18 Cara Mengatasi Gigi Goyang Akibat Benturan Paling Alami

Gigi goyang akibat benturan bisa sangat mengkhawatirkan karena kita pasti was-was bahwa gigi akan segera lepas. Kecelakaan, jatuh lalu terbentur dapat membuat beberapa orang merasakan pengalaman yang kurang mengenakkan, seperti halnya gigi yang terasa goyang. Cara mengatasi gigi goyang akibat benturan dan kecelakaan paling aman dan efektif bisa coba disimak di sini.

Baca juga:

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa yang didesirkan (bukan dikumurkan) di dalam mulut secukupnya selama 15 menit atau lebih setiap sebelum menyikat gigi. Minyak kemudian bisa dibuang dari mulut dan lanjutkanlah dengan membersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat. Anda bisa menyikat gigi seperti biasa setelah perawatan ini.

  1. Menggunakan Bubuk Amla

Sediakanlah bubuk amla sebanyak 1 sendok teh yang kemudian dicampurkan ke dalam secangkir air. Campuran larutan bubuk amla bisa dipakai sebagai pembersih mulut dan pastikan untuk melakukanya sehari sekali setiap hari. Hanya saja, sejam setelah perawatan ini Anda baru boleh makan dan minum.

  1. Memakai Bawang Putih

Ambil sesiung bawang putih yang kemudian diiris tipis-tipis, lalu tempelkanlah 1-2 irisan tersebut di antara gusi dan juga gigi yang goyang maupun tepat di dalam pipi. Biarkan selama mungkin, jadi tak ada patokan waktu atau durasi asalkan Anda memakainya lama. Sehari Anda bisa mengulangi perawatan ini 2-3 kali dan rasakan hasilnya namun waspadai juga efek samping bawang putih.

Baca juga:

  1. Menggunakan Minyak Mustard dan Garam

Kombinasi 2 bahan, yakni beberapa tetes minyak mustard dengan sesendok teh garam bisa menjadi larutan ampuh bagi gigi goyang. Setelah menjadi pasta, gunakan untuk memijat bagian gusi yang giginya goyang berikut juga area sekitarnya selama 1-2 menit. Setelah itu barulah Anda bisa membersihkan mulut dengan berkumur air hangat; lakukan sehari sekali namun setiap hari agar maksimal hasilnya.

  1. Bubuk Kunyit dan Bubuk Lada Hitam

Campuran kedua bahan ini akan mengatasi masalah gigi goyang Anda, entah yang diakibatkan oleh benturan atau faktor lainnya. Campurkan bubuk-bubuk tersebut masing-masing ½ sendok teh dan bila sudah jadi bisa dipijatkan pelan pada gusi letak gigi yang goyang.

Setelah memijat bagian gusi selama 2 menit, pastikan untuk membersihkannya segera dengan berkumur air hangat. Melakukan cara ini setiap hari akan mampu merawat gigi serta gusi lebih baik. Alhasil, gusi dan gigi akan menjadi lebih kuat seiring perawatan rutin.

  1. Memakai Hidrogen Peroksida

Bahan utama kali ini adalah hidrogen peroksida 3 persen yang perlu digunakan di mana Anda bisa mengambil sebanyak 1 sendok makan lalu masukkan ke dalam mulut untuk didesirkan selama semenit sebelum dikeluarkan dan kemudian membersihkan mulut dengan berkumur air biasa. Per hari Anda bisa melakukan cara ini 1-2 kali.

Baca juga:


  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Sesendok makan minyak zaitun dapat menyelamatkan gigi Anda yang goyang dan Anda visa menjadikannya alternatif dari minyak kelapa murni tadi. Masukkan ke dalam mulut, desirkan selama 15-20 menit lamanya atau lebih dan buanglah setelah itu. Jangan lupa bersihkan mulut dengan berkumur air hangat; lakukan setiap sebelum menggosok gigi.

  1. Memakai Minyak Wijen

Minyak wijen juga dapat dijadikan penolong untuk merawat gigi yang goyang akibat benturan. Dengan takaran yang sama seperti minyak-minyak lainnya, Anda bisa mengambil sesendok makan saja untuk didesirkan di dalam mulut 15 menitan dan kemudian buang. Lakukan perawatan ini juga sebelum menyikat gigi secara rutin.

  1. Membatasi Asupan Gula dan Karbohidrat

Selama perawatan Anda sebaiknya membatasi asupan karbohidrat dan juga gula karena dengan membatasi gula, Anda mampu melawan bakteri. Jadi, makanan-makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi seperti roti, kue, soda, minuman buah (terutama yang kemasan), teh manis, keripik manis dan camilan lainnya kiranya bisa dihindari lebih dulu.

Baca juga:

  1. Menggunakan Madu

Karena harus membatasi gula, otomatis Anda mungkin menjadi bingung harus menggunakan bahan pemanis alami apa yang aman. Gunakan madu murni yang kaya akan antibakteri di mana madu bisa menjadi pengganti yang baik bagi pemanis buatan yang menyebabkan intoleransi glukosa.


  1. Membatasi Asupan Sitrus

Buah sitrus memang baik bagi kesehatan tubuh, namun konsumsilah dalam porsi atau moderasi yang tepat. Bahkan setelah memakannya, Anda bisa membersihkan mulut dengan berkumur menggunakan air biasa serta jangan menggosok gigi tepat setelah memakannya. Hal tersebut malah justru hanya akan mengurangi keasaman di dalam mulut.

  1. Menambah Asupan Vitamin D dan Kalsium

Makanan penguat tulang dan gigi tentunya terdiri dari makanan-makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D tinggi. Kita semua tahu akan hal tersebut bukan? Maka jangan lupa untuk memasukkan daftar makanan di bawah ini ke dalam menu harian Anda selama merawat gigi yang goyang.

  • Yogurt
  • Telur
  • Susu kedelai dengan kandungan vitamin D
  • Susu kelapa
  • Susu sapi
  • Ikan mackerel
  • Salmon

Baca juga:

Demikianlah cara-cara mengatasi ggi goyang akibat benturan yang paling alami dan efektif untuk dicoba di rumah. Namun bila hasilnya kurang mempan, ada baiknya untuk langsung ke dokter dan memeriksakannya supaya dokterlah yang menangani sebelum gigi benar-benar lebih parah atau bisa sampai lepas.

, , , ,
Post Date: Saturday 23rd, September 2017 / 05:18 Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi