16 Obat Eksim Kering Alami dan Efektif

1940

Penyakit eksim dapat menyerang siapa saja dan eksim pada kulit dapat terjadi rata-rata dikarenakan oleh reaksi alergi. Rasa gatal akan muncul yang menyertai kemerahan atau ruam pada kulit dan bahkan biasanya juga ada sensasi panas juga yang tak terhindarkan. Radang kulit satu ini dapat juga terpicu oleh munculnya zat asam pada kelenjar getah bening yang berlebih.

(Baca juga: cara mencegah eksim)

1. Kapur Sirih, Jeruk Nipis, Kunyit, dan Ragi Tape

Apapun penyebab eksim, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami ini sebagai obat paling ampuh.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis sebanyak 1 buah, 1 sendok teh kapur sirih, ½ buah ragi tape, serta 5 ruas ibu jari kunyit yang sudah dicuci bersih. Kunyit bersama dengan ragi tape dan kapur sirih harus ditumbuk lebih dulu hingga lembut. Kemudian Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis, aduk-aduk hingga merata. Bersihkan luka eksim Anda dengan alkohol lebih dulu, barulah oles ramuan herbal ini secara merata ke kulit yang terkena eksim tersebut.

2. Minyak Kelapa

Tak banyak yang tahu memang bahwa minyak kelapa bekerja secara efektif dalam menyembuhkan eksim kering yang gatal. Minyak inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kekeringan pada kulit tersebut supaya iritasinya mereda.

  • Caranya: Gunakan minyak kelapa ini beberapa tetes saja menurut kebutuhan Anda. Oles minyak tersebut pada area kulit yang terserang eksim kering, lalu biarkan kering dengan sendirinya. Setelah mengering, Anda boleh oleskan lagi dan lagi selama 1 hari, hingga keesokan harinya sesuai kebutuhan.

(Baca juga: macam-macam penyakit kulit)

3. Minyak Jojoba

Sama dengan minyak kelapa, minyak jojoba akan bekerja membantu kulit yang terkena eksim kering dan teriritasi tersebut. Efek dari minyak ini tak berbeda jauh dari salep untuk eksim karena obat oles ini juga berkhasiat dengan efek samping lebih kecil.

  • Caranya: Hampir sama dengan minyak kelapa, Anda bisa dengan mudah mengambil beberapa tetes minyak jojoba yang kemudian dioles ke area kulit yang bereksim kering. Sambil dioles, Anda juga bisa memberi pijatan lembut supaya minyak teresap sempurna. Setiap harinya Anda bisa mengoles 3 kali sesuai kebutuhan saja.

4. Madu Organik

Untuk menyembuhkan eksim kering, madu asli atau madu murni juga sangat baik dan Anda bisa andalkan. Dengan kandungan anti inflamasi dan antibakterialnya, proses penyembuhan akan menjadi lebih cepat pada kulit Anda.

  • Caranya: Sediakan madu organik mentah dan ambil secukupnya untuk Anda aplikasikan pada area kulit yang bereksim kering. Apabila takut menodai pakaian atau barang di sekitar Anda, gunakan kain kasa untuk dijadikan perban membungkus bagian yang diobati madu tersebut. Tunggu sekitar 30 menit sebelum Anda membilas menggunakan air dingin, kemudian keringkan. Pakai cara ini 3 kali sehari demi hasil optimal.

(Baca juga: cara membedakan madu asli dan palsu)

5. Minyak Zaitun

Karena minyak zaitun diketahui dapat dijadikan sebagai cara mengobati kaki pecah-pecah parah, maka tentunya masalah eksim pun bisa ditangani secara efektif. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam minyak inilah yang berperan mengurangi inflamasi.

  • Caranya: Sederhana saja, cukup dengan mengambil beberapa tetes minyak zaitun, lalu Anda bisa oleskan ke bagian yang terkena eksim kering. Namun akan lebih baik kalau minyak ini Anda hangatkan terlebih dulu sebelum mulai dioles ke kulit. Untuk menjadi maksimal, silakan konsumsi juga minyak zaitun supaya dapat menyembuhkan kulit Anda baik dari luar maupun dari dalam.

6. Cuka Sari Apel

Untuk mengatasi kulit terbakar dan kulit yang terkena inflamasi, cuka sari apel adalah salah satu jawaban solusi terbaik. Bahkan bahan alami inipun menjadi disinfektan yang ampuh.

  • Caranya: Anda dapat mengambil kapas yang dicelup ke dalam cuka sari apel untuk kemudian dioles atau usap-usap lembut pada bagian kulit yang terkena eksim. Ini lebih cocok untuk eksim kering dan tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada eksim yang basah apalagi mengeluarkan darah. Justru bila diterapkan pada luka berdarah dan terbuka, ini akan menambah iritasinya.

(Baca juga: cara menghilangkan kutil)

7. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit termasuk sangat besar dan oleh karena itulah gelnya kerap dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit atau mengatasi bekas luka. Karena kaya akan sifat anti inflamasi dan bersifat penyembuh alami, lidah buayadengan sensasi adem dan menenangkannya pasti menjadi obat favorit Anda.

  • Caranya: Ambil daun tanaman lidah buaya 1 batang saja pasti sudah lebih dari cukup. Kemudian Anda bisa belah supaya gelnya keluar dan Anda bisa ambil untuk dioles ke area kulit bereksim. Gel lidah buaya juga bisa Anda temukan di apotek terdekat, namun akan lebih baik kalau diambil langsung dari tanamannya supaya lebih alami.

8. Minyak Pohon Teh

Satu lagi jenis minyak yang tak boleh sampai terlupakan, yaitu minyak pohon teh sebagai obat eksim kering Anda. Masalah kulit kering pun dapat diatasi dengan minyak ini.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes tea tree oil yang dicampur dengan sedikit minyak zaitun. Oles langsung ke bagian yang terkena eksim, tapi sebaiknya tidak menggunakan minyak pohon teh sendiri karena akan mampu mengiritasi kulit sensitif. Untuk hasil optimal, gunakan sehari beberapa kali supaya cepat sembuh.

(Baca juga: cara menghilangkan kurap)

9. Baking Soda

Terlepas dari bahaya baking soda bagi kesehatan, Anda bisa menggunakannya sebagai obat masalah kulit seperti eksim kering.

  • Caranya: Sediakan baking soda sebanyak 1 ½ cangkir dengan air sebanyak 3 galon yang kemudian bisa dicampur hingga rata. Ambil kain bersih yang kemudian dicelupkan ke larutan tersebut dan oleskan ke bagian kulit bereksim Anda. Melakukannya rutin sehari beberapa kali akan memberikan hasil memuaskan.

10. Biji Mahoni dan Madu

Bila ingin obat tradisional, alternatifnya adalah serbuk biji mahoni yang bisa Anda kombinasikan dengan madu murni.

  • Caranya: Sediakan ½ sendok teh serbuk biji mahoni yang kemudian bisa diseduh bersama dengan air panas sebanyak ½ cangkir. Sesudah itu madu murni bisa Anda tambahkan ke larutan seduhan biji mahoni tersebut, aduk-aduk hingga rata. Minumlah selagi masih hangat sehari 2-3 kali untuk menyembuhkan eksim kering Anda dari dalam.

(Baca juga: penyebab kulit bersisik)

11. Daun Asam Muda

Daun asam muda yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya akan mampu memberikan manfaat besar bagi kesembuhan eksim kering Anda.

  • Caranya: Sediakan ½ genggam daun asam muda, rimpang kunyit dengan ukuran sebesar ibu jari Anda, 3 lembar daun ketepeng cina, minyak kelapa 2 sendok makan dan biji bungsur sebanyak 5 gram. Sangrai lebih dulu biji bungsur, lalu Anda tumbuk seluruh bahan yang akan dipakai hingga lembut. Minyak kelapa dapat ditambahkan sambil meremas-remas ramuan tadi. Jadikan obat gosok setelah selesai dan ramuan jadi; perban bila sudah selesai menggosok, kemudian gantilah balutan perban sehari 2 kali.

12. Bawang Merah

Meski ada efek samping bawang merah, bahan dapur satu ini cukup banyak manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Kombinasikan dengan herba thyme dan Anda bisa mengobati eksim kering.

  • Caranya: Sediakan bawang merah dan herba thyme secukupnya, lalu bersihkan dengan mencucinya. Campurkan kedua bahan hingga membentuk pasta atau krim. Kulit bereksim kering milik Anda bisa dibersihkan dulu menggunakan air hangat, keringkan, lalu dioles dengan krim herbal satu ini secara rutin.

(Baca juga: infeksi kulit karena bakteri)

13. Daun Sirih, Rimpang Temu Mangga, Air Jeruk Nipis dan Madu

Untuk menyembuhkan eksim kering, 4 bahan alami ini bila dicampur akan sangat besar khasiatnya. Setiap bahan memiliki kandungan baik mencegah penyebaran dan perkembangan bakteri.

  • Caranya: Daun sirih sebanyak 6 lembar serta 5 jari rimpang temu mangga dapat Anda bersihkan dengan mencucinya sebelum kemudian diiris tipis-tipis. Rebuslah bersama air 4 gelas, tunggu hingga menjadi 2 gelas sisanya. Barulah Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis masing-masing 2 sendok teh. Minumlah ramuan sehari 2 kali untuk merasakan manfaat dan kesembuhan maksimalnya.

14. Biji Saga dan Minyak Kelapa

Selain dapat dipakai sendiri, minyak kelapa juga sama ampuhnya ketika dicampurkan dengan biji saga. Kombinasi keduanya dapat menjadi obat luar yang efektif.

  • Caranya: Sediakan biji saga dan juga minyak kelapa sesuai kebutuhan atau secukupnya saja. Biji saga dapat Anda cuci hingga bersih sebelum Anda giling sampai halus sambil dicampur dengan minyak kelapa. Setelah menjadi krim atau pasta, Anda bisa mengoleskannya ke kulit yang terkena eksim secara rutin sampai sembuh betul.

(Baca juga: obat gatal-gatal)

15. Daun Sambiloto, Temulawak, Daun Pegagan, Daun Pepaya, dan Meniran

Anda dapat mengombinasikan 5 bahan tradisional tersebut untuk dijadikan obat herbal bagi eksim kering Anda yang kemungkinan tak kunjung sembuh.

  • Caranya: Seluruh bahan perlu Anda cuci sampai bersih lebih dulu, rebus bersama-sama dengan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian setelah itu Anda mengangkatnya untuk disaring. Minumlah ramuan ini sehari 3 kali supaya bisa menyembuhkan eksim kering dari dalam.

16. Daun Pandakaki Puti dan Biji Coklat

Tak begitu banyak orang yang mungkin kurang begitu tahu akan daun pandakaki puti, tapi bila Anda mudah menemukannya, ini bisa jadi obat eksim kering efektif.

  • Caranya: Sediakan daun pandakaki puti sebanyak 3 mangkuk yang sudah Anda rajang bersama dengan biji coklat sebanyak 10 butir. Daun tersebut bisa direbus bersama 4 liter air kurang lebih selama 10 menit. Sambil menunggu, Anda bisa menyangrai biji coklat dan menumbuknya sampai halus. Tambah dengan air sebanyak 8 liter air dingin pada air rebusan tadi agar suhu berubah hangat. Anggota tubuh yang terserang eksim kering dapat Anda rendam ke air rebusan tersebut, setelahnya Anda bisa tempel dengan bubuk biji coklat.

(Baca juga: cara mengobati eksim)

Itulah 16 obat eksim kering alami yang dikenal efektif dalam menyembuhkan masalah kulit tersebut. Semoga obat-obat tersebut dapat menjadi referensi yang membantu bagi Anda yang ingin eksim keringnya cepat sembuh dan hilang.