22 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Ampuh

11510

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dan ampuh sangat lah mudah dan dapat melalui bahan herbal. Karang gigi merupakan material berwarna kuning kecoklatan yang terletak pada bagian permukaan luar gigi. Karang gigi terbentuk dari mineral dari air liur yang sudah mengeras. Ketika karang gigi terkena bakteri dan plak yang menumpuk maka bisa menyebabkan karang gigi berpori dan mengerak. Penyebab utama dari karang gigi adalah penumpukan mineral yang berasal dari air liur. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan merusak penampilan.

Karang gigi bisa menjadi sangat berbahaya karena menyebabkan penyakit gusi seperti,gigi yang berlubang, kerusakan gigi dan penyakit jantung. Kerusakan enamel gigi bahkan bisa menyebar hingga ke bagian tulang. Karena karang gigi sangat berbahaya, maka harus dibersihkan dan dihilangkan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi yang bisa Anda coba.

  1. Gosok Gigi

Menyikat gigi akan membantu menipiskan lapisan karang gigi dan mencegah pembentukan karang gigi yang baru. Anda bisa menggunakan jenis sikat gigi yang memiliki bulu sangat lembut. Bahkan bentuk sikat gigi yang digunakan sebaiknya yang bisa menjangkau semua bagian mulut dan gigi. Jadi sikat gigi akan membantu membersihkan semua lapisan karang gigi secara perlahan. Untuk mendapatkan manfaat yang tepat maka sikat gigi juga harus dilakukan dengan benar. Saat Anda memegang sikat gigi maka usahakan untuk mencapai sudut 45 derajat. Setelah itu semua gerakan juga harus benar, mulai dari bagian depan, sisi luar kanan dan kiri, sisi dalam kanan dan kiri serta bagian bawah dan atas.

  1. Gunakan Pasta Gigi untuk Mencegah Plak dan Karang Gigi

Saat ini ada beberapa jenis pasta gigi yang digunakan untuk menjaga agar gigi bersih dari karang gigi. Jenis pasta gigi ini biasanya mengandung beberapa bahan yang bisa membuat plak dan karang gigi melemah kemudian lepas sendiri. Beberapa bahan ini antaralain adalah seperti seng, sitrat, pirofosfat, fluoride dan triclosan. Semua jenis bahan ini sangat penting untuk menipiskan lapisan karang dan membunuh semua bakteri di mulut. Jika digunakan secara teratur maka bisa membantu membersihkan karang gigi. Perhatikan untuk menggunakan pasta gigi yang tepat dan cara sikat gigi yang benar.

  1. Pilih Pasta Gigi Mengandung Fluoride Tinggi

Pasta gigi yang mengandung bahan fluoride tinggi sangat penting untuk menghilangkan karang gigi. Bahan fluoride bisa membantu agar gigi memiliki tingkat fluoride yang tinggi sehingga bisa membantu gigi menjadi lebih kuat. Bahkan bahan ini juga mencegah gigi berlubang dan membantu email gigi akan terbentuk dengan baik. Salah satu masalah pembentukan karang gigi adalah ketika gigi tidak bisa menerima bahan asam dari air liur mulut yang terjadi akibat makanan. Kemudian lapisan karang gigi akan terbentuk dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini maka bahan fluoride dalam pasta gigi akan melindungi gigi dari bahan mineral air liur dan memberikan perlindungan terhadap bakteri.

  1. Sikat Gigi dengan Bahan Baking Soda dan Gel Lidah Buaya

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dapat menggunakan baking soda dan gel lidah buaya. Jika Anda ingin kembali ke bahan alami maka baking soda dan gel lidah buaya sangat baik untuk menghilangkan karang gigi. Gel lidah buaya mengandung senyawa alami yang bisa membantu melepaskan mineral pada karang gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu gelas air dengan beberapa sendok baking soda. Kemudian tambahkan dengan dua sendok gel lidah buaya. Pastikan Anda mendapatkan gel lidah buaya yang masih segar dan alami. Setelah itu aduk semua bahan menjadi satu hingga menjadi pasta yang kental seperti pasta gigi. Setelah itu Anda bisa menggunakan pasta ini untuk pasta gigi ketika menyikat gigi. Simpan campuran bahan di suhu dingin sehingga Anda bisa menggunakan sisanya.

