24 Bahaya Merayakan Tahun Baru Secara Berlebihan

1450

Bahaya merayakan tahun baru bagi kesehatan, sosial, dan kehidupan secara umum patut anda waspadai karena tanpa disadari banyak menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan kita sehari hari. Dampak yang ditimbulkan dapat terjadi pada pribadi hingga sosial masyarakat dan bangsa serta negara. Anda wajib berhati hati dan menyikapi tahun baru secara bijaksana dan wajar wajar saja. Ingin tahu bahaya apa saja yang dapat di timbulkan karena merayakan tahun baruan secara berlebihan ?

Bagi Kesehatan

Bahaya merayakan tahun baru dengan euforia secara berlebihan bagi kesehatan dapat berdampak sederhana hingga menyebabkan kematian mendadak. Berikut beberapa di antaranya.

1. Insomnia

Dimalam tahun baru pasti anda akan sulit tidur karena banyaknya tetangga yang merayakan hingga adanya mercon & kembang api yang bunyinya sangat mengganggu. Hal ini juga akan mengganggu kesehatan dalam hal denyut jantung lebih cepat, darah tinggi, hingga efek lainnya. Cara mengatasi susah tidur pada saat tahun baru sebenarnya ada di kita sendiri, jangan terlena dengan euforianya secara berlebihan.

2. Darah Tinggi

Bagaimana bisa menyebabkan darah tinggi ? nah penyebab darah tinggi bisa berasal dari makanan hingga kebiasaan. Nah makanan pada saat tahun baruan pasti enak enak dan banyak daging serta berminyak. Ini adalah salah satu yang dapat menyebabkan darah tinggi. Belum lagi bahaya alkohol jika anda merayakannya dengan minum minuman keras. Selain itu bahaya tidur larut malam menjadi salah satu penyebab yang juga sangat efektif meningkatkan darah tinggi.

3. Kematian Mendadak

Penyebab kematian mendadak memang sangat banyak sekali, terbesar karena masalah penyakit jantung. Apa hubungannya dengan merayakan tahun baruan ? nah, ini penulis alami sendiri pada tahun baru 2010 -an dimana ada tetangga paruh baya yang meninggal mendadak. Setelah visum ternyata, jantungnya tidak kuat akibat tidur larut malam hingga konsumsi makanan penuh kolesterol. Keinginan menikmati pergantian tahun dapat berakibat fatal jika di paksakan.

4. Risiko stroke

Memang jarang orang terkena stroke secara langsung pada saat merayakan tahun baru. Namun korelasinya sangat positif jika kita kaitkan dengan penyebab stroke yaitu darah tinggi hingga makanan kolesterol tinggi hingga alkohol.

5. Penyakit jantung

Nah terkait dengan poin 2 dan 3 di atas, sebaiknya anda berhati hati karena sangat besar pengaruhnya dengan kesehatan jantung. Memaksakan untuk tidak tidur dan makanan berkolesterol bisa menyebabkan kinerja jantung lebih dipaksakan. Akibatnya jantung membesar yang merupakan salah satu jenis penyakit jantung berbahaya mengintai anda.

Bagi Masalah Ekonomi

Merayakan tahun baru tidak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan juga pada masalah ekonomi. Euforia berlebihan akan merugikan anda.

1. Habisnya tabungan buat hal hal tidak perlu

Haruskah merayakan tahun baru di luar negeri / luar kota / atau tempat lainnya ? tentu tidak. Namun bagi sebagian orang yang ingin eksis, banyak memaksakan hal tersebut, merayakan tahun baru dengan “mewah” yang akhirnya dapat berdampak pada masalah kantong pribadi. Merayakan tahun baru sebaiknya tidak perlu berlebihan hingga lupa akan kondisi ekonomi anda.

2. Pengeluaran membengkak

Tidak sadar, uang saku bulan ini dan bahkan jatah 2 bulan mendatang sudah habis anda gunakan hanya untuk menyiapkan acara tahun baruan. Anda habiskan biasanya untuk membeli makanan makanan super enak, hingga hiasan tahun baru yang mahal nan tidak berfungsi. Selain itu ada juga yang menghabiskan dengan membeli petasan dan kembang api yang harganya cukup mahal.

