Home Penyakit dan KelainanPenyakit Gigi dan Mulut 19 Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

19 Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

by Mei Riska

Gigi merupakan aset bagi seseorang untuk bisa menambah kepercayaan diri dan menunjang penampilan. Sayangnya selama ini banyak orang yang salah kaprah dalam merawat giginya sehingga justru membuat gigi menjadi kuning. Gigi yang kuning tentunya tidak diinginkan oleh semua orang. Yang orang inginkan adalah memiliki gigi putih yang bersih. Saat tidak dijaga dengan benar, kesehatan gigi akan terganggu bahkan warna putihnya bisa memudar seiring dengan waktu. Gigi yang kuning tidak mengherankan jika dibiarkan berlarut larut akan berubah warnanya menjadi hitam. Oleh sebab itu sekiranya kita perlu tahu apa saja yang bisa menjadikan gigi berubah warnanya menjadi kuning. Berikut ini adalah penyebab gigi kuning yang harus kita ketahui bersama :

  1. Jarang Sikat Gigi

Hal pertama yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning adalah jarang membersihkan gigi dan menyikat gigi. Gigi yang kotor akan membuat kotoran hasil sisa sisa makanan menempel pada gigi. Sisa dari kotoran makanan itulah yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Jarang sikat gigi ini menyebabkan gigi mengalami berbagai macam gangguan misalnya saja bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang dan memunculkan plak atau karang gigi yang sulit untuk dihilangkan dengan gosok gigi biasa.

Baca : Kandungan pasta gigiBahaya pasta gigi bila tertelanBahaya gigi berlubang

  1. Suka Merokok

Penyebab gigi kuning lainnya yang harus diwaspadai baik bagi pria maupun wanita adalah kebiasaan suka merokok. Selama ini rokok di Indonesia menjadi pro dan kontra sebab meski memiliki banyak bahaya untuk kesehatan manusia, pabrik rokok di Indonesia mampu merekrut banyak SDM di Indonesia. Oleh sebab itu kita sendirilah yang harus memiliki inisiatif dan kesadaran untuk menjauhi rokok tersebut. Bagi yang belum bisa lepas sepenuhnya dari rokok ada beberapa macam cara mengatasi kecanduan rokok yang bisa anda lakukan. Selain bisa menyebabkan kanker paru paru, rokok juga bisa menyebabkan gigi kuning akibat nikotin yang menempel di gigi manusia. Semakin banyak batang rokok yang disulut dan dihisap semakin banyak zat nikotin yang menempel di gigi manusia. Lama kelamaan gigi yang kuning bisa berubah menjadi hitam dan sulit dikembalikan ke warna aslinya.

Baca : Pengaruh rokok terhadap paru paruBahaya merokok di ruang berAC

  1. Kopi

Kebiasaan merokok akan diperparah jika merokok dibarengi dengan kebiasaan ngopi. Sehabis makan menyulut rokok dan mengkonsumsi sering dilakukan oleh pria dan wanita, padahal di dalam kopi terdapat kafein yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Tidak hanya itu saja kandungan kafein pada kopi yang tidak segera dibersihkan akan menempel di gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Efek terlalu banyak minum kopi selain bisa menyebabkan giig kuning juga bisa memuat bibir menjadi hitam.

Baca : Bahaya kopi bagi penderita strokeKopi bagi penderita hepatitis

  1. Suka Mengkonsumi Minuman Dingin dan Panas Bersamaan

Pasti ada banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi makanan yang panas kemudian sehabis mengkonsumsi makanan panas itu langsung meneguk es yang dingin. Hal tersebut selain menyebabkan masalah di saluran pencernaan juga bisa menyebabkan masalah pada gigi. Ketika anda mengkonsumsi makanan panas kemudian meneguk minuman yang dingin syaraf pada gigi anda bisa mati. Saat syaraf gigi tidak aktif atau berfungsi lagi maka gigi akan mati rasa. Gigi yang mati rasa itu akan mmebuat gigi berwarna kuning pucat, berbeda dengan gigi yang syarafnya masih aktif.

Baca : Minum air dingin setelah makanBahaya minum air es setiap hari

  1. Suka Mengkonsumsi Teh

Minuman yang satu ini juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Selain bisa menyebabkan kecanduan, teh juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Meski tidak setinggi kandungan kafein pada kopi, ternyata teh juga memiliki kandungan kafein rendah yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Gigi kuning ini bisa disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi teh lebih dari dua kali dalam sehari. Sama seperti dengan kopi, kandungan kafein pada teh yang dikonsumsi berlebihan bisa menempel di gigi dan menyebabkannya menjadi berwarna kuning.

  1. Suka Menggunakan Penyegar Mulut

Menggunakan penyegar mulut baik yang semprot maupun kumur bisa menyebabkan gigi seseorang mejadi kuning. Hal itu dikarenakan kandungan kimia dan bahan bahan dari penyegar mulut itu akan menempel di gigi. Jika tidak segera dibersihkan lambat laun gigi akan menjadi kuning. Oleh sebab itu sebaiknya kita tidak ketergantungan dengan penyegar mulut. Gunakanlah penyegar mulut saat benar benar dibutuhkan misalnya ketika akan bertemu dengan orang yang banyak.

Baca : Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petaiPenyebab bau mulut akut

  1. Melakukan Bleaching Gigi

Tampil cantik dengan gigi yang ptutih berkilauan sih boleh boleh saja, namun sebelum melakukan hal tersebut pertimbangkan baik baik apa resiko melakukan hal tersebut. Terlalu sering melakukan pemutihan gigi atau belaching igig justru bisa menghilangkan warna alami gigi sehingga lama kelamaan giig justru berubah menjadi berwarna kuning.

  1. Gemar Mengkonsumsi Alkohol

Selama ini alkohol dianggap sebagai perusak kesehatan dan penganggu kesehatan tubuh manusia. Sayangnya masih banyak orang yang gemar mengkonsumsi alkohol. Selain bisa menyebabkan penyakit diabetes, alkohol juga dipercaya bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Alasannya adalah kandungan kimia pada alkohol mampu merusak lapisan luar gig sehingga warnanya bisa berubah menjadi kuning. Alkohol pun mampu menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Baca : Luka diabetesMakanan yang baik untuk diabetes melitus

  1. Suka Mengkonsumsi Permen

Penyebab gigi kuning lainnya adalah suka mengkonsumsi permen terlebih lagi permen karet. Kandungan gula yang tinggi ada pada permen karet sehingga permen karetlah yang bisa cepat merusak gigi. Terlalu banyak mengkonsumsi permen karet akan menyebabkan gigi menjadi kuning bahkan bisa menyebabkannya menjadi berlubang.

Baca : Bahaya anak menelan permen karetBahaya menelan permen karet

  1. Genetik

Salah satu penyebab gigi kuning lainnya adalah karena genetik. Ketika ada saudara atau bahkan orangtua anda memiliki gigi yang kuning maka anda memiliki resiko yang besar untuk memiliki gigi yang kuning.

  1. Minuman Soda

Siapa yang tidak suka soda?, rasa asam, manis dan segarnya membuat seseorang suka untuk meminumnya. Namun siapa sangka jika dibalik kesegaran soda ada banyak bahaya yang bisa mengancam peminumnya. Soda bisa menyebabkan gula darah menjadi naik, menyebabkan maag menjadi kambuh dan juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Soda bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dikarenakan soda memiliki kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang tinggi pada soda itulah yang bisa menyebabkan gigi berubah menjadi kuning. Lapisan dentin gigi semakin terkikis ketika mengkonsumsi soda setiap hari dengan jumah yang berlebihan.

Baca : Bahaya minuman bersoda bagi kesehatan ibu hamil

  1. Makanan dan Minuman yang Manis

Penyebab gigi kuning lainnya yang perlu diwaspadai adalah makanan dan minuman yang manis. Makanan dan minuman yang manis memang enak untuk dikonsumsi namun siapa sangka jika makanan dan minuman yang manis bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang serius. Selama ini makanan dan minuman yang manis hanya diketahui bisa menyebabkan kencing manis dan obesitas. Namun siapa sangka jika makanan dan minuman yang manis bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Hal itu dikarenakan lapisan dentin gigi bisa dikikis oleh glukosa yang ada pada gula. Oleh sebab itu sehabis mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis kita dianjurkan untuk berkumur kumur menggunakan air yang bersih dan tawar.

Baca : Penyebab obesitasCara mencegah obesitas

  1. Obat – obatan Tertentu

Ada beberapa obat obatan yang memiliki efek samping membuat gigi menjadi kuning. Obat yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning adalah obat antibiotik. Selain bermanfaat untuk menangkal dan mengobati infeksi bakteri, penggunaan antibiotik ini menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan manfaatnya sepadan dengan efek sampingnya. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam mengkonsumsi obat ini.

Baca : Bahaya antibiotik tanpa resep dokterBahaya resistensi antibiotik

  1. Mengidap Penyakit

Penyebab gigi kuning lainnya adalah karena mengidap suatu penyakit tertentu. Penyakit seperti diabetes dan juga penyakit liver akan menyebabkan gigi penderitanya menjadi berwarna kuning. Kadang orang yang mengalami gejala diabetes kurang menyadari tanda diabetes berupa menguningnya gigi. Orang yang menderita liver bisa mengalami gigi kuning dikarenakan kadar bilirubin dalam hati tinggi sehingga berpengaruh terhadap kulit dan juga gigi penderitanya.

Baca : Gejala awal liverBahaya penyakit liver hati

  1. Terlalu Sering Menggosok Gigi

Menggosok gigi memang baik untuk kesehatan gigi, namun apa jadinya jika dilakukan secara berlebihan?. Terlalu sering menggosok gigi justru akan membuat lapisan gigi menjadi rusak. Hal itu dikarenakan lapisan terluar gigi sering bertabrakan dengan bulu sikat gigi yang kasar. Oleh sebab itu bijaklah dalam menggosok gigi, gosok gigilah minimal dua kali sehari dan maksimal 4 kali sehari.

  1. Waktu Gosok Gigi yang Salah

Penyebab gigi kuning yang lain adalah menggosok gigi di waktu yang salah. Perhatikan dengan benar kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Menggosok gigi sehabis mengkonsumsi makanan yang manis justru buruk untuk kesehatan gigi, hal itu dikarenakan makanan yang manis akan membuat mulut menjadi asam, saat mulut asam banyak bakteri dan kuman yang tertarik bersarang di mulut terutama di gigi. Untuk menetralisir kuman dan bakteri tersebut gigi akan mengeluarkan lapisan enamelnya. Jika anda langsung menggosok gigi maka lapisan enamel tersebut akan terbuang sia sia dan kuman maupun bakteri akan mudah membuat gigi menjadi kuning.

  1. Kebiasaan Buruk

Tahukah anda apa kebiasaan buruk yang bisa membuat gigi menjadi kuning?, kebiasaan buruk yang mengakibatkan gigi kuning namun tidak disadari oleh masyarakat luas adalah membuka plastik kemasan menggunakan gigi. Kebiasaan tersebut bisa membuat gigi menjadi rapuh dan lemah. Saat gigi rapuh warnanya pun menjadi tidak sehat dan kuning.

  1. Efek Samping Tetes Mata

Obat tetes mata bisa menyebabkan efek samping dalam produksi air liur manusia. Kandungan kimia obat tetes mata bisa menekan produksi air liur di dalam mulut menjadi berkurang. Jumlah air liur yang sedikit akan menyebabkan gigi menjadi kuning.

  1. Klorin

Penyebab gigi kuning yang lainnya adalah kandungan klorin yang ada di dalam kolam renang. Hasil riset penelitian menunjukkan fakta bahwa perenang mengalami kerusakan pada gigi mereka dan gigi mereka berwarna kuning. Klorin yang tinggi dalam air kolam renang bisa merusak dentin sehingga gigi bisa menjadi kuning.

Baca : Bahaya berenang saat haidBahaya menelan air kolam renang

Itulah beberapa penyebab gigi kuning yang patut diwaspadai. Bagi anda yang masih memiliki gigi putih dan sehat sebaiknya mulai menjaga kesehatan gigi dengan menjauhi berbagai macam pennyebab gigi kuning tersebut. Namun bagi anda yang sudah memiliki gigi kuning, mengubah gaya hidup dan konsultasi kepada dokter gigi bisa menjadi solusi yang tepat.

You may also like