15 Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan Bagi Kesehatan

Bahaya minum air dingin setelah makan merupakan dampak buruk yang disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan seseorang terlalu sering atau berlebihan. Minum air dingin sangat melegakan, menyenangkan dan menyegarkan ketika dikonsumsi sesaat setelah selesai makan. Minum air dingin setelah makan lebih cepat memiliki efek megenyangkan dari pada minum air hangat.

Bahaya minum air dingin setelah makan :

1. Menggagalkan penyerapan nutrisi
Bahaya minum air dingin setelah makan yang sering terjadi adalaah karena nutrisi yang telah masuk didalam tubuh tidak mampu terserap dengan baik dan proses penyebaran nutisi kedalam darahpun menjadi terhambat karena masuknya air dingin yang berlebihan.

2. Menggagalkan proses penghancuran lemak
Minum air dingin setelah makan dapat menggagalkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Bagi yang sedang menjalani program diet seimbnag maka hindarilah minum air dingin setelah makan selama diet anda sedang berlangsung agar terhindar dari penumpukan lemak disekitar perut dan lengan serta paha.

3. Iritasi tenggorokan
Bahaya minum air dingin setelah makan yang paling sering menyerang anak anak adalah iritasi dan peradangan tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit ketika menelan ludah atau makanan. Iritasi tenggoeokan dapat berubah menjadi penyakit batuk .

4. Penyumbatan usus
Terlalu sering minum air dingin setelah makan dapatb meyebabkan proses penghancuran dan penyerapan makanan didalamn usus terganggu. Bahaya minum air dingin setelah makan lebih sering disebabkan karena adanya suhu dingin air yang menjadikan struktur makanan menjadi beku, Kondisi inilah yang menyebabkan pengendapan lemak pada saluran usuus sehingga terjadi penyumbatan .

5. Gangguan ritme jantung
Bahaya minum air dingin setelah makan dapat menghambat aliran darah menuju jantung, Akibatnya saraf saraf disekitar jantung yang disinggahi air dingin dalam jumlah yang berlebihan dapat mengganggu ritme jantung. Denyut jantung tidak beratiran dan menyebabkan sesak nafas serta nyeri dada.
(Baca juga : Penyebab gangguan ritme jantung)

6. Kembung
Air dingin yang diminum sesaat setelah makan dapat menyebabkan peningkatan gas dan asam lambung dan jaringan perut menjadi tegang dan Kejang. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menderita perut kembung dan terasa penuh akibat banyaknya gas yang ada di jaringan perut. Perut akan terasa tidak nyaman dan membuat seseorang jadi menderita begah .

7. Sering merasa dahaga



Bahaya minum air dingin setelah makan sering dialami anak anak daan orang dewasa adalah berupa seseorang menjadi sering merasa haus. Minum air dingin setelah makan dalam jumlah banyak mampu mengacaukan stabilitas keseimbangan tubuh sehingga seseorang akan merasa haus kembali setelah beberapa saat minum segelas air.

8. Gangguan fungsi fisiologis
Minum air dingin setelah makan yang dilakukan setiap hari dapat meningkatkan aliran darah menuju otak , Hal inilah yang menyebabkan gangguan fungsi fisiologis yaitu berupa rasa pusing pusing yang timbul tenggelam lalu tersrang pembekuan otak.

9. Pembesaran amandel
Bagi anak anak yang terbiasa minum air dingin stelah makan maka berhati hatilah karena bisa meningkatkan proses pembesaran amandel yang dapat menyebabkan seorang anak kesulitan untuk menelan makanan. Pembesaran amandel dapat mengganggu sistem pernafasan dan mudah terjadi iritasi ketika seseorang sering minum air dingin yang di imbangi dengan makanan yang mengandung lemak jenuh .
(Baca juga : cara mengobati amandel tanpa operasi)

10. Perut buncit
Bahaya minum air dingin setelah makan yang sering terjadi pada orang dewasa pria atau wanita adalah berupa pembesaran perut atau perut membuncit. Air dingin yang masuk dalam jaringan perut akan sulit diproses oleh tubuh ketika terjadi penumpukan lemak dan kolesterol. Kondisi ini dapat menyebabkan perut semakin buncit.

11. Memicu sakit kepala
Minum air dingin setelah makan secara berlebihan dapat mempengaruhi suhu tubuh secara tiba tiba dan menyebabkan pelebaran pembuluh darah sekitar kepala yang akhirnya menyebabkan seseorang terserang sakit kepala. Bahaya minum air dingin setelah makan paling sering dialami oleh orang orang yang memiliki kebiasaan makan makanann yang masuk dalam kategori siap saji atau junkfood.
(Baca juga : obat sakit kepala)


12. Mempermudah pembentukan batu ginjal
Banyak orang yang terbiasa minum air teh dingin setelah makan, berhati hailah karena minum air teh dingin setelah makan sangat dilarang karena zat oxalate yang ada pada teh dapat mempercepat pembentukan kristal kristal yang menyerupai batu di dalam jaringan ginjal anda. Air teh yang dingin dapat menghambat ginjal dalam mengendalikan cairan tubuh.

13. Gangguan fungsi pencernaan
Bahaya minum air dingin setelah makan sering juga terjadi akibat air dingin mampu memadatkan makanan berlemak yang telah kita konsumsi, Hal ini menyebabkan adanya peningkatan massa didalam jaringan perut sehingga mengganggu kinerja pencernaan. Kondisi tersebut mempermudah bakteri untuk masuk dan akibatnya fungsi sistem pencernaan menjadi terganggu.

14. Refluk asam
Seseorang yang menderita refluk asam sebaiknya tidak minum air dingin setelaha makan dalam jumlah yang berlebihan agar tidak memperburuk kondisi refluknya.

15. Dehidrasi
Bahaya minum air putih setelah makan yang paling sering dilamai semua manusia didunia adalah munculnya dehidrasi pada tubuh. Tubuh merasa tidak nyaman dan mudah merasa lelah karena kekurangan cairan. Air dingin yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh dapat menyerap cairan tubuh secara bertahap sehingga menjadikan seseorang menjadi terkena gejala dehidrasi yaitu berupa mudah kelelahan, Lesu dan sakit kepala.
(Baca juga : bahaya dehidrasi)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, July 2016 / 03:13 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk