Eksim Atopik : Pengertian, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

2097

Pernahkan anda mendengar tentang penyakit eksim ?  Seperti apakah itu ? Apakah parah ? Beberapa orang yang pernah mengalami, bahwa penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit kulit. Lantas seperti apakah penyakit eksim ini ? Apakah berbahaya ? Seperti apakah penyakit tersebut ? (Baca Juga: Penyebab Kulit Bergaris , Makanan Penyebab Alergi Gatal)

Penyakit  Eksim atopik atau yang biasa di sebut dengan penyakit dermatitis atopik. Yakni merupakan salah satu kondisi di mana kulit yang lembab atau normal menjadi kering. Kemudian, penderita  mengalami  kulit yang pecah – pecah dan gatal. Selain itu, warna kulit menjadi kemerahan. Ada banyak jenis penyakit eksim. Contohnya penyebab eksim kering. Penyakit ini masuk dalam kategori alergi. Banyak ciri-ciri alergi yang perlu di ketahui.

Eksim atopik adalah salah satu penyakit yang cukup serius. Sebab jangka waktunya berjalan cukup lama atau panjang. Selain itu, gejala yang muncul memiliki fluktuasi yang naik turun.  Awalnya parah, kemudian membaik, lalu parah lagi. Hal ini akan terjadi dalam kurun waktu dua sampai tiga kali dalam satu bulan. Sehingga anda perlu khawatir. Ada beberapa makanan penyebab eksim yang di waspadai. Sebelum menentukan obat eksim tradisional, atau obat eksim kering maka perlu tahu jenis apa dulu eksimnya, misal penyebab eksim kering. Ada banyak cara mengobati eksim yang bisa di praktekkan. Misal dengan menggunakan salep untuk eksim

Pengertian Eksim Atopik

Penyakit eksim ini cukup di kenal sebagai penyakit yang lama sembuhnya. Memang salah satu penyakit yang sering dan umum terjadi. Seseorang yang terkena penyakit eksim atopik ini mengalami  kondisi peradangan di bagian kulit. Tandanya dengan adanya  bagian kulit yang kering. Selain itu, kulit tersebut juga berwarna kemerahan. (Baca juga : penyebab eksim kering, penyebab eksim )

Lantas, yang di maksud dengan  kata atopik adalah suatu bentuk alergi.  Biasanya di miliki oleh beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dan cenderung mudah alergi pada suatu hal. Biasanya, penderita eksim atopik ini juga memiliki jenis alergi lain. Misalnya seperti penyakit  asma dan hay fever.

Jenis Penyakit Eksim yang Lain

Ada banyak jenis penyakit eksim, dan setiap penyakit itu memiliki penyebab eksim berbeda. Misal penyebab eksim kering. Ini hanya tambahan pengetahuan saja, bahwa penyakit eksim ini memiliki banyak jenis. Bukan hanya satu jenis atopik. Namun beberapa jenis ini bisa lebih mudah untuk melakukan identifikasi mengenai eksim yang mungkin anda miliki. Seperti apa sajakah ?

1. Dermatitis discoid

Yakni salah satu jenis penyakit eksim yang terjadi pada kulit tubuh anda dengan bentuk lesi bulat atau oval. (Baca Juga: Penyebab Kulit Gatal)

2. Dermatitis verikosa

Merupakan salah satu jenis penyakit eksim yang paling sering atau paling populer pada bagian bawah kaki. Biasanya di sebabkan karena masalah aliran darah  yang kurang lancar melalui vena kaki. (Baca Juga: Gejala Varises Kaki )

3. Dermatitis kontak

Adalah salah satu jenis penyakit eksim yang terjadi pada saat tubuh mengalami kontak langsung  atau tidak langsung dengan zat tertentu yang menyebabkan alergi. (Baca Juga: Penyebab Dermatitis)

4. Dermatitis dishidrotik (pompholyx)

Merupakan salah satu jenis penyakit eksim yang dapat menimbulkan luka lepuh kecil, bahkan bisa sampai pecah di bagian sepanjang telapak tangan. (Baca Juga: Cara Mencegah Dermatitis)

5. Dermatitis numularis

Merupakan jenis penyakit eksimyang sering terjadi dan banyak menyerang pada wanita. Biasanya luka ini akan membentuk ruam merah dan bentuknya menyerupai dengan bentuk koin. (Baca Juga: Ciri-ciri Dermatitis)