  1. Sikat Gigi dengan Baking Soda dan Garam

Jika Anda ingin mencoba untuk membersihkan karang gigi sekaligus membuat gigi menjadi lebih putih, maka bisa mencoba menggunakan baking soda dan garam. Campuran kedua bahan ini akan menjadi bahan aktif untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan membuat pasta gigi dari baking soda dan garam. Anda bisa memasukkan satu sendok baking soda ke dalam mangkuk kecil. Kemudian tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata. Setelah itu gunakan untuk menyikat gigi. Bahan baking soda sangat baik untuk melawan semua bakteri yang menempel pada karang gigi. Hal ini juga bisa membantu karang gigi menjadi keropos dan lepas dari gigi.

  1. Makan Apel

Kebiasaan makan apel juga sangat baik untuk membantu membersihkan karang gigi. Anda bisa mengunyah apel untuk membersihkan semua bagian karang gigi dan plak gigi yang mengeras pada gigi. Apel memiliki tekstur yang sangat lembut kemudian bisa membantu melawan bakteri pada gigi. Dan tentu saja apel juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi Anda bisa makan apel secara rutin terutama ketika belum menyikat gigi.

  1. Membersihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Salah satu cara untuk melawan semua bakteri yang menumpuk pada bagian gigi adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Setelah Anda menggosok gigi dengan pasta gigi biasa maka  bersihkan semua bagian gigi Anda dengan kulit jeruk. Gunakan kulit jeruk secara langsung ke bagian semua gigi. Setelah itu biarkan selama satu malam dan berkumur pada pagi hari. Kulit jeruk akan membantu melawan pembentukan karang gigi yang disebabkan karena bakteri dan berbagai jenis mikroorganisme. Kulit jeruk juga bisa membantu membersihkan gigi agar menjadi lebih putih. Ketika pertama kali menggunakan kulit jeruk rasanya memang tidak nyaman, tapi kemudian akan menjadi lebih nyaman setelah beberapa kali.

  1. Menggunakan Sikat Gigi Elektrik

Bagi Anda yang menggunakan sikat gigi elektrik maka Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk membersihkan karang gigi. Sikat gigi elektrik membantu menjangkau semua bagian gigi disemua sudut. Gesekan dan tekanan yang lembut serta teratur dengan kecepatan tinggi akan membantu membersihkan karang gigi. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi elektrik khusus yang memang berfungsi untuk melemahkan dan melepaskan karang gigi. Jadi dengan sikat gigi ini maka Anda bisa merawat gigi dengan lebih mudah.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Saat ini ada banyak jenis obat kumur yang bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Bahan obat kumur yang mengandung antiseptik dan hidrogen peroksida akan membantu membersihkan karang gigi. Jika Anda berkumur dengan obat kumur secara rutin maka perlahan karang gigi juga akan lepas sendiri. Bahan obat kumur memberikan kandungan oksigen yang lebih besar kemudian membantu melonggarkan karang gigi dari enamel gigi. Jadi ini juga termasuk cara yang sangat alami.

  1. Membersihkan Gigi dengan Benang atau Flossing

Cara lain untuk membersihkan karang gigi adalah dengan membersihkan gigi dengan benang atau flossing. Benang akan membantu melepaskan karang gigi dengan cepat. Benang akan mengenai bagian karang gigi secara langsung. Bahkan benang gigi juga akan menjangkau sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi biasa. Namun usaha ini tidak hanya cukup dilakukan sekali saja, tapi juga harus berkali-kali.

  1. Gosok Gigi dengan Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C ini sangat penting untuk membersihkan karang gigi. Anda bisa mencoba untuk menggosok gigi dengan buah tomat. Kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu gunakan campuran air dan baking soda yang sudah dilarutkan untuk membilas semua bagian gigi. Bahan ini akan membantu menjaga agar gigi Anda tetap sehat dan bersih. Selain itu karang gigi juga bisa terlepas secara alami.

  1. Bersihkan Gigi dengan Stroberi

Buah stroberi sangat baik untuk menjaga kebersihkan gigi. Buah ini mengandung vitamin C yang bisa melawan pembentukan karang gigi dan melemahkan karang gigi. Anda bisa mencoba untuk menggosok gigi dengan stroberi yang sudah dilembutkan. Biarkan stroberi tinggal selama beberapa menit di dalam mulut. Setelah itu bersihkan dengan air biasa untuk berkumur. Agar semua karang gigi bisa bersih secara alami Anda juga bisa berkumur dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Baking soda akan memperkuat efek dari stroberi yang bisa membuat gigi menjadi lebih bersih.

  1. Gunakan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan karang gigi dengan cepat dapat dibantu dengan minyak kelapa. Salah satu cara untuk membersihkan karang gigi adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni yang sangat penting untuk membantu mengeluarkan karang gigi. Minyak kelapa memberikan efek melepaskan karang gigi dan merasangsang kelenjar air liur untuk bisa membersihkan gigi secara alami. Caranya adalah dengan memberikan minyak kelapa secara langsung pada bagian karang gigi. Untuk membantu melepaskan karang gigi lebih cepat, maka Anda juga bisa memanaskan sebenar minyak kelapa. Setelah beberapa saat maka Anda bisa berkumur dengan air biasa untuk membersihkan mulut. Jika  dilakukan secara rutin maka bisa membantu melepaskan karang gigi.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Garam juga akan menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk menghilangkan karang gigi. Garam juga bisa membantu mengobati gusi yang luka dan membersihkan bakteri di dalam mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini maka Anda bisa mencoba untuk berkumur dengan air garam. Garam juga bisa membantu menipiskan lapisan karang gigi. Cara untuk menggunakan garam adalah dengan membuat garam menjadi larutan yang bisa digunakan untuk berkumur. Anda bisa mencoba untuk mencampurkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air minum. Setelah itu cobalah untuk menggunakan bahan ini untuk berkumur secara rutin.

  1. Berkumur dengan Minyak Wijen Hangat

Salah satu cara untuk membersihkan karang gigi adalah dengan berkumur dengan minyak wijen. Minyak wijen yang sudah dihangatkan akan membantu menghilangkan karang gigi. Caranya adalah dengan menghangatkan minyak wijen sebanyak satu atau dua sendok saja. Kemudian gunakan minyak wijen untuk berkumur selama beberapa menit. Setelah itu cobalah untuk berkumur dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan dengan air garam setelah berkumur dengan minyak wijen. Cara ini akan membantu membersihkan karang gigi dengan baik.

  1. Makan Keju Secara Rutin

Keju adalah olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi selama beberapa waktu. Untuk mendapatkan manfaat ini maka Anda bisa mencoba untuk makan jenis keju yang sudah berumur lama. Makan keju akan membantu menjaga agar air liur yang diproduksi oleh kelenjar ludah bisa melawan bakteri pembentuk karang gigi. Bahkan keju juga bisa membersihkan semua bagian gigi dengan bersih dan tidak meninggalkan efek samping. Keju akan membuat karang gigi bisa lepas dengan cara yang sangat alami.

  1. Makan Melon

Melon juga bisa menjadi buah alami untuk membantu membersihkan gigi dan menghilangkan karang gigi. Buah melon sangat baik untuk mencegah kerusakan gigi. Anda bisa makan buah melon setelah makan permen atau kue. Melon mengandung banyak serat keras dan larut yang bisa membantu membersihkan semua kotoran pada gigi. Bahan alami dalam melon akan membantu menjaga agar kelenjar ludah bisa memproduksi air liur yang bisa melawan bakteri dan mineral dari makanan yang menumpuk pada gigi. Anda cukup makan buah lemon lebih sering untuk menghilangkan karang gigi secara alami.

  1. Makan Buah Ara

Buah ara membantu menjaga agar gigi Anda tetap bersih dan bisa menghilangkan karang gigi dengan baik. Buah ara bisa merangsang kelenjar ludah untuk menghasilkan air liur. Air liur akan membantu mencegah penumpukan plak dan karang gigi. Anda bisa makan buah ara baik setelah maupun sebelum makan. Buah ara juga bisa membantu membersihkan gigi dari bakteri maupun sisa-sisa makanan. Ketika Anda memiliki cukup air liur maka bisa mencegah penumpukan mineral dari makanan yang bisa membentuk plak dan karang gigi.

  1. Makan Seledri

Seledri adalah jenis sayuran yang bisa membantu gigi Anda menjadi lebih bersih. Mengunyah seledri akan membuat gigi menjadi lebih bersih dan tidak ada karang gigi yang terbentuk. Seledri juga mengandung bahan antioksidan yang bisa membuat kelenjar ludah bekerja lebih baik. Kelenjar ludah akan menghasilkan air liur yang kemudian akan membersihkan karang gigi. Anda mungkin merasa tidak nyaman dengan rasa seledri yang sangat kuat. Tapi setelah itu Anda bisa merasa permukaan gigi yang lebih bersih dan nafas yang lebih harum.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas juga akan membantu menghilangkan karang gigi secara perlahan. Ketika Anda mengkonsumsi makanan pedas maka kelenjar ludah akan mengeluarkan air liur yang lebih banyak. Air liur akan membantu menghilangkan kadar asam dalam gigi dan membuat karang gigi menjadi keropos. Proses ini lama kelamaan akan membantu membersihkan karang gigi dengan cara yang sangat alami. Namun harus hati hati, bahaya makanan pedas sangat berbahaya bagi anda karena salah satu makanan penyebab asam lambung.

  1. Jangan Merokok

Setelah Anda mencoba untuk melakukan beberapa langkah untuk menghilangkan karang gigi, maka cobalah untuk tidak merokok. Merokok akan meninggalkan zat asam yang berasal dari nikotin dalam rokok. Kemudian zat asam inilah yang akan membentuk karang gigi dengan cepat. Bahkan rokok juga akan ikut merusak gigi dengan melemahkan enamel dan penumpukan mineral dalam gigi. Jadi ketika Anda sudah mencoba beberapa cara alami seperti dengan makan buah atau menggunakan larutan alami maka sebaiknya juga tidak merokok.

Baca : Akibat berhenti merokok – Bahaya merokok – Bahaya merokok bagi remaja

  1. Bersihkan Karang Gigi ke Dokter Gigi

Berbagai cara alami memang bisa dilakukan untuk mencegah karang gigi. Namun Anda perlu juga melakukan perawatan ke dokter gigi. Karang gigi bisa dibersihkan oleh dokter gigi dengan peralatan yang lebih baik. Terkadang ada beberapa jenis karang gigi yang sangat keras dan sulit untuk dilepaskan. Karang gigi seperti ini hanya bisa dibersihkan oleh dokter dengan bantuan alat. Untuk menjaga agar gigi tetap bersih maka lakukan pemeriksaan gigi selama enam bulan sekali. Dokter akan menghilangkan karang gigi dan memeriksa kondisi gigi Anda.

