8 Obat Gatal Jamur Tradisional Terbukti Paling Ampuh

8278

Obat gatal jamur merupakan ramuan yang di buat untuk menghilangkan pergerakan berbagai jenis jamur yang menyerang kulit sekaligus menyembuhkannya. Obat gatal jamur ada yang berbentuk salep dan tablet yang mudah didapat ditoko obat, Namun pada kenyataannya obat tradisional jauh lebih aman dan relatif cepat menghilangkan jamur tanpa efek samping dikarenkan tidak menggunakan bahan bahan kimia. (Baca juga: Bahaya Bahan Kimia , Merk Salep untuk Luka Bakar)

Macam Macam Gatal Jamur

Jenis penyakit gatal kulit yang disebabkan oleh jamur antara lain:

  1. Kurap (Tinea corposis)

Kurap disebabkan karena infeksi yang didapatkan akibat seseorang tertular secara langsung atau tidak langsung pada penderita kurap. Misalnya akibat pemakaian handuk bersama, Sprei ranjang, Tempat duduk dan lain lain yang juga tidak menutup kemungkinan munculnya kurap bisa disebabkan karena jamur yang dibawa oleh hewan peliharaan lalu meleekat pada kulit manusia setelah ada kontak fisik. Kondisi ini membutuhkan obat gatal jamur selama berminggu minggu yang diaplikasikan secara teratur supaya kurap bisa cepat disembuhkan.

Baca Juga:

  1. Panu (Tinea vesicolor)

Panu adalah infeksi jamur yang merusaak jaringan kulit bagian permukaan yang biasanya paling banyak menyerang anak anak. Panu muncul karena lokasi bermain yang tidak steril dan telah tercemari berbagai macam bakteri, Kuman, Virus dan partikel partikel halus beracun radikal bebas yang ada diudara.

  1. Jamur kuku (Fungal nail infection)

Jamur kuku muncul karena sistem kekebalan tubuh sedang tidak stabil dan mengalaami penurunan terus, Misalnya akibat pemakaian kuku palsu, Pengecatan kuku yang berlebihan, Pemakaaian obat obatan untuk mempercantik kuku atau karena pemakaian sepatu yang sempit dan tertutu rapat terus menerus.

Baca Juga:

  1. Candida

Candida merupakan jamur yang biasa menyerang wanita dalam bentuk keputihan . Keputihan berbentuk seperti susu kental yang berwarna putih hingag kekuningan yang dapat menyebabkan area kewanitaan menjadi gatal gatal , Iritasi dan menyebabkan bau tak sedap akibat perkembangan jamur yang sudah semakin banyak.

  1. Jamur kaki

Munculnya jamur kaki diakibatkan rutinitas dan gaya hidup misalnya pekerja kantoran yang dituntut perusahaannya untuk selalu bersepatu dengan lengkap misalnya menggunakan kaos kaki dan Sepatu yang tertutup, Padahal kondisi tersebut dapat menyebabkan kaki dalam keadaan selalu basah, Lembab dan pengap yang nantinya rentan terbentuk jamur jamur penyebab penyakit kulit. atau karena aktifitas pada para pertani atau Peternak yang tidak menggunakan alas kaki ketika sedang beraktifitas. Kondisi ini dapat mempercepat munculnya jamur pada kaki yang nantinya jika berkembang akan terasa sangat gatal dan nyeri setelah digaruk.

Baca Juga:

  1. Tinea Cruris

Tinea cruris adalah jenis jamur yabg relatif cepat tumbuh serta meluas pada lokasi yang lembab dan basah akibat keringat, Misalnya area lipatan paha, Lipatan lengan, Bokong dan lain lain.

  1. Gatal karena alergi

Gatal jamur pada permukaan kulit dapat dipicu akibat kondisi kulit yang terlalu kering dan sensitif sehingga mudah terserang kuman dan jamur yang terbawa melalui udara kotor.