6. Dermatitis seboroik

merupakan salah satu  jenis penyakit eksim yang dapat tumbuh di permukaan wajah. Misalnya pada sisi hidung, alis, telinga sampai kulit kepala. (Baca Juga: Dermatitis Seboroik)

7. Dermatitis stasis

adalah salah satu  jenis eksim yang bisa membuat kulit menjadi keras, sampai bisa meninggalkan ruam berwarna coklat. (Baca juga: Gejala Dermatitis)

Lokasi Tumbuh dan Munculnya Penyakit Eksim Atopik

Biasanya penyakit Eksim atopik muncul pada anak – anak. Tapi, bukan berarti orang dewasa tidak memiliki kemungkinan terkena penyakit ini. Mereka tetap berpotensi terkena penyakit eksim. Biasanya Eksim atopik menyerang pada orang yang memiliki sejarah keluarga penderita eksim atau alasan faktor keluarga.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki alergi seperti asma, hay fever dan kerusakan  pelindung kulit juga berpotensi menyebabkan penyakit eksim. Hal ini di sebabkan karena adanya cairan yang keluar dan bakteri  bisa masuk dalam kulit. Penyakit Eksim Atopik ini berpotensi muncul di bagian tubuh mana saja. Namun, bakteri memiliki temppat favorit untuk menginfeksi kulit, yakni pada bagian  kulit yang memiliki lipatan.

Beberapa lokasi yang sering menjadi  tempat berkembang biakan bakteri antara lain :

  • Bagian permukaan wajah serta kulit kepala
  • Bagian tangan, apalagi bagian jari jemari tangan
  • Bagian dalam siku – siku
  • Bagian belakang lutut, yang ada lipatan dan berwarna gelap
  • Kaki yang terdapat lipatan

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah , Obat Gatal Jamur Tradisional )

Gejala yang Muncul pada Penyakit Eksim Atopik

Kadang kita tidak mengetahui, penyakit kulit yang menyerang kita ini merupakan sakit apa. Sebab, kita tidak mengetahui gejala dan tanda – tanda yang muncuk. Oleh sebab itu, perlunya tahu beberapa hal yang menyebabkan seseorang menderita penyakit eksim atopik. Berikut ini adalah uraiannya :

  1. Kulit selalu dalam keadaan kering
  2. Bagian kulit tersebut terasa sangat gatal (indikasi gejala awal yang muncul)
  3. Terjadi iritasi ringan, ketika kulit tersebut di garuk
  4. Kulit berwarna memerah saat kita mulai menggaruk kulit gatal
  5. Bahkan, jika terlalu sering di garuk tangan, baguian kulit tersebut justru malah menebal
  6. Kulit yang menebal tadi bisa saja melepuh sampai bisa mengeluarkan cairan.
  7. Bagian area tersebut mengalami radang
  8. Karena kulit yang tebal tadi menjadi luka dan meradang, akhirnya mudah untuk terserang infeksi.

(Baca : Obat Herpes Kulit , Obat Herbal Alergi Kulit)

Beberapa gejala yang muncul tersebut, misalnya seperti kulit yang kering, gatal – gatal, Serta inflamasi akan muncul dan menghilang. Fluktuasi naik turun ini akan terus terjadi selama beberapa minggu. Pada saat itulah, lapisan kulit akan jadi menebal sehingga kulit terasa kasar. (baca juga: Obat Gatal Biduran , Obat Gatal Tradisional)

Tingkat keparahan penyakit ini sangat banyak variasinya. Bagi penderita eksim atopik yang ringan,  tidak semua bagian mengalami hal ini. Namun hanya sebagian kecil kulit kering yang terkadang terasa gatal. Beberapa kasus yang lebih parah, eksim atopik dapat menimbulkan kulit menjadi ruam merah yang menyebar ke seluruh tubuh dan rasa gatal terus-menerus. Hal ini sangat mengganggu dan merusak penampilan.

