22 Khasiat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

6640

Daun beluntas yang merupakan tanaman semak ini bisa tumbuh dengan sangat baik tanpa perlu dibudidayakan. Daun beluntas sendiri sangat mudah dikenali, dengan ciri tekstur daun yang khas, aroma dan rasanya yang getir, sedangkan bagian batangnya memiliki banyak cabang yang rimbun dengan daun. Banyak orang yang belum mengetahui jika daun beluntas memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini, akan kami berikan ulasan selengkapnya mengenai khasiat daun beluntas untuk anda.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu yang biasanya terjadi saat mengalami aktivitas panjang yang melelahkan ini biasanya diatasi dengan penggunaan balsem ataupun koyo. Akan tetapi, perlu anda ketahui jika penggunaan balsem dan koyo akan memberikan efek buruk untuk jangka panjang seperti contohnya memperbesar pori-pori kulit. Konsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin 3 kali sehari untuk mengatasi pegal linu secara alami.

  1. Menguatkan Saraf

Untuk menguatkan saraf bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun beluntas sebagai pemakaian luar yakni sebagai aromaterapi dan juga berendam. Caranya, dengan memakai daun beluntas sebagai stimulan dan juga aromaterapi saat mandi atau berendam dengan air hangat yang sudah di campur dengan beberapa genggam daun beluntas.

  1. Sebagai Anti Mikroba

Hasil dari penelitian juga menunjukkan jika daun beluntas sangat ampuh untuk membunuh E Coli dan juga K antiulcer sehingga sangat baik dikonsumsi saat anda mengalami masalah pada pencernaan atau lambung serta infeksi saluran kemih.

  1. Mengatasi Gangguan Menstruasi dan Perdarahan

Para wanita seringkali mengeluh tentang haid yang tidak teratur serta rasa sakit yang ditimbulkan saat menstruasi. Bahkan ada pula yang mengalami perdarahan cukup lama, baik selama haid maupun pada waktu gejala menopause. Untuk mengatasi masalah ini, rebus 20 lembar daun beluntas bersama dengan 1 gelas air dan tambahkan dengan sedikit asam jawa serta garam. Peras dan saring air rebusan ini lalu minum 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum.

  1. Mengatasi Rematik

Rematik yang umumnya di derita orang yang sudah tua akan membuat gerakan semakin terbatas. Penyakit rematik ini tidak disebabkan oleh suhu dingin saat mandi di malam hari, meskipun mandi di malam hari pada kenyataannya memang tidak terlalu bagus. Untuk mengatasi rematik bisa dilakukan dengan minum air rebusan daun beluntas secara rutin setiap hari.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu masalah organ kelamin untuk wanita yang menimbulkan rasa tidak nyaman karena berubahnya warna cairan keputihan dan menimbulkan bau tidak sedap. Daun beluntas ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan dengan cara yang aman dan hasilnya bisa dirasakan dalam waktu yang lumayan singkat.

  • Cuci bersih 20 lembar daunbeluntas segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih.
  • Dinginkan dan minum air rebusan ini secara rutin 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.
  1. Menghilangkan Bau Mulut

Untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan karena menyantap makanan menyengat atau gigi berlubang juga bisa menggunakan daun beluntas. Caranya adalah dengan mengkonsumsi daun beluntas secara langsung atau juga bisa berkumur dengan air rebusan daun beluntas secara rutin.

  1. Gangguan Pencernaan Anak

Daun beluntas juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak. Seperti yang kita ketahui jika penggunaan obat-obatan berbahan kimia akan berbahaya jika diberikan pada anak karena sistem imun tubuh mereka yang belum kuat. Oleh karena itu, daun beluntas menjadi solusi terbaik untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak.

  • Siapkan 8 lembar daun beluntas segar lalu cuci sampai bersih.
  • Remas-remas daun beluntas lalu campur dengan bubur atau nasi tim dan di konsumsi.
  • Cara berikutnya, peras sari dari 10 lembar daun beluntas lalu tambahkan 1 sendok makan madu lalu campur pada makanan.
  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang merupakan radang serta penyumbatan saluran kelenjar minyak pada kulit yang pada awalnya akan membentuk komedo dan kemudian akan berkembang menjadi jerawat. Sedangkan Propionibacterium acnes adalah bakteri gram positif berbentuk batang yang juga menjadi penyebab dari timbulnya jerawat pada wajah. Untuk mengatasi jerawat secara alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daun beluntas secara rutin seperti lalap atau urap.

  1. Memperbesar Payudara

Semua wanita tentunya ingin memiliki bentuk payudara bagus dan terlihat kencang. Daun beluntas juga bisa digunakan sebagai solusi memperbesar payudara secara alami yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya.

