20 Obat Gusi Berdarah Alami dan Mujarab

2127

Kesehatan gusi terkadang diabaikan padahal bagian gusi juga perlu diperhatikan dengan baik agar dapat menghindari penyakit gusi dan mulut. Salah satu kondisi kesehatan gusi yang paling umum adalah gusi berdarah di mana memang salah satu penyebab utamanya bisa saja karena kekurangan asupan vitamin C. Gusi berdarah ini terkadang juga disertai dengan nanah sehingga tambah mengganggu saja.

Keadaan di mana gusi berdarah ini bakal menimbulkan juga rasa sakit dan nyeri. Namun selalu ada solusi untuk masalah semacam ini, seperti daftar obat gusi berdarah di bawah ini yang patut Anda simak dan pertimbangkan. Sebelum gejala memburuk, sebaiknya Anda perhatikan obat apa saja yang bisa dipakai.

(Baca juga: penyebab gusi bengkak)

1. Bawang Putih dan Madu

Kombinasi antara bawang putih dan madu bisa menjadi obat bagi penderita gusi berdarah. Meski efek samping bawang putih perlu diperhatikan, jangan lupa juga akan kandungan sifat antibiotik di dalam bumbu dapur ini. Bersama dengan madu manuka yang memiliki sifar antibakteri, obat ini bakal tambah manjur saja.

Anda dapat meramu kedua bahan ini hingga membentuk adona pasta dengan menumbuk halus lalu dicampur madu. Setelah itu gunakan pasta ini untuk dioles ke bagian gusi Anda yang kiranya bengkak dan berdarah serta kemerahan. Waspadai sensasi terbakar karena bawang putih sangat panas, namun dengan campuran madu sensasi tersebut akan sedikit tersamarkan.

2. Bubuk Cayenne

Anda bisa coba obat lainnya yang terbuat dari bubuk cayenne di mana bubuk cayenne ini juga merupakan bahan alami terpercaya untuk masalah gusi berdarah. Untuk menantang dan membasmi bakteri di dalam mulut serta yang bersarang di bagian gusi, bubuk cayenne adalah pilihan tepat karena kandungan antibakterinya.

Cukup dengan mencampurkan bubuk cayenne ini sedikit pada sikat gigi Anda, Anda bisa menyikat bagian gusi secara perlahan. Segala bentuk bakteri yang membahayakan dan berisiko berkembang di gusi dan mulut akan teratasi secara efektif. Waspadai adanya sensasi menyengat ketika Anda pertama kali menyikat dengan bubuk cayenne ini, tapi lama-lama tidak akan begitu terasa.

3. Tawas

Gusi yang berdarah biasanya juga akan berwarna merah dan akan terasa sakit sehingga agak mengganggu kegiatan yang sedang Anda lakukan. Alum merupakan bahan alami lainnya yang dapat Anda coba larutkan di dalam air hangat secukupnya, lalu airnya dapat Anda gunakan untuk berkumur. Gusi berdarah dijamin mereda dengan melakukan pengobatan ini sehri 3 kali setiap hari sampai ada kemajuan dan kesembuhan yang nampak.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan gusi dan mulut)

4. Madu

Bila Anda ingin menggunakan bahan madu saja, pastikan bahwa Anda tahu cara membedakan madu asli dan palsu karena Anda memerlukan versi aslinya. Madu yang murni adalah lebih baik dan berkhasiat bagi kesehatan tanpa ada campuran pemanis buatan.

Madu murni merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin mengatasi masalah gusi bengkak dan berdarah karena sifat antibakterinya sangat tinggi. Kaya akan mineral dan vitamin, madu juga akan menjaga senantiasa kesehatan gusi Anda. Oles saja madu organik sehari 2 kali langsung ke gusi yang berdarah.

5. Susu

Bagi Anda yang tak punya masalah dengan susu atau intoleransi laktosa, susu boleh menjadi obat bagi gusi berdarah Anda. Susu yang kaya akan kalsium ini memang kerap dianggap sebagai sumber makanan yang baik untuk mencegah maupun mengatasi osteoporosis, tapi untuk kesehatan gusi pun sangat tinggi manfaatnya.

Ingat juga bahwa susu merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak tinggi sehingga ketika Anda minum susu untuk meredakan gusi yang berdarah, silakan sikatlah gigi setelah mengonsumsinya. Ini supaya lemak tak kemudian menempel di bagian gusi. Para dokter gigi tak menyarankan untuk konsumsi susu sejam sebelum tidur, jadi paling tidak Anda meminumnya 2 jam menjelang istirahat malam.

(Baca juga: cara mengobati gusi bengkak)

6. Air Garam

Walau garam adalah bahan yang berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, garam cukup sering juga dijadikan obat bagi beberapa kondisi kesehatan. Bahkan untuk gusi berdarah pun juga sangat mujarab. Cukup dengan mencampurkan garam sedikit ke air hangat, aduk rata. Gunakan untuk berkumur sehari sebanyak 3 kali.

7. Minyak Cengkih

Ada juga obat lainnya yang cukup alami dan aman untuk mengatasi masalah gusi berdarah. Minyak cengkih mampu menjadi obat ampuh bagi kondisi gingivitis serta jenis penyakit gusi lainnya. Ambil beberapa tetes minyak cengkih ini untuk digosok-gosokkan perlahan ke area gusi yang bengkak dan berdarah tersebut.

Atau, sebagai alternatif Anda juga bisa mengunyah sepotong cengkih yang juga sama efektifnya dengan menggosokkan minyak cengkih. Ketahui juga bahwa menggunakan cengkih atau minyak cengkih akan memberikan sensasi panas seperti terbakar. Namun jangan panik, ini karena sensasi tersebut adalah proses penyembuhan penyakit pada gusi Anda.

8. Buah Sitrus

Karena kurangnya asupan vitamin C bisa menjadi alasan utama seseorang menderita gusi berdarah, maka tak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi. Makanan-makanan seperti halnya kubis, brokoli, lemon dan jenis jeruk lainnya sangat kaya akan sumber vitamin C, jadi dapat menikmatinya. Atau, konsumsilah suplemen vitamin C.

(Baca juga: penyebab mulut terasa pahit)

9. Minyak Habbatussauda

Jenis minyak ini tengah populer karena memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan salah satunya adalah sebagai obat gusi yang berdarah. Zat antimikroba di dalam minyak ini begitu tinggi  sehingga mampu membasmi bakteri-bakteri yang membahayakan gusi. Obat ajaib ini bisa Anda gunakan juga dengan mudah.

Cukup dengan menyikat gigi Anda dan memijat bagian gusi secara perlahan dengan beberapa tetes minyak ini secara rutin, gusi akan membaik dengan cepat. Minyak ini juga dapat Anda desirkan di sekitar mulut dan gusi yang kemudian Anda ludahkan. Atau, bisa juga Anda campurkan beberapa tetes minyak ini ke segelas air hangat untuk dijadikan obat kumur.

10. Jus Cranberry

Selain ampuh ketika dijadikan obat tradisional anyang-anyangan, jus cranberry merupakan jus dari buah yang memiliki sifat antibakteri tinggi. Itulah mengapa jus ini dapat membasmi bakteri di dalam gusi secara sempurna. Hanya saja, sebaiknya Anda membuat jus cranberry ini sendiri di rumah.

Perlu diketahui bahwa jus cranberry yang dapat Anda temukan di supermarket sudah melalui proses pengenceran dan bahkan sudah dicampur gula serta bahan pemanis buatan. Jadi memang lebih baik Anda bisa membuat jus sendiri di rumah yang pasti segar dan khasiatnya masih sangat besar. Jus murni cranberry ini dapat Anda konsumsi, jadikan obat kumur atau oles.

(Baca juga: penyakit akibat kekurangan vitamin c)

11. Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Kandungan asam oleat serta flavonoid di dalam minyak zaitun ini sangat besar sehingga tak salah memang bila minyak satu ini kerap dijadikan obat berbagai penyakit. Antioksidan serta anti-inflamasi di dalamnya pun sangat besar, jadi bila gusi meradang, minyak ini dapat menjadi obat ampuh.

Cara penggunaannya yang tepat adalah hanya dengan mengambil sesendok makan minyak zaitun lalu desirkan ke sekitar mulut serta gusi Anda. Lakukan beberapa detik sebelum Anda ludahkan. Dengan cara inilah Anda dapat mengusir segala bakteri serta racun yang ada pada gusi; melakukannya sehari 3 kali secara rutin akan lebih maksimal.

12. Minyak Pohon Teh

Kandungan antibakteri yang besar di dalam jenis minyak satu ini akan membantu melawan bakteri yang menginvasi gusi Anda serta bakteri-bakteri yang berbahaya di dalam mulut. Karena penggunaannya yang simpel, belum lagi minyak ini gampang dicari, Anda dapat menggunakannya secara rutin.

Sediakan air hangat segelas saja lalu tambahkan setetes atau 2 tetes minyak pohon teh ke dalamnya; aduk-aduklah sampai air dan minyak tercampur rata. Setelah menyikat gigi seperti biasa, Anda dapat menggunakannya sebagai larutan untuk berkumur. Cara lainnya adalah dengan mengambil setetes minyak ini ke pasta gigi yang sudah ada di sikat gigi, lalu bersikat gigilah dengan bahan ini.

(Baca juga: gusi bernanah)

13. Minyak Sage

Ada satu lagi bahan alami yang bisa Anda jadikan obat gusi berdarah, yaitu minyak sage. Minyak ini sangat sangat berguna dengan mencampurkannya bersama pasta gigi yang hendak Anda pakai. Atau, Anda juga dapat mencampur minyak sage ini dengan air hangat untuk berkumur setelah menyikat gigi.

14. Minyak Peppermint

Sama halnya dengan minyak sage, minyak peppermint dapat Anda gunakan di mana manfaatnya pun sama besarnya dengan minyak sage. Cara penggunaannya bisa dengan mencampurkan ke pasta gigi dan menyikat gigi dengan minyak ini. Atau, Anda jadikan sebagai obat kumur dengan mencampurkan minyak ini dengan air hangat.

15. Baking Soda

Baking soda cukup ampuh juga dijadikan sebagai obat gusi berdarah di mana penggunaannya pun sangat sederhana. Anda bisa mencelupkan sikat gigi Anda ke bubuk baking soda, lalu gosoklah gigi Anda seperti biasanya Anda menggunakan pasta gigi normalnya. Cara ini cukup mudah dan memberikan hasil maksimal.

Untuk cara lainnya, Anda dapat membuat solusi dari campuran air dan baking soda secukupnya. Anda. Larutan inilah yang dapat Anda gunakan sebagai obat kumur; berkumurlah selama beberapa beberapa detik dengan air baking soda ini dan pastikan bagian gusi yang berdarah terkena air ini. Lakukan beberapa kali kumur untuk memaksimalkan hasilnya.

(Baca juga: bahaya baking soda)

16. Tomat

Satu lagi jenis sayuran yang kaya akan vitamin C dan dapat Anda manfaatkan di kala gusi berdarah dan mengganggu kenyamanan rutinitas Anda. Untuk menambah asupan vitamin C yang kurang, konsumsilah tomat secara langsung atau juga dengan cara membuat jus tomat. Mengonsumsi tomat setiap hari akan membantu pemulihan gusi berdarah dengan baik.

17. Daun Sirih

Sebagai obat eksim kering alami dan juga obat tradisional asam lambung, daun sirih ini sudah terbukti besar manfaatnya. Cukup dengan merebus daun sirih hijau sebanyak 4 lembar sampai mendidih, Anda bisa mengangkatnya dan mendinginkannya lebih dulu. Setelah itu, airnya dapat Anda pakai untuk berkumur. Melakukannya sehari 2 kali setiap hari akan mempercepat proses kesembuhan gusi Anda.

(Baca juga: bahaya gigi berlubang)

18. Belimbing Wuluh

Obat alami atau tradisional lain yang dapat Anda coba adalah belimbing wuluh. Bukan buah belimbing yang berwarna kuning, melainkan sayur belimbing wuluh. Penggunaan obat ini termasuk yang paling sederhana karena Anda hanya butuh memakannya saja. Mengonsumsi belimbing wuluh yang masih segar setiap hari dapat mempercepat penyembuhan dari gusi berdarah Anda.

19. Daun Landep

Tanaman landep ini juga memiliki banyak manfaat dan bagian daunnya bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah gusi yang berdarah. Ambil beberapa lembar daun landep yang masih segar, cuci dulu sampai bersih sebelum Anda dapat menumbuk halus bahan ini. Hasil tumbukannya Anda bisa tambahkan dengan sedikit madu. Ramuan inilah yang Anda dapat pakai sebagai obat oles pada gusi yang nyeri dan berdarah.

20. Obat Kumur Henna

Henna merupakan bahan alami lainnya yang pantas Anda coba pakai untuk mengatasi masalah iritasi yang terjadi di area gusi dan mulut. Karena sifat pendingin alaminya, gusi bengkak, sakit dan berdarah dapat diatasi dengan baik. Siapkan daun henna segar segenggam saja, dan rebuslah di dalam air 500 ml. Ketika sudah mendidih, angkat, saring dan biarkan dingin lebih dulu sebelum airnya Anda gunakan untuk berkumur setiap sesudah makan dan sebelum tidur.

(Baca juga: cara mengatasi gusi bengkak)

Itulah dereta obat gusi berdarah paling alami dan mujarab yang dapat Anda bisa coba. Namun hati-hati dengan takarannya juga karena ada beberapa bahan memiliki efek samping.