Bahaya Makan Makanan Berjamur Mengancam Kesehatan Tubuhkah? Ini Penjelasannya

97

Beberapa orang mungkin pernah mengalami yang namanya tak sengaja makan makanan berjamur karena kurang teliti dalam memeriksa kondisi makanan atau lupa tanggal kadaluarsa produk makanan tersebut. Manusiawi kok kalau merasa ceroboh dalam satu waktu dengan tak sengaja makan makanan yang ada jamurnya, namun tentunya jika sudah menyadari rasa khawatir itu pasti datang.

Makanan mudah berjamur seperti roti karena memang dalam pembuatannya menggunakan pengawet yang membuatnya tak tahan lama jadinya. Beberapa sumber menyebut bahwa bahaya makan makanan berjamur tidak seperti yang kita sempat takutkan kok. Tak akan ada hal buruk apalagi kalau tubuh punya sistem kekebalan yang kuat, lalu apa sih hal yang bisa saja kita alami usai memakannya?

  • Mual-mual
  • Muntah
  • Diare
  • Iritasi tenggorokan, mata atau hidung ketika punya alergi jamur

Tak ada jamur yang merugikan kesehatan secara menyeluruh dan sampai parah, apalagi jika jamurnya jamur biasa. Hanya saja memang ada sejumlah jenis jamur yang mampu menghasilkan zat beracun sehingga dapat menjadi penyebab timbulnya kanker; zat tersebut kita kenal dengan mikotoksin. Hanya saja, jenis jamur ini paling jarang kok.

Bahaya tidaknya makan makanan berjamur juga ditentukan oleh seberapa sering dan seberapa banyak kita mengonsumsinya. Pada umumnya, mengonsumsi makanan yang sudah berjamur misalnya dua kali dan masing-masing hanya sedikit itu tidak akan apa-apa. Namun bila mengonsumsi dalam waktu lama dan terlalu banyak, inilah yang kemungkinan berakibat buruk bagi pencernaan.

Tips Mengatasi Jamur pada Makanan

Cara paling dianjurkan ketika hendak menghilangkan jamur pada makanan adalah dengan memotong bagian berjamur sedikit saja. Memang cara ini tak menjamin bahwa jamur bakal hilang total, namun tergantung pilihan orang, mau membuangnya sebagian lalu menikmati sisanya kalau mau atau buang seluruh makanan lalu cari makanan lain yang masih fresh.

Pastikan untuk tak memanggang makanan yang berjamur karena ini bukanlah cara efisien untuk membuat si jamur mati. Bila ingin mencegah makanan berjamur, maka makanan harus disimpan dengan ditutup rapat lebih dulu; bungkuslah dengan plastik agar aman. Simpan pula di dalam lemari es dan jangan di suhu ruangan.

Makanan sisa perlu dihabiskan dalam waktu 3-4 hari karena menyimpan atau meninggalkannya di suhu ruang apalagi di atas 2 jam mampu mempercepat proses pembusukan makanan tersebut. Kalau tidak ingin mengambil risiko, segera buang makanan berjamur atau hindari mengonsumsinya dan carilah makanan yang baru agar tidak gangguan pencernaan atau keracunan.