Baca juga:

  1. Meningitis jamur

Meningitis jamur adalah infeksi yang disebabkan oleh kondisi kriptokokus yaitu munculnya peradngan selaput tipis yang menghalangi sumsum tulang belakang dan jaaringan otak. Jmaut jenis meningitis awalnya nampak padaa permukaan kulit berupa gatl gatl, Kering dan terkelupas namun umumnya menyerang pada penderita HIV karena jamur jamur tersebut akibat interaksi yang berlebihan dari penderita penurunan daya tahan tubuh terhadap inhalasi sel sel jamur yang bertebaran diudara kotor (radikal bebas)

  1. Tinea capitis

Jamur jenis capitis menyerang kulit kepala sehingga menyebabkan kerontokan, Gatal gatal akibat kulit kering dan bersisik serta iritasi. Jika tidak segear diatasi maka kondisin ini dapat menyebabkan kebotakan permanen, Dimana dapat menyerang bukan hanya pada kaum pria tetapi juga wanita. (Baca Juga: Obat Gatal Tradisional)

Penyebab munculnya gatal jamur

  • Keringat berlebihan akibat aktivitas berlebihan seperti berolahraga, Akibat kegemukan, Akibat ruangan yang sempit dan minim ventilasi, pekerja bangunan dan lain lain. Kondisi tersebut dibutuhkan segera penggunaan obat gatal jamur yang tepat agar pergerakan jamur tidak semakin meluas. (baca juga: Obat Gatal Biduran )
  • Karena suhu atau udara yang terlalu panas sehingga menyebabkan tubuh selalu dalam kondisi lembab berkeringat, Dimana kelembaban yang terus menerus dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur kulit penyebab gatal gatal.
  • Pakaian yang ketat dan terbuat dari bahan dasar yang tidak mudah menyerap keringat, Misalnya wool, Sifon, Borkat, Bahan parasut dan sebagainya. Hindari pakaian yang terlalu tebal agar tubuh senantiasa mendapatkan pergantian udara dan angin supaya keringat mudah kering. (Baca Juga: Cara Mengatasi Keringat Berlebih)
  • Tidak merawat kulit tubuh dengan baik dan benar misalnya mandi tanpa menggunakan sabun, Mandi terburu buru atau malas mandi setelah beraktivitas diluar rumah.
  • Pemakaian antibiotik tertentu atau obat yang dapat meningkatkan hormonal dapat menjadi pemicu munculnya jamur kulit . Kondisi itu terjadi karena efek obat yang telah dikonsumsi tidak mampu menghalau awal infeksi jamur yang baru terjadi pada permukaan kulit. (Baca Juga: Penyebab Kulit Gatal)
  • Mengalami gesekan terus menerus antara kulit yang biasa terjadi pada orang orang yang mengalami obesitas atau kegemukan. Gesekan kulit atau trauma friksi ini menyebabkan munculnya keringat, kemerahan, Iritasi lalu menjadi tempat pertumbuhan jamur. (Baca Juga: Cara Mengurangi Keringat Berlebih)

Obat Gatal Jamur

Tips cara membuat obat gatal jamur tradisional ampuh untuk mengatasi masalah gatal kulit untuk pria dan wanita tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Kulit manggis dan daun sirih

Ambilah 100 gr kulit manggis dan 20 lembar daun sirih kemudian cucilah hingga bersih dan rebuslah secara bersamaan. Pakailah takaran air 5 gelas, Diamkan sampai mendidih lalu biarrkan air menjadi tersisa 3 gelas saja. Dinginkan lalu saring untuk kemudian dipakai untuk mencuci kulit yang sedang terkena gatal jamur. Ramuan obat gatal jamur ini mampu menghilangkan rasa gatal, Mencegah iritasi dan menyembuhkan kurap , Kudis dan eksim. Menurut para ahli kesehatan dan kecantikan tradisional bahwa khasiat kulit manggis bagi kesehatan bukan hanya untuk pengobatan organ tubuh bagian dalam saja tetapi juga bisa mengatasi masalah kesehatan kulit. (Baca Juga: Obat Herbal Panas Dalam)

