongga mulut dapat mengganggu kinerja kelenjar ludah dan meningkatkan rasa pahit pada mulut saat anda terbangun dari tidur.

14. Menderita sakit tenggorokan dan panas dalam

Seseorang yang menderita sakit tenggorokan , maka akan banyak bakteri yang bersarang disekitar peradangannya dan meningkatkan produksi rasa pahit pada ludah dan meningkatkan kondisi kekeringan pada rongga mulut, hal ini dapat menimbulkan bau yang tak sedap dan rasa pahit padaa mulut. jika anda terserang pula panas dalam maka rasa pahit pada mulut akan dua kali lipat , hal ini dikarenakan kestabilan asam lambung sedang tidak stabil karena tubuh sedang dalam keadaan terserang panas dalam.

15. Karena tubuh terserang Dehidrasi

Produksi air liur dapat menjadi sangat sedikit ketika tubuh dalam keadaan dehidrasi, atau didalam tubuhnya tidak tercukupi dengan ketersediaan cairan tubuh. Dehidrasi dapat menjadi penyebab meningkatnya aktifitas bakteri Anaerob yang akhirnya aktif memproduksi zat suflur didalam roingga muklut yang menimbulkan mulut terasa sangat pahit dan terkadang membuat ingin muntah ketika terbangun dari tidur.

Baca juga : Bahaya dehidrasi

16. Karena mengkonsumsi kopi berlebihan

Banyak orang yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena untuk menekan rasa kantuk demi kepentingan pribadi aatu golongan (misalnyaa sedang menghadiri rapat penting hingga larut malam), namun ketika bangun tidur ,mulut akan teras sangat pahit karena zaat kafein mengendap paada dinding laambung dan melekat pada enzim enzim mulut yang akan diuraikan oleh bakteri anaerob yang akhitrnya merubah kondisi mulut dan sekitar rongga mulut berubah menjadi pahit.

Baca juga :

17. Karena mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat merubah mulut menjadi sangat kering dan pahit ketika anda terbangun dari tidur, karena zat alkohol telah mengganggu kestabilan keasaman yang ada pada rongga mulut dan meningkatkan asam lambung yang kemudian naik ketenggorokan, sensasi rasa panas dan terbakarpun akan terasa disekitar saluran kerongkongan,yang akhirnya disusul dengan mulut yang kering dan rasa pahit yang luar biasa.

Baca juga:

18. Karena penumpukan bakteri pada ronggaa mulut

Orang orang yang sedang dirawat dirumah sakit atau sedang menjalani pemulihan penyakit , tak sedikit yang malas untuk membersihkan gigi geliginya atau malas untuk makan teratur (tidak nafsu makan). kondisi dapat meningkatkan penumpukan bakteeri padaa rongga mulut dan memberi peluang pertumbuhan bakteri semakin cepat menyebar. Bakteri itu dihasilkan  dari sisa makanan disela sela gigi mereka. bakteri akan merubah kestabilan asaam alami yang ada dalam arongga mulut tyang menyebabkan mulut tersa sangat pahit sesaat setelah anda terbangun dari tidur.

19. Indikasi sedang hamil muda

Mulut terasa pahit setelah bangun tidur setiap hari , hal ini dapat diindikasikan bahwa seseorang sedang hamil muda. hal itu terjadi diakibatkan karena adanya perubahan hormol ibu hamil dan karena hilangnya nafsu makan akibat sering mengalami mual mual dan muntah.

20. Gejala kanker mulut

Jika mulut teras pahit terus menerus ketika bangun tidur dan diiringi dengan sakit tenggorokan berkepanjangna, nyeri rahang yang semakin hari semakin sakit, lidah terasa hambar dan sakit serta tenggorokan yang sulit untuk menelan,  maka perlu diwaspaadai bahwa koindisi tersebut dapat diindikasikan sebagai gejala awal munculnya kanker mulut.

21. Adanya Gangguan fisiologi lidah

Lidah yang mengalami gangguan misalnya sedang mengalami perdangan akibat sariawan, akibat tertusuk benda tajam seperti duri ikan dan sebagainya, kejadian tersebut dapat mempengaruhi produksi air liur dan menimbulkan rasa pahit pada mulut sesaat setelah terbangun dari tidur.

Baca juga:

Apa hubungan pencernaan dengan rongga mulut?

  • Tahukah anda bahwa bakteri yang ada didalam rongga mulut dapat mengikat dan mengendalikan energi dari protein dan zat asam amino acid dari atau didalam pencernaan. Saat itulah terjadi proses pencemaran bakteri padaa kelenjar ludah diman mulut akan terasa sangat pahit sesaat setelah anda teerbangun dari tidur.
  • Apa yang dikunyah mulut dan dicerna oleh enzim pencernaan pada akhirnya akan  kembali menuju saluran kerongkongan menuju rongga mulut jika asam lambung meningkat tajam. ketika hal itu terjadi semua enzim mulut dan kelenjar ludah dengan sendirinya akan merubah kondisi seputar rongga mulut menjadi berasa getir dan pahit.
  • Jika pencernaan atau lambung terkontiminasi atau terganggu dengan makan yang bersifta  terlalu pedas, asam, manis dan bersantan biasanya akan bereaksi mengganggu  kestabilan asam yang ada pada lambung. yang pada akhirnya dinding lambung terasa tertekan dengan penuhnya gas hasil dari makanan dan perut terasa penuh, hal inilah yang memicu meningkatnya asam lambung yang menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit ketika bangun tidur.

Mulut pahit ketika bangun tidur pada sebagian orang ada yang menyebabkan muntah dan mual. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi air jahe yang telah ditambahkan madu dan air perasan lemon. selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, minuman tersebut mampu memperbaiki kelenjar ludah  agar tidak menghasilkan rasa pahit lagi.