Home Penyakit dan KelainanFaringitis 6 Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan

6 Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan

by Roro Dyiah

Tenggorokan merupakan salah satu organ yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Organ ini merupakan salah satu saluran yang menjadi jalan masuknya oksigen ke dalam tubuhnya. Pada bagian inilah yang sering sekali terkena luka, sehingga menimbulkan rasa sakit. Entah sakit karena luka, atau infeksi, atau hal lainnya.

Penderita yang terkena sakit tenggorokan akan merasa tidak nyaman. Ketika lapar, mau makan sedikit saja malas. Sudah susah, apalagi saat di gunakan untuk menelan makanan. Rasanya sakit semua. Makanya mereka yang sedang sakit, justru malah malas untuk makan. Tidak berselera. Mengapa pula harus makan jika akhirnya malah sakit?

Selain itu, ketika anda sedang sakit tenggorokan susah sekali untuk mengatakan pada orang lain bahwa keadaan anda sedang tidak baik. Pasalnya mereka biasnaya mengabaikan penyakit ini. Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, yang kronis, namun ketika terinfeksi juga tetap sakit. Walaupun Cuma bagian leher saja yang sakit, tapi rasanya kepala ikut pusing. Ikut demam. Serta malas beraktivitas.

baca juga: cara mengatas sakit tenggorokan

Apa itu sakit tenggorokan?

Sakit tenggorokan merupakan sakit atau suatu penyakit yang menyerang pada bagian tenggorokan. Makanya penderita yang menderita sakit tenggorokan akan mengalami rasa sakit pada bagian tenggorokannya. Tapi, bukankah tenggorokan letaknya berada di dalam leher? Iya benar sekali. Akan sangat terasa sakit tenggorokannya ketika penderita menelan. Entah ia sedang menelan makanan, menelan air liur, atau menelan minuman.

Meskipun bukan merupakan penyakit serius dan membahayakan, tapi penyakit ini cukup mengganggu. Karena anda akan kehilangan sebagian besar nafsu dan selera makan anda. sebab makanan yang masuk ke dalam mulut, harus turun melalui bagian ini. Nah ketika makanan melewati tenggorokan, akan mulai terasa sakitnya. Makanya mereka jadi malas makan. Padahal kondisi penderita yang sedang menderita sakit suatu penyakit, sangat di anjurkan untuk banyak makan. Karena dengan adanya makanan ini berguna sebagai penghasil energi untuk melawan penyakit.

baca juga: obat sakit tenggorokan

Penyakit ini memang salah satu penyakit yang mudah menjangkiti siapa saja. Entah ia adalah anak anak maupun orang dewasa. Sebab sakit tenggorokan akan menyerang pada mereka yang sedang mengalami kelelahan. Lalu sistem kekebalan tubuhnya akan menurun. Pada saat itulah penyakit ini akan menginfeksi tubuh penderita.

Lalu apa saja yang membuat seseorang terkena penyebab sakit tenggorokan saat menelan makanan ?

  1. Adanya virus, bakteri, dan jamur

Sakit tenggorokan atau biasa di kenal dengan faringitis ini merupakan suatu penyakit yang di sebabkan karena adanya infeksi. Hal ini akan membuat bagian tenggorokan dalam keadaan tidak baik. Biasanya terjadi karena adanya virus, bakteri, atau jamur yang ada di sekitar anda. boleh jadi sebenarnya virus, bakteri, dan jamur ini sudah ada sejak lama dalam tubuh anda. tapi belum menginfeksi diri anda. mereka akan menunggu saat yang tepat, yakni ketika sistem kekebalan atau sistem imun anda sedang menurun. (baca juga: penyebab lidah terasa pahit saat sakit)

  1. Adanya luka dari duri ikan

Penyebab lain yang berpotensi menjadi sakit tenggorokan adalah karena adanya luka pada bagian tenggorok. Luka ini bisa di sebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena adanya duri dari ikan yang mengenai bagian tenggorok. Sehingga melukai bagian yang lembut ini. Maka satu satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah menunggu sampai luka itu sembuh. (baca juga: tertelan duri ikan di tenggorokan)

  1. Karena kelelahan

Seseorang yang mengakui sakit tenggorokan bisa jadi karena ia mengalami cepat lelah. Kondisi ini akan menjadikannya mudah terserang virus dan penyakit. Atau boleh jadi membuat virus yang ada di dalam tubuh, yang awalnya tidak aktiv menjadi aktiv. Makanya seseorang yang sedang berada dalam kondisi kelelahan akan sangat mudah sakit. (baca juga: cepat lelah dan jantung berdebar)

  1. Adanya radang di tenggorokan

Ketika bagian tenggorokan sakit, sebenarnya ada beberapa penyebab. Salah satunya adalah karena adanya obat radang tenggorokan pada bagian ini. Pengaruh radang ini akan membuatnya mengalami rasa sakit saat menelan. Banyak alasan yang bisa menyebabkan seseorang terkena radang. Salah satunya karena adanya luka atau karena virus.

  1. Amandel yang membesar

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri sendiri. beberapa bagian tubuh yang bekerja sebagai sistem imun adalah gejala amandel dan polip. Ketika bagian ciri-ciri amandel ini mengalami pembengkakan, maka pengaruhnya juga akan sampai pada manusia. Salah satu bentuk pengaruh pantangan amandel yang membesar ini adalah sakit saat menelan. (baca juga: cara mencegah amandel)

  1. Meminum es

Beberapa orang mengakui bahwa ia tidak kuat dengan hawa dingin. Misalnya dengan meminum es batu atau es krim dan lain sebagainya. ketika bagian tubuhnya tidak kuat terhadap bahan makanan yang masuk, maka tubuh akan membuat perlawanan. Salah satunya dengan membuat radang bagian amandel. Ini sebagai bentuk pertahanan tubuh agar rasa sakit tida semakin parah. Dan esok hari tidak lagi meminum es. (baca juga: bahaya minum air es)

Gejala yang timbul

Penderita yang mengalami sakit tenggorokan memang sangat mengganggu aktivitasnya. Mereka akan mengeluhkan beberapa keadaan yang membuat dirinya tidak nyaman antara lain adalah :

  • Sering sakit kepala
  • Demam naik turun yang cukup tinggi
  • Suhu badan naik
  • Kelenjar yang membesar
  • Kemungkinan amandel yang membengkak
  • Kemungkinan radang
  • Otot terasa nyeri dan pegal
  • Batuk batuk
  • Hidung mengeluarkan ingus

Pengobatan yang Dilakukan

Seperti yang kita ketahui, bahwa penyakit faringitis memang salah satu penyakit yang cukup menyiksa. Makanya banyak hal dan cara yang di lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan gejala yang di timbulkan dari penyakit ini. Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakitnya adalah :

  • Jangan merokok

Merokok salah satu aktivitas yang fokus utamanya pada bagian sistem pernapasan dan pencernaan. Maka ketika anda merokok, malah akan membuat semakin parah penyakitnya. Sebab asap rokok inilah yang semakin mengganggu saluran pencernaan dan pernafasan anda.  (baca juga: bahaya tembakau rokok)

  • Redakan dengan perment mint

Permen dengan rasa mint memang memberikan essensi dan aroma yang berbeda. Makanya ketika anda merasa sakit tenggorokan bisa di redakan dengan permen peleda tenggorokan yang umumnya memiliki rasa mint. (baca juga: obat sakit tenggorokan)

  • Kumur dengan menggunakan air garam

Memang sakit ketika terkena penyakit radang tenggorokan. Sangat mengganggu saat anda sedang menelan makanan. Untuk itu, bisalah untuk mencoba berkumur dengan menggunakan air yang mengandung garam. (baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan)

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang menyebabkan iritasi

Sakit radang tenggorokan memang menjadi sensitif terhadap beberapa bahan makanan. Makanya mereka harus memang sangat pilih pilih sebelum memasukkan makanan. Usahakan jangan yang panas dan dingin. Justru semakin memperparah kondisi radang.

  • Minum air putih yang banyak

Sebenarnya, minuman yang paling sehat dan baik untuk tubuh adalah air putih. Di dalamnya tidak mengandung zat berbahaya. Mudah, instan, serta menyehatkan. Walaupun rasanya cenderung sedikit pahit. (baca juga: terapi air putih)

You may also like