Penyebab Penyakit Eksim Atopik

Untuk mengatasi suatu masalah, harus mengerti akar permasalahan. Sama halnya dengan dokter, beliau tidak mampu memberikan obat yang tepat. Kecuali dengan memahami kondisi dan sakit apa yang menyebabkan keadaanya bisa seperti itu. Itulah mengapa, penyebab seseorang bisa menderita penyakit eksim atopik perlu di bahas. (Baca Juga: Penyebab Bintik Merah pada Kulit , Penyebab Jamur Kulit)

Penyakit Eksim atopik sering di barengi dengan beberapa kondisi medis lain. Misalnya seperti hay fever (alergi terhadap serbuk sari) dan asma (alergi yang menyerang sistem pernapasan). Itulah yang menjadi alasan mengapa penyebab sebenarnya belum diketahui. Jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa melakukan tindakan agar tidak memperparah gejala penyakit eksim atopik yang muncul. Beberapa cara tersebut antara lain :

  1. Jangan menggaruk kulit, sebab bisa menyebabkan kulit mengalami luka atau iritasi.
  2. Beri pelembab jika Kulit mulai kering.
  3. Beri obat jika terjadi radang, karena di takutkan terjadi infeksi bakteri
  4. Bersihkan Keringat tubuh, misal dengan mandi 2 kali sehari.
  5. Hindari makanan yang mengandung protein tinggi. Misal makanan seperti telur, susu, kacang, kedelai, dan ikan. Apa lagi dampaknya kepada bayi dan anak kecil.
  6. Hindari atau minimalisir Debu dan serbuk sari.
  7. Hindari Asap rokok dan polusi udara.
  8. Hindari sementara pakaian, selimut atau karpet dari bahan wol. Karena serat kainnya membuat gatal.

(Baca Juga: Obat Alergi Debu , Bahaya Polusi Udara)

Pengobatan Penyakit Eksim Atopik

Penyakit eksim atopik akan menjalani fluktuasi naik turun. Kadang gejalanya sangat tinggi, namun kemudian ia sama sekali tidak keluar. Penderita sering mengira, bahwa ia sudah sembuh. Padahal, ini hanyalah salah satu fluktuasi naik turun yang di alami. Untuk itu, biasanya dokter menyarankan  agar bisa mempertahankan kondisi anda saat sedang baik. Beberapa saran tersebut antara lain :

  1. Jangan pernah menggaruk menggaruk pada area yang gatal.
  2. Namun, jika sudah tidak tertahankan, anda boleh meng-gosok daerah yang gatal dengan lembut tanpa menggunakan kuku Atau di sentuh menggunakan kulit (Baca juga: Obat Kuku Berjamur)
  3. Jangan terkena langsung dengan paparan udara yang terlalu panas atau dingin.
  4. Hindari penggunaan air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin
  5. Jika berada di area atau cuaca yang ekstrim, bungkus bagian yang eksim atau tutupi kulit tersebut. Karena kondisi yang ekstrem dapat memicu iritasi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah)
  6. Pakailah sabun mandi yang kamu gunakan dengan sabun mandi yang mengandung pelembap (emolien).
  7. Pakai pakaian berbahan katun, sebab kainnya lebih lembut untuk kulit.
  8. Jangan lupa untuk membilas baju setelah dicuci dengan deterjen sampai bersih, sebab kandungan dalam deterjen diduga dapat mengiritasi kulit (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Belang Pada Tangan dan Kaki)

Ada juga obat eksim tradisional yang ampuh mengatasi. Misalnya menggunakan salep untuk eksim. Namun, jika kondisi penyakit eksim yang anda alami sudah parah, di sarankan untuk menemui dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep pengobatan eksim atopik perlu dilakukan. Misalnya untuk menyarankan anda membeli emolien dan krim kortikosteroid. Ke dua krim tersebut adalah krim wajib yang di miliki oleh penderita eksim atopik. Namun jika anda mengalami kondisi yang benar – benar parah, segeralah temui dokter. Misalnya :

  • Melakukan perawatan secara mandiri, namun tidak bisa mengatasinya.
  • Bagian kulit terasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas (rasa sakitnya).
  • Membuat tidur anda menjadi tidak nyaman dan terganggu.
  • Beberapa bagian kulit mulai menunjukkan gejala terinfeksi, seperti keluar nanah, memar kemerahan pada kulit
  • Bahkan, penglihatan anda mulai terganggu dan kabur karena penyakit eksim atopik

(Baca Juga: Cara Mencegah Eksim , Cara Mengobati Kapalan)

Inilah beberapa ulasan mengenai penyakit eksim atopik. Semoga bermanfaat