29 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cepat Secara Alami

8977

Gusi bengkak merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan mengembangkan bagian gusi sehingga membuat tulang yang mendukung gigi menjadi goyah. Ada beberapa jenis penyakit gusi bengkak yang dikenal dalam dunia medis yaitu periodontitis, periodontitis akut dan gingivitis. Gusi bengkak awalnya ditandai dengan rasa sakit pada gusi, gusi berdarah, gusi lebih merah, gusi yang posisinya menjauhi gigi dan bau mulut yang tidak sedap. Dalam kondisi yang lebih buruk maka gusi bengkak bisa menyebabkan gusi penuh dengan nanah dan gigi bisa terlepas.

Gusi bengkak bisa terjadi pada siapa saja dan ini termasuk keluhan yang paling sering terjadi pada semua orang. Gejala gusi bengkak yang lebih buruk harus mendapatkan perawatan dari dokter gigi. Sementara jika masih tahap biasanya saja, bisa melakukan beberapa langkah ini.

  1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Hal pertama untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda bisa mencoba untuk menggosok gigi secara teratur dengan cara yang benar. Pilihlah jenis sikat gigi yang lembut dengan sudut 45 derajat sehingga bisa menjangkau semua sudut gigi dan mulut. Setelah itu biasakan untuk melakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Dengan cara ini Anda sudah bisa terhindar dari bakteri yang menyebabkan gusi bengkak.

Artikel mengenai kesehatan gigi dan mulut

  1. Berkumur dengan Air Garam

Anda juga bisa mencoba untuk berkumur dengan air garam yang hangat. Cara ini tidak hanya bisa membersihkan bagian mulut dan gigi tapi juga bisa membunuh semua bakteri pada mulut dan gigi. Garam bersifat membersihkan dan membunuh semua jenis bakteri maupun virus dalam rongga mulut. Cara ini akan membuat gusi yang bengkak mereda dengan cara yang sangat lembut. Cara membuat larutan garam adalah dengan memasukkan satu sendok teh ke dalam air hangat. Kemudian aduk hingga larut dan siap digunakan sebagai obat kumur. Anda bisa berkumur dengan air garam sebanyak satu atau tiga kali sehari.

  1. Hindari Terlalu Banyak Karbohidrat

Tanpa Anda sadari ternyata makanan juga mempengaruhi kondisi kesehatan gigi dan mulut. Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan gigi bengkak. Karbohidrat juga bisa membuat gusi bengkak menjadi lebih parah terutama pada penderita diabetes. Karena itu Anda bisa mulai mengurangi karbohidrat dengan mengkonsumsi makanan pengganti nasi. Jangan lupa untuk menyertakan buah dan sayuran sebagai sumber makanan harian Anda.

  1. Berhenti Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka untuk menyembuhkan gusi bengkak Anda juga harus berhenti merokok. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif. Selain itu rokok juga bisa membuat kondisi gigi menjadi lebih tidak sehat, karena ada penumpukan kerak dan perubahan warna gigi. Jadi pastikan Anda segera berhenti merokok jika terkena penyakit gusi bengkak.

  1. Hindari Pasta Gigi yang Menyebabkan Iritasi

Ada beberapa jenis pasta gigi yang bisa membuat gusi menjadi iritasi. Biasanya pasta gigi yang mengandung bahan kimia terlalu keras bisa menyebabkan hal ini. Selain itu pasta gigi yang mengandung formula khusus dari bahan alkohol juga akan membuat gusi menjadi tidak sehat. Iritasi akan menyebabkan gusi bengkak dan rasa sakit. Karena itu sementara waktu jangan menggunakan pasta gigi yang bisa menyebabkan gigi luka.

  1. Gunakan Minyak Cengkeh

Cengkeh sudah dipercaya sejak lama bisa membantu mengobati keluhan pada gigi seperti sakit gigi atau gusi bengkak. Cengkeh memiliki aroma yang sangat harum dan bisa memberikan efek yang menenangkan. Bahan yang bisa membantu meredakan gusi bengkak adalah eugenol. Senyawa yang mengandung bahan antioksidan ini bisa melawan peradangan dan meredakan sakit gigi.

