Home Penyakit dan KelainanAmandel 7 Efek Samping Operasi Amandel Paling Berbahaya

7 Efek Samping Operasi Amandel Paling Berbahaya

by Lia Yuliana

Amandel merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian selaput lendir, kerusakan ini biasanya terjadi pada permukaan selaput lendir. Amandel ini jika kerusakan pada amandel sudah parah dapat menyebabkan penyakit yang lainnya bahkan penyakit amandel yang sudah parah ini harus diselesaikan dengan cara melakukan operasi. Banyak sekali penyebab amandel, salah satu diantara penyebab amandel adalah basi spirlia dan juga basil fusifomis sehingga kedua penyebab itu akan membuat amandel mengalami peradangan bahkan bisa terjadi pembengkakan terutama pada daerah tonsil. Amandel biasanya memiliki ciri-ciri yang dirasakan penderitanya seperti demam, sakit kepala, batuk, cepat lelah dan sakit pada tenggorokan terutama ketika tenggorokan di gunakan untuk menelan makanan atau pun untuk menelan minuman. (Baca juga: Cara Pencegahan Tonsilitis , Jenis Penyakit Pada Lidah)

Operasi amandel biasanya hanya terjadi ketika amandel itu sudah tidak dapat ditangani atau dicegah lagi, hingga jalan satu-satunya adalah dengan melakukan operasi. Sejatinya ada bbeberapa cara untuk mencegah dan mengurangi penyakit amandel di antaranya adalah: Obat Amandel Alami)

Cara Mencegah dan Menghindari Amandel

Cara mencegah dan menghindari penyakit amandel adalah dengan melakukan gaya hidup sehat, dan menghindari gaya hidup tidak sehat sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga, selain itu Manfaat olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan tercegah pula dari amandel. Selain itu mengurangi berbagai makanan yang banyak mengandung gula buatan, garam dan juga makanan yang berminyak atau makanan yang di sajikan melalui digoreng, karena ini dapat menyebabkan amandel semakin parah dan amandel meningkat. Jika amandel semakin parah dapat menyebabkan amandel harus ditangani dengan operasi. Selain itu konsumsi makanan berupa vegetarian dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin avitamin e, dan vitamin c ini juga baik apabila hendak digunakan untuk mencegah penyakit amandel.

Itulah cara mencegah penyakit amandel, agar amandel tidak parah sehingga tidak memerlukan operasi yang menyakitkan pada amandel. Namun jika memang penyakit amandel tidak dapat di cegah dan di hindari lagi sehingga harus melakukan operasi maka operasi itu pun dapat dilakukan. Dengan beberapa efek samping yang akan di terima pasca operasi. Meskipun efek samping yang diterima setiap individu ini akan berbeda-beda karena tergantung pada kondisi tubuh dan metabolisme tubuh masing-masing. Berikut efek samping dari operasi amandel. (Baca Juga: Penyebab Dahak Berdarah , Bahaya Ngorok)

Efek Samping Operasi Amandel

  1. Bagian tenggorokan terasa sakit

Amandel merupakan salah satu bagian dari tenggorokan yang tentu berhubungan langsung dengan tenggorokan, oleh sebab itu ketika pasca operasi amandel akan menyebabkan sedikit gangguan pada tenggorokan, tentu gangguan ini bisa dikatakan sangat mengaggu bisa pula dikatakan biasa saja, tergantung seberapa besar operasi amandel yang dilakukan. Ketika seseorang setelah melakukan operasi amandel di anjurkan untuk menjaga pola makan agar cepat sembuh. (Baca Juga: Penyebab Radang Tenggorokan , Kondisi Gangguan pada Sistem Pernapasan)

  1. Dapat terjadi pendarahan

Pendarahaan pasca operasi memang tidak terlalu sering terjadi, namun tentu hal ini bukan hal yang tidak mungkin untuk terjadi, karena dengan adanya operasi otomatis akan ada bagian yang harus di belak (di buka) dengan demikian tentu ketika suatu bagian yang di buka itu tidak dapat dijaga dengan baik akan menyebabkan pendaraahan. Untuk itu ketika setelah operasi lakukanlah perawatan pada bagian mulut anda terutama daerah tenggorokan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. (Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia , Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan)

  1. Dapat menimbulkan infeksi

Meski jarang terjadi infeksi, namun kesalahan dalam perawatan pasca operasi amandel dapat menyebabkan infeksi pada amandel. Infeksi pada amandel dapat disebabkan banyak hal, dapat disebabkan akibat dari pola makan yang tidak baik pasca operasi, ataupun virus-virus dan bakteri lain yang menyebabkan dan mengaggu bagian tenggorokan atau amandel sehingga menyebabkan infeksi. Untuk itu jagalah terus amandel anda setelah di operasi. (Baca Juga: Makanan untuk Penderita Amandel)

  1. Mengurangi rasa nyaman di mulut

Kenyamanan pada mulut akan berkurang apabila pasca melakukan operasi, jangankan pasca melakukan operasi, ketika sakit gigi atau sariawan saja dapat membuat tidak nyaman pada mulut. Apalagi apabila melakukan operasi amandel. Operasi amandel memang tidak lah berbahaya, namun harus benar-benar pandai menjaganya agar operasi dapat berjalan lancar sampai pada tahap pemulihan. (baca juga: Penyakit Akibat Merokok , Ciri Ciri Amandel Sehat)

  1. Menyebabkan telingga sakit

Bagian mulut, telingga dan otak memiliki syaraf yang berkesinambungan, selain akan menyebabkan rasa pusing pasca operasi, jika operasi amandel ini mendekati dengan syaraf telaingga pun akan menyebabkan telinga lebih merasa nyeri dan sakit. Sejatinya sakit ini sangat wajar dilakukan. Seperti ibaratnya sakit gigi pada bagian belakang, ini pun akan menyebabkan telingga dan kepala menjadi pusing atau sakit kepala. (Baca Juga: Obat Herbal Penyembuhan Sariawan , Cara Mengatasi Telinga Tersumbat )

  1. Belakang mulut terasa sakit

Bagian belakang mulut cenderung sering merasakan sakit pasca operasi amandel ini, bagian mulut ini seperti bagian tenggorokan, bila kita amati letak antara tenggorokan dan amandel tidak lah jauh. Amandel terletak di antara lubang mulut belakang dan tenggorokan terletak setelahnya. Sehingga tenggorokan dapat saja merasakan sakit setelah operasi amandel. Bahkan ketika batuk berdahak pun juga merupakan salah satu penyakit amandel, dan hal ini pun dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian belakang mulut atau tenggorokan. (Baca Juga: Perbedaan Dokter Gigi dan Bedah Mulut , Penyebab Mulut Pahit)

  1. Berat badan bertambah

Berat badan akan bertambah pasca operasi, operasi amandel memang cenderung mengalami peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan karena ketika seorang melakukan operasi, kebutuhan dalam diri akan lebih banyak.  Dengan begitu akan lebih tambah pula berat badannya. Bahkan seorang yang pasca operasi akan membuat ia menjadi tambah nafsu makannya. Tapi yang perlu diingat adalah pola makan saat pasca operasi amandel ini harus diperhatikan agar tidak membuat sakit yang lebih parah dari yang dirasakan saat ini.

Baca juga:

Itulah beberapa efek samping yang biasanya dirasakan oleh penderita amandel yang melakukan operasi amandel, efek ini biasanya memang sering terjadi tetapi tidak setiap penderita akan merasakan efek samping ini seperti yang telah terulas di atas bahwa semua tergantung pada kondisi tubuh masing-masing penderita. Jika metabolisme tubuhnya baik secara otomatis kondisi pada saat pasca operasi ini akan berkurang dan tidak akan menjadi parah. Ketika seseorang setelah operasi ia harus menjaga bekas operasinya dengan baik, jangan sampai bekas operasinya banyak tersenggol atau melakukan banyak aktivitas yang akan menyebabkan pembengkakan.

You may also like