3. Efektivitas pekerjaan yang turun -> menurunnya penghasilan

Tidak ayal efektivitas seluruh karyawan di akhir tahun memang turun drastis, apa penyebabnya ? tentu hal ini disebabkan oleh banyaknya cuti yang diajukan hingga etos kerja menjelang liburan yang sudah semakin turun. Akibatnya seluruh pekerjaan hingga etos kerja akan turun drastis. Tidak ayal diakhir tahun banyak personil ataupun bahkan perusahaan berdampak pada penurunan yang signifikan.

4. Bangkrut

Ini terdengar ekstrim memang, namun harus di ulas juga di sini, mengapa bahaya merayakan tahun baruan bisa menyebabkan anda bangkrut? nah ini khusus spesifik yang merayakannya dengan over euforia seperti dengan berjudi ataupun dengan kegiatan terlarang lainnya. Bisa bisa harta anda habis di malam tahun baru tersebut. Belum lagi jika anda sakit setelah tahun baru tersebut atau terkena serangan jantung.

Bagi masalah sosial masyarakat

Bahaya merayakan tahun baruan secara berlebihan paling banyak dampak dan efek negatifnya adalah bagi masyarakat dan keluarga. Berikut beberapa yang harus anda pertimbangkan.

1. Bahaya kebakaran 

Tahun baru identik dengan bermain mercon serta kembang api, jadi masalah ini sudah dari puluhan tahun yang lalu dapat mengakibatkan kelalaian yang berujung pada kebakaran berbahaya. Selain itu kebakaran juga sering terjadi pada gudang / pabrik petasan yang mengenjot produksinya menjelang tahun baru.

2. Tawuran

Jika ada beberapa anggota kelompok yang merayakan tahun baru secara berlebihan, bukan tidak mungkin dapat membahayakan serta mengakibatkan tawuran.

3. Tidak kejahatan narkoba

Peredaran narkoba di akhir tahun biasanya meningkat, hal ini disebabkan oleh pengedar yang memanfaatkan fokus kepolisian dalam mengamankan tahun baru. Perbatasan perbatasan yang lengang dimanfaatkan oleh mereka untuk melakukan aksi distribusi narkoba secara besar besaran. Kita ketahui bahaya narkoba sangat mematikan bagi kesehatan tubuh.

4. Ancaman terorisme

Terorisme di seluruh dunia memang memanfaatkan perayaan tahun baru untuk menunjukkan eksistensinya dengan melancarkan serangan pada saat tahun baruan. Jadi tidak ayal hal ini juga dapat meresahkan masyarakat.

5. Kecemburuan sosial

Ada si A yang merayakan tahun baru dengan mewah, sedangkan si B tidak sama sekali, kecemburuan sosial sangat mungkin terjadi pada saat perayaaan tahun baru.

6. Awal perbuatan negatif

Banyak orang yang merayakannya dengan teman serta dengan berbagai aktivitas, tidak heran tahun baruan ini kadang adalah awal bagi seseorang untuk dijebak dalam pergaulan bebas hingga konsumsi narkoba, merokok, dan alkohol. jadi waspadalah saat merayakan tahun baruan.

Bagi Keluarga dan Pribadi

Bahaya tahun baruan bagi diri sendiri serta keluarga memang terkadang harus diperhatikan secara seksama. Berikut beberapa diantaranya.

1. Perceraian

Dampak paling vatal adalah perceraian, mengapa ? anda mungkin ingin merayakan tahun baru bersama teman, walau istri dan anak yang masih kecil anda tidak bisa ikut. Tidak ingin ketinggalan tahun baruaan bersama teman membuat anda mengabaikan istri dan anak anak. Akibatnya bisa fatal sekali.

2. Hubungan se* bebas

Dimalam tahun baru banyak anak gadis abg yang “Kehilangan keper**awanannya” ? loh apa hubungannya ? nah banyak pasangan yang memanfaatkan peluang untuk berkeliaran hingga larut malam saat tahun baru. Orang tua biasanya mengizinkan anaknya untuk merayakan tahun baru dengan alasan 1 x 1 tahun dengan pacarnya. Waspada lah hal ini kebanyakan disalahgunakan oleh mereka.

Bahaya merayakan tahun baruan memang banyak sekali dari berbagai aspek. Namun artikel ini bukan berarti melarang anda merayakan tahun baru. Hanya saja anda harus merayakannya dengan wajar dan jangan berlebihan. Rayakan bersama keluarga tanpa harus mewah dan meriah.