Cara perawatan:

  • Ambil beberapa tetes minyak cengkeh dan masukkan ke dalam mangkuk atau gelas kecil.
  • Ambil kapas yang steril dan buat menjadi bulatan, kemudian rendam dalam minyak cengkeh tersebut.
  • Biarkan minyak cengkeh terserap ke dalam kapas dan tunggu beberapa saat.
  • Ambil kapas yang sudah berisi minyak cengkeh kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.
  • Biarkan selama beberapa saat dan ulangi beberapa kali hingga gusi bengkak tidak terasa sakit.
  1. Gunakan Minyak Biji Sawi

Minyak biji sawi atau juga dikenal dengan minyak mustard juga bisa membantu menyembuhkan gusi bengkak. Senyawa yang terkandung dalam minyak biji sawi seperti glukosinates bisa memberikan efek yang sangat baik untuk gusi bengkak. Senyawa ini bisa melawan bakteri, virus dan penyebab peradangan pada gusi. Selain itu minyak biji sawi juga akan membantu melancarkan peredaran darah pada daerah tersebut. Minyak biji sawi bahkan sudah dipercaya sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi dan sakit gusi sejak jaman dahulu.

Cara perawatan:

  • Ambil dua sendok makan minyak biji sawi kemudian campurkan dengan sedikit garam.
  • Aduk hingga merata dan tidak ada bagian garam kasar yang terlihat.
  • Ambil dengan jari Anda yang sudah dibersihkan atau dicuci hingga bersih.
  • Oleskan minyak biji sawi pada gusi yang bengkak dan lakukan sedikit penekanan yang ringan.
  • Kumur dengan air hangat dan biarkan selama beberapa saat gusi Anda menjadi lebih santai.
  • Lakukan selama beberapa kali hingga gusi yang bengkak mereda.
  • Jangan menekan gusi bengkak terlalu dalam karena bisa membuat kondisinya lebih memburuk.
  1. Berkumur dengan Air Lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk menyembuhkan gusi bengkak. Air lemon mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium dan kalsium. Selain itu lemon juga mengandung pektin yang sangat baik untuk mencegah perkembangan bakteri. Air lemon akan membuat kondisi asam dalam mulut menjadi alkali dan mencegah infeksi yang lebih lanjut.

Cara perawatan:

  • Ambil satu buah jeruk lemon yang masih segar dan mengandung banyak air.
  • Peras jeruk lemon dan campur dengan air hangat.
  • Gunakan campuran air hangat dan lemon ini untuk berkumur-kumur.
  • Lakukan perawatan ini selama dua atau tiga kali dalam sehari.
  • Jika dilakukan secara rutin maka gusi bengkak akan sembuh dalam waktu kurang dari satu minggu.
  1. Berkumur dengan Cairan Antiseptik

Bahan antiseptik khusus yang digunakan untuk menjadi obat kumur juga bisa menyembuhkan gusi bengkak. Bahan antiseptik bisa membuat kuman dan bakteri dalam mulut mati. Kandungan bahan cairan antiseptik yang mampu membuat lingkungan mulut menjadi netral juga sangat penting untuk mengatasi gusi bengkak. Cara perawatan dengan bahan cairan antiseptik juga lebih mudah. Anda cukup mengambil beberapa milliliter cairan antiseptik kemudian gunakan untuk berkumur seperti biasa. Jika dilakukan secara rutin maka bisa menghilangkan resiko terkena gusi bengkak.

  1. Berkumur dengan Air Tawas

Bahan tawas yang sering digunakan untuk menjernihkan air juga sangat baik untuk mengatasi gusi bengkak. Tawas mengandung bahan yang bersifat alkali sehingga bisa membuat kondisi gusi bengkak menjadi lebih baik. Tawas juga mengandung bahan alkali yang bisa membunuh semua jenis bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak.

Cara perawatan:

  • Ambil sedikit bagian tawas kemudian hancurkan hingga menjadi bubuk yang sangat halus.
  • Masukkan satu sendok bubuk tawas ke dalam segelas air hangat kemudian aduk hingga larut.
  • Gunakan air ini untuk berkumur selama beberapa kali.
  • Jangan lupa untuk membilas bagian mulut Anda dengan air hangat.
  • Agar cepat sembuh maka Anda bisa menggunakan perawatan ini selama dua atau tiga kali dalam sehari.
  1. Gunakan Minyak Jarak

Minyak jarak sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk menyembuhkan masalah gusi dan gigi. Bahkan minyak jarak bisa menyembuhkan sakit gigi dalam waktu yang sangat cepat. Kemampuan minyak jarak untuk menghilangkan bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak memang sangat cepat. Kandungan minyak jarak juga bisa membuat aliran darah di bagian gusi menjadi lebih baik sehingga mempercepat penyembuhan peradangan. Minyak jarak bisa menyembuhkan gusi bengkak dengan menurunkan resiko peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Cara perawatan:

  • Tuang satu sendok makan minyak jarak dan letakkan dalam gelas atau mangkuk kecil.
  • Ambil kapas yang bersih dan bentuk menjadi bulatan kecil.
  • Masukkan kapas ke dalam mangkuk atau gelas berisi minyak jarak dan tahan selama beberapa waktu.
  • Kemudian ambil kapas dan tempelkan pada bagian gusi bengkak.
  • Gusi bengkak bisa cepat sembuh jika perawatan dilakukan secara rutin, paling tidak dua kali dalam sehari.
  1. Gunakan Baking Soda

Manfaat baking soda untuk menyembuhkan keluhan gusi dan gigi memang sudah digunakan sejak lama. Kemampuan baking soda untuk menyembuhkan gusi bengkak adalah karena bisa membunuh semua bakteri yang bersarang dibagian mulut. Ketika baking soda yang bersifat basa bisa menghancurkan lingkungan mulut yang lebih asam. Kemudian bakteri dan mikroba lain dalam gusi dan gigi akan mati. Bahkan baking soda juga bisa membuat gigi menjadi lebih putih dan bersih.

Cara perawatan:

  • Ambil satu sendok teh bubuk baking soda dan tempatkan pada mangkuk kecil yang bersih.
  • Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta seperti pasta gigi.
  • Ambil dengan jari Anda, pasta baking soda sedikit demi sedikit dan oleskan pada bagian gusi yang bengkak.
  • Biarkan selama beberapa saat dan kemudian bersihkan dengan air mineral.
  • Kemudian berkumur dengan air hangat. Cara ini bisa membuat kondisi gusi bengkak cepat pulih jika dilakukan secara rutin, paling tidak dua kali sehari.
  1. Gunakan Pasta Jahe dan Garam

Jahe merupakan tanaman rimpang yang bisa menyembuhkan gusi bengkak. Jahe mengandung beberapa bahan seperti bahan antioksidan dan bersifat menenangkan. Kandungan bahan antioksidan ini juga bisa menurunkan resiko peradangan yang terjadi pada gusi bengkak. Jahe mengandung senyawa gingerol yang bisa membuat gusi  bengkak juga lebih cepat sembuh.

Cara perawatan:

  • Ambil 1-2 cm jahe yang masih segar kemudian haluskan jahe hingga mengeluarkan seratnya.
  • Tambahkan seujung sendok teh garam halus atau garam meja dan aduk hingga merata.
  • Oleskan pasta jahe dan garam ke bagian gusi yang bengkak.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan perawatan ini selama dua atau empat kali sehari.
  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Gusi bengkak bisa terjadi karena kondisi peradangan yang menyerang bagian gusi dan sekitarnya. Jika tidak diobati maka gusi bengkak bisa menyebabkan kondisi gusi yang semakin parah dan bahkan gigi bisa terlepas. Anda bisa mengobati gusi bengkak dengan gel lidah buaya. Gel lidah buaya bersifat menenangkan dan melawan bakteri pada bagian gusi bengkak. Bahkan gel lidah buaya juga mengandung bahan antioksidan yang bisa mengurangi resiko peradangan gusi bengkak.