  • Siapkan setengah genggam daun beluntas, 1 jari temugiring dan sedikit daun melati.
  • Haluskan ketiga bahan tersebut lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja.
  • Minum ramuan ini dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Kista Ovarium

Manfaat dari daun beluntas berikutnya adalah untuk mengatasi kista ovarium. Kista merupakan tumor jinak dengan bentuk kistik berisi cairan kental, nanah atau udara dan sebagian lagi berbentuk anggur dan terbungkus dalam selaput jaringan.

  • Ambil 4 tangkai pucuk daun beluntas, 7 butir cengkeh.
  • Rebus cengkeh bersama dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas saja.
  • Seduh daun beluntas dengan 3 gelas air cengkeh yang sudah dibuat dan tutup lalu diamkan selama 15 menit.
  • Saring dan minum sebanyak 2 kali sehari, 3 hari berturut-turut, pagi dan malam sebelum tidur.
  1. Anti Bakteri

Dari penelitian yang sudah dilakukan juga membuktikan jika daun beluntas sangat berkhasiat digunakan sebagai anti bacterial yang menjadi penyebab seseorang mengalami keracunan makanan seperti bacillus cereus, staphylococcus aureus, salmonella typhi serta escherichia coli.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Untuk anda yang memiliki masalah tekanan darah atau hipertensi juga bisa memanfaatkan daun beluntas ini sebagai pengobatan alami yakni dengan merebus daun beluntas segar dengan air secukupnya sampai mendidih dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari sebanyak 1 gelas setiap minum.

  1. Mengobati Malaria

Malaria dikenal sebagai sebuah jenis penyakit yang penularannya disebabkan atau dipicu oleh nyamuk kepada hewan lain hingga manusia yang disebabkan protozoa parasit, yakni sekelompok mikroorganisme bersel tunggal tipe plasmodium. Untuk mengatasi berbagai gejala yang ditimbulkan dari malaria seperti muntah, sakit kepala, demam dan kelelahan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun beluntas ini.

  • Siapkan 15 lembar daun beluntas, 3 lembar daun sirih, 5 lembar daun sembung serta 1 genggam daun asam muda.
  • Rebus semua daun bersama 1 liter air hingga tersisa setengahnya saja.
  • Minum air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari sampai malaria yang anda derita sembuh.
  1. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan memang bukanlah penyakit berbahaya, namun seseorang yang mengalami bau badan akan berkurang rasa percaya dirinya. Untuk mengatasi masalah ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk melakukan perawatan atau membeli produk untuk menghilangkan masalah mengganggu ini, namun hanya perlu mengkonsumsi daun beluntas sebagai lalapan atau diolah menjadi masakan lainnya.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Obat TBC Kelenjar Leher

Untuk mengatasi TBC kelenjar leher yang menjadi salah satu penyakit kronis dan berbahaya ini. Anda bisa memanfaatkan kandungan nutrisi berkhasiat yang ada di dalam daun beluntas.

  • Siapkan ekstrak daun serta batang beluntas, gelatin dari kulit sapi serta rumput laut.
  • Tim semua bahan tersebut dan dikonsumsi secara teratur sampai TBC kelenjar leher yang anda derita bisa sembuh.
  1. Mengatasi Perut Kembung

Salah satu masalah pencernaan yakni perut kembung atau perut terasa penuh tentunya akan terasa mengganggu dan tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, konsumsi secara teratur air rebusan beluntas sehingga masalah perut kembung bisa hilang secara alami tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Mencegah Infeksi

Daun beluntas juga memiliki manfaat untuk melawan infeksi bakteri menurut penelitian dari Davis Stout. Apabila anda mengalami masalah infeksi pada organ di dalam tubuh, maka gunakan ekstrak daun beluntas ini sebagai cara ampuh membunuh bakteri penyebab infeksi di dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan Demam

Demam sebenarnya bukanlah penyakit, namun reaksi tubuh terhadap sesuatu penyakit yang terjadi sehingga menyebabkan suhu badan meningkat yang terjadi karena perlawanan tubuh terhadap penyakit tersebut. Untuk mengatasi demam ini, anda bisa merebus 15 gram daun beluntas dengan segelas air sampai mendidih lalu minum selagi masih hangat. Ramuan herbal ini juga sangat aman untuk diberikan pada anak yang sedang menderita demam karena suatu penyakit.

  1. Mengatasi Asma dan Gangguan Paru Paru

Asma dan juga gangguan yang terjadi pada paru paru merupakan beberapa penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Saat penyakit ini sedang kambuh, maka membuat penderita mengalami kesulitan saat bernapas seperti sesak dan dada yang terasa nyeri. Untuk mengatasi ini cuci bersih beberapa lebar daun beluntas bersama dengan batangnya lalu rebus dan minum air rebusan tersebut secara rutin.

Artikel terkait:

Daun beluntas yang biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar ini ternyata menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan, kecantikan dan berbagai penyakit yang aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh. Jadi, tak ada salahnya mulai melirik khasiat daun beluntas dan memilih mengonsumsinya ketimbang obat-obatan kimia.