5 Bahaya Lidah Tergigit Saat Makan

9862

Anda pasti sudah pernah merasakan sakitnya lidah tergigit? Lagi menikmati makanan, tiba tiba “auw” secara tidak sengaja gigi anda menggigit lidah. Mengesalkan memang. Niat gigi mengunyah secara cepat dan tangkas untuk segera melahap makanan, malah lidah anda menjadi mangsanya.

Biasanya kejadian ini bisa mengenai siapa saja, entah anak anak maupun dewasa. Mereka yang secara tidak sengaja menggigit lidah di sebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena kelelahan, sehingga secara tidak sengaja menggigit lidah. Indikasi kelelahan ini adalah sudah menurunnya tingkat konsentrasi, apalagi saat makan. Tubuh segera mengharap istirahat, namun harus diselingi makan dahulu. Inilah yang menyebabkan menurunkan konsentrasi hingga sampai lidah tergigit.

Meski hal ini terlihat sepele, namun memberikan beberapa pengaruh untuk tubuh. Seperti apakah? Check it out :

1. Menurunkan selera makan

Lidah yang tergigit oleh gigi memang sangat mengganggu acara makan anda. Lezatnya makanan yang sedang di nikmati tiba-tiba rusak setelah kejadian ini akibat rasa sakit di ujung lidah. Akhirnya anda akan memutuskan berhenti makan, takut untuk menggigit lidah yang ke dua kalinya. Inilah yang menurunkan selera makan anda.

2. Resiko sariawan

Lidah yang tergigit juga berpotensi munculnya sariawan. Pasalnya lidah yang baru saja tergigit tadi jika tidak segera di obati mampu menjadi infeksi. Beberapa orang yang mengalami hal ini akan berujung pada penyebab sering sariawan yang cukup mengganggu aktivitasnya.

2. Perubahan pada lidah

Lidah bisa mengalami perubahan setelah di gigit. Biasanya tekstur lidah yang lembut akan terasa kasar, seperti terbelah belah. Hal ini terjadi karena sensitivitas lidah sedikit rusak akibat aktivitas gigi yang tajam. Jika gigitannya tidak terlalu keras, belum sampai menimbulkan luka dan berdarah biasanya tidak apa apa. Akan membaik setelah 2 sampai 3 hari lagi. Di nilai berbahaya jika sampai berdarah darah. (Baca juga : bintik merah pada lidah)

3. Rasa nyeri yang berkepanjangan

Lidah yang baru saja tergigit oleh gigi akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Bahkan bisa menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan. Hal ini terjadi biasanya karena adanya luka yang membuat infeksi. Sehingga cara penyembuhannya adalah dengan di beri obat.

4. Timbul luka yang ringan, tapi mengganggu

Lidah menjadi salah satu indera perasa yang paling peka terhadap rasa sakit dari pada indera yang lainnya. Jadi ketika lidah ini di lukai sedikit saja, maka rasa sakitnya akan mengganggu terus. Ujung syaraf lidah yang sangat peka terhadap rasa, juga sangat sensitif terhadap rasa sakit. Untuk itu, timbul luka di ujung lidah menjadi biasa. Meskipun seperti itu, lidah ini juga di nilai paling cepat dalam proses penyembuhan diri. Asalkan gigitan tersebut tidak terlalu parah.

5. Berubah warna lidah

Lidah tergigit yang sampai menimbulkan luka terbuka memiliki resiko yang cukup parah. Salah satunya adalah terinfeksi bakteri. Sebab lidah menjadi salah satu jalan bakteri masuk, yang mana bakteri tersebut sementara waktu bersarang di antara sela sela gigi. Jika penyebab lidah pecah menimbulkan luka di lidah, bakteri tersebut akan mengerubungi luka lidah dan memicu infeksi. Biasanya dengan perubahan warna menjadi indikasi bahwa lidah sudah terinfeksi.

 Lalu bagaimana cara mengatasi lidah tergigit? Anda bisa melakukan beberapa cara ini :

  • Minumlah air dingin atau es batu

Rasa sakit dan nyeri di lidah bekas tergigit tadi bisa diredakan dengan minum minuman yang dingin atau es batu. Sebab sesuatu yang dingin bisa membantu untuk menetralkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan, namun bahaya minum es juga perlu diwaspadai jika sedang mengalami gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek.

  • Berkumur dengan air garam

Air garam sangat efektif untuk membunuh bakteri dan kuman di mulut. Luka akibat lidah tergigit menaikan resiko adanya infeksi. Salah satu cara untuk mencegah infeksi adalah dengan mematikan bakteri dan kuman tersebut

  • Mengompres dengan madu

Menggunakan madu juga cukup efektif untuk membantu menyembuhkan lidah tergigit. Sebab dalam madu terdapat kandungan yang mampu mengeringkan luka dan mencegah adanya infeksi. Selain itu madu ini juga bisa mengembalikan nafsu makan yang sempat turun tadi. (Baca juga : cara membedakan madu asli atau palsu)