Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung 21 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Efektif

21 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Efektif

by Septi Haryani

Mungkin Anda pernah mengalami suatu kondisi ketika ulu hati Anda terasa nyeri atau dada Anda terasa seperti terbakar? Jika Anda pernah mengalami kondisi tersebut maka bisa jadi Anda sedang menderita penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung atau yang dalam dunia medis sering disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati dan juga munculnya sensasi terbakar di dada. penyakit ini bisa jadi sangat umum diderita oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

(baca juga: penyebab nyeri ulu hati)

Secara umum penyakit asam lambung disebabkan oleh tidak berfungsinya LES (lower esophageal sphincter). ES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus. Fungsi LES sendiri ialah untuk pintu otomatis yang akan terbuka saat makanan atau minuman turun ke perut. Saat makanan atau minuman masuk, LES secara otomatis akan tertutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di dalam perut tidak kembali naik ke kerongkongan atau esofagus.

(baca juga: penyebab asam lambung naik)

Seseorang yang menderita asam lambung biasanya akan merasakan beberapa gejala yang cukup mengganggu aktivitasnya. Saat asam lambung naik, jaringan dinding di kerongkongan dan mulut akan mengalami iritasi akibat asam lambung.  Ketika penderita mengalami kondisi tersebut maka biasanya akan dirasakan beberapa gejala, seperti:

  • Seperti terasa ada benjolan di kerongkongan ketika menelan makanan atau minuman.
  • Laringitis, yakni munculnya peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan suara akan menjadi parau.
  • Batuk kering terus-menerus, terutama pada malam hari.
  • Dada akan terasa sakit. (Baca juga: dada terasa sakit di bagian tengah)
  • Muncul kerusakan pada gigi.
  • Bau mulut.
  • Terjadi peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang sangat mudah kambuh kapan saja. Bahkan penderita asam lambung seringkali harus membawa obat kemanapun ia pergi sebagai langkah antisipasi. Namun, untuk mengobati asam lambung tidak selamanya Anda harus menggunakan obat-obatan kimia. Berikut ini ada beberapa bahan alami dan mudah didapat yang bisa digunakan untuk mengobati asam lambung.

1. Mentimun

Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam lambung adalah mentimun. Dari berbagai jenis kandungan nutrisi yang ada di dalam mentimun, dua di antaranya adalah niacin dan juga serat. Kandungan niacin dan juga serat di dalam mentimun itulah yang berguna untuk menyehatkan pencernaan dan menurunkan tingkat asam lambung yang terlalu tinggi. Untuk mengobati asam lambung, anda bisa mencoba beberapa resep menggunakan mentimun berikut ini:

  • Irislah mentimun memanjang dengan tebal sekitar 1 cm. Makanlah 2 potong mentimun setiap 2 jam untuk menurunkan kadar asam lambung Anda. Jika kadar asam lambung sangat tinggi maka Anda bisa menambah porsi mentimun untuk dikonsumsi.
  • Buatlah jus mentimun yang sudah dicampur dengan yogurt, wortel, mint, atau bawang putih mentah. Beberapa jenis bahan campuran jus tersebut juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam lambung.
  • Cara lainnya ialah dengan mencampurkan setengah buah mentimun yang telah diparut dengan setengah cangkir yogurt.

Namun sebelum mengkonsumsi obat tradisional asam lambung ini ada baiknya Anda memastikan bahwa Anda tidak memiliki riwayat tekanan darah rendah sebab mentimun berpotensi menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

(Baca juga: khasiat mentimun)

2. Kunyit

Kunyit merupakan penyembuh luka yang sangat efektif. Bahkan berdasarkan hasil studi sejak tahun 1953, terbukti bahwa kunyit merupakan bahan herbal yang mengandung senyawa anti inflamasi yang efektif untuk menyembuhkan radang, termasuk radang yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Sebuah studi menunjukkan bahwa penderita asam lambung yang mengkonsumsi kapsul kunyit selama 12 minggu ternyata mampu menunjukkan perbaikan kesehatan yang cukup signifikan. Untuk mengobati asam lambung yang perlu Anda siapkan adalah sekitar 2 ruas kunyit. Parutlah kunyit tersebut kemudian campurkan dengan 50 ml air matang. Peraslah ramuan tersebut kemudian minumlah 2 kali sehari, yakni pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

3. Kacang Hijau

Bahan alami untuk mengobati asam lambung selanjutnya adalah kacang hijau. adapun beberapa jenis kandungan nutrisi dalam kacang hijau yang berkhasiat untuk menyehatkan pencernaan adalah serat, vitamin B1, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, niacin, dan juga potasium. Selain itu, kacang hijau diketahui juga memiliki berbagai kandungan senyawa yang memiliki khasiat menebalkan lapisan lambung dan juga menetralkan jumlah asam lambung yang berlebih. Untuk mengobati asam lambung anda cukup mengkonsumsi kacang hijau dalam bentuk bubur seperti biasa. Usahakan agar Anda tidak memasak kacang hijau terlalu matang sehingga kandungan nutrisi di dalam kacang hijau tidak rusak. Makanlah bubur kacang hijau tersebut 2 kali sehari yakni setiap pagi dan sore hari.

(Baca juga: kacang hijau bagi penderita kista)

4. Kencur

Kencur merupakan tanaman rimpang selanjtnya yang juga memiliki khasiat untuk mengobati asam lambung. Untuk mengobati asam lambung, Anda cukup mengunyah kencur yang sudah dicuci bersih sebanyak 3 kali setiap harinya. Setelah memakan kencur mentah tersebut lanjutkan dengan meminum air putih. Adapun kandungan senyawa di dalam kencur yang berguna untuk mengobati asam lambung adalah senyawa minyak atsiri yang meliputi sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, paraeumain, asam anisat, dan juga alkaloid. Minyak atsiri di dalam kencur tersebut berguna sebagai anti inflamasi yang mengobati dinding lambung dan dinding kerongkongan yang mengalami radang.

5. Pisang Raja

Kebanyakan orang sering memasukkan  menu pisang ke dalam menu diet mereka karena kandungan energi dan juga fosfornya yang tergolong tinggi sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Namun terlepas dari manfaatnya sebagai menu utama ketika diet, pisang raja ternyata juga memiliki manfaat untuk mengobati asam lambung. Dari berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalam pisang raja, terdapat kandungan senyawa yang bernama peptik yang berguna untuk melindungi selaput lendir lambung karena kadar asam lambung yang terlalu tinggi. Alhasil radang pada dinding lambung bisa dihindari dengan mengkonsumsi pisang raja.

Bahkan jika dinding lambung sudah mengalami luka maka mengkonsumsi pisang raja akan membantu proses penyembuhan luka tersebut. Untuk mengobati asam lambung, Anda cukup menyiapkan dua buah pisang raja yang sudah tua namun belum matang. Selanjutnya iris tipis-tipis pisang raja tersebut menyerupai keripik. Jemur irisan pisang raja tersebut hingga kering. Selanjutnya haluskan (blender) pisang raja yang sudah kering tersebut kemudian konsumsilah 2 sendok bubuk pisang raja tersebut bersama dengan madu asli.

(Baca juga: kandungan gizi pisang)

6. Daun Andong

Tanaman yang satu ini sering dijadikan sebagai penghias halaman rumah. Namun kali ini kita akan memanfaatkan daun andong sebagai obat asam lambung. Saat dikonsumsi, tanaman ini akan memiliki rasa manis, hambar, dan memiliki sifat yang menyejukkan tubuh. Tanaman yang memiliki nama latin Cordyline fructicosa ini ternyata tidak hanya berguna untuk mengobati asam lambung saja, tetapi juga bermanfaat untuk menyejukkan darah, menghentikan pendarahan, dan juga menghancurkan darah beku ketika mengalami memar. Untuk mengobati asam lambung, Anda cukup menyiapkan daun andong kering sebanyak 15-30 gram. Selanjutnya rebuslah daun andong tersebut menggunakan 2 gelas air hingga air yang tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah dingin minumlah ramuan tersebut 1 gelas sekaligus sebanyak 1 kali setiap hari.

7. Anggrung

Anggrung juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan asam lambung. Adapun beberapa jenis kandungan senyawa yang ada di dalam tanaman anggrung adalah saponin, flavonoid, dan juga polifenol. Beberapa kandungan senyawa tersebut berguna sebagai antioksidan alami yang mempercepat proses penyembuhan luka pada dinding lambung da dinding kerongkongan yang mengalami luka akibat kadar asam lambung yang naik. Untuk mengobati asam lambung Anda cukup merebus akar anggrung sebanyak 200 gram menggunakan 2 gelas air selama 25 menit. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

8. Anting-anting

Tanaman anting-anting tergolong sebagai tanaman liar yang mudah kita temukan di area semak-semak atau pinggir jalan. Adapun kandungan senyawa di dalam tanaman anting-anting ini memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan juga berguna untuk menghentikan pendarahan. Beberapa jenis kandungan senyawa tersebut efektif untuk mengobati radang pada dinding lambung dan dinding kerongkongan akibat naiknya asam lambung. Selain itu, tanaman anting-anting juga efektif untuk menurunkan kadar asam lambung yang meningkat.

Untuk mengobati asam lambung ada hanya perlu menghaluskan tanaman anting-anting secukupnya kemudian mengambil sarinya. Untuk menurunkan kadar rasa pahit dari tanaman anting-anting Anda bisa meminum ramuan tersebut bersama dengan madu. Untuk hasil yang optimal minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari. Meskipun terasa pahit, namun tanaman ini memiliki sifat yang menyejukkan bagi tubuh dan juga perut.

9. Jombang

Tanaman yang satu ini sering dijadikan sebagai tanaman hias. Namun tidak banyak yang menduga bahwa tanaman ini mengandung berbagai macam senyawa yang berguna untuk obat tradisional asam lambung. Adapun beberapa jenis kandungan senyawa di dalam tanaman jombang adalah glukosa, fruktosa, choline, taraxerol, stigmasterol, B-stisterol, taraxol, dan juga taraxasterol. Beberapa jenis senyawa tersebut memiliki sifat antibiotik, anti radang, dan juga penghilang racun. Jadi selain menurunkan kadar asam lambung, tanaman ini juga efektif untuk menyembuhkan radang di dinding lambung dan dinding kerongkongan.

Tanaman ini memang memiliki rasa yang pahit dan sedikit manis namun setelah dikonsumsi akan menyejukkan badan. Untuk mengobati asam lambung anda cukup merebus tanaman jombang sebanyak 20 gram yang telah dicuci bersih. Rebus tanaman tersebut bersama dengan 3 gelas air hingga air yang tersisa hanya 1 gelas. Saringlah air rebusan tersebut kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore masing-masing setengah gelas.

10. Temulawak

Kebanyakan orang mengira bahwa temulawak hanya berguna sebagai penambah nafsu makan saja. Nyatanya, tanaman rimpang ini ternyata juga berguna untuk mengobati asam lambung. Dengan kandungan senyawa berupa kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium oksalat, toluil metil, dan juga sikloisopren myrsen membuat temulawak efektif menyembuhkan asam lambung dan juga menurunkan kadar asam lambung yang terlalu tinggi. Untuk mengobati asam lambung Anda hanya cukup merebus 30 gram rimpang temulawak kemudian meminum air rebusan tersebut. Jika anda kesulitan meminum ramuan tersebut maka anda bisa mengkonsumsi kapsul temulawak. Saat ini sudah banyak toko obat atau apotek yang menjual kapsul temulawak sebagai salah satu obat herbal yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit.

11. Nanas

Siapa yang tidak mengenal nanas. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang sedikit asam. Namun nanas yang sudah benar-benar matang akan terasa manis dan berkhasiat menyembuhkan asam lambung. Buah nanas mengandung berbagai macam senyawa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, enzim bromelain, dekstrosa, dan sukrosa. Adapun kandungan senyawa di dalam buah nanas yang berguna untuk mengobati asam lambung adalah enzim bromelain yang memiliki sifat anti radang. Untuk mengobati asam lambung anda cukup mengkonsumsi buah nanas seperti biasa. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah jenis nanas yang Anda konsumsi harus benar-benar matang karena nanas yang kurang matang justru terasa asam dan bisa meningkatkan kadar asam lambung.

12. Sambiloto

Sambiloto juga tergolong sebagai tanaman liar namun sejak dulu memang telah dipercaya sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dengan kandungan senyawa nutrisi seperti kalgemin, antrograhit, andrograpolit, kalium, dan juga minyak atsiri membuat sambiloto efektif untuk menurunkan kadar asam lambung dan juga menyembuhkan radang di dinding lambung dan dinding kerongkongan. Untuk mengobati asam lambung Anda cukup merebus daun sambiloto kering sebanyak 9 sampai 15 gram kemudian meminum air rebusan daun sambiloto tersebut. Air rebusan tersebut tentu akan terasa sangat pahit namun rasa pahit tersebut bisa Anda kurangi dengan mencampurkannya dengan madu.

(baca juga: efek samping daun sambiloto)

13. Asam Jawa

Seperti namanya, asam jawa memiliki rasa asam. Namun rasa asam dari asam jawa tersebut ternyata tidak berbanding lurus dengan penyakit asam lambung yang Anda rasakan sebab asam jawa ternyata justru mampu mengobati asam lambung. Kandungan senyawa di dalam asam jawa meliputi vitamin C, vitamin E, vitamin B, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan juga serat. Kandungan senyawa nutrisi tersebut tergolong cukup tinggi sehingga ampuh mengobati asam lambung. Untuk mengobati asam lambung Anda cukup merebus asam jawa dengan 3 gelas air hingga air yang tersisa hanya 1 gelas. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari. Untuk mengurangi rasa asam Anda bisa menambahkankan gula merah. Selain berguna untuk mengobati asam lambung, asam jawa ternyata juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan juga menyehatkan sistem saraf.

14. Kulit Manggis

Kulit manggis merupakan bahan herbal yang kaya akan kandungan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis justru lebih tinggi dibandingkan pada daging buahnya. Untuk mengobati asam lambung anda cukup membuat teh menggunakan kulit manggis yang sudah dikeringkan. Anda bisa mencampurkan madu untuk menambah rasa manis pada teh kulit manggis tersebut. Selain mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk teh, anda juga bisa mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk kapsul karena saat ini banyak toko obat atau apotek yang menjual ekstrak manggis dalam bentuk kapsul.

(Baca juga: khasiat kulit manggis)

15. Singkong

Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang tidak hanya kaya akan energi, tetapi juga bermanfaat untuk mengobati asam lambung. Singkong mengandung beberapa jenis senyawa nutrisi seperti serat, folat, vitamin C, niacin, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, dan juga vitamin E. Beberapa kandungan senyawa di dalam singkong tersebut berkhasiat mempercepat proses penyembuhan radang pada dinding lambung dan dinding kerongkongan. Untuk mengobati asam lambung Anda bisa langsung mengkonsumsi singkong mentah yang masih muda. Lakukan proses pengobatan tersebut 1 kali setiap hari atau ketika perut Anda terasa sangat perih akibat asam lambung kambuh.

16. Kumis Kucing

Tanaman herbal yang satu ini memang tidak perlu lagi diragukan kemampuannya untuk mengatasi berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Tanaman herbal yang satu ini sangat mudah ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia. Baik bunga maupun daun kumis kucing memiliki khasiat yang sama dan memiliki berbagai macam kandungan nutrisi seperti b-carryophyllene, belemene, humulene, b-bourbonene, dan juga charryophyllene. Tidak hanya itu, kumis kucing juga kaya akan kandungan kalium dan antioksidan flavonoid lipofilik. Berbagai macam kandungan nutrisi tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan asam lambung.

Untuk mengobati asam lambung Anda cukup merebus daun dan batang kumis kucing menggunakan 2 gelas air hingga yang tersisa hanya 1 gelas air saja. Minumlah ramuan tersebut sekali setiap hari. Selain mengobati asam lambung, kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati batu ginjal, asam urat, dan juga diabetes. Kandungan nutrisi di dalam kumis kucing memiliki sifat anti inflamasi, analgesik alami, anti mikroba, dan juga agen hepatoprotektif. Karena itulah kumis kucing memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

17. Daun Sirih

Tidak banyak yang menyangka bahwa daun sirih ternyata juga memiliki manfaat untuk mengobati asam lambung. Dengan kandungan senyawa nutrisi seperti fenil propana, minyak atsiri, estragol, kavicol, kavibetol, cyneole, cadinene, diastase, tanin, pati, terpennena, dan masih banyak lagi, membuat daun sirih begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengobati asam lambung. Untuk mengobati asam lambung, anda cukup merebus 5 lembar daun sirih menggunakan 3 gelas air hingga air yang tersisa hanya satu gelas air. Minumlah air rebusan daun sirih tersebut untuk meredakan nyeri pada perut akibat asam lambung.

18. Apu-apu

Tanaman yang satu ini memang masih terdengar asing bagi banyak orang. Adapun beberapa kandungan senyawa kimia di dalam tanaman ini adalah flavonoid, tanin, dan juga polifenol. ketiganya merupakan antioksidan alami yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menangkal dampak buruk radikal bebas. Adapun sifat dari tanaman apu-apu ialah menyejukkan tubuh, anti rematik, anti radang, diaforetik, dan juga diuretik. Untuk mengatasi masalah asam lambung, anda cukup mencuci bersih 15 lembar daun apu-apu yang masih segar. Selanjutnya rebus daun apu-apu tersebut dengan 3 gelas air selama 15 menit. Minumlah air rebusan daun apu-apu tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Namun bagi anda yang sedang hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat herbal satu ini.

19. Adas

Tanaman adas memang memiliki rasa yang sangat pahit namun tanaman ini terbukti mampu mengatasi berbagai macam masalah pada saluran pencernaan. Untuk obat tradisional asam lambung ini, anda cukup merebus 1 sampai 5 gram adas kering kemudian meminum air rebusan adas tersebut. Selain mengatasi masalah asam lambung, adas juga efektif untuk mengatasi kembung, mual, dan juga muntah.

20. Kapulaga

Sama halnya seperti adas, kapulaga juga menjadi bahan herbal yang efektif untuk mengobati berbagai macam gangguan pencernaan, termasuk asam lambung. Untuk mengobati asam lambung anda harus merebus 3 sampai 5 buah kapulaga kemudian meminum air rebusan kapulaga tersebut. Selain mengatasi masalah asam lambung, kapulaga juga berguna untuk mengatasi radang lambung, muntah-muntah, mual, dan perut kembung.

(Baca juga: cara mengatasi perut kembung)

21. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti radang yang efektif dan cepat mengobati radang pada dinding lambung dan dinding kerongkongan akibat asam lambung naik. Untuk mengatasi asam lambung anda hanya perlu mengkonsumsi ekstrak gel atau daging daun lidah buaya. Selain efektif untuk mengatasi asam lambung, lidah buaya juga berkhasiat untuk mencegah penyakit diabetes.

(Baca juga: khasiat lidah buaya untuk kulit)

Itulah beberapa macam bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati asam lambung. Untuk mempercepat proses penyembuhan maka mulailah untuk mengatur pola makan, tidak merokok, dan juga rajin melakukan olah raga. Hindari beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar asam lambung seperti makanan asam, bersantan, dan juga makanan pedas.

You may also like