Home MakananMakanan Berbahaya 10 Bahaya Makan Bakso Terlalu Sering Untuk Kesehatan

10 Bahaya Makan Bakso Terlalu Sering Untuk Kesehatan

by Henny Anugerah

Bahaya makan bakso terlalu sering merupakan kebiasaan buruk sekaligus gaya hidup masyarakat indonesia yang digunakan sebagai alternatif pengganjal perut lapar.
Kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan bakso dalam jangka panjang merupakan gaya hidup masyarakat Indonesia yang sudah turun temurun menjadikan bakso sebagai makanan selingan ketika sedang santai, Dimana aktifitas tersebut dapat terlihat di berbagai tempat kedai makanan dan diberbagai kesempatan. Bakso adalah makanan yang merakyat yang memiliki citarasa yang lezat, Bakso juga memiliki harga yang ramah di kantong dan disukai anak anak maupun orang dewasa.

Macam macam bahan dasar pembuatan bakso :

  • Ikan yang menganduing protein, Omega 3 dan 9
  • Telur yang mengandung protein, Kalsium, Zat besi
  • Daging sebagai sumber vitamin, mineral dan zat besi
  • Terigu yang mengandung karbohidrat

Makanan bakso dilengkapi pula dengan bumbu yang bermutu tinggi, seperti :

  • Mengandung zat anti kanker dan antibiotik alami misalnya bawang putih
  • Mengandung vitamin A,B1,B2,B3,B5,B6,C,E dan K misalnya pada daun seledri
  • Mengadung kalium, magnesium, seng, kalsium dan zat besi

Waspada bahan pengawet pada bakso

Bakso yang dibuat menggunakan bahan campuran borak dan formalin, Jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan setiap hari maka dapat menyebabkan menurunya kualitas rasa, Aroma dan kandungan nutrisi yang ada pada bakso itu sendiri. Namun bakso yang dibuat tanpa menggunakan bahan tambahan borak dan formalin bukan berarti bisa dikonsumsi setiap hari, Hal ini berhubungan dengaan adanya bahan lain yang memungkinkan menimbulkan keluhan kesehatn lain misalnya penggunaan vetchin atau MSG (mononatrium glutamat) yang perlu juga diwaspadai.

Bahaya dibalik kenikmatan bakso

Perlu diketahui bahwa jaman sekarang Bakso adalah salah satu contoh makanan yang mengandung formalin, tujuan pemberian formalin agar bakso tidak mudah basi maka banyak pedagang bakso yang nakal menggunakannya agar lebih tahan lama untuk diperdagangkan kembali.

Gejala buruk yang umum dialami seseorang karena terlalu sering makan bakso :

  • Kehilangan selera makan (nasi)
  • Menderita kurang gizi
  • Kecanduan pada citarasa bakso

Inilah Bahaya makan bakso terlalu sering

1. Menyebabkan hipertensi

Penggunaan bahan penyedap seperti vetchin atau MSG yang terlalu berlebihan pada bakso dapat meningkatkan kadar tekanan darah yang sebelumnya diawalii dengan sakit kepala dan perut mual mual.

Baca juga : Cara mengatasi darah tinggi dengan cepat secara alami

2. Menyebabkan gangguan sistem saraf otak

Mengkonsumsi bakso dengan penggunaan bahan borak atau formalin didalamnya dapat menyebabkan keterbelakaangan mental atau kerusakan sistem saraf otak pada anak anak yang berhubungan dengan daya pikir serta keterampilan motorik anak.

Baca juga :kesehatan sistem saraf otak

3. Resiko keguguran

Ibu hamil muda yang suka atau sering makan bakso dapat beresiko mengalami keguguran. bakso yang didalmnya ditambahkan cuka, bahan penyedap dan mengandung borak dapat merusak organ tubuh janin yang baru akan terbentuk dan menggagalkan pertumbuhan janin sehingga akan timbul hancurnya janin .