Cara Mencegah Karang Gigi

  1. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi selama paling tidak enam bulan sekali. Dokter akan membantu untuk membersihkan karang gigi dan perawatan rutin lainnya.
  2. Gunakan jenis pasta gigi yang bisa mencegah pembentukan karang gigi dan melawan bakteri yang bisa menyebabkan plak gigi.
  3. Usahakan untuk selalu membersihkan gigi secara teratur, sikat gigi dengan cara yang benar dan jika perlu lakukan flossing untuk membantu menghilangkan kotoran gigi hingga ke semua sudut gigi.
  4. Gunakan jenis sikat gigi yang sangat lembut untuk membantu menjaga agar enamel gigi tidak rusak dan mencegah pembentukan karang gigi. Sikat gigi yang lembut jauh lebih baik daripada sikat gigi yang keras karena bisa membantu melepaskan karang gigi.
  5. Usahakan untuk selalu banyak makan buah yang mengandung vitamin C. Buah yang mengandung vitamin C sangat penting untuk menjaga agar gigi tidak mudah sakit, menghilangkan kotoran dan plak gigi. Bahkan buah yang mengandung vitamin C juga penting untuk menjaga agar tidak terjadi pembentukan karang gigi.
  6. Hindari kebiasaan merokok untuk membuat gigi bersih dari noda rokok dan juga mencegah pembentukan karang gigi.
  7. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung dan manis. Makanan yang mengandung rasa manis akan membuat kondisi gigi sangat rentan terhadap pembentukan karang gigi. Makanan manis juga membuat banyak bakteri yang akan bersarang dalam gigi Anda.
  8. Biasakan untuk minum cukup air mineral setelah makan. Air akan membantu membersihkan kotoran dari sisa makanan yang masuk ke bagian sela-sela gigi.
  9. Kebiasaan makan melon setelah makan bisa membantu menjaga agar gigi menjadi lebih bersih dan sehat. Melon merupakan makanan kaya serat alami yang bisa membantu gigi menjadi lebih bersih dan mencegah pembentukan plak dan karang gigi.

Baca : Cara memutihkan gigi – Cara mengatasi abrasi gigi – Bahaya cabut gigi paling fatal – Cara menjaga kesehatan gigi

Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Diobati

  1. Karang gigi bisa menyebabkan bagian gusi terkena oleh penumpukan karang gigi. Akibatnya maka bakteri bisa menyerang bagian gigi dengan cara yang sangat mudah. Kesehatan gusi juga akan menurun disertai dengan pendarahan pada gusi.
  2. Karang gigi bisa menyebabkan tulang pada gigi menjadi lebih keropos dan gigi akan rusak secara berkala.
  3. Ketika karang gigi terus menetap dalam gigi maka bisa menyebabkan bagian gusi membuka dan memungkinkan bakteri masuk ke dalam organ tubuh seperti jantung dan juga otak. Hal ini juga bisa memicu pengerasan pembuluh darah dan penyakit stroke.
  4. Karang gigi juga bisa menyebabkan penumpukan bakteri yang berlebihan dalam gigi sehingga bisa sampai ke organ lain seperti saluran pernafasan yang menyebabkan penyakit lain seperti sinusitis.
  5. Karang gigi bisa merusak penampilan gigi sehingga menyebabkan penderita juga merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman ketika  berbicara atau tertawa.
  6. Karang gigi juga bisa menyebabkan bau mulut. Bau mulut terjadi ketika ada banyak bakteri yang berkembang dalam bagian gigi dan mulut. Hal ini bisa menyebabkan masalah kepercayaan diri dan sulit untuk bergaul dengan orang lain.
  7. Karang gigi yang tidak dirawat dengan baik juga bisa menyebabkan potensi kanker pada gusi dan mulut.

Berbagai jenis cara untuk menghilangkan karang gigi bisa dilakukan secara alami atau dengan cara medis oleh dokter gigi. Pemeriksaan gigi sangat perlu dilakukan untuk mengontrol kondisi gigi dan akar gigi. Sebenarnya karang gigi bisa dibersihkan dengan mudah jika memang dibersihkan secara teratur. Langkah yang paling sederhana untuk mencegah karang gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur.