Benjolan di Gusi Atas : Diagnosa, Pengobatan, dan Pencegahan

4597

Bagi sebagian besar masyarakat kita benjolan digusi bukanlah merupakan sebuah hal ataupun penyakit yang aneh sehingga kebanyakan besar dari masyarakat kita sering mengganggap penyakit atau kondisi ini sebagai hal yang biasa saja. Benjolan di gusi itu sendiri merupakan sebuah kondisi yang terjadi pada gusi  dimana dalam gusi tersebut terjadi  kondisi yang tidak normal yang tidak lain merupakan reaksi tubuh akibat adanya benda asing, benda asing ini bukanlah benda-benda yang kita pahami seperti biasanya, benda yang dimaksudkan disini ialah mikroorganisme.

Terkadang orang yang mengalami benjolan digusi tidak menyadari akan adanya benjolan ini mereka baru menyadari setelah benjolan tersebut sudah agak membesar sehingga dapat dirasakan oleg mulut penderitanya. Walaupun benjolan digusi merupakan kondisi yang sering dialami namun setiap penderitanya memiliki perbedaan tempat tumbuhnya atau adanya benjolan digusi, walaupun letaknya sama-sama digusi namun tempat digusinya berbeda-beda, jadi intinya benjolan digusi ini bisa terjadi pada gusi dibagian mana saja, bisa digusi bagian rahang atas, rahang bawah, rahang belakang dll.

Perlu diketahui bahwa ternyata benjolan itu merupakan suatu hasil atau dampak dari adanya pertumbuhan suatu sel, sel tersebut terdiri dari dua macam sel yaitu sel jinak dan sel ganas. Sel jinak ini merupakan suatu pertumbuhan sel namun tingkat pertumbuhannya berjalan lambat berbeda dengan sel ganas yaitu suatu pertumbuhan sel yang berlangsung secara cepat artinya jika sel tersebut merupakan sel ganas anda harus segera melakukan pengobatan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Benjolan yang terjadi pada gusi manusia atau seseorang ini sendiri merupakan benjolan yang bisa mengindikasikan berbagai macam hal seperti pertumbuhan sel kanker. Seseorang yang mengidapnya biasanya akan merasakan ketidaknyamanan dalam melakukan aktifitas sehari-harinya, selain akan mengurangi rasa percaya diri seseorang saat mengobrol dengan orang lain, saat senyum, penderitanya juga rata-rata akan merasakan sakit saat makan apalagi saat mengunyah, hal ini terjadi karena terdapat penyempitan yang diakibatkan ruang mulut yang menyempit.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa benjolan digusi ini bisa terjadi di berbagai macam sudut gusi namun ternyata benjolan yang terjadi digusi ini juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis ini akan dijelaskan sebagai berikut.

Jenis-Jenis Bejolan Gusi

1. Fistula

Jika anda mengalami benjolan yang terdapat digusi namun benjolan tersebut terjadi di samping gigi yang berlubang itu tandanya anda mengalami fistula ini. Fistula merupakan benjolan yang terletak disamping gigi berlubang  dimana benjolan tersebut memiliki konsistensi yang lunak dan seperti mengandung cairan seperti darah dan nanah. Fistula ini memiliki diameter sampai 1 cm. Jika anda mengalami fistula ini tindakan yang anda harus lakukan adlah perawatan saluran akar gigi yang isa anda lakukan dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis konservasi gigi.

Baca juga :  penyebab gusi jadi hitam

2. Granuloma sel raksasa perifer

Seperti namanya jenis benjolan yang terdapat pada gusi ini memiliki tekstur  sedikit berbenjol-benjol dan memiliki warna merah muda sampai  merah hingga ungu tua. Seperti halnya dengan jenis fistula benjolan di gusi ini memiliki ukuran yang berdiameter sampai 1 cm. Jenis granuloma sel raksasa perifer ini biasanya terjadi di gusi bagian rahang bawah sampai depan gigi geraham. Tanda-tanda yang dapat anda lihat untuk mengetahui bahwa jenis bejolan pada gusi yang sedang alami ini termasuk jenis ini atau hukan ialah dengan melihat apakah terdapat pembengkakan berbatas jelas atau tidak, dan benjolan tersbeut memiliki teksut  yang licin dank keras. Jenis benjoolan pada gusi ini bisa terjadi atau dialami oleh siapa saja namun biasanya benjolan jenis ini dilami oleh seseorang yang berumur 10-40 tahun.

Baca juga :  penyebab gigi berlubang

3. Granuloma piogenik

Jenis ini merupakan slah satu jenis benjolan digusi yang sering dialami oleh seseorang yang memiliki keseharian tidak bersih atau jorok karena biasanya benjolan pada gusi jenis ini dialami oleh seseorang yang memiliki kebersihan mulut kurang baik, memiliki karang gigi dll. Untui mengetahui apakah anda menderita benjolan jenis ini atau tidak anda dapat melihatnya dengan menyentuh permukaannya jika permukan benjolann yang anda alami licin dan memiliki warna merah pada garis batasnya  anda dapat mengetahui jika anda mengalami benjolan pada gigi jenis ini walaupun memang pada benjolan pada gusi jenis ini penderitanya tidak merasakan sakit apapun namun biasanya penderitanya akan mengalami pendarahan pada benjolan tersebut. Menurut dunia kesehatan jenis benjolan granuloma piogenik ini juga dapat dikaitkan dengan adanya ketidakseimbangan hormone yang terdapat pada wanita.

Baca juga : Sakit Gigi

4. Perikoronitis

Perikoronitis atau yang lebih dikenal dengan operkulitis ialah sebuah peradangan yang diakibatkan oleh adanya jaringan lunak yang terjadi pada mahkota gigi yang mengalami erupsi sebagian atau gigimengalami penahanan sehingga tidak bisa muncul ke gusi. Hal ini biasanya terjadi berkaitan dengan gigi geraham ketiga bawah yang sedang mengalami erupsi dalam lengkung gigi yang baik, namun ruangnya tidak cukup

Baca juga :  penyebab gigi ngilu

5. Fibroma perifer dengan klasifikasi

Dalam jenis peradangan  atau benjolan di gusi tidak begitu diketahui apa penyebabnya . Ciri-ciri dari benjolan pada gusi ini ialah memiliki tektur keras, mempunyai warna merah muda dan biasanya dalam benjolan jenis nin memiliki efek lain pada gigi yaitu gigi memiliki dampak atau efek samping menjadi geser atau biasanya  mudah berdarah.

Baca juga : masuk angin

Diagnosa

Untuk mengetahui apa penyebab dan pengobatan yang dilakukan dari adanya benjolan digusi ini anda harus melakukan pemeriksaan atau yang sering kita kenal dengan istilah dengan diagnosis. Diagnosis ini harus dilakukan dengan dokter atau dokter spesialis mulut. Dalam proses diagnosis dokter akan memberikan atau melakukan pemeriksaan fisik. Dalam proses pemeriksaan ini dokter akan melihat kondisi benjolan yang terdapat pada gusi anda. Setelah melakukan pemeriksaan fisik jika diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan x-ray hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi yang lebih akurat

Baca juga :  penyebab gigi kuning

Kemungkinan Penyebab Benjolan Digusi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa setelah penderita atau pasien telah melakukan diagnosa  namun terdapat beberapa kemungkinan lain tentang penyebab adanya benjolan yang bisa terjadi pada gusi ini. Beberapa kemungkinann dari penyebab benjolan pada gusi ini akan coba dijelaskan sebagai berikut.

Baca juga : jenis-jenis penyakit gigi dan mulut

1. Abses gusi

Abses gusi ini ialah suatu kondisi dimana terdapat infeksi gigi dimana infeksi gigi ini menyebabkan infeksi tersebut ke jaringan sekitarnya, akibat hal ini maka terjadi kumpulan nanah pada gusi, kumpulan nanah inilah yang akhirnya menyebabkan adanya benjolan di gusi.

Baca juga : penyebab sakit gigi

2. Tumor

Seperti yang telah diketahui oleh sebagian masyarakat tumor lebih dikenal oleh masyarakat sebagai daging tumbuh, menurut dunia medis sendiri tumor merupakan keadaan dimana terdapat pertumbuhan sel jaringan, pertumbuhan sel jaringan ini sendiri bisa bersifat ganas dan jinak.

Baca juga : cara mengatasi gusi bengkak

3. Kista

Kista ini merupakan sebuah kondisi kesehatan dimana terdapat sebuah kantong yang berisis cairan. Dalam benjolan yang terjadi pada gusi ini sendiri cairan yang ada berupa darah darah nanah.

Baca juga : jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya 

4. Fistula

Pengertian dari fistula ini ialah adanya saluran yang terbentuk pada gusi sendiri.

Baca juga :  bahaya antibiotik tanpa resep dokter

5. Gingvitis

Gingvitis merupakan sebuah kondisi dimana menyebabkan gusi mengalami peradangan.

Baca juga : obat gusi bengkak

6. Mukokel

Mukokel merupakan kondisi pada gusi yang mengalami pembengakan yang akhirnya mengakibatkan adanya cairan di dalamnya.

Baca juga : khasiat lidah buaya untuk kulit

7. Kanker mulut

Salah satu tanda dari adanya anker mulut ialah adanya benjolan yang terdapat pada gusi, sehingga jika kita mengalmainya harus segera memeriksakan diri ke dokter karena seseuai yang kita ketahui selama ini bahwa penyakit kanker bukanlah penyakit yang biasa namun bisa digolongkan sebagai penyakit ynag mematikan.

Baca juga : bahaya mematikan saraf gigi

Selain beberapa hal tersebut menurut beberapa pakar kesehatan benjolan yang terjadi pada gusi seseorang rusaknya mahkota gigi,  dimana mahkota gigi ini memiliki fungsi sebagai pelindung gigi bagian dalam yang terdiri dari akar gigi, pembuluh darah, persyarafan, dan juga sebagai proses untuk mengunyah makanan. Dikarenakan mahkota gigi yang rusak inilah maka mengakibatkan adanya infeksi.

Setelah mengetahui dari  kemungkinan dari penyebab adanya benjolan di gusi anda tentunya lebih berhati-hati, karena kemungkinan benjolan yang adnda alami digusi bukanlah benjolan biasa namun bisa saja merupakan penyakit berbahaya seperi tumor, kista dan kanker.

Pengobatan Benjolan Pada Gusi

Karena berbagai penyakit lain yang mungkin bisa terjadi maka dari itu untuk mencegahnya maka anda harus segera melakukan pengobatan. Pengobatan yang biasanya dilakukan ialah menempuh jalan operasi. Operasi merupakan jalan pengobatan yang dianggap paling efisien dikarenakan dalam operasi waktu yang ditempuh untuk penyembuhan lebihncepat hanya saja memang biaya yang dikeluarkan lebih mahal, namun tentunya anda dapat memilih betapa lebih pentingnya kesehatan dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan. Bagi anda yang tidak memiliki cukup uang untuk mempuh jalan operasi anda dapat menempuh berbagai jenis pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan salah satunya dengan memanfaatkan daun sirsak. Ternyata daun sirsak dipercaya bisa menyembuhkan benjolan yang terjadi pada gusi kita. Cara pemanfaatan daun sirsak sebagai obat dari adanya benjolan di gusi ini sangat mudah yaitu hanya dengan meminum air rebusan dari daun sirsak secara rutin dan telaten, maka lama kelamaan benjolan yang anda alami diigusi anda bisa hilang.

Untuk hasil pengobatan yang lebih maksimal anda tentunya harus melakukan berbagai hal yang kemungkinan bisa memperparah keadaan yaitu seperti menggosok atau menyentuh terlalu sering dari benjolan yang terjadi pada gusi.

Baca juga : penyebab gusi bengkak

Pencegahan Benjolan Pada Gusi

Dikarenakan adanya benjolan pada gusi ini salah satu penyebabnya ialah kurangnya kesehatan mulut maka untuk mencegah hal ini anda harus melakukan berbagai hal yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut yaitu:

  • Berhati-hati memilih makananTerkadang terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga bisa mendorong tidak sehatnya mulut seseorang makadari itu untuk menghindarinya lebih baik berhati-hati lebih menyelleksi makanan yang dimakan seperti sayur-sayuran atau buah-buahan yang sehat.
  • Gunakan sikat gigi yang baik – Penggunaan sikat gigi yang salah yang tidak sesuai dengan tektur gigi bisa mengakibatkan peradangan pada gusi. Peradangan ini akhirnya bisa menyebabkan adanya benjolan yang terjadi pada gusi.
  • Berhenti merokokRokok merupakan sebuah hal yang memiliki banyak manfaat buruk disbanding dengan manfaat baiknya. Dalam rokok tersebut banyak zat yang bisa merusak kesehatan mulut. Maka dari itu lebih baik menghindari rokok.

Dengan mengetahui beberapa hal mengenai benjolan di gusi ini tentu sangat menguntungkan bagi anda karena hal ini tentu dapat membuat anda lebih mudah mengatasi benjolan pada gusi tersebut