4. Asam lambung naik

Pemakaina cuka yang berlebihan selain dapat merusak email gigi ternyata dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan perut terasa nyeri, mual mual serta rasa tidak nyaman pada daerah ulu hati yang berkesinmbungan.

Baca juga : penyebab asam lambuang naik

5. Menyebabkan mencret

Penggunaan borak dan formalin pada pembuatan bakso dapat menyebabkan dinding pencernaan mengalami iritasi dan peradangan yang mengakibtakan sakit perut dan diare. jaringan perut kehilangan kemampuannya dalam pengendalian cairan dalam tubuh, sehingga ketika buang air besar feses tidak bisa dikristalkan dalam saluran pembuangan.

Baca juga : penyebab perrut melilit dan mencret

6. Menyebabkan gangguan usus

Pemakaian bahan borak yang berlebihan pada bakso dapat mengiritasi dinding usus dan membuat perdangan didalamnya, kondisi ini dapt menyebabkan penurubnan kinerja usus. usus yang terganggu dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur pada malam hari karena bagian usus mengalami luka dan melilit sepanjang malam. hal itu memgindikasikan bahwa usus telah mengalami keracunan borak yang harus segera diobati.

7. Menyebabkan alergi kulit

Ada beberapa orang yang mengalami alergi pada bahan pengawet seperti borak atau formalin yaitu timbul bercak bercak merah pada permukaan kulit dan terasa gatal, jika digaruk maka kulit akan mengalami pembengkakan, mengapa orang bisa alergi terhadap bahan pengawet pada bakso? tubuh yang sensitif pada benda asing yang masuk kedalam jaringan tubuh akan menolak dan meresponnya dalam bentuk muculnya alergi, kondisi bisa terjadi pada orang orang yang alergi terhadap pemakaian penyedap rasa pada bakso.

Baca juga : obat alergi gatal kulit alami

8. Menyebabkan sariawan

Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dan jangka panjang dapat mengiritasigusi atau rongga mulut bagian dalam . penyedap rasa mempunyai sifat menggerus dan tajam yang jika telah melukai rongga mulut akan menyebabkan seseorang kesulitan makan.

Baca juga : Cara mengobati sariawan secara alami

9. Menyebabkan penyakit jantung

Bakso yang mengandung borak dan formalin daapat menyebabkan penyemputan pembukuh darah menuju jantung dan menghambat aliran darah sekitar jantung yaang dapat menyebakan kinerja jantung semakin berkurang.

Baca juga : ciri ciri penyakit jantung

10. Menyebabkan kanker

Mengkonsumsi bakso yang menggunakan bahan tambahan borak atau formalin setiap hari dapat menyebabkan kerusakan sel didalam DNA secara bertahap yang kelak bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. borak dan formalin tidak digunakan untuk masuk dalam tubuh manusia karena dapat merusak sel sel tubuh dan menghentikan aktifitas sel tubuh.

Cara mengkonsumsi bakso yang aman dan tetap sehat :

  • Makan bakso tidak dilarang selama bakso yang dikonsumsi dibuat dari bahan dasar makanan yang bersih dan tanpa penambahan zat borak atau formalin.
  • Untuk menjaga kualitas gizi bakso sebaiknya mengkonsumsi bakso dengan penggunaan penyedap rasa atau MSG secara wajar.
  • Mengganti cuka dengan air asam kawak atau air jeruk nipis dan lemon yang terbukti lebih baik karena mengandung vitamin C dan zat anti inflamasi didalamnya.
  • Gunakan sambal yang dibuat sendiri dari cabai dan bumbu lain yang lebih higienis daripada harus diubuat oleh orang lain yang tidak kita ketahui cara mereka membuatnya atau gunakan saos sambal dari lisensi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Dapat mencampur bakso dengan telur atau daging dagingan dan beberapa sayuran hijau untuk melipatgandakan nutrisi ketika bakso dikonsumsi.

You may also like