8 Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon Paling Efektif

1103

Gigi kuning dapat menjadi salah satu faktor yang memicu masalah berkurangnya rasa percaya diri karena hal tersebut otomatis akan menurunkan kualitas penampilan kita. Baik itu karena tingkat kebersihan gigi yang kurang, penyakit tertentu, penggunaan obat tertentu, atau kebiasaan makanan tak sehat tertentu, gigi bisa menjadi kuning. Namun ada beberapa cara memutihkan dengan lemon paling efektif layak dicoba.

  1. Lemon

Lemon seperti kita ketahui adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dengan kandungan antioksidan yang juga tinggi. Kita juga tahu betul bahwa vitamin C tersebutlah yang tak hanya bisa memutihkan dan mencerahkan kulit, tapi juga gigi yang kuning.

Caranya: Campurkan sesendok teh jus lemon dan sesendok teh air biasa yang kemudian bisa dijadikan sebagai ramuan yang digosokkan pada gigi Anda selama 1 menit. Setelahnya, pastikan untuk membilas bersih gigi dan mulut dengan air biasa, dan lanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi. Atau, bisa juga ramuan ini diaplikasikan pada gigi menggunakan jari tangan dan tinggalkan di sana sekitar 10 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih; lakukan cara perawatan ini paling tidak seminggu 2 kali.

  1. Lemon dan Garam

Lemon yang dikombinasikan dengan garam ternyata juga berdampak baik untuk gigi yang kuning apapun penyebab gigi kuning yang dialami. Campuran ramuan ini pun bisa dijadikan sebagai pasta gigi alami.

Caranya: Campurkan 2-3 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh garam yang kemudian dijadikan pasta gigi. Tunggulah beberapa menit sebelum Anda bisa bilas dengan air sampai bersih. Atau, paka saja pasta gigi yang memang di dalamnya terkandung ekstrak lemon plus garam yang digunakan untuk menyikat gigi. Pengaplikasian cara perawatan ini bisa dilakukan seminggu 2 kali untuk memperoleh hasil paling baik.

  1. Jus Lemon, Garam dan Minyak Mustard

Kombinasi bahan alami lainnya yang berbahan utama lemon adalah penggunaan jus lemon, minyak mustard, dan garam di mana minyak mustard sendiri terpercaya dalam hal menguatkan gigi, menjaga kesehatan gusi, serta mengurangi masalah bau mulut.

Caranya: Untuk gigi kuning, cukup campurkanlah 1 sendok teh garam, 1 sendok teh minyak mustard, dan jus lemon sebanyak 2 tetes sebelum kemudian diaplikasikan dan dipijatkan pada gigi selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan air biasa sebagai pembilas mulut dan gigi; lakukan cara perawatan ini setiap hari setiap sehabis proses menggosok gigi seperti biasa.

  1. Minyak Lemon

Minyak lemon adalah contoh bahan alami lainnya berbahan dasar lemon yang bisa Anda andalkan ketika hendak mengatasi masalah gigi kuning yang mengganggu penampilan. Minyak lemon pun diketahui dan dipercaya betul berefektivitas tinggi dalam memutihkan gigi.

Caranya: Campurkanlah minyak kamomil dan minyak lemon masing-masing 3 tetes yang kemudian ditambahkan pada sekapsul arang aktif yang sudah dicampur dengan sesendok makan minyak kelapa. Larutan inilah yang bisa digunakan dengan memasukkannya ke dalam mulut, desirkan (bukan dikumurkan) selama 10 menitan dan buang sebelum kemudian Anda lanjutkan dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa. Kumurlah dengan air biasa untuk membilas dan lakukan cara ini 1 minggu 1-2 kali.

  1. Kulit Lemon

Tak hanya daging buah, jus atau ekstrak lemon yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning, tapi bagian kulitnya pun dapat kita andalkan untuk memutihkan gigi secara alami.

Caranya: Kupaslah lebih dulu 1 buah lemon yang kemudian diaplikasikan pada gigi yang kuning dan digosokkan pelan-pelan pada gigi selama paling tidak 1-2 menit lamanya. Barulah selanjutnya bisa Anda bilas menggunakan air bersih. Atau cara alternatifnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pasta dari campuran air dan kulit jeruk yang diblender lalu digunakan untuk menggosok gigi; setelahnya dibilas dengan air bersih. Salah satu cara tersebut bisa dicoba dilakukan seminggu 3 kali agar dapat memberikan hasil sempurna.

  1. Jus Lemon, Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Jus lemon pun bisa dikombinasikan dengan hidrogen peroksida serta baking soda untuk membuat gigi lebih putih dan cerah secara aman dan alami. Namun, tetap ketahui dan waspadai akan adanya bahaya baking soda dalam penggunaan berlebihan.

Caranya: Campurkanlah sesendok jus lemon segar dengan hidrogen peroksida dan baking soda masing-masing 1 sendok teh. Larutan campuran ini bisa digunakan sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi selama 1-2 menit lamanya. Lanjutkan setelahnya dengan membersihkan gigi dan mulut dengan air biasa dan ulangi secara rutin. Bila tak memiliki persediaan hidrogen peroksida, gunakan cuka putih sebagai penggantinya.

  1. Jus Lemon dan Air

Sebagai obat kumur alami, Anda bisa mengombinasikan antara jus lemon dan air yang otomatis cara penggunaannya adalah dengan mengumurkan larutan.

Caranya: Dalam membuatnya, pastikan Anda mencampurkan air dan jus lemon dengan perbandingan 2:1 yang digunakan sebagai obat kumur alami. Setelah dikumurkan di dalam mulut, pastikan untuk membuangnya dan bersihkan mulut menggunakan air bersih untuk menghilangkan plak-plak, noda dan bakteri di dalamnya. Lakukan cara ini secara rutin, yakni seminggu 2 kali demi hasil paling efektif.

  1. Lemon dan Baking Soda

Karena kombinasi antara jus lemon dengan baking soda dapat mengunci kalsium pada enamel yang artinya gigi dapat menjadi jauh lebih cerah, putih dan kuat secara alami, maka tak ada salahnya bila Anda menggunakan kedua bahan ini untuk perawatan gigi rutin.

Caranya: Campurkan jus lemon dan baking soda dalam takaran masing-masing yang sama untuk membuat adonan pasta. Setelah jadi, aplikasikan langsung pada gigi dan tinggalkan di sana selama 1 menit. Sikatlah gigi menggunakan larutan ini selama 1-2 menit yang kemudian bisa dibersihkan menggunakan air biasa. Selanjutnya, gosoklah gigi dengan pasta gigi biasa untuk membersihkan larutan lemon dan baking soda sebelumnya.

Menggunakan cara ini seminggu paling tidak 2 kali akan memberikan hasil yang efektif dalam memutihkan gigi tanpa efek samping berbahaya, asalkan takarannya pun benar. Boleh juga bila Anda hendak menambahkan sejumput garam ke dalam larutan tersebut.

Itulah cara memutihkan gigi dengan lemon paling ampuh wajib untuk Anda coba bila bermasalah dengan gigi kuning. Mengapa perawatan perlu dilakukan hanya 1-2 kali dalam seminggu? Ini karena penggunaan lemon terlalu sering malah hanya akan merusak enamel gigi dan kadar kalsium sebab saking tingginya kandungan asam dari buah tersebut. Jadi, lakukan perawatan sesuai yang dianjurkan saja dan jangan terlalu sering supaya tidak merusakkan gigi.