Home Penyakit dan KelainanAmandel 12 Gejala Awal Amandel Pada Anak Dan Dewasa

12 Gejala Awal Amandel Pada Anak Dan Dewasa

by Henny Anugerah

Gejala awal amandel seringkali menyerang anak anak tetapi tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa dengan efek buruk yang sama.

Munculnya gejala awal amandel atau sering disebut dengan tonsil merupakan respon alamiah dari tubuh sebagai tanda bahwa seseorang akan mengalami penyakit amandel lebih lanjut jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Penyebab gejala awal amandel

Gejala awal amandel sangat rentan menyerang anak anak walaupoun pada kenyataannya usia dewasapun masih ada yang terkena masalah gangguan amandel. Kebiasaan dan gaya hidup yang buruk masih menjadi faktor utama yang memicu munculnya gejala awal amandel diantaranya :

  • Faktor makanan – Anak anak dan dewasa paling gemar atau menyukai jenis makanan yang mengandung bahan bahan pengawet kimia, Makanan yang banyak mengandung penggurih , Mengandung pemanis buatan dan jenis makanan yang terlalu pedas atau memiliki kadar garam yang tinggi.
  • Membiasakan diri menjaga kebersihan – Tidak membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sesudah dan sebelum makan serta tidak menjaga kebersihan segala peralatan makan yang akan digunakan maka akan mempermudah masuknya berbagai bakteri dan kuman untuk menyerang amandel.
  • Malas minum air putih – Tidak membiasakan diri untuk rajin minum air putih. Kekurangan cairan didalam tubuh dapat menyebabkan tenggorokan dan amandel kering atau mengalami dehidrasi. Saat amandel kering maka akan mempermudah bakteri, Kuman atau virus untuk masuk dan menyerang dinding amandel.
  • Kurang asupan vitamin C – Kurangnya asupan vitamin C secara berlebihan atau jangka panjang ternyata terbukti dapat menyebabkan mudahnya organ tubuh menderita iritasi atau mudah disusupi berbagai macam bakteri, Kuman atau jenis virus mematikan termasuk juga pada organ amandel. Vitamin C dapat mencegah, Melindungi dan mempwrtahankan kekutan daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas atau partikel beracun yang ada diluar tubuh.
  • kebiasaan buruk – Bagi orang dewasa untuk menghindari munculnya gejala awal amandel atau penyakit yang berhubungan dengan amandel (tonsil) sebaiknya jauhi atau tinggalkan kebiasaan merokok agar terhindar dari bahaya tar pada rokok ,¬† Tinggalkan Minum minuman beralkohol, Bersoda dan penggunaan obat obatan tertentu tanpa resep dokter yang dikonsumsi secara sembarangan.

Gejala awal amandel

Dengan adanya gejala awal amandel atau tonsil maka seseorang akan mudah terhindar dari penyakit amandel yang kronis saat mengetahui bagaimana cara mengobatinya.

Adapun gejala awal amandel yang perlu diwaspadai adalah:

1.Demam

pada anak anak dan orang dewasa gejala awal amandel selalu didahului dengan munculnya demam ringan hingga berat secara berulang. Munculnya gangguan pada amandel berupa pembengkakan adalah salah satu Penyebab demam berkepanjangan pada anak dan dewasa selain karena serangan dari penyakit lain.

2.Batuk

Batuk batuk merupakan salah satu gejala awal amandel yang menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur karena frekuensi batuk akan sering muncul pada malam hari.

  1. Sakit kepala

Pada saat gejala awal amandel sedang terbentuk maka keluhan kesehatan yang akan muncul adalah sakit kepala atau pusing pusing. Sakit kepala ini menandakan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan fungsi dibagian amandel dimana saraf sarafnya sangat berhubungan dengan saraf saraf yang menuju mata dan jaringan kepala.

4.Hidung tersumbat

Penderita gejala awal amandel selain terserang batuk dan sakit kepala maka akan diikuti pula dengan kondisi hidung tersumbat yang sebenarnya sedang tidak menderita pilek.

  1. Amandel kemerahan

Muncul atau tidaknya gejala awal amandel pada anak anak atau orang dewasa bisa dilihat dari kondisi amandel atau tonsolnya. Jika kemerahan dan membesar atau membengkak maka bisa dipastikan bahwa tonsil sedang dalam masalah.

  1. Tubuh menggigil

Tubuh akan merespon serangan bakteri, Kuman atau virus yang melekat dan berkembang pada amandel dalam bentuk tubuh yang menggigil kendati dalam kondisi cuaca yang panas.

  1. Tenggorokan sakit

Ketika amandel semakin membesar dan membengkak dengan warna yang kemerahan maka kesulitan menelan makanananpun tak dapat dihindari. Besarnya tonsil diatas ukuran standar dapat menahan makanan apapun dan akan tetap bisa mengalir ke saluran kerongkongan dengan desakan air liur tetapi dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit atau nyeri.

  1. Suara berubah

Ketika gejala awal amandel dibiarkan tidak segera diobati maka pembesaran amandel akan mempengaruhi kestabilan pita suara. Amandel yang semakin besar kerab menyebabkann suara menjadi berubah parau atau serak sehingga tidak jelas ketika sedang berbicara.

9.Terbentuk lesi pada amandel

Amandel yang mengalami gejala pembesaran akan memiliki lesi yang berbentuk titik titik berwarna keputihan hingga kekuningan pada lapisan dinding amandel. Keadaan tersebut sudah cukup bisa untuk dijadikan bukti bahwa amandel sedang dalam kondisi sakit dan memerlukan pengobatan yang cepat.

10.Leher tidak simetris

Gejala awal amandel dapat terlihat dari bentuk leher yang tidak simetris yaitu leher akan terlihat besar sebelah atau membesar melebihi ukuran normalnya.

11.Tubuh terasa nyeri

Pada gejala awal amandel yang telah  terjadi selama beberapa hari maka akan menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman, Muncul pegal pegal, Rasa nyeri di berbagai otot tubuh dan tubuh mudah mengalami kelelahan. Keadaan ini adalah tanda khas dari respon tubuh yang menyatakan bahwa jaringan sedang tidak baik dan membutuhkan pertahanan yang lebih baik berupa peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh. Hal ini bisa didapat dari penggunaan antibiotik atas resep dokter.

12.Nafsu makan berkurang

Pada penderita gejala awal amandel biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan atau bahkan tidak nafsu makan yang muncul secara bertahap hingga akhirnya benar benar kehilangan bobot tubuhnya secara signifikan. Kondisi ini akan muncul karena didukung oleh kondisi yang buruk pada area amandel yang terdiri dari sakit tenggorokan, Sulit menelan dan sakit kepala yang berulang.

You may also like