Cara Mencegah Eksim Secara Alami – Gejala dan Penyebab

4475

Pernahkah anda merasakan gatal, bengkak, atau kemerahan di kulit anda? Atau pernahkah anda merasakan kulit anda bersisik? Jika pernah, apakah anda tahu apa gejala yang anda alami? Jika belum mengetahuinya maka anda patut curiga, jangan – jangan itu adalah eksim. Apa itu eksim? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut akan diuraikan apa itu eksim dan tanda – tandanya serta bagaimana cara mengatasinya. Mari kita lihat.

Apa itu eksim??

Eksim bisa disebut eczema atau mudah dikenali dengan sebutan dermatitis merupakan sebuah gejala pada kulit dimana kulit mengalami pembengkakan, iritasi, gatal, dan peradangan. Tenang saja, kelainan kulit seperti ini tidak menular, namun terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit. Hal ini tentu saja mengganggu kinerja kita dalam keseharian. Eksim umum terjadi pada masa kanak- kanak. Eksim bisa dikatakan penyakit yang tidak parah, namun pada beberapa kasus eksim bisa menimbulakan infeksi. Eksim memiliki dua macam, eksim kering dan eksim basah.

  • Eksim kering

Eksim kering merupakan penebalan kulit tanpa adanya kulit yang basah. Yang dimaksud dengan kulit basah ialah adanya air di dalam area kulit yang bengkak. Eksim kering ini tidak mudah menyebar sehingga terjadi hanya di area tertentu saja. Eksim kering bersifat lebih lama, biasanya terjadi sudah lama sehingga menimbulkan warna hitam pada kulit.

(baca juga: ciri-ciri kurap)

  • Eksim basah

Berbeda dengan eksim kering, eksim basah berwarna merah, berair, dan sifatnya baru muncul. Eksim basah lebih gatal daripada eksim kering. Rasa gatal ini dipengaruhi karena adanya bakteri, oleh karena itu penderita eksim basah ini jangan sampai terkena air. Jika penderita eksim basah terkena air maka eksim ini akan mudah menyebar. Eksim ini lebih cepat sembuh, jika cepat diatasi karena eksim jenis ini terhitung bersifat baru muncul.

Penyebab

Banyak sekali yang dicurigai sebagai penyebab timbulnya eksim. Para ahli menyimpulkan bahwa penyakit ini timbul karena ketidakmampuan kulit dalam mengatasi perbaikan kulit yang menyebabkan kuman dan bakteri mudah masuk ke dalam kulit. Ketidakmampuan ini diakibatkan adanya mutasi pada gen yang bernama Filaggrin. Eksim juga dipercayai muncul karena adanya respon imun yang terlalu aktif terhadap suatu iritan. Eksim juga muncul dalam keluarga yang memiliki riwayat gejala asma ringan dan akut dan penyebab alergi kulit. Walaupun belum bisa dipastikan penyebab eksim, namun bisa dikelompokkan beberapa penyebab eksim, berikut beberapa penyebab eksim :

  • Pikiran yang penyebab stress
  • Suhu panas yang menyebabkan munculnya keringat dingin berlebih
  • Suhu dingin dengan iklim yang kering
  • Demam dan juga infeksi saluran nafas bagian atas
  • Kontak atau mengonsumsi bahan-bahan iritan maupun alergen.

Gejala

Eksim bisa menyerang daerah mana saja, biasanya daerah yang diserang adalah di area kulit yang sering berkeringat, semisal wajah, leher, daerah lipatan – lipatan (siku, lutut, pergelangan tangan, daerah kelamin) dan punggung. Penanda yang paling umum dari eksim adalah rasa gatal. Daerah kulit yang diserang akan terasa kering, bersisik, dan tebal. Awal kemunculan eksim biasanya berwarna merah lalu akan berwarna kecokelatan. Lepuh pada kulit akan muncul karena adanya infeksi, setelah berair maka kulit akan terkelupas. Setelah terkelupas maka akan muncul koreng – koreng dan luka – luka. Banyak jenis dari eksim, berikut disebutkan jenis – jenisnya :

  • Dermatitis Atopik, jenis ini paling sering ditemui namun juga paling parah dan kronik. Eksim jenis ini sering menyerang pada dalam siku, belakang lutut, leher dan wajah. Dan jenis ini sering menyerang anak – anak
  • Eksim tangan, eksim ini hanya menyerang bagian tangan
  • Dermatitis kontak, dermatitis ini muncul karena adanya sentuhan dengan zat dan iritan
  • Dermatitis Seboroik, eksim jenis ini menyerang kulit kepala dengan ruam yang terlihat seperti ketombe dengan pembengkakan.
  • Eksim dishodrotik, eksim ini menyerang pada area telapak tangan dan kaki, lepuh muncul pada jari – jari
  • Dermatitis Statis, jenis eksim ini menyerang pada vena kaki bagian bawah.
  • Dermatitis nurmular, jenis eksim ini bentuknya menyerupai koin – koin pada kulit

Cara Mencegah dan Mengobati Eksim

Pencegahan pada eksim dapat dilakukan dengan merawat kulit dengan baik dan benar. Hindari kulit yang terlalu kering atau terlalu basah. Jagalah agar kulit tetap lembab dan tidak memiliki keringat berlebih. Selain itu perlu diperiksakan apa saja pemicu eksim pada kulit anda, agar bisa dihindari kontak dengan pemicu eksim. Berikut beberapa tips untuk mencegah timbulnya eksim :

  • Kurangi pikiran yang menyebabkan stress
  • Cegah perubahan suhu dan kelembaban kulit yang ekstrim
  • Hindari mandi menggunakan air yang telalu panas
  • Jangan memanaskan dan mendinginkan kulit secara berlebih
  • Gunakan pelindung ketika bersentuhan dengan detergen atau bahan kimia lainnya
  • Hindari untuk mengonsumsi makanan pemicu alergi dan pemicu iritasi
  • Jangan gunakan sabun atau shampoo yang mengandung zat – zat pemicu alergi
  • Bawalah krim atau salep yang mengamndung kotikolesteroid yang bisa mengurangi eksim jika sewaktu – waktu eksim muncul. (baca juga: obat alergi gatal)

Itulah beberapa cara mencegah eksim, namun apabila eksim semakin parah maka periksakan diri anda. Dengan mengetahui pemicu eksim maka anda dapat menghindari munculnya penyakit ini. Demikian ulasan tentang eksim, semoga bermanfaat dan terima kasih.

artikel lainnya yang berkaitan: