5 Bahaya Minyak Tanah bila Diminum Bagi Kesehatan

Minyak tanah merupakan salah satu hasil tambang yang diperoleh dari dalam bumi. Tentunya minyak tanah ini mengandung kandungan-kandungan tertentu. Minyak tanah biasanya digunakan sebagai bahan bakar, dan juga untuk menghilangkan noda yang membandel, seperti noda cat. Minyak tanah inimempunyai warna yang bening. Yang membedakan minyak tanah dengan air hanya baunya. Dari segi tampilan, minyak tanah ini serupa dengan air. Maka dari itu terkadang orang mengira minyak tanah sebagai air.

Hal ini terutama ketika minyak tanah disimpan di dalam botol bekas air mineral. Banyak kejadian orang meminum minyak tanah yang dimasukkan dalam botol bekas air mineral tersebut karena memang dikira air minum. Terlebih bagi orang ynag sedang kehausan. Akibatnya, orang tersebut meminum minyak tanah tersebut. Kejdian semacam ini bukanlah menjadi cerita langka lagi. Banyak orang yang sudang mengalami hal ini. lalu, apa akibat yang bisa terjadi ketika seseorang dengan sengaja atau tidak sengaja meminum minyak tanah? (baca juga: bahaya makan terlalu kenyang)

Minyak tanah akan membawa dampak negatif apabila teidak sengaja masuk ke dalam perut manusia. Apabila manusia menelan minyak tanah, maka umumnya yang terjadi adalah keracunan. Hal ini akan terjadi ketika minyak tanah yang ditelan manusia tidak dimuntahkan kembali. Apabila minyak tanah yang ditelan oleh manusia dan diaspirasi ke dalam paru- paru, maka akan terjadi keracunan akut, pendarahan, dan bronkopneumonia yang berpotensi menimbulkan kematian. Dan reaksi yang hebat ini akan berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam saja. (baca juga: cara mengatasi kekurangan oksigen)

Secara lebih detail, beberapa dampak negatif apabila kita menelan minyak tanah dan tidak dimuntahkan kembali adalah sebagai berikut:

  1. Menyababkan kerusakan pada alat- alat tubuh. Kerusakan yang terjadi misalnya adalah kelainan degeneratif dan juga pendarahan yang kecil- kecil yang terjadi di bagian hati, ginjal, limpa, dan juga sumsum tulang. (baca juga: bahaya kekurangan darah putih)
  2. Menimbulkan perasaan terbakar pada mulut, tenggorokan, esofagus, dan juga ulkus. (baca juga: penyebab sakit tenggorokan saat menelan)

  3. Menimbulkan sensitisasi jantung terhadap kateolamin eksogen dan juga endogen.
  4. Mengganggu susunan saraf yang berupa mengantuk atau bahkan koma (hal ini bisa terjadi hanya dalam waktu beberapa saat setelah menelan minyak tanah). (baca juga: jenis kelainan saraf)
  5. Menimbulkan bronkopneumia pada paru- paru. (baca juga: gejala paru-paru bermasalah)

Itulah beberapa dampak negatif sekaligus berbahaya apabila seseorang meminum atau menelan  minyak tanah. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan apabila seseo9rang secara tidak sengaja menelan minyak tanah?

Hal- hal yang Harus Dilakukan Apabila Minyak Tanah Tertelan

Terkadang, sesorang memang tidak sengaja menelan minyak tanah. Jika hal seperti ini terjadi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat orang yang meminum minyak tanah tersebut muntah. Biasanya muntah akan bisa terjadi dengan sendirinya. Namun ketika orang yang meminum minyak tanah tidak juga muntah, maka harus dirangsang. Cara merangsang agar orang tersebut muntah bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Memberikan minum air putih sebanyak mungkin. Selain untuk merangsang agar pasien keracunan muntah, air putih juga berperan dalam sedikit menetralisir racun pada minyak tanah. (baca jjuga: akibat kelebihan air putih dalam tubuh)
  • Memberikan minum susu sebanyak mungkin. Susu merupakan minuman yang terkadang membuat mual jika terlalu banyak minum. Jika air putih dirasa kurang bisa merangsang untuk muntah, maka bisa dialihkan dengan memberikan susu. Namun, alangkah lebih baik jika memang ingin menggunakan susu, berikanlah susu sejak awal. (baca juga: makanan penghancur batu ginjal)

  • Memberikan minum air kelapa. Air kelapa dengan banyak kandungan yang ada di dalamnya mampu mengurangi dampak keracunan oleh minyak tanah.
  • Pemberian oksigen dalam jumlah banyak.
  • Bila perlu, lakukan infus.
  • Memberikan antibiotik yang berguna sebagai profilaksis.
  • Memberikan kafein aoabila terjadi depresi susunan pada saraf pusat. (baca juga: kesehatan sistem saraf otak)

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan ketika seseorang mengalami keracunan minyak tanah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi pembaca agar lebih cermat ketika mengambil cairan untuk diminum.

baca juga:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kimia