Cara perawatan:

  • Ambil beberapa batang lidah buaya yang masih segar dan cuci bersih.
  • Buka kulit lidah buaya dan ambil bagian gel nya dan letakkan pada mangkuk yang bersih.
  • Gunakan gel lidah buaya secara langsung pada bagian gusi yang bengkak dan ulangi selama dua atau tiga kali dalam sehari.
  • Anda juga bisa menambahkan gel lidah buaya dengan air. Kemudian gunakan campuran ini untuk berkumur secara rutin.
  • Jika dilakukan secara rutin maka juga bisa mencegah penyakit gusi bengkak kambuh.
  1. Kompres Bagian Gusi Bengkak

Jika Anda tidak memiliki beberapa bahan perawatan seperti diatas, maka Anda juga bisa mencoba untuk mengompres gusi yang bengkak dengan air dingin atau air hangat. Air kompres yang dingin bisa membantu mengatasi gusi bengkak yang tidak terasa sakit dan lebih santai. Namun jika Anda memiliki gusi bengkak yang terasa sakit maka bisa menggunakan air hangat. Kompres dengan air dingin atau air hangat bisa membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu kompres dengan air dingin atau hangat juga bisa membantu menghilangkan peradangan pada sekitar gusi bengkak.

Cara perawatan:

  • Rendam handuk atau kain yang lembut dengan air panas atau air dingin. Tunggu hingga beberapa saat.
  • Peras handuk hingga mengeluarkan semua airnya.
  • Tempelkan ke bagian pipi atau bibir yang berdekatan dengan gusi yang bengkak dan biarkan hingga beberapa waktu.
  • Ulangi hingga beberapa kali dan bagian gusi Anda menjadi lebih baik.
  • Jika Anda merasa gusi bengkak tidak menimbulkan sakit maka juga bisa menggunakan es batu.
  • Masukkan es batu ke dalam handuk atau kain yang sangat lembut. Kemudian tempelkan ke bagian yang berdekatan dengan gusi yang bengkak selama beberapa saat.
  • Perawatan alami ini bisa berhasil jika sesuai dengan tingkat gusi bengkak yang Anda alami.
  1. Minum Banyak Air Mineral

Ketika gusi bengkak maka Anda juga bisa menyembuhkan secara alami dengan minum banyak air. Ketika Anda minum banyak air maka air mineral akan membantu mengeluarkan semua bakteri, jamur dan kuman yang tinggal di bagian gigi atau mulut. Ketika semua sumber penyakit ini tersiram oleh air maka akan keluar dari dalam tubuh. Bahkan minum banyak air akan merangsang produksi air liur yang lebih banyak sehingga membantu mengeluarkan bakteri penyebab gusi bengkak.

  1. Perawatan Akar Gigi

Perawatan akar gigi juga bisa dilakukan oleh dokter gigi untuk menyembuhkan gusi bengkak. Pemeriksaan detail sebelum tindakan sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab gusi bengkak. Tindakan perawatan akar gigi dilakukan untuk membersihkan semua kotoran yang ada di bagian akar gigi dan juga menghilangkan semua bakteri di bagian ini. Tindakan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi dan biasanya sebelum tindakan pasien akan diberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit.

  1. Pemberian Obat Antibiotik

Obat yang termasuk dalam golongan antibiotik bisa diberikan oleh dokter gigi untuk menyembuhkan gusi bengkak. Jenis antibiotik yang biasanya diberikan adalah seperti amoxicillin. Obat ini hanya bisa diminum selama tiga hari, dan jika tidak ada perbaikan maka perawatan lain mungkin diperlukan. Beberapa orang yang menderita alergi amoxicillin juga tidak bisa menerima obat ini. Karena itu obat ini hanya bisa diberikan oleh dokter.