  1. Langkuas

Selama ratusan tahun langkuas adalah bumbu dapur yang sering dipakai menjadi bahan dasar pembuatan obat gatal jamur . Ambilah satu ibu jari langkuas lalu bersihkan dan haluskan dengan cara ditumbuk. Oleskan langkuas pada permukaan kulit yang terkena panu, Kurap, Kudis atau gatal gatal akibata alergi berulang kali. Cara ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit akibat jamur. (Baca Juga: Obat Panu Tradisional)

  1. Temulawak, Kunyit , Sambiloto

Ambillah 30 gr temulawak , 20 gr kunyit dan 10 gr sambiloto. Bersihkan ketiga bahan herbal ini untuk kemudian direbus hingga mendidih dengan takaraan air 5b gelas dan hanya menyisakan 2 gelas saja. Ketiga bahan alami ini sudah biasa digunakan sebagai obat gatal jamur yang terbukti ampuh bagi pengobatan jamur kulit yang menyerang anak anak dan remaja. (Baca Juga: Obat Cacar Api , Efek Samping Daun Sambiloto)

  1. Daun leunca

Ambilah segenggam daun leunca, Bersihkan lalu tumbuk hingga halus, Oleskan ramuan herbal ini pada permukaan kulit yang terserang gatal jamur. Lakukana dua kalai sehari secara rutin sampai kulit normal kembali tanpa dihinggapi jamur lagi. Daun leunca merupakan salah satu obat gatal jamur paling sederhana dan mudah diaplikaasikan pada ank anak yang sedang terserang panu, Kurap atau kudis. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Parut Kudis , Cara Mengobati Kudis)

  1. Daun sidaguri dan minyak kelapa

Ambilah beberapa daun sidaguri lalu cucilah sampai bersih. Timbuk daun tersebut sampai haluas lalu tambahkan minyak kelapa murni secukupnya dan remaslah sampai merata untuk kemudian dioleskan pada kulit yang sedang terkena gatal kulit. Daun sidaguri adalah salah satu dari sekian banyak bahan bahan alami yang dipakai pada pengobatan alternatif sebagai obat gatal jamur menahun yang biasa diderita oleh para orang tua. (Baca Juga: Bahaya Minyak Goreng , Bahaya Minyak Tanah bila Diminum)

  1. Daun ketapang

Daun ketapang adalah tumbuhan alami yang dapat digunakan sebagai obat gatal jamur yang mujarab menyembuhkan berbagai macam jamur penyebab penyakit kulit. Ambilah beberapa daun ketapang , Dicuci terlebih dahulu kemudian tumbuk atau hancurkan hingga halus. Balurkan sambil digosok gosok lembut pada permukaan kulit yang sedang menderita gatal jamur. (Baca juga: Efek Samping Daun Kelor  , Efek Samping Daun Kersen)

  1. Lidah buaya

Ambilah lendir atau daging lidah buaya untuk kemudian dioleskan pada kulit yang sedang terserang penyakit kulit jenis jamur kaki misalnya kaki menderita kurap dan gatal gatal akibat pemakaian kaos kaki dan sepatu yang tertutup rapat setiap hari yang memicu lokasi sela sela kaki menderita lembab. Khasiat lidah buaya untuk kulit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gatal gatal yang disebabkan alergi, Misalnya kulit menjadi sangat kering dan menderita sisik sisik yang menimbulkan rasa gatal, Kondisi bisa terjadi akibat penggunaan AC berlebihan dan jangka panjang didalam ruangan. Lidah buaya adalah obat gatal jamur yang ampuh mengobati jamur kulit pada anak anak, dewasa dan orangtua. (Baca juga: Penyebab Kulit Bergaris)

  1. Tanah liat

Tahukah anda bahwaa tanah liat dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal jamur yang sudah masuk kategori penyakit kulit yang parah misalnya eksim basah, Selain itu kelebihan tanah liat adalah dapat mengatasi gatal gatal, Iritasi yang juga disebabkan karena gigitan hewan berbahaya misalnya kalajengking, Lipan, Semut api dan sebagainya. Balurkan tanah liat perlahan pada permukaan kulit yang terserang gatal jamur. Lakukan dua kali sehari secara tertaur sampai penyakit gatal jamur sembuh. (Baca Juga: Efek Samping Daun Salam , Obat Keputihan karena Jamur)