Baca : efek samping sering minum obat jangka panjang – Bahaya antibiotik – Efek samping antibiotik

  1. Obat Penahan Rasa Sakit

Obat untuk mengatasi rasa sakit juga bisa diberikan oleh dokter. Obat ini biasanya diberikan untuk mengatasi rasa tidak nyaman setelah perawatan gusi bengkak. Beberapa jenis obat yang diberikan misalnya parasetamol dan ibuprofen. Ini termasuk jenis obat yang dijual bebas di apotik dan bisa dibeli tanpa resep. Namun sebaiknya pemberian obat hanya dilakukan oleh dokter karena tidak semua orang bisa menerima obat ini. Efek samping obat harus sangat diperhatikan setelah perawatan.

Apa Penyebab Gusi Bengkak

  1. Radang gusi. Penyakit radang gusi atau lebih dikenal dengan gingivitis bisa menyebabkan gusi bengkak yang akan terasa sangat sakit. Penyakit ini berhubungan dengan kebersihan dan perawatan gigi dan bagian mulut yang sangat kurang. Biasanya radang gusi membutuhkan perawatan dokter sebab cara perawatan harus disesuaikan dengan penyebab peradangan tersebut.
  2. Penyakit periodontitis. Penyakit ini biasanya terjadi akibat gingivitis yang tidak diobati dengan benar. Peradangan bisa berkembang ke bagian gusi dalam dan membuat ruangan kosong antara gusi dan gigi. Penyakit ini bisa menyebabkan infeksi yang membuat resiko penyakit yang lebih serius.
  3. Kurang nutrisi. Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Ketika tubuh tidak menerima beberapa nutrisi yang cukup seperti vitamin B dan vitamin C maka gusi bengkak akan lebih sering terjadi. Kedua jenis vitamin ini akan membantu mempertahankan gusi dan gigi yang sehat serta mencegah infeksi karena virus maupun bakteri.
  4. Penyakit infeksi mulut. Penyakit ini juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Penyakit infeksi mulut bisa disebabkan karena terkena infeksi dari bakteri, mikroorganisme dan jamur. Beberapa diantaranya adalah seperti sariawan dan herpes yang menyerang mulut dan gusi. Perawatan penyakit infeksi mulut membutuhkan waktu yang lebih lama dan perawatan yang serius dari medis.
  5. Ibu hamil. Ibu hamil juga sangat rentan terkena penyakit gusi bengkak. Kondisi ini disebabkan karena tubuh mengalami masalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan sirkulasi darah pada bagian gusi terlalu besar. Hal ini menyebabkan gusi bengkak dan darah yang keluar dari gusi.

Bagaimana Cara Mencegah Gusi Bengkak?

  1. Menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi dua kali dalam sehari.
  2. Anda juga bisa melakukan flossing untuk membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi dengan benang khusus flossing.
  3. Cobalah untuk selalu menjaga kesehatan dan kondisi gigi serta mengikuti pemeriksaan gigi secara teratur paling tidak selama enam bulan sekali.
  4. Konsumsi berbagai jenis buah-buahan dan makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, mangga, strowberi dan jenis buah lain.
  5. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B tinggi seperti sumber asam folat.
  6. Selalu menjaga agar konsumsi makanan seimbang seperti jumlah kalori yang sesuai kebutuhan tubuh, karbohidrat yang sehat, protein, mineral dan sumber protein. (Baca : Makanan yang mengandung kalori & Makanan yang mengandung protein)
  7. Jangan terbiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan karena bisa meningkatkan resiko diabetes yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut dan gigi.
  8. Hindari kebiasaan merokok karena rokok mengandung nikotin yang bisa meninggalkan bekas dan merusak gusi (Baca : Bahaya merokok & Bahaya nikotin).
  9. Biasakan untuk menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi. Obat kumur akan membantu membersihkan semua bakteri di gigi dan sela-sela gigi.

Ada banyak orang yang masih menderita gusi bengkak. Pada dasarnya gusi bengkak juga kondisi yang umum namun membutuhkan perawatan untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Jadi ketika Anda memilih metode perawatan, maka pastikan memilih aman dan sesuai dengan petunjuknya.